ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gaya





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gaya. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gaya. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gaya yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gaya


Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Gaya
 Rangkuman Materi IPA Tentang Gaya
A. KONSEP
Gaya merupakan tindakan yang berupa tarikan, angkatan, dan dorongan yang diberikan kepada benda, sehingga benda tersebut mengalami perubahan bentuk dan berpindah tempat. Jenis-jenis gaya yang ditimbulkan oleh tarikan, angkatan, dan dorongan adalah: gaya otot, gaya mesin, gaya listrik, gaya pegas, dan lain-lain.
Bumi memiliki gaya gravitasi (gaya tarik bumi), sedang- kan di luar angkasa tidak ada gravitasi. Tidak adanya gra- vitasi mengakibatkan setiap benda tidak dapat jatuh, melain- kan melayang-layang.
Satuan Internasional untuk gaya adalah Newton (N).
Sejumlah gaya yang kita kenal yaitu: gaya magnet, gaya gravitasi, gaya gesekan, gaya pegas, dan gaya listrik.

Gaya Magnet, memiliki sifat-sifat khusus berikut ini.
1.  Hanya dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam, yaitu besi, baja, nikel, dan kobal.
2.  Kekuatan magnet (daya tarik magnet) dipengaruhi oleh ketebalan penghalang dan jarak.
3.  Magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.
4.  Apabila kutub senama didekatkan, maka terjadi tolak menolak dan apabila dua kutub tidak senama didekatkan terjadi tarik menarik.
5.  Bagian ujung magnet gaya tariknya lebih kuat daripada bagian lainnya dan semakin melemah apabila menjauh dari ujung magnet.
6.  Apabila sebuah magnet batang yang terdiri dari 2 kutub (utara dan selatan) dipotong, maka potongan magnet yang pertama dan kedua akan memiliki kutub utara dan kutub selatan.

Magnet ada dua jenis, yaitu sebagai berikut.
1.  Magnet alam, yaitu magnet yang berasal dari proses alam.
2.  Magnet buatan yang dibuat dengan cara menggosok, induksi, dan aliran listrik.




Gaya Gravitasi, sudah ada sejak bumi ini ada dan sering disebut dengan gaya tarik bumi. Adanya gaya tarik bumi menyebabkan benda- benda yang ada di sekeliling kita dapat jatuh. Besar gaya gravitasi dipengaruhi oleh hal-hal berikut.
a.  Berat dan bentuk dari benda.
b.  Luas penampang benda, benda ber- penampang lebar lebih lambat jatuh ke bumi dibanding berpenampang kecil, dengan catatan berat kedua benda tersebut tidak jauh berbeda.
c.   Benda yang berada di ruang angkasa tidak memperoleh gaya gravitasi lagi.

Gaya Gesekan, merupakan gaya yang timbul akibat adanya gesekan antara dua benda sehingga benda tersebut dapat berdiri dan tidak tergelincir.
a.  Gaya gesekan dipengaruhi oleh halus kasarnya permukaan benda (orang yang berjalan di lantai lebih cepat daripada yang berjalan di tanah, dan orang yang berjalan dengan menggunakan sepatu lebih lambat daripada orang yang menggunakan sepatu roda pada tempat yang sama).
b.  Gaya gesekan yang terjadi pada dua benda akan mengakibatkan keausan, sol sepatu semakin lama semakin tipis dan lain-lain.
c.   Tenaga yang dibutuhkan akan semakin besar bersamaan dengan besarnya gaya gesekan yang dibutuhkan (tenaga yang dibutuhkan orang berjalan dengan sepatu roda lebih rendah dibanding dengan orang berjalan kaki).
Gaya Pegas, merupakan gaya yang ditimbulkan oleh sifat kelenturan suatu benda. Gaya pegas banyak digunakan pada mobil dengan menggunakan per berbentuk pegas, sehingga suspensi menjadi lembut. Contoh lain gaya pegas adalah ketapel dan busur panah.

Gaya Listrik, merupakan gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik pada suatu benda. Muatan listrik terdiri dari muatan positif dan muatan negatif. Muatan listrik sejenis saling tolak menolak dan muatan listrik berlainan atau tidak sejenis saling tarik-menarik.

B. KEGUNAAN GAYA
Gaya membantu manusia dan makhluk hidup lainnya untuk melakukan dan meringankan kegiatan atau aktivitasnya. Sebagai contoh, pesawat terbang dapat terbang dan mengangkat beban berat karena memperoleh gaya dorong dari mesin jet untuk bergerak ke depan dan sekaligus mendapat gaya dorong ke atas (gaya angkat) oleh angin. Besarnya gaya dorong dan gaya angkat yang diperoleh pesawat terbang membuatnya dapat terbang dan tidak jatuh.
Bidang Miring adalah bidang datar yang letaknya miring. Contohnya perhatikan gam- bar di samping.
Baji adalah bidang miring yang ujungnya tajam. Contoh: pahat, obeng, sekrup, paku berulir, pisau, dan kapak.


Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI



Share This :

0 komentar

 Recent