ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Energi





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Energi. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Energi. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Energi yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Energi

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Energi
 A. KONSEP
Energi adalah tenaga untuk melakukan tindakan atau suatu pekerjaan. Energi dapat berubah bentuk. Energi tidak dapat dilihat, namun pengaruhnya dapat dirasakan. Satuan Internasional energi adalah joule (J). Energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, sehingga berlaku hukum kekekalan energi.
Energi dapat digolongkan menjadi dua bagian besar, yaitu sebagai berikut.
a.  Energi Mekanikal, energi yang dimiliki benda oleh karena sifat geraknya.
Energi Potensial, energi yang tersimpan dalam sebuah benda karena keadaan atau kedudukannya. Contoh: orang lagi diam, seseorang hendak melepaskan anak panah dan sebagainya.
Energi Kinetik, energi yang dimiliki oleh suatu benda karena geraknya. Contoh: orang berlari memiliki energi kinetik dan semakin kencang orang tersebut berlari, maka energi kinetiknya makin besar.
b.  Energi Nonmekanikal, energi yang dimiliki oleh suatu benda yang tidak dipengaruhi oleh gerak. Contoh: energi kimia, energi panas, energi listrik, energi biomasa, energi matahari, dan energi nuklir.

B. KEGUNAAN ENERGI
Energi sangat berguna bagi kehidupan manusia dan tumbuhan. Contoh: manusia memperoleh energi dari makanan dan tumbuhan memperoleh energi dari matahari melalui proses fotosintesis.
Perubahan energi dari suatu bentuk ke bentuk lain membuat energi memiliki nilai tambah bagi kehidupan.
Berikut ini adalah berbagai bentuk perubahan energi.
1.  Perubahan energi kimia menjadi energi gerak
Contoh: makanan yang dimakan oleh manusia dan hewan. Energi kimia tersebut berubah menjadi energi gerak, dengan demikian manusia dan hewan dapat berlari dan beraktivitas atau melakukan kegiatan, serta dapat bertambah besar. Bahan bakar seperti bensin, solar, dan minyak tanah merupakan energi kimia, yang mengubah energi gerak pada mobil, sepeda motor, dan mesin.




2.  Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Contoh: lampu neon, lampu pijar yang sering kita gunakan di rumah.
3.  Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Contoh: bel listrik, dering telepon, klakson mobil atau motor.
4.  Perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Contoh: kipas angin, mesin jahit listrik dan alat-alat lainnya yang digerakkan oleh listrik.
5.  Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Contoh: setrika, microwave, hair dryer, kulkas, dan lain-lain.
6.  Perubahan energi biomassa menjadi energi kimia. Contoh: kotoran hewan menjadi energi kimia (gas).
7.  Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
8.  Perubahan energi matahari melalui proses fotosintesis menjadi energi kimia.
9.  Perubahan energi panas menjadi energi listrik. Contoh: pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga panas bumi.
10.  Perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Contoh: dinamo sepeda dapat menyalakan lampu sepeda.
11.  Perubahan energi gerak menjadi energi panas. Contoh: Apabila dua batu digosok secara berulang-ulang, maka akan menimbulkan panas.


Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI



Share This :

0 komentar

 Recent