ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Penyesesuai Diri Makhluk Hidup
A. KONSEP
Makhluk hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penyesuaian diri (adap- tasi) dilakukan makhluk hidup dengan memiliki ciri-ciri tubuh atau berperilaku tertentu. Ciri-ciri tubuh dan perilaku tersebut membuat makhluk hidup berhasil bertahan di lingkungannya. Setiap makhluk hidup memiliki bermacam-macam cara menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan hidupnya. Setiap ciri yang dimiliki makhluk hidup ada kegunaannya. Coba perhatikan bagian- bagian tubuhmu sendiri. Mengapa ada rambut di dalam lubang hidungmu? Mengapa panjang lenganmu tidak sama dengan panjang lengan seekor orang utan?

1. Penyesuaian Hewan dengan Lingkungan
Tujuan hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya sebagai berikut.
a. Memperoleh Makanan
Hewan memiliki anggota tubuh yang dapat membantunya mendapatkan makanan. Bentuk dan susunan tubuh hewan sesuai dengan jenis dan cara memperoleh makanannya. Contoh: Bentuk paruh, bentuk dan susunan rahang dan gigi, bentuk kaki, tentakel gurita yang beracun, sengat, dan mata yang besar untuk melihat dalam gelap.
Selain bentuk dan susunan tubuh, hewan juga memiliki kemampuan lebih untuk menda- patkan hewan buruannya. Contoh: Cheetah berlari sangat cepat dan gelombang ultrasonik kelelawar saat memburu makanannya.
b. Melindungi Diri dari Musuh
Hewan dapat menjadi makanan bagi hewan lain. Hewan tersebut memiliki ciri-ciri tubuh atau perilaku yang dapat membuatnya tidak dimangsa oleh hewan lain. Warna dan bentuk tubuh, bau, kuku, gigi, tanduk, sengat, racun, dan cairan tinta adalah beberapa cara untuk memper- tahankan diri.

Beberapa contoh cara-cara hewan melindungi dirinya dari pemangsa sebagai berikut.
      Menyerupai lingkungan. Beberapa jenis hewan memiliki warna atau bentuk tubuh yang mirip dengan lingkungan sekitarnya.
      Memiliki pelindung. Misalnya duri-duri tajam yang terdapat di permukaan tubuh hewan dan rumah yang dapat dijadikan tempat berlindung.
      Memiliki warna tubuh yang mengancam hewan pemangsa. Warna tubuh yang terang seperti yang dimiliki katak beracun menjadi peringatan bagi pemangsa untuk tidak memakannya.
      Menyerupai makhluk hidup lain yang berbahaya. Lalat jenis tertentu memiliki tubuh mirip seperti lebah supaya tidak dimangsa.
      Ngengat memiliki warna sayap yang menyerupai bentuk mata, sehingga menakutkan pemangsanya.




2. Penyesuaian Tumbuhan dengan Lingkungan
Tujuan tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya adalah sebagai berikut.
a. Mempertahankan Kelangsungan Hidupnya
Tumbuhan terdiri dari beraneka jenis dan hidup di berbagai macam lingkungan. Tumbuhan yang hidup di tempat bersuhu dingin seperti hutan bentuknya tidak sama dengan tumbuhan yang hidup di tempat bersuhu panas (gurun).
Beberapa cara tumbuhan mempertahankan kelangsungan hidupnya sebagai berikut.
      Menggugurkan daun pada musim kemarau. Tujuannya untuk mengurangi penguapan air dari dalam tubuh tumbuhan. Tumbuhan pun harus menghemat air pada saat musim kemarau. Contoh: pohon jati.
      Daun berbentuk duri, tebal, dan berlapis lilin. Tujuannya untuk mengurangi penguapan air. Daun ini terutama dimiliki tumbuhan yang hidup di tempat yang kandungan airnya sangat sedikit. Contoh: kaktus.
      Daun lebar dan tipis. Daun seperti ini dimiliki tumbuhan yang hidup di tempat yang kandungan airnya banyak. Contoh: teratai.
      Batang berongga. Batang ini dimiliki oleh tumbuhan yang hidup di air. Oksigen yang diserap dari udara dialirkan oleh batang berongga ke bagian batang dan akar yang terendam air.
      Daun berbentuk kantong berisi cairan lengket untuk menjerat serangga. Daun dengan bentuk seperti ini dimiliki oleh tumbuhan pemakan serangga.

b. Melindungi Diri dari Pemangsa
Tumbuhan memiliki berbagai cara untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Beberapa di antaranya sebagai berikut.
      Duri pada buah. Duri-duri yang tajam seperti pada buah durian akan melukai hewan pemangsanya, sehingga buahnya tidak jadi dimakan.
      Getah yang lengket dan membuat gatal akan membuat pemangsa enggan memakan buahnya.
      Rasa yang pahit atau bahkan beracun akan membuat pemangsa enggan memakannya. Racun tumbuhan ada yang berbahaya bagi hewan, tetapi tidak mematikan bagi manusia.





B. KEGUNAAN PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP
Untuk dapat melangsungkan hidup, setiap makhluk hidup harus dapat menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan sekitar. Karena jika tidak bisa menyesuaikan diri, maka makhluk hidup tersebut akan mati atau punah. Jenis hewan Dinosaurus punah akibat ketidakmampuannya menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
Dengan menyesuaikan diri (adaptasi), makhluk hidup juga dapat terhindar dari serangan atau pemangsa makhluk hidup lainnya. Bentuk- bentuk penyesuaian diri dari masing-masing makhluk hidup berbeda-beda, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia.
Manusia juga harus dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Apalagi pada zaman modern ini, semua peralatan serba canggih. Dengan perkembangan teknologi saat ini, manusia diharapkan dapat mengatur keseimbangan alam artinya manusia juga harus memikirkan dampak terhadap makhluk lain yang tinggal di dunia ini. 


Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI



Share This :

0 komentar

 Recent