ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Cahaya





Salah satu dari bagian materi dalam Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Cahaya. Selengkapnya, Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini nanti dapat and abaca selengkapnya dan dapat anda download Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI ini pada bilah bawah pratinjau Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Cahaya. Berikut adalah Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Cahaya yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI.
Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Cahaya

Ringkasan Materi UN/US IPA Tentang Cahaya
A. KONSEP
Cahaya yang berasal dari matahari atau lampu kelihatannya berwarna putih, padahal setelah mengalami pembiasan akan terurai menjadi beragam warna atau sering disebut warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu/lembayung).

Sumber cahaya adalah benda-benda yang dapat menghasilkan atau memancarkan cahaya. Contoh: matahari, bintang, lampu, lilin, senter, dan lain-lain.

Cahaya adalah salah satu bentuk energi. Cahaya matahari itu berupa cahaya sinar dan berupa panas. Cahaya dapat merambat pada ruang vakum dengan kecepatan 300.000 km/ detik.
Cahaya memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
a.  Dapat dipantulkan, cahaya yang mengenai suatu benda sebagian cahayanya diserap dan sebagian lagi dipantulkan. Kemampuan benda untuk memantulkan cahaya inilah yang membuat kita dapat melihat suatu benda. Cahaya yang dipantulkan oleh benda yang permukaannya licin akan menghasilkan pantulan yang teratur, sedangkan pada benda yang permukaannya kasar akan menghasilkan pantulan yang tidak teratur atau pantulan baur. Cermin cekung, merupakan cermin yang permukaan mengkilapnya cekung. Cermin cekung banyak membantu pengendara mobil dan motor, karena kaca bagian dalam lampu mobil menggunakan cermin cekung.
b.  Menembus benda bening, air, kaca, botol, dan gelas merupakan benda bening, karena benda-benda tersebut dapat ditembus oleh cahaya.
c.   Merambat lurus, coba kalian perhatikan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah pada pagi hari atau cahaya senter saat dinyalakan di ruang gelap.
d.  Dapat dibiaskan atau dibelokkan, cahaya akan dibiaskan apabila melalui suatu zat dan masuk ke zat lain. Pembiasan terjadi pada bidang perbatasan. Pembiasan cahaya dipengaruhi oleh kerapatan zat yang dilaluinya.

Cermin datar, merupakan cermin yang permukaannya datar. Cermin datar sering kita gunakan dan dijumpai di rumah. Cermin cembung, merupakan cermin yang permukaan cembungnya mengkilap.





B. ALAT-ALAT OPTIK
1. Mikroskop
Mikroskop adalah alat untuk melihat benda yang sangat kecil yang tidak terlihat oleh mata. Mikroskop dapat memperbesar benda yang sangat kecil sampai ratusan kali, kemampuan mikroskop ini dibantu oleh dua lensa cembung (lensa objektif dan lensa okuler). Sejalan dengan kemajuan teknologi, maka dikembangkan mikroskop elektron yang memiliki kemampuan jauh lebih besar dari mikroskop biasa, kalian dapat mempelajarinya nanti setelah di SMP atau SMA.
2. Kaca Pembesar atau sering disebut dengan Lup
Alat ini sering digunakan oleh tukang jam, tukang emas atau perhiasan, peneliti, polisi, dan lain-lain. Jenis lensa yang digunakan pada lup adalah lensa cembung.
3. Teropong
Teropong adalah alat yang digunakan untuk melihat benda yang jauh dan sering digunakan oleh nakhoda, peneliti, militer, intelijen, dan petualang. Jenis teropong bermacam-macam, mulai dari yang kecil sampai besar. Teropong besar banyak kita jumpai di observatorium Boscha, di Lembang, Bandung untuk melihat dan meneliti bulan, bintang, dan planet.
4. Kamera
Kamera merupakan alat yang digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian, dan sering digunakan oleh wartawan, kamera-wan, photo studio, dan peneliti. Kamera terdiri dari kamera biasa, kamera langsung jadi, dan kamera digital. Jenis lensa yang digunakan pada kamera adalah lensa cembung bersusun.
5. Periskop
Periskop merupakan alat optik jenis teropong, dan sering dipakai oleh kapal selam untuk melihat ke permukaan laut dari dalam kapal selam. Jenis lensa yang digunakan adalah lensa cembung, dan pada periskop juga dipakai cermin untuk memantulkan gambar pada lensa (tanpa cermin pada periskop, alat tersebut sama saja dengan teropong).
6. Proyektor
Proyektor merupakan alat untuk mempro- yeksikan gambar pada suatu layar. Proyektor sering dipakai di bioskop untuk memutar film, sedangkan jenis proyektor yang sering digunakan di kantor dan seminar adalah overhead projector (OHP). Jenis lensa yang digunakan adalah lensa cembung.

C. KEGUNAAN CAHAYA
1.  Cahaya membuat kita dapat melihat sesuatu.
2.  Cahaya panas (cahaya matahari) sumber energi bagi kelangsungan kehidupan. Tanpa adanya sinar matahari, maka kehidupan tidak akan ada.
3.  Cahaya dapat digunakan sebagai sumber energi listrik.
4.  Cahaya tidak ada gunanya kalau manusia tidak punya mata, mata tidak berfungsi tanpa ada cahaya. 


Demikian artikel Ringkasan Materi UN/US IPA yang merupakan petikan dari Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI Tentang Air yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya jika anda menginginkan untuk download atau unduh Lengkap Modul dan Ringkasan Materi Persiapan USBN IPA SD/MI silakan klik Baca Selengkapnya dan Download Modul dan Ringkasan MateriPersiapan USBN IPA SD/MI



Share This :

0 komentar

 Recent