ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari
 A. ROTASI DAN REVOLUSI BUMI
Bumi berputar pada porosnya dan sekaligus mengelilingi Matahari. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk berputar satu kali dan benda langit bagi umat manusia
Akibat berputarnya Bumi pada porosnya, maka terjadilah siang dan malam, gerakan semu harian, dan pembagian waktu.
Bagian bumi yang terkena sinar Matahari disebut siang hari dan bagian bumi yang tidak terkena Matahari disebut malam hari.
Gerakan Matahari yang seolah-olah bergerak dari Timur ke Barat disebut dengan gerakan semu, karena dalam kenyataannya Matahari tidak bergerak.
Pembagian waktu ini didasarkan pada letak wilayah Indonesia dari Timur ke Barat ada 46 derajat, sementara setiap waktu besarnya 15 derajat. Oleh karena itu, wilayah Indo- nesia dibagi tiga daerah waktu.
Tahun Masehi adalah kalender yang disusun berdasarkan revolusi Bumi.
1 tahun = 12 bulan = 365 1 hari.

B. ROTASI DAN REVOLUSI BULAN
      Bulan membutuhkan waktu 1 bulan untuk satu kali rotasi, demikian pula untuk satu kali revolusi. Jadi, waktu rotasi Bulan sama dengan waktu revolusinya.
      Posisi Bulan saat berevolusi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian.




      Akibat berevolusinya Bumi, maka terjadilah pergantian musim, perubahan lamanya waktu siang dan waktu malam, gerakan semu Matahari.
      Pergantian musim dan perubahan lamanya waktu siang dan waktu malam, disebabkan bumi mempunyai lintasan berbentuk elips dan sumbunya miring (kemiringan sumbu Bumi Kedudukan Bulan di A disebut Bulan Mati. Kedudukan Bulan di B disebut Bulan Sabit, kedudukan Bulan di C disebut Bulan Purnama, dan kedudukan bulan di D disebut Bulan Sabit.
      Tahun Komariyah adalah kalender yang disusun berdasarkan peredaran Bulan terhadap Bumi.
      1 tahun Komariyah = 12 bulan = 354 hari.

      Gerhana Bulan terjadi pada saat posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis. Bulan menjadi gelap saat terjadi gerhana Bulan. Perhatikan gambar berikut!
      Gerhana Bulan terjadi hanya saat bulan Purnama.

C. GERHANA MATAHARI
      Gerhana Matahari terjadi pada saat posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis. Perhatikan gambar berikut!
      Gerhana Matahari ada tiga jenis, yaitu gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin.
      Adanya 3 jenis gerhana Matahari disebabkan oleh ukuran diameter Bulan lebih kecil dari diameter Matahari, sehingga cahaya yang terlihat dari Bumi saat terjadi gerhana Matahari berbeda-beda.


Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI



Share This :

0 komentar

 Recent