Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru





Halo sobat-sobat Operator Sekolah yang berbahagia, sebagai Operator Sekolah yang diberi tugas tambahan untuk mentatausahakan Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah tentunya kita sudah mengetahui bahwa mulai tahun 2020 ini sekolah membuat Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah menggunakan ARKAS yang merupakan singkatan dari Aplikasi Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah. Aplikasi Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah (ARKAS) ini merupakan sebuah Aplikasi Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang nantinya akan digunakan oleh setiap sekolah untuk membuat Aplikasi Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah secara online. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru. Artikel saya berjudul Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru ini lengkap berisi Cara download Aplikasi ARKAS Versi 2.0, Cara Instal aplikasi ARKAS 2020 Versi 2.0 dan Cara Aktivasi aplikasi ARKAS 2020 Versi 2.0.
Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru
Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru
Apakah yang dimaksud dengan ARKAS?
Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang terpusat (terdistribusi), dimana dalam pengolahan datanya ada sebagian yang melibatkan pihak dinas pendidikan kabupaten/Kota. Namun demikian sistem ini juga dapat bekerja secara offline, sehingga tidak merepotkan para user yang menggunakannya.

Berikut adalah Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru yang memuat Cara download Aplikasi ARKAS Versi 2.0, Cara Instal aplikasi ARKAS 2020 Versi 2.0 dan Cara Aktivasi aplikasi ARKAS 2020 Versi 2.0.

Cara download Aplikasi ARKAS Versi 2.0 dan Cara Instal aplikasi ARKAS 2020 Versi 2.0
Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang Aplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama adalah download aplikasi dilaman http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id, kemudian pilih menu UNDUHAN dengan tampilan seperti dibawah ini:
 
Cara download Aplikasi ARKAS Versi 2.0
Cara download Aplikasi ARKAS Versi 2.0
Karena disini kita akan membahas Aplikasi RKAS untuk pihak sekolah maka kita klik tombol Unduh. Setelah di download, buka explorer kemudian cari file software ARKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download. Setelah ditemukan kemudian lakukan proses install dengan cara :
 
Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0
Tampilan Software ARKAS
Klik dua kali file Setup-RKAS.exe.
Aplikasi Rencana Kegiatan & Anggaran Sekolah
Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.
 
Konfirmasi Lanjutan Instalasi ARKAS
Konfirmasi Lanjutan Instalasi ARKAS



Cheklist create a desktop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik next.
  
Laman Instalasi ARKAS
Laman Instalasi ARKAS
Klik Install.
 
Instalasi ARKAS
Instalasi ARKAS
Tunggu hingga proses instalasi selesai.
 
laman instalasi ARKAS
laman instalasi ARKAS
Klik Finish, Sampai pada bagian ini sebenarnya proses instalasi sudah selesai. Berikutnya secara otomatis Aplikasi RKAS akan terbuka.
 
Logo ARKAS
Logo ARKAS 
Aplikasi ini memiliki fitur auto update, sehingga jika ada versi yang terbaru dan menemukan koneksi internet maka akan secara otomatis terupdate ke versi yang terbaru. Pada proses update ini biasanya aplikasi ketika dijalankan akan terasa lambat, hal ini dikarenakan ada proses download terlebih dahulu.  Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke Aplikasi RKAS.





Cara Aktivasi aplikasi ARKAS 2020 Versi 2.0 (AKTIVASI APLIKASI)
Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan aktivasi. Pada form aktivasi ini sekolah dapat memperolehnya Kode Aktivasi dari dinas pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan untuk Pendidikan Dasar  (SD dan SMP) maka melalui dinas Kabupaten/Kota.

Berikut contoh form aktivasi Aplikasi RKAS Sekolah.
 
 Laman Registrasi ARKAS
 Laman Registrasi ARKAS
Pastikan ketika melakukan aktivasi ini terkoneksi ke jaringan internet. Karena pada tahap ini akan melakukan pencocokan kode aktivasi dengan data yang ada dipusat serta akan mengambil data dari server pusat. Berikut penjelasan masing-masing kolom inputan:
a.    Kode Aktivasi (wajib diisi) : kolom ini diisi dengan kode aktivasi sekolah yang sudah diberikan oleh dinas pendidikan Kabupaten/Kota. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. kode registrasi dapat diperoleh melalui dinas pendidikan terkait.
b.   NPSN (wajib diisi) : kolom ini diisi kode NPSN sekolah yang bersangkutan.
c.    Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh Nama Bendahara.
d.   Email (wajib diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Untuk email gunakanlah email bendahara.
e.    No Handphone : kolom ini diisi dengan nomor telepon bendahara sehingga memudahkan untuk berkomunikasi.
f.     Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui. Panjang karakternya minimal 8 karakter.
g.    Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
h.   Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).
Ikon Status Koneksi Internet
Ikon Status Koneksi Internet

i.     Tombol Registrasi : tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan Kabupaten/Kota. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet. - Kemudian klik tombol registrasi
 
 Proses Registrasi
 Proses Registrasi 
Selesai.



Untuk lebih jelasnya tentang Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru silakan tonton video dibawah ini:





Demikianlah Cara instal dan Aktivasi ARKAS 2020 Versi 2.0 | TUTORIAL ARKAS 2020 | Aplikasi RKAS Terbaru yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini semoga bermanfaat.

Baca Juga
Permasalah ARKAS BOS | Download Frequently Asked Question (FAQ) Aplikasi RKAS Sekolah