ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Menjadi YouTuber dan Menghasilkan Uang di YouTube

Sunday, May 10, 2020




Salah satu profesi yang banyak diidamkan oleh masyarakat di masa kini adalah Menjadi YouTuber. Mengapa Menjadi YouTuber? Mengapa bukan blogger atau freelance writer? Apakah penghasilan Menjadi YouTuber lebih menjanjikan daripada blogger atau freelance writer? Pada kesempatan ini kita akan membahasnya. Dan kita kerucutkan pembahasan tersebut pada 3 pokok profesi di era digital ini yaitu youtuber, blogger dan freelance writer. Berikut nanti saya akan memberikan tips dan panduan sederhana tentang Cara Menjadi YouTuber.
Cara Menjadi YouTuber dan Menghasilkan Uang di YouTube
Cara Menjadi YouTuber dan Menghasilkan Uang di YouTube
Menurut survey yang saya lakukan terhadap sebagian kaum muda Indonesia akhir-akhir ini mereka lebih memilih untuk mengekspresikan apa yang mereka gemari dalam bentuk video daripada tulisan. Dari video yang mereka buat dan dilakukan pengeditan seperlunya kemudian diunggah ke platform berbagi video yang dikenal dengan nama YouTube. Sehingga tak heran jika akhir-akhir ini kita banyak menemukan berbagai macam video di berkita YouTube yang dibuat oleh creator pendatang baru dan terkesan dibuat asal-asalan. Meskipun tak sedikit juga yang dilakukan dengan seruis dan memperhatikan kualitas gambar dan muatan video.

Mulai dari video dengan basic gaming, tutorial, film pendek, cover lagu dan masih banyak lagi turut meramaikan kancah peryoutuban Indonesia buah karya anak bangsa. Apakah mereka semata-mata ingin berekspresi di youtube? Tentu saja tidak. Selain para youtuber pemula ini membuat video dan diupload ke YouTube untuk menyimpan video dan menunjukkan eksistensi mereka, disisi lain mereka menggantungkan harapan jika suatu saat mereka akan mendapatkan penghasilan dari video yang mereka upload di YouTube.

Siapa yang menginspirasi youtuber pemula? Tentu saja para youtuber pemula terinspirasi oleh para youtuber sukses berpenghasilan miliaran rupiah per bulannya. Mereka berpendapat ternyata bekerja sebagai konten creator youtube enak. Hanya ambil video, kemudian diedit dan diupload ke YouTube, kelak di kemudian hari akan mendapat bayaran. Seiring dengan trend ini banyak penelusuran terkait gaji youtuber youtuber Indonesia, youtubers film, youtuber job description, novel youtubers, youtuber 2020, ranking youtuber, www youtuber info serta pencarian informasi terkait hal berikut:
· Bagaimana cara menjadi youtuber pemula?
· Bagaimana cara menjadi youtuber sukses?
· Berapa gaji para youtuber?
· Bagaimana cara menghasilkan uang di YouTube?
· cara menjadi youtuber pemula modal hp
· cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang
· cara menjadi youtuber gaming
· cara menjadi youtuber asmr
· cara menjadi youtuber wikihow
· cara menjadi youtuber anime
· cara jadi youtuber pemula 2018
· cara daftar jadi youtuber di hp




Cara Menjadi YouTuber dan Menghasilkan Uang di YouTube
Untuk Cara Menjadi YouTuber sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa tim. Jika kita tidak memiliki PC atau Laptop kita bisa memanfaatkan HP kita. Berikut ini adalah Cara Menjadi YouTuber denga HP:

1. Membuat dan Channel Akun YouTube
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akun Youtube. Dalam proses pembuatan akun ini, kita dapat memilih nama akun yang sesuai keinginan kita. Pilih nama akun Youtube yang paling menarik agar mudah diingat orang dan kalau bisa dapat mencerminkan kita (pembuatnya dan kontennya). Untuk channel tutorial misalnya My Tutorial, untuk Gaming misalkan AA Gaming.

Setelah kita membuat nama akun Youtube, langkah berikutnya dalah mengaktifkan fitur monetization. Langkah ini harus kita lakukan agar pihak Youtube mengetahui bahwa kita menginginkan kompensasi dari akun tersebut. Sehingga Youtube akan memproses akun Kita sesuai dengan kebijakan yang dimiliki.

Selain itu, kita juga harus membuat akun Google Adsense. Mengapa demikian? Karena pendapatan yang akan kita peroleh dari Youtube, nantinya akan dilakukan oleh Google Adsense. Sehingga langkah sangat penting untuk Kita lakukan.

2. Menentukan Konsep YouTube yang Menarik
Salah satu kunci kesuksesan menjadi Youtuber ialah karena memberikan konten yang menarik di akun Youtube miliknya. Maka dari itu, Kita juga harus menentukan konsep serta ide untuk mengisi konten Youtube yang menarik juga.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan konsep adalah usahakan selalu konsisten serta berkarakter. Pastikan isi konten Youtube Kita selalu konsisten, misal Kita ingin mengisi konten tentang kehidupan hewan, maka usahakan selalu mengisinya dengan konten-konten seputar dunia hewan. Dengan begitu, maka akun Youtube Kita akan mudah dikenal dan meningkatkan jumlah penonton.

3. Memiliki Peralatan Videografi Memadai
Salah satu yang menjadi banyak kendala saat akan membuat konten Youtube adalah peralatan videografi. Akan tetapi, untuk para pemula seperti Kita sebaiknya menggunakan alat-alat sederhana. Kita bisa memulai dengan vlog kecil-kecilan menggunakan kamera HP.





Banyak Youtuber sukses yang berawal hanya menggunakan alat-alat sederhana, seperti kamera HP. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah apabila isi konten Youtube Kita benar-benar menarik. Akan tetapi, Kita juga harus mulai menabung untuk membeli perangkat yang memadai untuk meningkatkan kualitas audio video.

Sehingga dengan peralatan yang memadai dapat mendukung dalam meningkatkan jumlah penonton Youtube Kita. Pasalnya videografi yang berkualitas juga menjadi salah satu alasan seseorang tertarik melihat sebuah konten Youtube.

4. Mulai Membuat Video
Setelah Kita mempersiapkan semua konsep dan perangkat yang dibutuhkan. Kini saatnya melakukan proses syuting. Pada awalnya Kita bisa memulai dengan sendiri dan membuat konten vlog. Akan tetapi, apabila ingin membuat sebuah konten video yang memerlukan bantuan orang banyak, sebaiknya mencari tim yang solid.

Dalam upaya pencarian tim ini, pastikan Kita memilih dengan tepat orang-orang yang solid dan mau diajak bekerjasama. Pasalnya hal ini akan menentukan keberhasilan Kita dalam mengelola akun Youtube. Agar efektif Kita bisa membagi tugas kepada tim, misal menentukan editor, kameramen hingga audioman.

Apabila sudah memiliki konten video, usahakan untuk menentukan jadwal upload. Akan tetapi, sebelum upload pastikan Kita sudah memiliki stock video, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kehabisan konten pada saat sudah waktunya upload. Dengan demikian, Kita dapat melakukan upload video secara rutin dan tidak kehilangan jumlah penonton.

5. Meningkatkan Jumlah Subscriber dan Jam Tayang Publik
Salah satu tahap yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi ialah meningkatkan jumlah subscriber. Harus diakui bahwa tahap ini merupakan tahap yang dianggap sebagian orang paling sulit, apalagi untuk pemula. Akan tetapi, banyak strategi yang dapat Kita lakukan untuk meningkatkan jumlah subscriber.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk Menjadi YouTuber dan Menghasilkan Uang di YouTube channel YouTube kita harus memenuhi 2 persyaratan utama dari youtube. Persyaratan itu adalah channel YouTube harus mendapatkan minimal 1.000 subscriber dan mendapatkan 4.000 jam tayang public dalam waktu 12 bulan terakhir. Ini memang berat. Tapi di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Asalkan kita berusaha dengan bersungguh-sungguh, dan tentunya dibarengi dengan Do’a.

Ada banyak cara jujur dapat kita lakukan untuk mendapatkan minimal 1.000 subscriber dan mendapatkan 4.000 jam tayang public dalam waktu 12 bulan terakhir. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan jumlah subscriber ialah rutin membagikan konten video Kita ke beberapa akun sosial media yang Kita miliki. Selain itu, banyak Youtuber sukses karena bekerjasama dengan para Youtuber pendahulu yang sudah memiliki banyak jumlah subscriber. Dua langkah ini hingga kini masih menjadi cara paling ampuh untuk meningkatkan jumlah subscriber.

Selain itu, hal yang perlu Kita tahu bahwa semua Youtuber sukses berawal dari jumlah subscriber yang sedikit. Memiliki konten yang menarik, rutin upload dan semangat pantang menyerah yang menjadikan mereka menjadi seorang Youtuber sukses dan terkenal. Demikian artikel saya Cara Menjadi YouTuber dan Menghasilkan Uang di YouTube semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan jangan patah semangat!





Share This :

0 komentar

 Recent