ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah)

Wednesday, February 26, 2020




Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah). Dalam penelusuran google banyak sekali pencarian yang menanyakan Bos itu artinya apa? Dana BOS bisa digunakan untuk apa saja? Apa arti bos kecil? Pada kesempatan ini saya tidak akan menjelaskan bos perusahaan adalah my bos artinya, sumber dana bos berasal dari, artikel dana bos, penggunaan dana bos, big bos artinya, kebijakan tentang dana bos, dana bos pertama kali karena jawaban dari semua pertanyaan tersebut sudah sangat jelas tertera pada Juknis BOS 2019 atau Juknis Bos 2020. Untuk lebih jelasnya silakan anda baca dan pelajari Juknis BOS Tahun 2019 atau Juknis BOS Tahun 2020 yang telah diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah)
Menghadapi Monev BOS dengan Santuy
(Bu Isnur, Mas Lukas, Calon Guru-Kanjeng Mariyadi Ngawi)

Selanjutnya disini saya akan membagikan pengalaman pribadi saya sebagai bendahara BOS di sekolah saya dalam menghadapi monev bos 2019 instrumen monev bos 2019 yang contoh laporan monitoring dan evaluasi bos biasanya diberikan oleh Inspektorat untuk melaksanakan laporan monev dana BOS. Terkadang tak sedikit operator BOS maupun bendahara sekolah alias bendahara BOS yang jika menghadapi monev BOS atau akan menghadapi monev BOS merasa grogi, merasa ketakutan, merasa khawatir dan lain sebagainya yang pada intinya seluruh hati dan perasaan dihantui ketakutan. Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman pribadi saya sebagai seorang bendahara BOS sekaligus sebagai operator BOS atau guru yang mendapat tugas tambahan sebagai petugas yang mengerjakan laporan BOS yaitu Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah).


Sebelum saya membagikan Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah) mari kita pelajari tentang monev.

Sebenarnya apa sih arti monev BOS? Monev merupakan singkatan dari monitoring dan evaluasi. Yang dimaksudkan dengan monitoring adalah suatu tindakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap lembaga-lembaga penerima bantuan pemerintah yang dalam hal ini adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sedangakan evaluasi dimaknai sebagai suatu tindakan membetulkan yang salah, melengkapi yang belum lengkap untuk terciptanya suatu laporan keuangan Bantuan Operasional Sekolah yang akuntable acceptable.

Monitoring dan Evaluasi BOS atau Monev BOS dilakukan oleh Inspektorat dari Badan Keuangan. Sebelum melakukan Monev BOS biasanya pihak inspektorat terlebih dahulu memberikan pemberitahuan terhadap instansi atau lembaga yang akan di monev. Pemberitahuan tersebut termasuk berisi jadwal monev yang hari, tanggal dan jam yang sudah di tentukan.




Dalam melakukan monev petugas monev atau inspektorat memberikan sejumlah pertanyaan terkait penggunaan dana BOS yang ada di sekolah. Mulai dari pengambilan, penyerapan dan pelaporan dana BOS tersebut. Dalam melakukan monev, inspektorat maupun BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) tampak bekerja dengan cara bertanya kepada pihak yang di monev sambil mengisi instrumen monev bos smk 2019 jika yang di monev adalah smk. Monev dana bos oleh inspektorat yang instumennya sudah bisa di download instrumen monitoring bos 2018 monev dana bos oleh inspektorat sudah banyak beredar di internet untuk terlebih dahulu bisa dipelajari.

Baca Juga Contoh Permohonan Penutupan Rekening BOS

Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah). Berikut dibawah ini adalah Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah) yang biasa saya praktekkan supaya pada saat monev BOS saya selalu dalam kondisi siap.
1.    Buat perencanaan, penyerapan, pelaporan Dana BOS sesuai dengan Juknis BOS
2.   Buat perencanaan, penyerapan, pelaporan Dana BOS yang rasional dan tidak mengada ada
3.   Kerjakan laporan BOS tepat waktu. Maksudnya adalah mengerjakan laporan BOS jangan mendadak ketika sudah ada kabar bahwa inspektorat akan melakukan monev supaya laporan BOS tidak berantakan.
4.   Tanyakan kepada teman sejawat sesame bendahara BOS maupun operator BOS jika ada hal terkait monev bos 2019, instrumen monev bos 2019, contoh laporan monitoring dan evaluasi bos, tujuan monitoring dan evaluasi dana bos dan laporan monev dana bos yang kemungkinan akan ditanyakan pada monev BOS.
5.    Jangan minder, jangan grogi, jangan takut saat menghadapi monev BOS oleh inspektorat karena pada dasarnya inspektorat tersebut hanyalah petugas yang memang sudah menjadi tugasnya adalah melakukan monev. Jawab apa adanya sesuai dengan apa yang dilaporkan sesuai dengan dana BOS yang digunakan.

Demikian Tips Menghadapi Monev BOS oleh Inspektorat maupun BPK (Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah) yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.




Share This :

0 komentar

 Recent