Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Bisnis yang Tetap Bisa Dilakukan walaupun Ada Virus Corona atau Covid-19





Penyebaran Coronavirus disease atau Covid-19 atau yang disebut juga virus corona telah membuat manusia khawatir. Virus Corona yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan China ini membuat sebagian aktivitas publik seperti sekolah, gedung perkantoran, pasar dan lain sebagainya pun dibatasi. Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk bekerja dirumah, belajar dirumah dan beribadah dirumah agar tetap aman.
Inilah 6 Bisnis yang Tetap Bisa Dilakukan walaupun Ada Virus Corona atau Covid-19
Inilah 6 Bisnis yang Tetap Bisa Dilakukan walaupun Ada Virus Corona atau Covid-19 (Dok. DR Cell Walikukun)

Walaupun demikian bukan berarti dengan bekerja dirumah membuat kita malas malasan dan tidak produktif. Disini saya akan memberikan refrensi bisnis untuk anda yang dapat dilakukan dirumah dan tetap menjaga social distancing ditengah pandemic covid-19 ini.

1.   Les Privat Online
Inilah 6 Bisnis yang Tetap Bisa Dilakukan walaupun Ada Virus Corona atau Covid-19
Inilah 6 Bisnis yang Tetap Bisa Dilakukan walaupun Ada Virus Corona atau Covid-19

Ditengah pandemic corona ini seluruh sekolah diminta meliburkan seluruh siswanya dan melakukan pembelajaran dari rumah. Satu-satunya metode yang dapat dilakukan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran online atau pembelajaran daring. Disini antara guru dan siawa memanfaatkan social media untuk melakukannya. Dengan pembelajaran seperti ini tak sedikit siswa yang mengeluh dan kesulitan setiap memahami pelajaran dan mengerjakan tugas tanpa tatap muka. Nah, disini kita dapat melihat peluang bisnisnya yaitu menyediakan jasa les privat online. Anda bisa melakukan les privat secara online melalui video call dengan anak bimbing. Anda juga harus memastikan sinyal lancar agar proses belajar tetap berjalan.

2.  Instruktur Olahraga
Olahraha ditengah pandemic corona ini tetap menjadi kebutuhan masyarakat kita. Buat Anda yang memiliki bakat dan hobi dalam bidang olahraga serta memiliki fasilitasnya anda dapat manfaatkan momentum ini untuk membuka bisnis jasa sebagai instruktur olahraga. Beberapa cabang olahraga yang bisa dilakukan di rumah, misalnya senam, yoga, aerobik, bela diri, dan olahraga lainnya.

Sama seperti les private online, Anda juga dapat melakukanya via online, seperti live streaming di Youtube, Instagram, telegram maupun whatsapp.

3.  Bisnis makanan siap antar
Walaupun pemerinatah menerapkan social distancing, urusan perut adalah tetap nomor satu. Setiap orang memerlukan makanan. Diluar sana kita dapat cermati banwa tak sedikit warung makan dan restoran yang melakukan pembatasan jam operasionalnya bahkan tutup total karena sepinya pengunjung. Untuk skala local, Anda dapat berjualan makanan siap antar yang dapat dipromosikan via media social. Hanya bermodal upload gambar dan tagline tentang produk makananmu disana, setelah ada yang pesan baru dibuatkan.





4.  Bisnis Pulsa dan Paket Internet
Entah disadari atau tidak, bekerja dirumah dan belajar dirumah memungkinkan masyarakat kita untuk lebih boros dalam hal konsumsi pulsa maupun paket internet karena mulai dari proses hingga hasil bekerja dirumah dan belajar dirumah memerlukan paket data. Dapat dikatakan kebutuhan masyarakat akan pulsa dan paket data mengalami banyak peningkatan.

Pada era digital seperti sekarang ini masyarakat masyarakat dapat membeli pulsa dan paket internet melalui dompet digital. Namun belum banyak yang memanfatkan fasilitas dopet digital tersebut. Namun tak sedikit juga diantara mereka yang memilih untuk membeli pulsa dan paket internet di counter-counter penjual pulsa dan paket internet konvensional.

Dengan adanya pandemic corona dan himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing ini  justru membuat masyarakat kita enggan keluar rumah, bahkan untuk membeli pulsa dan paket data sekalipun. Anda bisa memberitahu tetangga, teman, dan kerabat Anda agar membeli pulsa dan paket internet dari Anda. Nantinya, pembayaran bisa dilakukan melalui transfer dari mobile banking mereka.

5.  Jualan online di social media
Berbeda dengan poin nomor 3 diatas, jualan online disini adalah anda dapat menjadi reseller produk tertentu yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat disekitar anda misalnya adalah masker, hand sanitizer, disinfectant dan lain sebagainya. Saya menyarankan anda untuk menjadi reseller saja ini supaya dapat meminimalisir kerugian yang mungkin dapat terjadi.

Anda dapat memilih beberapa toko online maupun toko offline di sekitar anda untuk membantu menjualkan produk mereka. Anda dapat memfoto produk mereka kemudian dilakukan pengeditan seperlunya setelah itu di bagikan ke social media kalian seperti facebook, instagram dan whatsapp, setelah ada yang order dan melakukan pembayaran via transfer barulah anda ambilkan barangnya atau minta kurir untuk ambil dan antar barang tersebut. Meskipun untung sedikit yang penting posisi tetap aman.

6.  Jasa Kurir Lokal
Mirip dengan poin nomor 6, namun yang saya maksud dengan jasa kurir disini adalah anda dapat mempromosikan diri bahwa anda menerima jasa beli dan antar-antar barang. Antara jasa beli dan antar barang ini dibuat saja satu paket. Mengenai upah yang anda terima, anda dapat membuat peraturannya sendiri dan tentunya jangan memberatkan calon konsumen anda. Misalnya anda membelanjakan pelanggan untuk membeli bahan-bahan makanan di pasar dengan jumlah belanja Rp. 500.000 dan jarak tempuh 3 Kilometer anda dapat mengambil upah sekitar 5% atau 7 % atau sesuai kesepakatanmu dengan pelanggan.

Demikianlah peluang bisnis yang tetap dapat dilakukan ditengah pandemic corona ini. Marilah kita tetap berkarya dan produktif dengan tetap mengutamakan kesehatan dan semoga badai Covid-19 ini segera berlalu dari Negara kita. Aamiin…






Berlangganan via Email