ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Tata Surya dan Benda-benda Langit
A. KONSEP
Arah planet mengelilingi matahari berlawanan dengan arah perputaran jarum jam. Pada saat mengelilingi
suatu tempat. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi.
Seluruh planet berputar mengelilingi matahari, karena matahari mempunyai gravitasi (gaya tarik) yang sangat besar. Peristiwa planet mengelilingi matahari disebut dengan revolusi.
Planet yang mengelilingi Matahari berjumlah 8 buah yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet yang lintasan edarnya berada di antara matahari dan bumi disebut planet dalam (Merkurius dan Venus), sedangkan planet yang lintasan edarnya berada di luar bumi adalah planet luar.
Tata surya kita pada awalnya terdiri dari Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Pada tanggal 28 Agustus 2006, ilmuwan dari seluruh dunia menyatakan bahwa Pluto sudah tidak termasuk tata surya. Sehingga hanya menyisakan delapan planet dalam sistem tata surya.

Benda-benda langit terdiri dari matahari, planet, bintang, meteor dan meteoroid, komet, asteroid, satelit alam, dan satelit buatan.
1. Matahari
Matahari berperan sebagai pusat tata surya. Matahari tidak berputar pada porosnya dan tidak berevolusi. Suhu permukaannya kurang lebih 6.000 C.
2. Planet
      Planet adalah benda langit yang tidak memiliki cahaya, tidak berkedip-kedip, dan selalu berputar mengelilingi matahari. Planet kelihatan bercahaya, karena pantulan sinar yang diterima matahari.
      Seluruh planet berada dalam satu tata surya atau dalam satu susunan dan masing-masing mempunyai lintasan sendiri-sendiri, sehingga tidak saling bertabrakan satu sama lain.
      Seluruh planet (termasuk bumi) berputar pada porosnya. Jika bumi tidak berputar pada porosnya, semua benda hidup dan mati tidak dapat berdiri dan diam pada matahari, planet-planet berada pada suatu garis edar atau lintasan yang disebut dengan orbit. Bidang edar Bumi disebut dengan bidang ekliptika.
      Planet Bumi adalah satu-satunya planet yang 2 permukaannya ditutupi oleh air.
      Waktu yang diperlukan setiap planet melakukan rotasi dan revolusi berbeda- beda, tergantung dari besarnya diameter planet dan panjangnya garis edar.
3. Bintang
Bintang adalah benda langit yang memiliki cahaya sendiri dan terang, berbentuk menyerupai bola, dan mengandung gas yang sangat panas, serta berkedip-kedip.




4. Meteor
Meteor merupakan benda langit dengan ukuran kecil yang masuk ke atmosfir planet dengan kecepatan tinggi. Tingginya kecepatan meteor dan terjadinya gesekan saat memasuki atmosfir planet membuatnya bercahaya atau berpijar. Benda-benda langit yang berukuran kecil dan tidak mempunyai lintasan tertentu serta bergerak bebas dengan kecepatan tinggi disebut meteoroid. Saat meteor jatuh, ada yang tidak sampai ke bumi (habis akibat gesekan) dan ada pula yang sampai ke bumi. Meteor yang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit.
5. Komet
Komet merupakan benda langit yang terdiri dari debu dan gas, serta berukuran kecil. Pada saat jatuh dan mendekati matahari, es yang berada pada komet berubah menjadi gas dan kelihatan seperti ekor saat komet jatuh. Oleh karena itu, komet disebut sebagai bintang berekor.
6. Asteroid
Asteroid atau Planetoid adalah benda-benda langit yang berukuran kecil, bergerak pada orbitnya yang berada di antara orbit planet Mars dan Yupiter.
7. Satelit alam
Satelit alam adalah benda langit yang selalu mengiringi atau menemani planet mengelilingi matahari. Bulan merupakan salah satu contoh satelit alam.
8. Satelit buatan
Satelit buatan adalah benda yang ditempatkan oleh manusia di ruang angkasa yang dirancang untuk bergerak menempuh jalur yang sudah ditentukan. Satelit buatan dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu satelit pengamatan dan satelit komunikasi.

B. KEGUNAAN BENDA-BENDA LANGIT
Benda-benda di langit merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Kemampuan berpikir diberikan Tuhan kepada manusia, sehingga manusia dapat mempelajari seluruh ciptaan-Nya. Sejak jaman dahulu kala, manusia sudah mempelajari fenomena-fenomena atau kejadian alam dan digunakan untuk kepentingan hidupnya, seperti nelayan berlayar dengan hanya mengandalkan bintang sebagai kompas, petani menetapkan waktu yang tepat untuk bercocok tanam dan lain-lain.

1. Matahari
Berperan sebagai pusat tata surya dan sumber energi bagi alam dan makhluk hidup. Tanpa adanya matahari, tidak mungkin ada kehidupan di bumi. Buktinya, jika matahari tidak ada, maka tumbuhan tidak dapat membuat makanannya dan berfotosintesis. Dengan demikian, hewan pemakan tumbuhan akan mati dan tidak adanya hewan pemakan tumbuhan membuat hewan pemakan daging akan mati, demikian seterusnya.
2. Planet, khususnya Bumi
Merupakan tempat tinggal dan mencari makan bagi manusia ciptaan Tuhan.
3. Bintang
Dapat digunakan oleh para nelayan untuk menentukan arah atau digunakan sebagai kompas pada zaman dulu.
4. Satelit
Terdiri dari dua macam.
      Satelit alam (bulan), digunakan untuk membuat penanggalan bulan (komariah). Posisi Bulan (fase bulan) dapat digunakan untuk mengetahui besar kecilnya pasang surut laut.
      Satelit buatan digunakan oleh manusia untuk alat komunikasi jarak jauh, siaran radio dan televisi, mengambil gambar ruang angkasa, menentukan iklim atau cuaca, dan lain-lain. Dengan adanya satelit buatan, manusia dapat mengem- bangkan pengetahuannya tentang jagat raya atau ruang angkasa. 

Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI





Share This :

0 komentar

 Recent