Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5





Halo adik-adik Kelas 3 baik SD maupun MI. sebentar lagi kalian akan menghadapi Penilaian Tengah Semester 2 atau PTS Genap (PTS 2). Seperti yang kita ketahui bahwa Penilaian Tengah Semester 2 atau PTS Genap (PTS 2) yang dulunya bernama Ujian Tengah Semester 2 atau UTS Genap (UTS 2) ini merupakan penilaian yang dilaksanakan pada pertengahan semester genap dan menguji hasil belajar pada periode pembelajaran selama 2 atau 3 bulan yang telah dilalui. Untuk membantu kalian dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Penilaian Tengah Semester 2 atau PTS Genap (PTS 2) ini pada kesempatan ini saya akan membagikan latihan Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 atau contoh Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 dalam Link Download Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 atau Link Unduh Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5.
 
Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5
Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5
Berikut adalah cuplikan latihan Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 ini:
………………………………………………..
 KELAS 3 TEMA 5

Sub Tema 1

Indonesiaku, Bangsa yang Kaya

Papan Reklame Toko Mebel

Minggu pagi, Beni dan teman-temannya berkumpul di alun-alun kota untuk lari pagi dan berolahraga bersama. Cuaca cerah dan suasana di alun–alun sangat ramai. Banyak sekali orang yang datang ke alun-alun di Minggu pagi. Ada yang berolahraga, berdagang, dan berjalan-jalan. Ada juga yang hanya melihat-lihat, membeli berbagai jajanan, dan membeli barang-barang yang dijajakan.
            Saat mereka duduk beristirahat di trotoar, sebuah mobil bak terbuka lewat dan berhenti tak jauh dari tempat mereka beristirahat. Supir dan seorang temannya turun dari mobil dan segera berbaur dengan para pengunjung alun-alun. Beni dan teman-temannya memandang dengan penuh minat pada muatan mobil itu. Sebuah papan reklame yang tampaknya milik sebuah toko yang baru akan dibuka. Beni menunjuk papan reklame itu dan berkata, ”Akan ada toko mebel baru nanti di jalan Ahmad Yani. Khusus mebel dari rotan.” Teman-teman yang lain bergumam membenarkan.
            Mereka juga tengah membaca nama toko, jenis barang yang dijual, dan alamat toko pada papan reklame itu. “Bagus sekali, ya, gambar contoh mebelnya! Aku jadi ingin mengajak ibuku melihat-lihat ke toko itu nanti,” kata Siti bersemangat. “Cara pemiliknya memilih warna untuk papan reklamenya juga bagus, ya! Menarik minat orang untuk memperhatikan dan membaca dengan lebih teliti,” sambung Udin. “Bukan hanya warnanya, proporsi besar huruf dan gambarnya juga tepat,” Edo menambahkan.
Jawablah pertanyaan di bawah ini
1   Apa tujuan utama sebuah reklame/iklan?
……………………………………
2   Hal-hal apa yang harus ditonjolkan dalam sebuah reklame/iklan?
……………………………………
3   Bila terdapat beberapa barang yang sama di sebuah toko/pasar, iklan/reklame seperti apakah yang akan memenangkan persaingan?
……………………………………
4   Di media apa sajakah orang perlu memasang iklan/reklame untuk keberhasilan penjualannya?
……………………………………

KUADRAT
Selesaikan soal-soal berikut dengan saksama!

1. 12 = 1 × 1 = 1
2. 112 = 11 × 11 = 121
3. 122 = . . . × . . . = . . . .
4. 142 = . . . × . . . = . . . .
5. 152 = . . . × . . . = . . . .
6. 172 = . . . × . . . = . . . .
7. 192 = . . . × . . . = . . . .
8. 212 = . . . × . . . = . . . .
9. 242 = . . . × . . . = . . . .
10. 252 = . . . × . . . = . . . .

Cobalah memecahkan beberapa soal di bawah ini secara mandiri.

1. Sebuah majalah memberikan tarif untuk iklan sebesar Rp25.000 setiap cm2. Sebuah iklan majalah yang berbentuk persegi memiliki panjang sisi 12 cm. Berapakah harga tarif untuk iklan tersebut?
     ………………………………………………………..
2. Sebuah papan iklan berbentuk persegi memiliki panjang sisi 120 cm. Biaya pemasangan iklan per meter persegi adalah Rp 36.000. Berapa biaya yang diperlukan untuk membayar pemasangan iklan pada papan iklan tesebut?
     ………………………………………………………..
3. Siti berpikir untuk membuat lima iklan untuk sebuah majalah. Setiap iklan yang berbentuk persegi tersebut memiliki panjang sisi 15 cm. Dengan tarif iklan sebesar Rp 13.000 per cm2, berapa biaya yang diperlukan untuk membuat semua iklan tersebut?
     ………………………………………………………..

Mengenal Koperasi

Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang bercirikan watak sosial, berwujud usaha bersama, dan berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi memiliki fungsi dan peranan, antara lain untuk mengembangkan potensi dan kemampuan, ekonomi anggota dan masyarakat. Koperasi juga berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Keanggotaan koperasi bersifat sukarela dan terbuka. Koperasi adalah milik semua anggotanya. Pengelolaannya dijalankan dengan cara demokratis dan terbuka. Keuntungan yang diperoleh menjadi milik semua anggotanya. Keuntungan itu akan dibagikan kembali kepada anggotanya dalam bentuk sisa hasil usaha (SHU).
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Berdasarkan bacaan di atas, manfaat apa saja yang diberikan koperasi bagi anggotanya?
………………………………………………………..
Bagaimana cara koperasi membantu meningkatkan perekonomian rakyat?
………………………………………………………..

Tulislah dalam dua kalimat lengkap, peran dan fungsi koperasi bagi rakyat Indonesia!
………………………………………………………..

Arti, Tujuan dan Manfaat Koperasi
1. Pengertian koperasi
     Apa yang dimaksud dengan koperasi? Dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian disebutkan bahwa, “Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.”
     Bunyi undang-undang tersebut mungkin masih sulit kamu pahami. Jangan khawatir, kamu belum perlu menghafalnya. Yang penting kamu memahami bahwa pada dasarnya koperasi memiliki pengertian sebagai berikut:
     a.    Koperasi adalah badan usaha, artinya lembaga yang mengelola usaha. Misalnya, usaha pertokoan, produksi barang, jasa simpan pinjam dan usaha perkreditan.
     b.    Koperasi ada yang beranggotakan orang, ada pula yang beranggotakan badan hukum koperasi. Maksudnya koperasi ada yang beranggotakan orang-orang ada pula yang beranggotakan beberapa koperasi yang telah berbadan hukum. Badan hukum koperasi artinya koperasi yang telah diakui oleh pemerintah sebagai lembaga hukum. Ciri koperasi yang berbadan hukum adalah memiliki akta pendirian. Koperasi yang mempunyai badan hukum berhak melakukan tindakan hukum. Misalnya, melakukan perjanjian dengan pihak lain, kemudian bila ada masalah bisa menuntut dan dituntut ke pengadilan.

2. Tujuan dan manfaat koperasi
     Segala sesuatu dibentuk atau didirikan tentu mempunyai tujuan. Apa tujuan dibentuknya koperasi? Berikut ini adalah tujuan pembentukan koperasi di Indonesia:
     a. Memajukan kesejahteraan anggota
     b. Memajukan kesejahteraan masyarakat
     c. Membangun tatanan ekonomi nasional
    
     Ketiga tujuan tersebut saling berkaitan. Dengan adanya koperasi kebutuhan para anggota dapat diperoleh di koperasi. Dengan terpenuhinya kebutuhan anggota maka semakin meningkatlah kesejahteraan anggota koperasi. Dengan memajukan kesejahteraan anggotanya berarti koperasi juga memajukan kesejahteraan masyarakat dan memajukan tatanan ekonomi nasional. Keseluruhan tujuan koperasi tersebut adalah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
     Setelah memahami tujuan dibentuknya koperasi, tentunya sedikit banyak kamu mengetahui bahwa koperasi bermanfaat bagi anggotanya.
     Manfaat yang paling utama adalah anggota dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya dengan adanya koperasi anggota dapat meminjam uang untuk modal usaha.
    
     Apa manfaat yang kamu peroleh dari koperasi di sekolahmu? Biasanya koperasi sekolah menyediakan kebutuhan siswa dan guru. Dengan demikian guru dan siswa tidak perlu jauh-jauh untuk membeli buku tulis, pensil, seragam ataupun makanan kecil. Manfaat koperasi bagi anggota tidak hanya memenuhi kebutuhan anggota. Jika kita menjadi anggota sebuah koperasi maka kita akan memperoleh manfaat lain yakni :
     a.    Pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU)
     b.    Setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong
     c.     Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab

Latihan Soal
1. Badan usaha yang paling sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia adalah ….
     a. pabrik
     b. pasar
     c. toko
     d. koperasi

2. Koperasi yang memiliki badan hukum berhak melakukan tindakan ….
     a. sosial
     b. hukum
     c. politik
     d. ekonomi

3. Tokoh Indonesia yang bergelar Bapak Koperasi Indonesia adalah ….
     a. Ir. Soekarno
     b. Suharto
     c. Drs Muhammad Hatta
     d. Ki Hajar Dewantara

4. Iuran anggota koperasi yang dibayarkan pada saat awal menjadi anggota koperasi disebut ….
     a. simpanan pokok
     b. simpanan sukarela
     c. simpanan wajib
     d. simpanan permanen

5. Gambar timbangan pada lambang koperasi memiliki arti ….
     a. persahabatan yang kokoh
     b. keadilan sosial
     c. usaha yang terus-menerus
     d. kemakmuran rakyat

Ingatlah aturan penyelesaian hitung campuran!
1. 122 + 132 – 102 = ...................

2. (192 × 13) + 152 = ...................

3. (102 : 5) + (112 × 3) = ...................

4. 252 – (222 : 4) = ...................

5. (322 × 3 ) + (122: 6) = ....................

6. Suatu lahan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 12 m dibagi menjadi empat bagian sama besar. Berapakah luas setiap bagian tersebut?

Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya
Permukaan bumi tidak rata dan halus seperti pemukaan bola. Permukaan bumi penuh dengan gelombang naik dan turun, besar dan kecil yang membentuk kenampakan alam. Ada banyak sekali jenis kenampakan alam di bumi ini.
Permukaan bumi yang naik tinggi disebut gunung dan bukit bergantung tingkat ketinggiannya. Dataran yang tinggi dan luas di sekitar pegunungan dan perbukitan disebut daratan tinggi, sedangkan dataran luas yang jauh lebih rendah dari pegunungan dan perbukitan disebut dataran rendah. Di dataran tinggi dan rendah terdapat beberapa areal yang berupa cekungan-cekungan cukup dalam. Bila cekungan itu sangat curam dan dalam disebut jurang. Bila cekungan itu berisi air disebut danau, lubuk, telaga, atau sungai. Sungai yang mengalir turun ke dalam patahan bumi disebut air terjun.
Dataran luas yang lebih rendah lagi dari dataran rendah biasanya terisi air dan disebut laut. Laut yang sangat luas disebut samudra. Di dalam laut juga terdapat berbagai kenampakan alam. Di laut terdapat juga jurang yang disebut palung. Daratan yang muncul di tengah laut disebut pulau. Deretan pulau-pulau disebut kepulauan. Daratan yang menjorok ke laut disebut tanjung. Laut yang menjorok ke daratan disebut teluk. Baik di daratan maupun di laut terdapat gunung dan pegunungan. Gunung yang berisi lava dan magma disebut gunung berapi.
Manusia hidup di sekitar semua kenampakan alam yang ada di daratan. Untuk kelangsungan hidupnya, manusia melakukan adaptasi yang berbeda-beda satu sama lain sesuai dengan alam dan kenampakannya dimana ia hidup. Makanan yang dimakan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga dan teknologi yang diciptakan oleh manusia semuanya akan menunjukkan di mana mereka tinggal dan adaptasi apa yang mereka lakukan.
Di masa sekarang, hasil adaptasi masih dapat kita lihat dari jenis makanan dan barang-barang khas hasil suatu daerah. Makanan dan barang-barang khas dari daerah pegunungan dan dataran tinggi tentu berbeda dengan makanan dan barang-barang khas dari daerah pantai dan dataran rendah. Dapatkah kamu menyebutkan beberapa contohnya?
Sumber: BSE, Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas V-Dwi Ari-2009
Berdasarkan bacaan "Kenampakan Alam dan Adaptasi Masyarakat Sekitarnya", terdapat banyak jenis kenampakan alam di bumi ini. Indonesia juga memiliki berbagai jenis kenampakan alam.




1. Kenampakan alam apa sajakah yang ada di Indonesia?
     ………………………………………………………..
2. Adakah kenampakan alam Indonesia yang sangat unik dan terkenal yang kamu ketahui?
     ………………………………………………………..
3. Mengapa sebuah kenampakan alam dapat menjadi terkenal?
     ………………………………………………………..
4. Apa yang membedakannya dengan kenampakan alam yang lain?
     ………………………………………………………..
5. Adakah pengaruh kenampakan alam dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya?
     ………………………………………………………..

Latihan Soal
1. Untuk menyelamatkan daerah pantai ditanami hutan ....
     a. jati
     b. bambu
     c. bakau
     d. mahoni

2. Salah satu ciri kehidupan sosial masyarakat perdesaan, yaitu ....
     a.    mementingkan kebutuhan pribadi
     b.    tidak suka mencampuri urusan orang lain
     c.     senang bekerja sama
     d.    disiplin kerja sangat tinggi

3. Ulah manusia yang bisa menyebabkan terjadinya banjir adalah ....
     a. menangkap ikan dengan air tuba
     b. membuang sampah di sungai
     c. penebangan hutan dengan reboisasi
     d. penambangan secara liar
4. Berikut ini yang termasuk kenampakan alam wilayah daratan adalah ….
     a. danau
     b. teluk
     c. sungai
     d. delta

5. Daratan yang menjorok ke lautan disebut ….
     a. teluk
     b. selat
     c. tanjung
     d. delta

6. Kegiatan perkebunan yang dilakukan di daerah dataran rendah adalah ….
     a. perkebunan kopi
     b. perkebunan cengkeh
     c. perkebunan teh
     d. perkebunan tebu

7. Usaha memelihara ikan di pantai disebut ….
     a. tambak
     b. kolam
     c. rawa
     d. waduk

8.         Penduduk yang ada di dataran tinggi kebanyakan bekerja sebagai ….
     a. nelayan
     b. pedagang
     c. petani
     d. karyawan pabrik

Tanda Alam Negeriku
(Cipt: D. Karitas)

Sungai-sungai indah membelah negeriku
Airnya jernih sepanjang waktuIkan dan udang menari-nari selalu
Membuat tenang hati para ibu
Gunung-gunung berpayung awan
Pastikan segera datang hujan
Air turun karena awan yang sudah tak tahan
Menyiram bumi, munculkan harapan
Pantai negeriku sangatlah indah
Penuh dengan pasir putih lembut menjamah
Keong dan kerang menyambut ramah
Hilangkan semua dendam amarah

Simaklah syair di atas, dan cobalah jawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

1. Pesan apakah yang ingin disampaikan penulis melalui syairnya?
     ………………………………………………………..

2. Bagaimanakah penggunaan rima dan pemilihan kata yang ada di dalam syair di atas?
     ………………………………………………………..

Carilah fungsi dari setiap bagian tumbuhan berikut! Lalu, jelaskan bagaimana manusia memanfaatkannya!
1   Akar
2   Batang
3   Daun
4   Bunga
5   Buah
6   Kulit batang (bila ada)
7   Getah (bila ada)

BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

A.     Akar
Akar merupan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Oleh karena itu, umumnya akar berada di dalam tanah. Bagian-bagian tersebut adalah inti akar, rambut akar, dan tudung akar.

• Inti Akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
• Rambut Akar. Rambut akar atau bulubulu akar berbentuk serabut halus. Rambut akar terletak di dinding luar akar. Fungsi rambut akar adalah mencari jalan di antara butiran tanah. Hal inilah yang menyebabkan akar dapat menembus masuk ke dalam tanah. Selain itu, rambut akar juga berfungsi menyerap air dari dalam tanah.
• Tudung Akar. Tudung akar terletak di ujung akar. Bagian ini melindungi akar saat menembus tanah.

Akar ada dua jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Bagian ujung dan pangkalnya berukuran hampir sama besar. Tumbuhan berkeping satu (monokotil) biasanya memiliki akar serabut. Contoh tumbuhan berakar serabut adalah kelapa, rumput, bambu, dan tebu.
Akar tunggang mempunyai akar pokok yang bercabang-cabang. Akar tunggang merupakan akar pokok kelanjutan dari batang yang tumbuh lurus ke bawah. Akar pokok memiliki cabang-cabang akar yang lebih kecil. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang biasanya berkeping dua (dikotil). Contohnya mangga, jambu dan jeruk. Akan tetapi tumbuhan dikotil hasil cangkokan memiliki akar serabut.
           
Fungsi akar antara lain :
- Menguatkan berdirinya tumbuhan pada tempat tumbuhnya.
- Menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah.
- Menyimpan cadangan makanan.

B.     Batang
Batang dapat diumpamakan sebagai sumbu tubuh tumbuhan. Bagian ini umumnya tumbuh di atas tanah. Arah tumbuh batang tumbuhan menuju sinar matahari.
Struktur batang terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat (stele). Silinder pusat pada batang ini terdiri atas beberapa jaringan yaitu empulur, perikardium, dan berkas pengangkut yaitu xilem dan floem

Batang tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu batang berkayu, batang rumput, dan batang basah.

Fungsi batang:
-   Penyokong tubuh tumbuhan.
-   Mengangkut makanan ke seluruh tubuh tumbuhan.
-   Mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
-   Menyimpan makanan, contoh tebu dan sagu.

C.     Daun
Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun tumbuhan memiliki tiga bagian utama, yaitu helai daun, tulang daun dan tangkai daun.

     Fungsi daun antara lain :
-   Tempat proses pembuatan makanan (fotosintesis).
-   Alat pernafasan tumbuhan, dengan mulut daun (stomata).
-   Penguapan air
-   Pengeluaran air berupa tetesan.

D.        Bunga
Bunga lengkap memiliki bagianbagian sebagai berikut.
1.  Kelopak, umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
2.  Mahkota, merupakan bagian bunga yang indah dan berwarnawarni.
3.  Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan.
4. Putik sebagai alat kelamin betina.
5.  Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.



Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga, dan putik disebut bunga sempurna. Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari, maka disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit.
Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.



E.         Buah dan Biji
Bagian yang dapat dimakan biasanya daging buahnya. Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.
Biji itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil.

Latihan Soal
1. Di bawah ini yang termasuk fungsi batang adalah ….
     a. menyerap air
     b. membuat makanan
     c. menyalurkan air dari akar ke daun
     d. saluran masuknya udara

2. Batang berkayu umumnya berwarna ….
     a. merah
     b. hijau
     c. kuning
     d. coklat

3. Pertumbuhan batang mengarah ke ….
     a. atas
     b. samping
     c. bawah
     d. depan

4. Stomata terdapat pada ….
     a. daun
     b. akar
     c. batang
     d. bunga

5. Alat kelamin betina pada tumbuhan adalah ….
     a. benang sari
     b. kelopak
     c. putik
     d. mahkota


Memanfaatkan Enceng Gondok
Ni Putu Kendarinny, siswa SMAN 3 Denpasar berhasil meraih juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dilaksanakan di Universitas Jember. Ni Putu mampu mengalahkan puluhan finalis lainnya atas paparannya mengenai rahasia eceng gondok. Ternyata, tumbuhan yang selama ini banyak disia-siakan memiliki manfaat dalam ilmu kedokteran. Eceng gondok juga dapat dimanfaatkan bagi dunia bisnis dan memiliki peluang ekspor.
Hampir semua bagian tumbuhan eceng gondok dapat dimanfaatkan. Berbagai kegunaan eceng gondok tersebut belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat.
Sumber : arasy-hasan.blogspot.com

1. Dari hasil analisis di laboratorium, tumbuhan eceng gondok mampu mengikat unsur logam dalam air. Oleh karena itu, eceng gondok sangat baik tumbuh di air kotor.
     ………………………………………………………..
2. Daun eceng gondok dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak.
     ………………………………………………………..
3. Serat eceng gondok dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan.
     ………………………………………………………..
4. Batang eceng gondok dapat digunakan sebagai penyangga rangkaian bunga.
     ………………………………………………………..
Setelah membaca bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Bagaimanakah tumbuhan eceng gondok dimanfaatkan?
2.  Mengapa temuan tentang manfaat tumbuhan eceng gondok ini menjadi penting?
3. Apakah pelajaran yang dapat kamu ambil dari bacaan di atas?








KELAS 3 TEMA 5
Sub Tema 2
Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya

Kegiatan Ekspor dan Impor

Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Adapun barang yang dijual dikenal sebagai barang ekspor. Melimpahnya sumber daya alam suatu negara melatarbelakangi kegiatan ekspor. Sebagai contoh negara Indonesia melimpah akan minyak bumi dan hasil pertanian. Selain untuk mencukupi kebutuhan di dalam negeri, sebagian juga diekspor. Impor merupakan kebalikan dari ekspor. Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan impor disebut importir. Adapun barang yang dibeli dari luar negeri disebut barang impor. Keterbatasan sumber daya alam dan sumber daya manusia menjadi alasan dilakukan impor. Contohnya adalah Indonesia belum dapat memproduksi barang-barang elektronik dan barangotomotif seperti mobil, sepeda motor, dan lain-lain. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor barang-barang tersebut dari negara lain. Kegiatan ekspor dan impor dilakukan melalui pelabuhan laut. Salah satu pelabuhan di Indonesia yang menjadi tempat kegiatan ekspor dan impor adalah Pelabuhan Tanjung Priok.
            Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam. Terutama hasil tambang dan hasil pertanian. Hasil tambang dan hasil pertanian sebagian untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Sebagian diekspor. Indonesia masih mempunyai keterbatasan di bidang sumber daya manusia. Terutama untuk memproduksi barang-barang elektronik dan barang-barang otomotif. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor barang-barang tersebut dari negara lain. Kegiatan ekspor dan impor dapat berupa barang dan jasa. Berikut ini barang dan jasa yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia. Barang yang diekspor oleh Indonesia terdiri atas dua macam. Di antaranya barang migas dan nonmigas. Barang migas berupa minyak dan gas bumi. Adapun barang nonmigas, yaitu hasil pertanian, hasil industri, dan hasil tambang (selain minyak dan gas bumi). Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor minyak bumi. Negara Indonesia tergabung ke dalam perhimpunan negara-negarapengekspor minyak bumi atau OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries). Hasil industri Indonesia yang diekspor, antara lain rokok, kertas, suku cadang telkom, tekstil dan pakaian jadi, semen, pupuk, kayu lapis, kerajinan kulit, ukir-ukiran, dan anyaman rotan. Barang-barang hasil perkebunan yang diekspor, antara lain tembakau, teh, karet, kelapa sawit, kopra, lada, cokelat, kopi, cengkeh, dan pala. Barang-barang hasil hutan yang diekspor Indonesia, yaitu rotan, kayu, dan damar. Adapun hasil laut yang diekspor Indonesia, antara lain udang, ikan segar, dan ikan kaleng.
Indonesia juga melakukan kegiatan impor barang dan jasa. Hal ini disebabkan karena terbatasnya sumber daya manusia. Terutama untuk memproduksi beberapa barang kebutuhan dalam negeri. Barang-barang yang diimpor Indonesia sebagian besar barang elektronik. Di antaranya televisi, radio, lemari es, dan lain-lain. Di samping itu, Indonesia juga mengimpor barang-barang otomotif, seperti mobil, sepeda motor, kapal laut, dan lain-lain.
Kegiatan ekspor dan impor melibatkan dua negara atau lebih. Kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi negara pengekspor maupun pengimpor. Beberapa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor, antara lain:
1. barang produksi negara kita akan dikenal oleh negara lain,
2. membantu mencukupi kebutuhan negara lain,
3. meningkatkan devisa negara,

4. barang dari luar negeri dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri,
5. mempererat hubungan ekonomi dan persahabatan antara negara-negara di dunia, dan
6.  meningkatkan produksi kedua negara.
Disadur dari: http://ictkelompokblog.wordpress.com/materi/kegiatan-ekspor-dan-impor/

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan cermat!
1. Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor?
     ……………………………………………………
2. Mengapa Indonesia harus mengimpor barang-barang elektronik dan barang- barang otomotif?
     ……………………………………………………
3. Apa saja barang yang diekspor oleh Indonesia?
     ……………………………………………………
4. Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ekspor dan impor?
     ……………………………………………………
    
Latihan Soal
1. Bapak Ilham menawarkan dan menjual hasil dari usahanya berupa baju muslim ke Brunei Darrusalam. Artinya Bapak Ilham melakukan kegiatan . . . .
     a. ekspor
     b. barter
     c. impor
     d. valas

2. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan kegiatan ekspor adalah . . . .
     a.    meningkatkan laba perusahaan melalui perluasan pasar serta untuk memperoleh harga jual yang lebih baik
     b.    membuka pasar baru di luar negeri sebagai perluasan pasar dalam negeri
     c.     memanfaatkan kelebihan komoditas yang telah dimiliki
     d.    memperoleh relasi bisnis yang jauh
3. Kegiatan perdagangan dengan cara memasukkan barangbarang dari luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah dengan pembayaran valuta asing dinamakan . . . .
     a. ekspor
     b. barter
     c. impor
     d. valas

4. Bapak Lukman membeli barang-barang dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia, berarti Bapak Lukman telah melakukan kegiatan . . . .
     a. ekspor
     b. impor
     c. barter
     d. valas

5. Kegiatan memasok suatu komoditi ke negara lain atau kepada orang asing dengan disebut pembayaran menggunakan valuta asing dinamakan . .
     a. ekspor
     b. impor
     c. barter
     d. valas

6. Pelaksanaan ekspor dilakukan seorang . .
     a. eksportir
     b. importir
     c. direktur
     d. pedagang

7. Izin untuk melaksanakan ekspor diterbitkan dalam bentuk . . . .
     a Surat Pengakuan Eksportir
     b. Angka Pengenal Ekspor
     c. Tanda Pengenal Eksportir
     d. Ikatan Para Pengusaha Ekspor


AKAR KUADRAT

4 x 4 = 42 = 16

12 = 1    = 1
22 = 4   = 2
32 = 9   = 1
42 = 16             = 4
52 = 25             = 5
62 = 36             = 6
72 = 49             = 7
82 = 64            = 8
92 = 81             = 9
102 = 100        = 10

Latihan
Tentukan hasil akar berikut !

1 . √ 784 =  …
2 . √ 900 =  …
3 . √ 1089 =  …
4 . √ 1225 =  …
5 . √ 1369 =  …
6 . √ 1296 =  …
7 . √ 1521 =  …
8 . √ 1681 =  …
9 . √ 1849 =  …
10 . √ 2025 =  …
11 . √ 2304 =  …
12 . √ 2209 =  …
13 . √ 2401 =  …
14 . √ 2601 =  …
15 . √ 2704 =  …
Latihan
Tentukan hasil akar berikut !

1 . √ 625 =  …
2 . √ 729 =  …
3 . √ 900 =  …
4 . √ 1024 =  …
5 . √ 1156 =  …
6 . √ 1089 =  …
7 . √ 1296 =  …
8 . √ 1444 =  …
9 . √ 1600 =  …
10 . √ 1764 =  …
11 . √ 2025 =  …
12 . √ 1936 =  …
13 . √ 2116 =  …
14 . √ 2304 =  …
15 . √ 2401 =  …

Kerjakanlah dengan saksama!
1.    Sebuah persegi mempunyai luas 256 cm2. Berapakah panjang sisi-sisinya?
       ……………………………………………………
2.    Sebuah kebun yang berbentuk persegi mempunyai luas 625 m2, memiliki panjang . . . . . . m.

Pariwisata
Tingkatkan Ekspor Kerajinan Bali

            Sektor pariwisata yang ber-kembang pesat di Bali sekaligus mampu meningkatkan per-tumbuhan perdagangan aneka barang kerajinan sebagai cendera mata. Hal ini dapat diketahui dari meningkatkan kegiatan ekspor nonmigas Pulau Dewata termasuk kerajinan dari Bali ke Rusia yang tetap bergairah sebagai dampak positif dari perkembangan dunia pariwisata yang makin banyak kedatangan turis asing, termasuk dari Rusia yang berlibur ke Pulau Dewata.Data dari Dinas Pariwisata Pro-vinsi Bali mencatat turis Rusia yang datang langsung dari ne-garanya ke Bali selama bulan
Januari hingga September 2013 mengalami kenaikan sebesar 18 hingga 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
            Hal ini menjadi bukti bahwa kedatangan turis Rusia ke Bali menjadi salah satu sebab perdagangan antarkedua negara cukup menggembirakan. Dari Rusia justru terjadi kenaikan dengan bertambahnya realisasi perdagangan aneka barang kerajinan Bali.
Sumber: www.investor.co.id

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Termasuk dalam komoditas apakah sektor pariwisata di Bali?
     ……………………………………………………
2. Komoditas apakah yang diekspor dari Bali?
     ……………………………………………………
3. Apakah penyebab meningkatnya realisasi perdagangan antara Rusia dan Indonesia?
            ……………………………………………………
4. Apakah kesimpulan dari bacaan di atas?
     ……………………………………………………

Komoditas Ekspor Indonesia
Komoditas merupakan barang atau jasa yang diperdagangkan. Komoditas ekspor Indonesia sangat beragam. Berbagai komoditas tersebut dikelompokkan menjadi dua, yaitu minyak dan gas (migas) serta nonminyak dan gas (nonmigas). Komoditas yang termasuk nonmigas meliputi hasil pertanian, perikanan, pertambangan, industri, jasa, dan kerajinan.
            Sebagai negara agraris, Indonesia menghasilkan berbagai komoditas pertanian. Komoditas pertanian ini meliputi produk perkebunan, peternakan, perikanan dan pertanian tanaman pangan. Beberapa hasil pertanian dan perkebunan yang diekspor antara lain kelapa sawit, kopra, kopi, teh, tembakau, cengkeh, karet, dan rempah-rempah.
Indonesia yang memiliki laut dan samudra yang luas menghasilkan hasil laut yang disukai oleh pasar luar negeri. Beberapa jenis ikan yang disukai adalah cakalang dan tuna. Selain hasil lautnya, Indonesia yang karena keadaan geog-rafisnya, memiliki kelompok nelayan yang mampu membudidayakan hasil perikanan dengan kualitas yang baik. Hasil budi daya perikanan yang menjadi komoditas ekspor antara lain udang lobster dan ikan hias.
Sumber: BSE IPS SD Kelas VI-Arif Julianto

Carilah informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan berikut!
1. Apakah ciri-ciri masyarakat agraris?
     ……………………………………………………
2. Apa saja komoditas pertanian yang dihasilkan masyarakat agraris?
     ……………………………………………………
3. Sebutkan paling sedikit tiga contoh dari setiap komoditas pertanian mulai dari perkebunan, peternakan, dan tanaman pangan.
     ……………………………………………………
4. Sebutkan ciri-ciri masyarakat nelayan.
     ……………………………………………………
5. Apakah yang dimaksud dengan budidaya perikanan? Sebutkanlah contohnya!
     ……………………………………………………

Latihan Soal
1. Bilangan berpangkat dari: 3 × 3 × 3 × 3 × 3 adalah . . . .
     a. 35                                                           c.32
     b. 34                                                           d. 33

2. Penulisan perkalian dari bilangan 82            adalah ....
     a. 2 x 2                               c. 8 x 2
     b. 2 x 8                              d. 8 x 8

3. 73dibaca ....
     a. tujuh kali tiga
     b. tujuh tambah tiga     
     c. tujuh pangkat tiga
     d. tiga kali tujuh

4. Hasil dari 252 adalah ....
     a. 625                                 c. 25 x 2
     b. 50                                               d. 25

5. Akar pangkat dua dari 256 adalah ....
     a. 128                                 c. 16
     b. 26                                               d. 12

Mengenal Batang dan Bunga pada Tumbuhan

Jika kamu mengamati sebuah pohon, hal yang paling tampak dan berbentuk khas adalah bagian batang. Batang merupakan bagian utama tumbuhan. Tubuh tumbuhan dapat berdiri tegak karena adanya batang. Batang tumbuhan dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu batang berkayu, batang berumput, dan batang basah. Perhatikanlah gambar di bawah ini!

Batang mempunyai peran dan fungsi yang penting bagi tumbuhan. Batang berguna untuk menopang agar tumbuhan dapat tegak, mengangkut air dan zat-zat makanan, menyimpan makanan cadangan dan juga sebagai alat perkembangbiakan. Lalu, bagaimana dengan bunga? Kamu tentu mudah mengenalinya karena bunga biasanya berwarna-warni dengan bau yang khas. Apakah fungsi bunga pada tumbuhan? Perhatikan struktur bunga berikut ini!
Gambar berikut adalah gambar bunga. Bunga disusun oleh kelopak, mahkota, benang sari, putik, dan dasar atau tangkai bunga. Benang sari dan putik dapat melakukan penyerbukan/perkawinan. Penyerbukan ini akan menghasilkan biji dan buah. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Penyerbukan merupakan awal proses perkembangbiakan tumbuhan. Benang sari merupakan alat kelamin jantan. Putik sebagai alat kelamin betina.

Tidak semua tumbuhan mempunyai semua bagian bunga yang lengkap. Bunga yang memiliki bagian bunga lengkap disebut bunga sempurna. Bunga yang mempunyai semua bagian kecuali putik disebut sebagai bunga jantan. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari disebut bunga betina.
Sumber : BSE IPA Kelas IV-choirulamin

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.  Bagaimana ciri–ciri batang?
     ………………………………………………………..
2.  Apakah perbedaan dari batang berkayu dengan batang tidak berkayu?
     ………………………………………………………..
3.  Sebutkan dan cari gambar contoh tanaman dengan batang berkayu dan tidak berkayu, paling sedikit masing-masing dua contoh.
     ………………………………………………………..

Latihan
1. Pertumbuhan kambium ke arah luar membentuk ….
     a. kulit
     b. buah
     c. kayu
     d. biji

2. Contoh tumbuhan yang bentuk batangnya persegi adalah ….
     a. bambu
     b. pepaya
     c. sirih
     d. kentang

3. Perhatikan pernyataan berikut.
     1)    sebagai alat pernapasan
     2)    tempat memasak makanan
     3)    tempat berlangsungnya proses penguapan
     4)    menyerap air dari tanah
     Fungsi daun ditunjukkan oleh nomor ….
     a. 1 dan 2
     b. 1, 2, 3, dan 4
     c. 2 dan 3
     d. 1, 2, dan 3



4. Daun kebanyakan berwarna hijau karena mengandung ….
     a. air
     b. oksigen
     c. klorofil
     d. zat pewarna

5. Tumbuhan berbiji tunggal disebut ....
     a. monokotil
     b. dikotil
     c. monoton
     d. dikotomi

6. Biji jeruk termasuk ….
     a. monokotil
     b. dikotil
     c. monoton
     d. dikotomi

7. Pernyataan berikut benar, kecuali ....
     a. mangga memiliki akar tunggang
     b. bayam berbatang kayu
     c. mangga termasuk tumbuhan dikotil
     d. bayam termasuk tumbuhan monokotil

8.         Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat menguapkan air adalah ....
     a. batang
     b. daun
     c. akar
     d. bunga


Pahlawan Devisa

Selain barang, Indonesia juga mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri. Hal ini terjadi karena Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang sangat besar. Dengan jumlah penduduk yang besar, berarti Indonesia mempunyai jumlah tenaga kerja yang besar pula. Beberapa dari tenaga kerja tersebut bekerja di luar negeri. Orang-orang yang bekerja di luar negeri disebut tenaga kerja Indonesia (TKI).
Untuk bekerja di luar negeri, para calon TKI mendapat latihan khusus sesuai dengan pekerjaan yang akan dihadapinya. Selain belajar keterampilan, mereka juga belajar bahasa asing sesuai negara tujuannya. Dengan demikian, sebelum mereka diberangkatkan, mereka harus mempersiapkan diri dengan baik, yaitu melengkapi diri dengan keterampilan khusus dan bahasa. Pengiriman tenaga kerja ke luar negeri ditangani secara resmi oleh pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans).
Adapun negara-negara tujuan pengiriman TKI ini antara lain Arab Saudi, Kuwait, Korea Selatan, Malaysia, Hongkong, dan Taiwan. Para TKI setiap bulan mengirimkan uang hasil pekerjaannya, ke Indonesia untuk keluarga mereka. Karena jumlah TKI cukup banyak, uang yang mengalir ke Indonesia juga cukup besar dari mereka. Oleh karenanya, terkadang para TKI ini dijuluki sebagai Pahlawan Devisa.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan cermat:
1. Apakah keuntungan bagi negara Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk yang besar?
     ……………………………………………………..
2. Apakah yang dilakukan para TKI sebelum mereka bekerja di luar negeri?
     ……………………………………………………..
3. Siapakah yang melatih para TKI dengan keterampilan dan bahasa?
     ……………………………………………………..
4. Mengapa mereka harus dilatih dengan keterampilan dan bahasa?
     ……………………………………………………..


KELAS 3 TEMA 5
Sub Tema 3
Melestarikan Olahraga dan Permainan
Tradisional di Daerahku

Ada kegiatan apa didaerahmu untuk memeriahkan Hari Anak Nasional? Di kota Denpasar diselenggarakan Festival Rare Bali selama 3 hari. Acara ini dibuka dengan pawai
budaya.
Lebih dari 1200 anak ikut memeriahkan pawai budaya ini. Mereka menampilkan berbagai permainan anak khas Bali seperti masepitsepitan, manten-antenan, trompag, tajog, dan deduplak. Ada juga pertunjukan ngelawang yang pemainnya mengenakan topeng barong yang unik. Selain itu, juga ada marching band yang dipadu dengan blegenjur atau perkusi tradisional.
Dalam festival ini, anak-anak bisa mengikuti berbagai perlombaan seperti lomba mewarnai, lomba lukis, permainan tradisional, membuat kerajinan dari barang bekas, lukisan wayang, ukiran kayu, dan lainnya.
Melalui kegiatan ini, kita dapat melestarikan permainan tradisional. Anak-anak pun bergembira, berkreasi, dan belajar tentang nilai-nilai budaya daerah unik yang harus dilestarikan.
bobo.kidnesia.com
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Di kota manakah Festival Rare dilaksanakan?
     ………………………………………………………
2. Apa saja permainan tradisional Bali yang
     ditampilkan?
     ………………………………………………………
3. Berapa banyak anak yang ikut memeriahkan Festival Rare Bali? 
     ………………………………………………………
4. Apa jenis perlombaan yang dapat diikuti oleh anak-anak dalam festival tersebut?
     ………………………………………………………
5. Apa manfaat diadakannya acara festival
     budaya?
     ………………………………………………………

……………………………………………….

Download Contoh Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5
Untuk Download Contoh Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 ini silakan kalian klik tautan dibawah ini:

Demikian latihan Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 atau contoh Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 dalam Link Download Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 atau Link Unduh Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Tema 5 semoga bermanfaat. Silakan kalian bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yaa…

Download Selengkapnya




Berlangganan via Email