Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar

Halo adik-adik siswa kelas 6 SD/MI. bagaimana kabar kalian? Masih semangat belajar kan? Untuk membantu kalian dalam belajar pada kesempatan ini saya akan membagikan Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar. Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar ini saya bagikan dalam bentuk file Microsoft Word atau Ms. Doc dalam bentuk link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar. Soal Ulangan Harian Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar atau Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar ini saya bagikan dengan cara download yang sangat mudah semoga bermanfaat untuk kalian.




 
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar
Berikut adalah pratinjau Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar.
……………………………………
 A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar dengan tepat!
PPKn
1.  Salah satu dampak peristiwa persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri adalah …..
2.  Salah satu manfaat adanya persatuan dan kesatuan yaitu ….
Bahasa Indonesia
Bacalah cerita fiksi dibawah ini!
Sangkuriang
Pada zaman dahulu,ada kisah seseorang putri raja dari jawa barat yang bernama dayang sumbi. ia mempunyai seorang anak laki-laki yang bernama sangkuriang.
Suatu hari sangkuriang berburu dengan si tumang (anjing kesayangan istana). Sangkuriang juga tidak tahu bahwa anjing itu titisan dewan sekaligus ayahnya sendiri.Waktu itu tumang tidak mau menuruti perintah sangkuriang untuk mengambil hewan buruan. maka tumang di usir ke dalam hutan. Kemudian sangkuriang kembali ke istana dan menceritakan hal tersebut kepada ibunya.Seketika itu dayang sumbi marah besar dan spontan memukul kepala sangkuriang dengan centong nasi yang di pegangnya.
Sangkuriang pun terluka dan kecewa atas perlakuan ibunya dan memutuskan pergi mengembara. Setelah kejadian tersebut ibunya menyesali dirinya. Lalu ia selalu berdoa dan bertapa dengan tekun.Akhirnya suatu ketika,para dewa memberikan hadiah,bahwasanya ia akan selamanya muda dan memiliki kecantikan yang abadi.
Karena sudah bertahun-tahun mengembara sangkuriang berniat untuk kembali ke istana/tanah airnya. Namun keadaan kerajaan sudah berubah total,dan menjumpai seseorang gadis yang cantik dan mempesona yang tak lain adalah dayang sumbi (ibunya).Sangkuriang terpesona dan segera melamarnya begitu pula dengan dayang sumbi. suatu hari sangkuriang pamit untuk berburu dan meminta untuk merapikan rambut calon suaminya tersebut.
Namun dayang sumbi terkejut dengan bekas luka yang di kepalanya persis dengan anaknya dan setelah di perhatikan memang mirip.Setelah itu dayang sumbi mencari akal agar gagal pernikahan tersebut. dengan mengajukan syarat jika ingin meminangnya. Membendung sungai citarum,dan dampan besar untuk meyebrang sungai semua itu harus selesai sebelum fajar terbit.
Sangkuriang mengerjakan tidak sendiri tetapi di bantu oleh makhluk ghaib. ternyata dayang sumbi mengintip begitu pekerjaan hampir selesai ia memperintahkan pasukannya untuk menggelar kain merah di sebelah timur kota.Dengan melihat hal itu sangkuriang mengira sudah pagi dan marah besar dan menendang sampan dengan kekuatannya sampai ke gunung dan menjadi “gunung tangkuban perahu”
3.  Bagian yang paling kamu sukai dari cerita fiksi diatas yaitu ….
4.  Pesan moral yang bisa kamu ambil dari cerita fiksi diatas yaitu ….
IPA
5.  Persamaan antara planet dengan komet adalah …..
6.  Perhatikan gambar dibawah ini!

Gambar diatas merupakan salah satu contoh teleskop yang digunakan untuk melihat benda-benda jauh atau benda-benda langit.
Tokoh astronomi penemu teleskop pertama adalah ….
IPS
7.  Contoh modernisasi pada transportasi adalah …..
8. Dampak negatif adanya modernisasi transportasi yaitu ….
SBdP
Perhatikan gambar dibawah ini!

9.  Pembuatan patung sesuai gambar diatas menggunakan teknik …..
10.  Bahan yang digunakan membuat patung sesuai gambar diatas yaitu ….

B.   Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar!
PPKn
11.   Sebutkan contoh persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari!
12.  Tidak membuang sampah dialiran sungai merupakan salah satu bentuk wujud persatuan dan kesatuan terhadap lingkungan. Bagaimana sikap kamu jika menemukan warga lingkungan sekitarmu membuang sampah pada aliran sungai?
Bahasa Indonesia
Bacalah cerita fiksi dibawah ini!
Rawa Pening
Pada zaman dahulu hiduplah seorang anak yang sakti. Sehingga kesaktian tersebut membuat seorang penyihir jahat iri. Karena merasa tertandingi ilmunya penyihir jahat itu menyihir anak itu,badannya penuh luka dengan bau yang sangat menyengat. Dan luka-luka baru yang nampak. Ketika luka itu kering,tidak ada seorang pun yang mau mendekat dengannya.
Suatu hari anak sakti ini mempunyai mimpi ada seseorang wanita yang bisa mengobati lukanya dan penyakitnya. Setiap kampung pun didatangi untuk mencari perempuan tersebut. Namun anak ini senantiasa di usir oleh masyarakat. Mereka merasa jijik dan mengusirnya kembali.
Suatu saat ada pesta dan anak ini dapat masuk dalam pesta tersebut,namun beberapa orang mengusir dan mencaci maki. Kemudian diseret keluar,ketika diseret ia berpesan kepada orang yang ada di pesta tersebut. Dengan menancapkan satu lidi di atas tanah dan hanya dirinya yang dapat mencabutnya. Anak tersebut melakukan tersebut karena kesal atas perlakuan dari masyarakat. Beberapa orang mengabaikan perkataan anak tersebut. Mereka juga mencoba mencabut lidi itu, namun tidak seorang pun yang dapat mencabutnya. Hingga tanpa orang sadari anak itu mencabut dan keluarlah air dan menjadi mata air. Semakin lama air yang keluar deras dan banyak. Hingga menenggelamkan daerah itu,hingga menjadi telaga yang di beri nama rawa pening. Tidak ada satu orang pun yang selamat kecuali wanita yang telah menolongnya,serta memberikan rumah dan merawatnya.
Penyihir jahat masih tidak terima atas kesembuhan itu hingga menyihir lagi menjadi ular besar dengan kalung genta di bagian leher. Karena kalung itu selalu berbunyi klinting-klinting  membuat nama ular itu memiliki nama baru klinting.
13.  Pesan moral apa yang dapat diambil dari legenda rawa pening?
14.  Sesuai bacaan diatas, pernahkah peristiwa serupa terjadi denganmu atau orang yang kamu kenal? Jelaskan!
IPA



15.  Perhatikan gambar dibawah ini!

Gambar diatas merupakan seorang ilmuwan yang memberi banyak pengaruh pada dunia ilmu pengetahuan, yang bernama Galileo Galilei.
Sebutkan penemuan Galileo Galilei!
16.  Sebutkan salah satu nama komet!
IPS
17.  Sebutkan salah satu manfaat dari modernisasi transportasi!
18.  Apa yang akan terjadi jika tidak adanya perkembangan transportasi?
SBdP
Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar A

Gambar B

19.  Sesuai gambar diatas, manakah patung yang menggunakan teknik potong?
20. Terbuat dari bahan apakah patung pada gambar A?

Kunci Jawaban
A. Isian
PPKn
1.  Munculnya sikap tenggang rasa, dan rasa senasib sepenanggungan
2.  Menumbuhkan lingkungan yang nyaman, tenang, serta aman
Bahasa Indonesia
3.  Yang paling disukai yaitu paragraph 5, karena dayang Sumbi masih ingat dengan anaknya walaupun sudah berpisah bertahun-tahun. (bisa jawaban lain)
4.  Agar kita selalu menghormati dan menuruti apa kata orangtua, dan sayang kepada hewan peliharaan kita
IPA
5.  Sama-sama mengelilingi matahari
6.  Friedrich William Herschel
IPS
7.  Pada zaman dahulu transportasi masih menggunaakan tenaga hewan seperti delam, sekarang sudah menggunakan tenaga mesin misalnya motor
8. Terjadi polusi udara dari asap kendaraan
SBdP
9.  Teknik potong
10.  Karton

B.   Uraian
PPKn
11.   Memberikan sumbangan kepada teman yang sedang tertimpa musibah
12.  Menegurnya dan mengajak agar tidak membuang sampah sembarangan sebagai bentuk persatuan dan kesatuan terhadap lingkungan.
Bahasa Indonesia
13.  Hargailah orang lain jangan sampai menilai seseorang dari tampilan luar saja
14.  Pernah, ketika saya mengikuti suatu lomba orang-orang meremehkan menganggap tidak bisa, ternyata saya mendapat juara 1. (bisa jawaban lain)
IPA
15.  Penemuan Galileo Galilei :
•      Penyempurnaan teleskop
•      Saturnus memiliki lingkar seperti cincin
•      Venus berputar mengelilingi Matahari 
•      Jupiter memiliki satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi, melainkan Matahari
16.  Komet Halley
IPS
17.  Memudahkan dalam pendistribusian barang
18.  Waktu perjalanan lama, pendistribusian barang tidak merata (bisa jawaban yang lain)
SBdP
19.  Gambar A
20. Kaleng bekas minuman
…………………………………….
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar
Untuk unduh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar ini silakan kalian klik tautan dibawah ini ya..

Demikian contoh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 3: Tokoh penjelajah angkasa luar yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Juga




Berlangganan via Email