ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku

Friday, January 17, 2020




Halo adik-adik siswa kelas 6 SD/MI. bagaimana kabar kalian? Masih semangat belajar kan? Untuk membantu kalian dalam belajar pada kesempatan ini saya akan membagikan Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku. Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku ini saya bagikan dalam bentuk file Microsoft Word atau Ms. Doc dalam bentuk link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku. Soal Ulangan Harian Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku atau Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku ini saya bagikan dengan cara download yang sangat mudah semoga bermanfaat untuk kalian.
 
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku
Berikut adalah pratinjau Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku.
……………………………………
 Kerjakan soal-soal berikut ini
1.  Berikan contoh dampak positif globalisasi bagi masyarakat!       
2.  Berikan contoh dampak negatif globalisasi bagi masyarakat!
3.  Bagaimana sikap terhadap pengaruh negatif globalisasi? 
4.  Bagaimana sikap terhadap pengaruh positif globalisasi?  
5. 
Informasi apa yang diperoleh dari bacaan diatas?

Perhatikan bacaan berikut !

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan per kembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.
Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.
Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia  dalam kesehariannya.
Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu  strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.
Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.
6.  Bagaimana sejarah batik di Indonesia?
7.  Bagaimana melestarikan batik di Indonesia?
8. Apa yang dimaksud dengan globalisasi?
9.  Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa  globalisasi ini?           
10.  Berikan contoh warisan budaya Indonesia yang diakui Dunia!
11.   Siapa penemu listrik? 
12.  Apa saja faktor-faktor penyebab mati lampu?       
13.  Apa yang dimaksud degnan reklame?         
14.  Apa tujuan reklame?  



15.  Sebutkan jenis-jenis reklame!          
16.  Sebutkan hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame yang baik!
17.  Bagaimana proses menghasilkan listrik?   
18.  Jelaskan komponen utama pada semua pembangkit energi listrik !    
19.  Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?
20. Apa komponen utama pada proses penyaluran energi listrik?  

Kunci Jawaban
1.  Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri.
2.  Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.
Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.
Adanya sikap sekularisme yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama.
Timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya. "
3.  Memperkuat keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa .
Belajar tekun agar menjadi manusia yang berguna dan dapat membedakan perilaku yang benar dan salah .
Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa .
Menggunakan produk dalam negeri .
Mempertimbangkan setiap perbuatan agar tidak merugikan diri sendiri dan oranglain .
Menggunakan waktu dengan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat .
Bergaul dengan orang – oprang yang berakhlak baik dan tidak terpengaruh terhadap lingkungan dan pergaulan buruk .
4.  Memanfaatkan keunggulan alat komunikasi dengan sebaik – baiknya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan .Memanfaatkan keunggulan alat teknologi dan lain sebagainya demi kemajuan masa depan dan tidak menyalah gunakannya . Dalam melihat acara televisi harus dapat memilih mana yang baik dan mendukung proses pembelajaran diri
5.  Hampir tiap daerah di Nusantara memiliki tokoh pendekar silat kebanggaan. Negara anggota Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antar-Bangsa) saat ini telah mencapai 47 negara.
6.  Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia. Seiring dengan per kembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia
7.  Batik diikutkan dalam pameran seni tradisional di dalam maupun luar negeri
Membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan
8. Globalisasi merupakan proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia dalam berbagai unsur baik berupa gaya hidup, pemikiran, informasi ataupun teknologi yang secara mendunia.
9.  Kerjasama ASEAN (Association of South East Asian Nation)Pertukaran pelajar antar sesama negara Asia Tenggara Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara-negara yang sedang dilanda bencana atau konflik Saling bertukar pengetahuan sejarah dan kebudayaan masing-masing negara di Asia Tenggara.
10.  Batik, Angklung.
11.   Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895.
12.  Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan  komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
13.  reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu barang, jasa atau hal lain dengan maksud menarik perhatian dan keinginan tentang yang diinformasikan
14.  Reklame digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk. Reklame dibuat menarik sehingga pembaca ingin mengikuti anjuran atau membeli barang yang ditawarkan"
15.  Iklan
Spanduk
Brosur
Embalase
Poster
Baliho
Billboard
Banner
Leaflet
Kalender
Selebaran"
16.  Slogan jelas dan mudah dimengerti.
Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
Tata letak gambar dan tulisan baik."
17.  Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai masuk melalui pintu yang diatur oleh katup pengaman.
Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan. Air di dalam pipa pesat mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin melalui katup pengatur tekanan untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer. Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen  oleh saluran transmisi."
18.  Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator.  Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya.
19.  Fungsi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yaitu menyalurkan energi listrik dari pusat pembangkit untuk di distribusikan ke gardu induk
20. Komponen utama pada proses penyaluran energi listrik adalah sistem transmisi, sistem distribusi, serta transformator penaik dan penurun tegangan.
…………………………………….
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku
Untuk unduh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku ini silakan kalian klik tautan dibawah ini ya..

Demikian contoh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 4 Subtema 1: Globalisasi di Sekitarku yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Juga




Share This :

0 komentar

 Recent