Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan





Halo adik-adik siswa kelas 6 SD/MI. bagaimana kabar kalian? Masih semangat belajar kan? Untuk membantu kalian dalam belajar pada kesempatan ini saya akan membagikan Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan. Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan ini saya bagikan dalam bentuk file Microsoft Word atau Ms. Doc dalam bentuk link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan. Soal Ulangan Harian Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan atau Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan ini saya bagikan dengan cara download yang sangat mudah semoga bermanfaat untuk kalian.
 
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan
Berikut adalah pratinjau Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan.
……………………………………
 A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar dengan tepat!
PPKn
1.  Semboyan bangsa Indonesia yaitu ….
2.  Arti Bhineka Tunggal Ika yaitu ….
Bahasa Indonesia
3.  Karangan yang berisi cerita rekaan atau didasari dengan angan-angan (fantasi) dan bukan berdasarkan kejadian nyata disebut ….
4.  Salah satu contoh karangan fiksi adalah …
IPA
5.  Sistem tata surya terdiri atas ….
6.  Tata surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi matahari yaitu …
IPS
7.  Arti Modernisasi yaitu….
8. Salah satu contoh penggunaan alat dari tradisional ke alat modern dalam kehidupan sehari-hari yaitu …
SBdP
9.  Bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu disebut ….
10.Sebuah akor paling sedikit terdiri dari ……. nada


B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar!
PPKn
11.        Bagaimana bentuk  pengamalan persatuan dan kesatuam dalam kehidupan bernegara?
12. Apakah makna semboyan Bhineka Tunggal Ika?
Bahasa Indonesia
Bacalah bacaan dibawah ini!
Harimau dan 3 Ekor Rusa
Disebuah hutan hiduplah tiga ekor rusa kecil yang hidup bersama dengan ibunya. Ke-3 ekor rusa kecil ini demikian cepat tumbuh besar. Pada suatu hari ibunda mereka memberikan mereka saran untuk bangun tempat tinggal semasing supaya terlepas dari harimau. Harimau ialah binatang yang sangat ditakuti oleh ke-3 ekor rusa ini serta ibundanya. Spontan mereka cemas, mereka yang tetap berlaku seperti rusa yang masih tetap kecil serta manja saat ini mesti hidup mandiri.
Tibalah waktu mereka mandiri, saat mereka berjalan bertemulah ke-3 ekor rusa itu dengan seseorang yang membawa jerami. Secara cepat serta tiada fikir panjang, rusa pertama minta jerami itu. Pada akhirnya rusa pertama bangun rumah memiliki bahan jerami. Rusa ke-3 semakin putus harapan saat rusa ke-2 berjumpa dengan seorang yang membawa kayu serta kayu itu dikasihkan pada rusa ke-2 dan secara cepat dia bangun rumah itu.
Rusa ke-3 dalam keputusasaan tapi dia masih sabar. Pada akhirnya dia terasa suka ketia dia berjumpa dengan seorang yang membawa bata serta memberi bata itu kepadanya. Dalam waktu cepat rumah itu berdiri kuat serta rusa ke-3 meyakini jika harimau tidak akan memangsanya.
Permasalahan juga hadir, harimau mendatangi rumah setiap rusa. Dengan sekali tiup saja, rumah rusa pertama serta ke-2 langsung rubuh tidak bersisa termasuk juga beberapa pemiliknya si rusa pertama serta ke-2. Dengan perut yang kenyang harimau mendatangi rumah rusa ke-3, tentunya untuk memangsanya lagi. Ditiupnya rumah rusa ke-3 berkali-kali, sampai angin dari tiupannya tidak bisa berhembus lagi. Harimau geram serta kembali terasa lapar.
Dengan beberapa akal harimau merayu rusa ke-3. Dari mulai berjumpa di kebun lobak jam empat sore. Tetapi rusa ke-3 tahu jika harimau ingin memangsanya. Rusa ke-3 hadir lebih awal serta isi keranjangnya dengan lobak sampai penuh. Harimau semakin jengkel, dia juga terus-terusan merayu rusa ke-3 tetapi rusa ke-3 makin cerdas.
Tiap-tiap penawaran harimau dijawab dalam kata dia, tetapi dia tetap hadir lebih awal serta tinggalkan harimau supaya selamat. Walau dia mesti menggelinding dalam satu tong yang dia beli saat memiliki janji dengan harimau berjumpa di festival.
Selanjutnya harimau termakan oleh gagasannya sendiri. Riwayatnya selesai saat dia ingin masuk ke rumah rusa ke-3 melalu cerobong asap. Rusa ke-3 yang benar-benar cerdas, dengan sigap memanaskan air dalam panci tidak bertutup serta ditempatkan pas di atas tungku sampai panas.
Lalu, harimau juga jatuh serta tersiram bahkan juga di rebus hidup-hidup dalam panci yang berisi air panas itu.
13.  Pesan moral apa yang didapatkan dari cerita diatas?
14.  Bagaimana menurutmu cerita fiksi di atas? Apakah kamu menyukai ceritanya?  Mengapa?

IPA
15.  Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari!
16.  Sebutkan yang termasuk planet dalam dan planet luar!
IPS
17.  Sebutkan dampak positif dari modernisasi!
18.  Sebutkan dampak negatif dari modernisasi!
SBdP
19.  Apakah yang dimaksud dengan akor?
20. Sebutkan tujuh buah akor yang terdapat pada tangga nada natural!




Kunci Jawaban
A. Isian
PPKn
1.  Bhineka Tunggal Ika
2.  Meskipun berbeda-beda tetapi satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan
Bahasa Indonesia
3.  Karangan fiksi
4.  Legenda
IPA
5.  Planet, asteroid, satelit, komet
6.  Merkurius, venus, bumi, mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
IPS
7.  Arti modernisasi yaitu perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju
8. Pada masyarakat tradisional membajak sawah menggunakan kerbau/sapi, pada masyarakat modern menggunakan traktor
SBdP
9.  Akor
10. Tiga

B. Uraian
PPKn
11.        Bentuk perilaku pengamalan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara :
•   Mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia
•   Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika
•   Mengembangkan semangat kekeluargaan
12.  Meskipun berbeda-beda tetapi satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan, bangsa Indonesia yang sangat beragam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.
Bahasa Indonesia
13.  Pesan moral dapat diambil yaitu kemandirian untuk mebangun rumah masing-masing, dan kegigihan usaha rusa 3 agar terhindar dari terkaman harimau.
14.  Menyukai cerita diatas karena kegigihan dan tidak mudah putus asanya rusa 3 terhindar dari terkaman harimau (bisa jawaban lain)
IPA
15.  Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
16.  Planet dalam : Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars
Planet luar : Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus


IPS
17.  - Masyarakat yang mengalami modernisasi dapat memiliki sikap yang terbuka, terbuka  dalam hal interaksi dengan individu lainya, terbuka dalam menerima berbagai masukan positif untuk pembangunan ke arah yang lebih baik.
-      Teknologi industri yang semakin maju dapat melipatgandakan hasil produksi dengan cepat dan dengan kualitas yang tinggi
18.  Dampak negatif :
•      Terjadinya pencemaran lingkungan : adanya peralatan canggih yang lebih modern, ternyata berakibat kurang ramah lingkungan. Limbah hasil produksi dari industri yang sudah menjalankan modernisasi, terkadang bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan yang berbahaya untuk kesehatan masyarakat sekitar
SBdP
19.  Akor merupakan bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu .
20. C mayor  (C), D minor (Dm), E minor (Em), F mayor (F), G mayor (G), A minor (Am), dan B diminished (B dim)
…………………………………….
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan
Untuk unduh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan ini silakan kalian klik tautan dibawah ini ya..

Demikian contoh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 9 Subtema 1: Keteraturan yang menakjubkan yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Juga




Berlangganan via Email