Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya





Halo adik-adik siswa kelas 6 SD/MI. bagaimana kabar kalian? Masih semangat belajar kan? Untuk membantu kalian dalam belajar pada kesempatan ini saya akan membagikan Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya. Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya ini saya bagikan dalam bentuk file Microsoft Word atau Ms. Doc dalam bentuk link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya. Soal Ulangan Harian Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya atau Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya ini saya bagikan dengan cara download yang sangat mudah semoga bermanfaat untuk kalian.
 
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya
Berikut adalah pratinjau Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya.
……………………………………
 Kerjakan soal-soal berikut ini
1.  Sebutkan sifat yang memncerminkan kedisiplinan!          
2.  Jelaskan manfaat kedisiplinan dalam kegiatan sehari-hari!        
3.  Berikan contoh kewajiban di sekolah!          
4.  Berikan contoh kewajiban di rumah!           
5.  Berikan contoh kewajiban di masyarakat
6.  Tuliskan kalimat efektif dari
“Suasana di rumahnya sangat sepi sekali.Sekolahnya banyak terdapat berbagai jenis tanaman obat Rapat dihadiri para guru-guru"   
Bacaan soal no 7- 8
7.  Topik masalah dari bacaan di atas adalah..
8. Sebutkan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan di atas!
9.  Bagaimana perkembangan penemuan jam mekanik?       
10.  Siapa penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923?          
11.   Apa yang dilakukan oleh penemuan Charles Babbage yang mengubah dunia?         
12.  Bagaimana perkembangan computer sampai saat ini?   
13.  Bagaimana  proses penemuan  pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?    
14.  Sebutkan nada-nada yang berjarak 1 nada?           
15.  Sebutkan nada-nada yang berjarak ½  nada?       
16.  Apa kelebihan rangkaian seri?         
17.  Apa kelebihan rangkaian paralel?    
18.  Apa yang kamu ketahui tentang muatan listrik? 
19.  Gambarkan contoh rangkaian seri! 
20. Apa yang dimaksud dengan arus listrik?
           



Kunci Jawaban
1.  Bangun pagi dan memberapikan tempat tidurBerangkat ke sekolah sebelum bel masuk berbunyi Waktunya pulang sekolah langsung pulang kerumah dulu jangan mampir-mampir.
2.  Lebih Tertib atau teratur dalam melaksanakan sesuatu.Kita akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaan.Lebih bisa bertanggung jawab pada pekerjaan.Lebih peka terhadap kepedulian terhadap sesama.
3.  Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan fasilitas di sekolahMengikuti tata tertib sekolahMenjaga nama baik sekolah"
4.  Belajar dengan rajinMembantu Orang Tua Mendengarkan nasihat orang tuaIkut bertanggung jawab memelihara kebersihan dan keamanan rumah Menjaga nama baik kedua orang tua"
5.  Ikut seta dalam kegiatan sosial masyarakat ikut bertanggungjawab atas kebersihan dan keamanan lingkungan sekitar Saling menghargai dan menghormati sesame Menjaga tali persaudaraan antar masyarakat Saling tolong menolong dan peduli sesama masyarakat"
6.  Sekolahnya terdapat banyak jenis tanaman obat. Sekolahnya terdapat berbagai jenis tanaman obat. Rapat dihadiri para guru."
7.  Penemuan Telivisi.
8. Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara
9.  Tahun1430Masyarakat Eropa mengenal jam yang menggunakan pegas.
Tahun1656Terjadi perkembangan yang pesat dengan ditemukannya jam lonceng. Pada jam ini sudah terdapat jarum penunjuk menit.
Tahun1920 Ditemukan jam saku dan kemudian ditemukan jam tangan."
10.  Garret Augustus Morgan
11.   Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan
komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung."
12.  500 SM Alat hitung tradisional  abacus
1821, komputer pertama ditemukan
1939, komputer listrik dibuat
1971, Elektronic Mail (E-Mail) surat elektronik pertama berhasil dikirim
1994, dimulainya penggunaan internet oleh masyarakat
1983, internet dengan jaringan global diciptakan
1975, komputer dengan harga terjangkau untuk rumah (home computer)
1973,komputer pertama menggunakan keyboard dan mouse"
13.  Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.
14.  "Do ke Re
Re ke Mi
Fa ke Sol
Sol ke La"
15.  "Mi ke Fa
La ke Ti"
16.  Rangkaian lebih mudah dibuatBiaya pembuatan rangkaian lebih murah Analisa Kerusakan Lebih cepat.
17.  Karena masing-masing komponen terhubung dengan sumber listrik,maka jika ada salah satu beban yang mati, beban yang lain tidak ikut mati.Lebih efesian menghantarkan tegangan, karena pada semua beban pada rangkaian seri mendapatkan besar tengangan yang sama besar.
18.  Muatan listrik adalah sifat (muatan dasar) yang dibawa oleh partikel dasar sehingga menyebabkan partikel dasar tersebut mengalami gaya tarik menarik dan tolak menolak. Jika dua benda memiliki muatan yang sama akan tolak menolak dan jika muatannya berbeda jenis kedua benda tersebut akan tarik menarik. Muatan listtrik terdiri dari dua jenis yaitu elektron yang membawa muatan nefgatif dan proton yang membawa muatan positif
19.                 
20. Arus listrik adalah aliran dari muatan listrik dari satu titik ke titik yang lain. Arus listrik terjadi karena adanya media penghantar antara dua titik yang mempunyai beda potensial. Semakin besar beda potensial listrik antara dua titik tersebut maka semakin besar pula arus yang mengalir.
…………………………………….
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya
Untuk unduh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya ini silakan kalian klik tautan dibawah ini ya..

Demikian contoh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 3 Subtema 2: Penemu dan Manfaatnya yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Juga




Berlangganan via Email