ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh

Wednesday, January 15, 2020




Halo adik-adik siswa kelas 6 SD/MI. bagaimana kabar kalian? Masih semangat belajar kan? Untuk membantu kalian dalam belajar pada kesempatan ini saya akan membagikan Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh. Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh ini saya bagikan dalam bentuk file Microsoft Word atau Ms. Doc dalam bentuk link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh. Soal Ulangan Harian Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh atau Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh ini saya bagikan dengan cara download yang sangat mudah semoga bermanfaat untuk kalian.
 
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh
Berikut adalah pratinjau Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh.
……………………………………
 Kerjakan soal-soal berikut ini
1.  Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ ?     
2.  Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?       
3.  Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!          
4.  Sebutkan akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di Indonesia!    
Bacalah teks bacaandi bawah ini ( teks osal, no 5- 8)
Sang Penemu Bola Lampu Pijar
Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.
Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.
5.  Siapakah Thomas Alva Edison?
6.  Bagaimana  Thomas Alva Edison?
7.  Kapan pertama kali lampu pijar ada?
8. Apa yang mendorong Thomas Alva Edison melakukan penelitiantentang lampu pijar?
9.  Siapa penulis teks proklamasi?           
10.  Siapa pembuat bendera merah putih yang dikibarkan dalam proklamasi 1945?       
11.   Apa makna merah putih pada bendera Indonesia?          
12.  Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia          
13.  Apa yang dimaksud dengan tari kreasi?     
14.  Jelaskan yang dimaksud pola lantai dalam tari!
15.  Apa ciri- ciri pola lantai vertikal?     
16.  Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan     
17.  Apa Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan?
18.  Berikan contoh manfaat tumbuhan sebagai obat?          
19.  Apa manfaat dari keong?       
20. berikan contoh manffat hewan sebagai penghasil bahan sandang       

Kunci Jawaban
1.  Bersatu Kita Teguh mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.
2.  Dengan semangat persatuan dan kesatuan kita telah berhasil mewujudkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan dengan penuh pengorbanan. Maka dari itu kita sebagai pewaris bangsa yang merdeka ini harus tetap kuat menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia agar tetap kokoh sebagai bangsa dan negara yang  saling menghormati dan menghargai.
3.  Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri
Mencintai produk dalam negeri
Mengembangkan semangat kekeluargaan
4.  Melemahnya keamanan dan ketahanan nasional.
Akan muncul banyak konflik berunsurkan SARA.



Lingkungan akan menjadi rusuh, mencekam, serta penuh huru-hara."
5.  Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847 Sang Penemu Bola Lampu Pijar
6.  Thomas Alva Edison tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.
7.  Pada tanggal 21 oktober 1879.
8. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan siakp pantang menyerahnya.
9.  Ir. Soekarno
10.  Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944.
11.   Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi.
12.  "Pinjaman Nasional
Konferensi Ekonomi
Pembentukan Badan Perancang Ekonomi
Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
Persatuan Tenaga Ekonomi"
13.  Tari kreasi adalah bentuk gerak tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik. Gerak ini berasal dari satu daerah atau berbagai daerah di Indonesia. Selain bentuk geraknya, irama, rias, dan busanannya juga merupakan hasil modifikasi tari tradisi.
14.  Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.  Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.
15.  Ciri pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik. Pola lurus memberi kesan sederhana tetapi kuat. Berikut gambar pola lantai vertikal.
16.  Penghasil bahan pangan
Penghasil bahan sandang
Penghasil bahan kerajinan
Penghasil pupuk organic
Penghasil tenaga "
17.  Bahan makanan
Bahan sandang
Bahan bangunan
Bahan obat
Bahan baku indsutri
Bahan perwarna alam
Menjaga kualitas air"
18.  Banyak tanaman dimanfaatkan untuk obat.
Jahe untuk mengobati batuk.
Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal.
Daun jambu biji untuk mengobati diare."
19.  Keong sawah berguna untuk membersihkan lumut di kolam ikan. Keong membersihkan lumut atau rumput yang biasanya tumbuh mengambang di atas air.
20. Hewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.                   
…………………………………….
Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh
Untuk unduh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh ini silakan kalian klik tautan dibawah ini ya..

Demikian contoh Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh dalam link Download Soal UH/PH Kelas 6 SD/MI Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.

Baca Juga




Share This :

0 komentar

 Recent