ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013





Untuk Adik-adik siswa Kelas 9 SMP/MTs atau yang sederajat, sebentar lagi kalian akan menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS - UTS) atau Ulangan Tengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk membantu adik-adik semua mempersiapkan pelaksanaan UTS atau Ulangan Tengah Semeter 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 berikut Saya bagikan secara gratis  Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013.

 
Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9
Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9
Berikut ini adalah cuplikan Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 ini:
Pratinjau Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1.  Bacalah teks berikut !
Secara umum terdapat dua jenis tanah, yaitu tanah  pasir dan tanah lempung. Tanah pasir memiliki kemampuan drainase yang baik tetapi buruk dalam penyimpanan air. Berbeda dengan tanah pasir, tanah lempung lebih sulit ditembus air sehingga akan membuat air tergenang pada tanah. Tanah yang baik untuk media tanam adalah tanah yang tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu berlempung  yaitu tanah yang gembur.
Makna kata drainase pada teks tersebut adalah ....
A. penyerapan air
B. pengaturan air
C. pembagian air
D. pengolahan air

2.  Perhatikan teks berikut !
(1) Pohon dan daun manggis memiliki ciri khas. (2) Tinggi pohon manggis rata-rata mencapai 6 – 25m. (3) Pohon tegak lurus dengan percabangan simetri membentuk kerucut. (4) Manggis memiliki ciri daun  rimbun, duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek.
(1)Buah manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (2) Manggis dapat menyembuhkan sariawan,dIsentri, amandel,abses, dengan kemampuan anti peradangan. (3)Hasil penelitian menyebutkan bahwa kulit buah manggis juga kaya  dengan antioksidan. (4) Buah tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk minuman segar.
Kalimat utama  paragraf pertama pada teks tersebut ditandai nomor….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

3.  Bacalah teks berikut!
Pendidikan karakter sangat penting bagi pelajar. Dengan pendidikan karakter, pelajar akan menjadi manusia yang peka lingkungan. Nilai toleransi dan cinta damai juga diajarkan dalam pendidikan karakter sehingga pelajar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur. Selain itu, pendidikan karakter juga mengajarkan kita agar suka bekerja keras, ulet, kreatif, mandiri sehingga pelajar akan tumbuh menjadi manusia yang penuh tanggung jawab.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A. pendidikan karakter membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur
B. pendidikan karakter membentuk manusia yang peka lingkungan
C. pentingnya pendidikan karakter bagi pelajar
D. pendidikan karakter akan membentuk manusia yang penuh tanggung jawab

4.  Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!
Apakah setiap manusia memiliki bakat? Ya, setiap manusia memiliki bakat, namun bakat sebagai potensi harus dikembangkan menjadi prestasi dan menjadi sesuatu kenyamanan. Magnis-Suseno dalam kuliah etika dasar yang menyebut “Manusia bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri. Manusia adalah aufgabe, tugas bagi dirinya sendiri , maka salah satu kewajiban dasar manusia adalah mengembangkan dirinya”. Manusia hanya dapat bahagia kalau tidak terfiksasi pada nikmat semata. Gagasan yang amat penting ini sudah dirumuskan oleh Aristoteles. Menurut Magnis-Suseno, Aristoteles menggarisbawahi bahwa manusia tidak menjadi bahagia apabila secara pasif saja menikmati segala-galanya, melainkan kalau ia secara aktif merealisasikan bakat-bakatnya.
Simpulan dari kutipan teks tersebut adalah....
A. Manusia akan bahagia kalau mengembangkan bakatnya.
B. Semua manusia ingin menikmati segala-galanya.
C. Bakat sebagai potensi karena dapat dikembangkan menjadi prestasi.
D. Manusia harus bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri.

5.  Perhatikan teks berikut!
1) Hati-hati berkendaraan. 2) Patuhi aturan nyaman di jalan. 3) Kesadaran kita merupakan keselamatan bagi kita semua. 4) Begitulah harapan warga kota.
Maksud kalimat nomor 2 pada teks tersebut adalah....
A. Kesadaran aturan lalu lintas merupakan harapan warga.
B. Jika kita mematuhi aturan lalu lintas, di jalan akan nyaman.
C. Kalau kita menaati aturan lalu lintas, akan selamatlah warga kota.
D. Seharusnya semua orang menaati aturan lalu lintas agar selamat.

6.  Bacalah kutipan teks berikut dengan dengan seksama!
     Kereta api memang berbeda dengan kendaraan lainnya. Tugas masinis hanya mengatur kecepatan kuda kereta api. Adapun arah gerak (lurus atau belok) tak perlu diatur, tinggal mengikuti jalur (rel) yang sudah ada. Saat melintas persimpangan, kereta api berbelok secara otomatis sesuai formasi rel yang disusun pengatur lalu lintas.
     Betapa susahnya masinis andai kereta api melaju di jalan raya. Karena berat dan panjang, kereta api sangat sukar dikemudikan. Jangankan berbelok, mengerem saja susah. Tak bisa seketika berhenti seperti halnya kendaraan bermotor. Makanya kadang terjadi kecelakaan kereta api menabrak kendaraan atau orang.
Ringkasan teks tersebut adalah....
A. Berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya, mengemudikan kereta api cukup mengatur kecepatan, maju dan mundur saja. Selain itu karena berat dan panjang, kereta api tidak dapat direm secara mendadak seperti kendaraan darat lainnya.
B.  Berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya, kereta api melaju di atas rel sehingga masinis cukup mengatur kecepatan, maju dan mundur saja. Karena berat dan panjang, kereta api tidak dapat direm secara mendadak apabila di jalan raya.
C.  Perbedaan masinis dengan sopir adalah masinis harus menjalankan kereta api yang lebih  berat dan panjang sedangkan sopir mengendarai mobil yang lebih ringan.
D. Berbeda antara kereta api dengan kendaraan bermotor lainnya, mengemudikan kereta api sangat berat karena melaju di atas rel, sedangkan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor ada di jalan raya.




7.  Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1 
Tempat wisata berikutnya, Museum Asia Afrika. Di museum ini, kami melihat dan menonton film tentang Konfrensi Asia Afrika. Di Museum Asia Afrika ini,kami banyak menimba ilmu sejarah tentang Konfrensi Asia Afrika.       

Teks 2
Hari Jumat sore, kami siswa-siswi berkumpul di lapangan untuk persiapan ke Bandung dalam rangka Studi Wisata. Sebelum pergi, kami diberi pengarahan oleh Pak Budi selaku Kepala Sekolah. Setelah selesai, kami langsung menuju kendaraan masingmasing.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …
     Teks  I                          Teks II
A  urutan sebab-akibat                urutan tempat
B  urutan waktu                           urutan tempat
C  urutan waktu                           urutan sebab-akibat
D  urutan tempat             urutan waktu

8.  Bacalah teks ulasan berikut!
(1) Buku kumpulan puisi diberi judul Ijab Kibul karya Slamet Widodo. (2) Menilik judulnya saja sudah mendatangkan senyum. (3) Membaca buku ini saya teringat pada kumpulan kolom Umar Kayam yang selalu menyampaikan sesuatu yang serius dengan cara yang jenaka.(4) Begitu juga dengan buku kumpulan puisi ini. (5) Antologi puisi ini menarik untuk dibaca. (6) Dari buku ini kita diperlihatkan berbagai persoalan  mulai dari politik,sosial,hingga budaya.
                                                                                    http://ulas-buku. Blogspot.co.id
Hal yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat….
A. (1)
B. (3)
C. (5)
D. (6)

Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Uang sebesar tujuh puluh lima ribu hanya tersisa di dalam kantong saku celananya. Ia harus pandai mengatur jumlah pengeluaran setiap hari. Ia makan sehari satu kali, bayar cicilan hutang sebesar sepuluh ribu setiap hari, membeli obat dua puluh lima ribu, bayar uang listrik dua puluh lima ribu, dan sisanya untuk beli makanan.
Iwas baru 15 tahun sudah bekerja menjadi penjual koran. Lampu merah menjadi tanda waktunya bertransaksi berjualan. Dia harus cekatan bergerak dengan cepat karena tersisa tiga puluh detik. Targetnya seorang pria pengendara mobil.
9.  Watak tokoh Iwas dalam kutipan cerita di atas adalah....
A.  hemat       
B.  pelit          
C.  kikir          
D. rajin

10. Latar tempat yang terdapat dalam kutipan cerita di atas adalah..........
A. di jalan      
B.  di lampu merah     
C.  di rumah Iwas      
D.  di trotoar

11. Bacalah teks fabel berkut !
 Tiba-tiba seekor lalat terbang menabrak jaring-jaring itu. Laba-laba pun bergegas mendekat dan menagkap lalat yang terjebak itu. Berikutnya seekor nyamuk tersangkut di jaring-jaring laba-laba.
Capung kecil berkata,”Laba-laba temanku, kamu sungguh beruntung. Kamu hanya merajut jaring-jaring, maka makanan akan datang sendiri menghampirimu.
Laba-laba bekerja keras hingga jaring-jaring yang baru terbentuk.
Capung yang terus memperhatikan bertanya, “Laba-laba, mengapa kamu menghancurkan jaring-jaring lama dan merajut yang baru?”
“Jaring-jaring lama tidak cukup lengket untuk menangkap serangga,” jawab laba-laba.
“Berarti kamu harus merajut jaring-jaring baru setiap hari?”
“Tentu saja,” jawab laba-laba,”Saya tidak bermalas-malasan seperti yang kamu kira.”
Akhirnya capung kecil itu mengerti cara kerja laba-laba. Ia berkata,”Mereka yang bermalas-malasan, akan kelaparan. Betul tidak?”
Laba-laba tersenyum dan berujar,”Ya, kamu betul. Harus berusaha jika ingin berhasil.”
(Sumber: Rahasia Jaring-jaring Laba-laba, Didik Djunaedi)
Amanat yang terdapat pada cerita tersebut  adalah …
A. Berhati-hati dalam bekerja seharian
B. Berbuatlah sesuai dengan kemampuan
C. Berusahalah  untuk mendapat sesuatu
D. Belajar dan perhatikan orang bekerja

Bacalah kedua teks berikut.
Teks 1  Teks 2
Pukul 06.00 rombongan berangkat dengan menggunakan dua bus. Lima belas menit kemudian bus sudah masuk pintu gerbang tol Salatiga. Jalan tol saat itu cukup lengang. Pukul 07.32, rombongan sudah melaju di tol Bawen. Bus berjalan cukup stabil rata-rata berkecepatan 80 Km/jam. Pukul 08.12 rombongan keluar tol Bawen dan menuju kea rah Jakarta. Rombongan berkumpul di halaman sekolah berbaris sesuai kelasnya. Setelah mendapat arahan dari kepala sekolah mereka menuju bus yang terparkir di pinggir Jalan Raya Sukoati. Setelah peserta duduk di kursinya bus mulai meninggalkan tempat. Awalnya berjalan berlahan-lahan karena kondisi lalulintas masih cukup ramai. Selepas batas kota pergerakkan bus mulai kencang.
12. Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …
Teks 1  Teks 2
A. menggunakan pola hubungan sebab-akibat            menggunakan pola hubungan akibat-sebab
B. menggunakan pola urutan waktu   menggunakan pola urutan tempat
C. menggunakan pola hubungan akibat-sebab            menggunakan pola urutan waktu
D. dimulai dengan hal umum ke hal khusus    dimulai dengan hal khusus ke hal umum

13. Ayah sedang membaca koran di teras rumah.
Bentuk kalimat pasif dari kalimat di atas adalah ...
A. Sedang membaca koran di teras rumah ayah.
B. Koran dibaca ayah di teras rumah.
C. Koran di teras rumah sedang membaca membaca ayah.
D. Membaca koran di teras rumah ayah.

14. Cermati data berikut!
Pengamatan di Kantin SMP Mandiri :
Lokasi di samping belakang sekolah
Ada 8 kios dilengkapi tempat duduk
Setiap kios berbeda yang dijual
Makanan(nasi ayam,nasi goreng)
Minuman dingin
Harga relatif murah
Laporan yang sesuaiberdasarkan data tersebut adalah....
A. Kantin di SMP Mandiri terletak di samping belakang sekolah.Di kantin tersebut terdapat 8 kios, masing-masing dilengkapi dengan tempat duduk. Setiap kios menjual makanan dan minuman yang berbeda. Jenis makanan ada nasi ayam dan nasi goreng, sedangkan minuman yang tersedia adalah minuman dingin. Harga minuman relatif murah.
B.  Kantin di SMP Mandiri terletak di samping belakang sekolah. Di kantin tersebut terdapat 8 kios,masing-masing dilengkapi dengan tempat duduk.Setiap kios menjual makanan dan minuman yang berbeda ,jenis makanan ada nasi ayam dan nasi goreng, sedangkan minuman tersedia minuman dingin.Kantin tersebut sangat ramai pengunjungnya,
C.  SMP Mandiri memiliki kantin yang terletak disamping belakang sekolah. Di kantin tersebut terdapat 8 kios, masing-masing dilengkapi dengan tempat duduk. Jenis makanan ada nasi ayam dan nasi goreng, sedangkan untuk minuman tersedia minuman dingin.Setiap tiga bulan sekali makanan dan minuman tersebut dicek oleh tenaga kesehatan.
D. SMP Mandiri memiliki kantin yang terletak di samping belakang sekolah. Di kantin tersebut terdapat 8 kios, masing-masing dilengkapi dengan tempat duduk. Setiap kios menjual makanan dan minuman yang berbeda.Makanan di kantin itu enak- enak. Jenis makanan ada nasi ayam dan nasi goreng, sedangkan untuk minuman tersedia minuman dingin.  

15. Cermati teks berikut !
“Omset (1) sekarang ini turun derastis (2).Semua itu gara-gara garam langka (3) dan harganya cukup mahal(4). Kalau harga telur asin ikut mahal, pasti(4) tidak ada yang mau membeli,” kata Ruwaida, kepada Detik.com, Senin(7/8/2017) sore.
Kata yang tidak tepat penggunaannya pada teks tersebut ditunjukkan nomor....
A. (2), (3)
B. (3),(4)
C. (4),(5)
D. (1), (2)

16. Bacalah teks berikut !
Bicara tentang keindahan Indonesia, asyiknya dimulai dari Sabang. Lokasinya di Pulau Weh,Provinsi Aceh, di ujung utara Sumatra. Berbagai [...] menarik, terutama wisata bahari bisa ditemukan di sekitar sini.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....
A. reservasi
B. destinasi
C. akomodasi
D. pakansi




17. Sepatutnya,  pemuda menjadi tombak generasi penerus bangsa yang selalu diliputi ... besar menuju titik peradaban yang tinggi.
Kata ulang yang tepat untuk mengisi kata yang rumpang di atas adalah ....
A. memimpi - mimpikan
B. mimpi – mimpi
C. dimimpi - mimpikan
D. dimimpi – mimpi

18. Perhatikan kalimat berikut!
Hanya Habibie saja, orang diluar kebangsaan Jerman yang mampu memasuki posisi tertinggi di negara tersebut.
Perbaikan kata yang bercetak miring adalah ....
A. memegang
B. mendiami
C. menduduki
D. memangku

19. Perhatikan kalimat berikut ini!
Banyak para siswa yang terlambat masuk sekolah karena bencana banjir.
Perbaikan kalimat tersebut adalah ....
A. Banyak – banyak siswa yang terlambat masuk sekolah karena bencana banjir
B. Banyak para siswa yang terlambat masuk sekolah karena bencana banjir.
C. Banyak para siwa-siswa yang terlambat masuk sekolah karena bencana banjir.
D. Banyak siswa yang terlambat masuk sekolah karena bencana banjir.
20. Cermatilah ilustrasi berikut!
SMP Pembina melaksanakan program OSIS penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba dengan mendatangkan narasumber kondang. Sebagai ketua OSIS, Rehan menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.
Bagian isi pidato Rehan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, narasumber, Bapak dan Ibu guru, dan teman-teman yang telah hadir pada acara ini.
B.  Bapak ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga bisa melaksanakan program ini.
C.  Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak terjerumus dan terjebak dalam dunia narkoba.
D. Teman-teman, sesuai dengan program yang telah disepakati mari ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
1.  Bacalah teks berikut ini!
Profesor asal Indonesia, Irwandi Jawsir meraih penghargaan King Faisal International Prize atas jasanya untuk Islam. Penghargaan itu diterima Irwandi atas jasanya mengembangkan riset dan pengembangan ilmu halal. "Sebagai pengakuan atas jasanya untuk Islam dan umat Muslim," tulis King Faisal International Prize dalam situsnya seperti dikutip pada Kamis (11/1/2018).
Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kontribusi dan upayanya mengembangkan penelitian tentang makanan halal. Irwandi dinilai sukses menjadikan Universitas Islam Internasional di Malaysia, menjadi pusat penelitian dan riset terkait makanan halal.
Penghargaan itu juga diberikan atas jasanya melakukan riset tentang makanan halal alternatif, dan produksi gelatin dari produk nonbabi, seperti unta dan ikan. Ia juga dianggap berjasa mengembangkan teknik cepat untuk mengidentifikasi makanan, kosmetik dan produk-produk nonhalal.
Tulislah tiga pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks tersebut ....

2.  Bacalah kutipan novel berikut!
“Tidak!” Kata Hedemi keras kepala. Mereka sudah sering berdebat tentang hal ini dan untuk masalah yang satu ini Hedemi benar-benar tak mau menyerah. “Dia perempuan, bukan laki-laki. Tempatnya di sini, bersama kita. Apa untungnya mengirim dia ke California?”
“Umurnya sudah hampir delapan belas tahun,” jelas Masao sabar untuk keseribu kali. “Bahasa Inggrisnya cukup baik tapi akan lebih baik baginya jika dia menetap setidaknya satu tahun di Amerika, atau kalau mungkin lebih lama lagi.” Masao ingin agar Hiroko kuliah di sana, tapi ia tahu Hedemi belum siap untuk melepas putrinya kuliah selama empat tahun di negeri orang. Itu akan meningkatkan pendidikannya, membuka wawasannya, dan memperluas cakrawalanya. Sepupuku dan istrinya akan menjaganya dengan baik.
Berdasarkan kutipan novel di atas, buatlah sinopsisnya!

3.  Judul          : Cara Mudah Mengatasi Demam Berdarah
Penulis             : Hendrawan Nadesul
Penerbit           : PT Kompas Media Nusantara
Tebal               : 176 halaman
Tahun terbit     : 2004
Keunggulan     : Penulis menyampaikan informasi dengan bahasa yang komunikatif dan informatif.
Kelemahan      : Gambar-gambar dalam buku tidak berwarna.
Susunlah paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku di atas!

4.  Cermatilah kalimat berikut!
Kepada para siswa-siswi yang akan mengikuti lomba baca puisi mohon maju ke depan! Tentukan alasan ketidakefektifan kalimat tersebut!

5.  Perhatikan teks berikut !
Sulawesi utara baru tahun ini menjadi tuan rumah even bersepeda besar tetapi langsung mendapat respons luar biasa. Mandiri gran fondo jawa pos tondano 2017 merupakan ajang gran fondo terbesar di luar pulau jawa.
Perbaikilah teks tersebut dengan membetulkan ejaannya 1



Download Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013
Untuk Download Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 silakan klik Download Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013

Demikian Latihan Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013. Atas kunjungannya Terima kasih, semoga link download ini dapat membantu. Selamat mengikuti PTS- UTS atau Ulangan Tengah Semester 2  bagi siswa Kelas 9 SMP/MTs Semester 2. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan. Link kunci jawaban silakan klik Disini


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent