Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020





Mariyadi.com. Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020. Salah satu bentuk Administrasi guru dalam melakukan pembelajaran adalah Perangkat Pembelajaran. Salah satu bagian dari perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar di kelas selain Silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), dan perangkat lainnya adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai rambu-rambu teknis pengajaran di kelasnya.
 
www.mariyadi.com
Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sebagai salah satu bentuk dari perangkat pembelajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maka pada kesempatan ini saya akan membagikan RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 yaitu RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020. RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 ini terdiri dari RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020, RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020, RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2020 dan RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020.

Bagian RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020 memuat 3 komponen utama diantaranya:
A.  Tujuan Pembelajaran
Disini guru menyusun dan menentukan tujuan pembelajaran terkait dengan materi yang akan diajarkan.
B.  Kegiatan Pembelajaran
Meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti meliputi sintaks seperti Mengamati, Berdiskusi, Membaca, Berlatih, Merenungkan dan kegiatan penutup
C.  Penilaian (Assesment)
Penilaian /Assesment terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian.




Berikut adalah Contoh Format RPP 1 Lembar sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019.  Pada pembelajaran di Kelas I Semester 1 ada 4 Tema yang harus diselesaikan yaitu Tema 1. Diriku, Tema 2. Kegemaranku, Tema 3. Kegiatanku, dan Tema 4. Keluargaku. Masing-masing tema terdiri dari 4 Sub Tema, dan masing-masing Sub Tema terdiri dari 6 pembelajaran.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan  : SD/MI 
Kelas / Semester      :  1 /1
Tema                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke      :  1
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    TUJUAN
1.     Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2.     Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
3.     Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4.     Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5.     Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6.     Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di
rumah.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

Kegiatan
Inti
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1.     Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)(Collaburation)
2.     Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu. (Creativity and Innovation)
3.     Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
4.     Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
5.     Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya. (Communication)
6.     Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.
7.     Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
8.     Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud.
9.     Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
10.  Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud. (Collaburation)
11.  Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
12.  Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
13.  Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
14.  Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan)
15.  Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
16.  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
17.  Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
18.  Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan.
ü  Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri?
ü  Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
19.  Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
20.  Setelah selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40.
ü  Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
21.  Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
ü  Mencuci tangan sebelum makan
ü  Berdoa sebelum makan
ü  Makan sambil duduk
22.  Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
23.  Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41).
24.  Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
ü  Sikap berdiri, pandangan ke depan
ü  Kedua tangan di pinggang
ü  Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
ü  Gerak kepala tengok kanan dan kiri
25.  Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
26.  Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42 dan 43. (Critical Thinking and Problem Formulation).
    140
    menit



Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



…………………..
NIP. ………………………….
………., Juli 2020
Guru Kelas 1 



……………………….
NIP. …………………….



LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

1.     Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No
Tanggal
Nama Peserta didik
Catatan perilaku
Butir Sikap
1.


Berdoa sebelum dan sesudah makan
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan











1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No
Tanggal
Nama Peserta didik
Catatan perilaku
Butir Sikap
1.


Berani mengemukakan pendapat
Percaya diri












1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:


2.     Penilaian pengetahuan:
  • Tes tertulis

Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

Contoh:
Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

3.     Penilaian keterampilan:
a.     Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
Aspek/ Kriteria
Sangat Baik
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Pendampingan
1
Jumlah kalimat
Jumlah kalimat lebih dari 10 kalimat
Jumlah kalimat 7-10 kalimat
Jumlah kalimat 4- 6 kalimat
Kurang dari 3 kalimat
Volume suara
Suara terdengar oleh semua anggota kelas
Suara terdengar oleh sebagian anggota kelas
Suara hanya terdengar oleh guru
Suara tak terdengar
Isi cerita
Ada pembukaan, bentuk istirahat bagaimana beristirahat, manfaat istirahat
Hanya memenuhi 3 kriteria
Hanya memenuhi dua kriteria
Belum mau bercerita

* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.

  • Instrumen Penilaian Kegiatan Bercerita
No
Nama Siswa
Kriteria 1 ( √ )
Kriteria 2 ( √ )
Kriteria 3 ( √ )
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1













2













3













dst













T : Terlihat ;  BT : Belum Terlihat
Kriteria 1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria 2: Suara terdengar
Kriteria 3: Menggunakan bahasa baku

b.    Menggerakkan tubuh dalam sebuah ragam gerak yang diiringi lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki”
No
Nama Siswa
Kriteria
Memegang anggota tubuh sesuai teks lagu
Gerakan sesuai dengan tempo irama lagu
Mulai dan berhenti manari sesuai aba- aba
Rapi dan teratur
Predikat
1
Zaidan
Sangat baik
2
Najwa
-
Baik
3
...












Prinsip RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Sesuai Surat Edaran Mendikbud  Nadiem Makarim  No 14 Tahun 2019, maka RPP satu Halaman/Lembar Kelas 1 Semester 1 ini bertujuan agar  para Guru dapat memilih Kompetensi Dasar (KD) dan muatan mata pelajaran. RPP satu lembar  disusun dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid karena mengacu pada Silabus.
Dalam Surat Edaran Mendikbud tersebut penyusunan RPP  Revisi 2020 memiliki  empat prinsip Yaitu :
1.    RPP yang dibuat guru / pendidik harus berprinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid.
2.    Peraturan Menteri Pendidikan No 22 Tahun 2016 standar Penyusunan RPP ada 13 komponen,  sekarang disederhanakan menjadi tiga poin pokok yaitu tujuan Pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan Assesment / penilaian.
3.    Semua kelompok  kerja guru seperti KKG, MGMP dan lain-lain  diberi kebebasan memilih, membuat dan menyusun RPP  sesuai dengan kebutuhan.
4.    Untuk RPP yang telah dibuat sebelumnya masih bisa dipakai atau disesuiakan dengan kondisi satuan pendidikan.

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020
Untuk unduh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 silakan klik tautan dibawah ini:

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 (TEMA 1: Diriku)
SUB TEMA 1. Aku dan Teman Baru

SUB TEMA 2. Tubuhku

SUB TEMA 3. Aku Merawat Tubuhku

SUB TEMA 4. Aku Merawat Tubuhku

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 (TEMA 2: Kegemaranku)
SUB TEMA 1. Gemar Berolahraga

SUB TEMA 2. Gemar Bernyanyi dan Menari

SUB TEMA 3. Gemar Menggambar

SUB TEMA 4. Gemar Membaca

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 (TEMA 3: Kegiatanku)
SUB TEMA 1. Kegiatan Pagi Hari

SUB TEMA 2. Kegiatan Siang Hari

SUB TEMA 3. Kegiatan Sore Hari

SUB TEMA 4. Kegiatan Malam Hari

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 (TEMA 4: Keluargaku)
SUB TEMA 1. Anggota Keluargaku

SUB TEMA 2. Kegiatan Keluargaku

SUB TEMA 3. Keluarga Besarku

SUB TEMA 4. Kebersamaan dalam Keluargaku

Demikian artikel saya yang berjudul Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 lengkap dengan link unduh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 2 3 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020 yang terdiri dari Contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2020, Contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020, Contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2020, Contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2020. Semoga bermanfaat.




Berlangganan via Email