ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tumbuhan Hijau





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tumbuhan Hijau. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tumbuhan Hijau. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tumbuhan Hijau yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tumbuhan Hijau

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tumbuhan Hijau
 A. PEMBUATAN MAKANAN PADA TUMBUHAN HIJAU
Tumbuhan hijau adalah tumbuhan yang memiliki zat hijau daun (klorofil). Tumbuhan ini mampu membuat makanan sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Selain untuk membuat makanan, tumbuhan juga membutuhkan cahaya untuk proses pertumbuhannya. Tumbuhan hijau memiliki banyak manfaat untuk manusia dan hewan. Tumbuhan hijau menjadi sumber makanan bagi manusia dan hewan. Manusia juga memanfaatkan tumbuhan hijau sebagai bumbu penyedap makanan, sumber obat-obatan, serta bahan sandang dan pangan. Tumbuhan juga menyediakan udara bersih bagi seluruh makhluk hidup. Peranan tumbuhan sangat penting bagi kehidupan.
Tumbuhan membutuhkan zat hijau daun (klorofil) dan cahaya matahari untuk membuat makanan. Klorofil menyerap energi dari cahaya matahari.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan.
• Karbon dioksida (CO2)
Tumbuhan menyerap gas ini dari udara. CO2 masuk ke dalam tumbuhan melalui daun
(stomata) serta akar dan batang (lentisel).
• Air tanah
Air tanah mengandung zat-zat hara yang dibutuhkan untuk menghasilkan makanan. Air tanah diserap oleh rambut-rambut akar, disalurkan ke dalam pembuluh kayu, kemudian sampai ke batang dan disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan.
Tumbuhan hijau menggunakan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Proses pembuatan makanan dengan menggunakan klorofil dan cahaya matahari disebut fotosintesis. Proses ini terjadi di daun.
• Makanan yang berupa karbohidrat
Karbohidrat yang dihasilkan di daun disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan. Karbohidrat digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian disimpan sebagai makanan cadangan.
• Oksigen (O2)
Oksigen yang dihasilkan dari fotosintesis dikeluarkan ke udara. Manusia dan hewan menggunakannya untuk bernafas.




B. MAKANAN CADANGAN PADA TUMBUHAN
Tumbuhan menyimpan kelebihan makanannya pada beberapa bagian tubuhnya seperti umbi, buah, biji, dan batang. Di dalamnya terkandung karbohidrat, vitamin, atau protein yang berguna bagi kesehatan. Manusia dan hewan memanfaatkannya untuk dimakan atau dijadikan obat-obatan. Beberapa contoh makanan cadangan tumbuhan pada bagian-bagian tubuhnya sebagai berikut.
• Umbi
- Umbi akar. Contoh: wortel dan singkong.
- Umbi lapis. Contoh: bawang merah dan bawang putih.
- Umbi batang. Contoh: kentang, ubi jalar, dan talas.
• Batang
- Bagian batang yang berada di atas permukaan tanah. Contoh: tebu dan sagu.
- Bagian batang yang berada di bawah permukaan tanah. Contoh: jahe, kunyit, dan temulawak.
• Buah.
Contoh: alpukat, mangga, jeruk, apel, melon, pisang, pepaya, durian, dan anggur.
• Biji
Contoh: padi, jagung, gandum, biji wijen, kacang tanah, kacang merah, kacang kedelai, dan kacang hijau.

Tumbuhan hijau banyak dijumpai pada daerah yang lembab atau curah hujannya banyak. Tumbuhan hijau meliputi rumput-rumputan, pohon, lumut, ganggang, dan lain-lain.
      Rumput-rumputan merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan herbivora.
      Pohon banyak dijumpai di hutan dan dapat digunakan oleh manusia untuk membuat rumah dan perabotannya. Hutan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan iklim terutama di daerah tropis.
      Lumut dan ganggang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan obat dan sebagai sumber makanan bagi hewan terutama ikan yang tergolong sebagai herbivora.
      Tumbuhan hijau dapat menghasilkan makanan dan buah-buahan yang gunanya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia maupun hewan. Jadi, tumbuhan hijau merupakan produsen bagi semua makhluk hidup herbivora.


Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI



Share This :

0 komentar

 Recent