Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 (Tujuan, Sasaran, Tema, dan Logo Hari Guru Nasional Tahun 2019)


Artikel tentang Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia ini dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 19  November 2019.

Adapun isi dari pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 yang ditandatangani langsung oleh Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim adalah sebagai berikut.

A. Latar Belakang
Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan Sejak masa perjuangan. Guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebaqar bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan  nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan penumbuh semangat para pemuda pelajar.




Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama  rnendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak  usia dini jalur  pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan  salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan peserta didik untuk masa depan bangsa.

Sebagai penghormatan  kepada guru, pemerintah  Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994,  menetapkan tanggal 25 November selam sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk  memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan  telah  memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikast guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019.

B. Tujuan, Sasaran, Tema, dan Logo
1. Tujuan
a.    Meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan  dalam  membangun sikap,  keterampuan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
b.   Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat.
c.    Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentmgnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kepenororkan dalam membangun karakter bangsa

2. Sasaran
Semua pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pegawai di lingkungan pemerintah daerah, perwakilan Indonesia di luar negeri, Unit Pelaksana Teknis  Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya,  para siswa di satuan pendidikan seluruh   Indonesia,    baik   di   lingkungan   pembinaan   Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan  maupun Kementenan Agama,  serta  siswa di  Sekolah Indonesia Luar Negeri (SlLN).

3. Terna
Terna peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah
"Guru Penggerak Indonesia  Maju".

4. Logo
Logo peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah:
 
Logo Hari Guru Nasional Tahun 2019
Logo Hari Guru Nasional Tahun 2019
(Logo tersebut dapat diunduh pada laman  https://www kemdikbud.go.id/)

C. Pelaksanaan Upacara Bendera
Berikut  ini kami sampaikan pedoman  pelaksanaan upacara  bendera  peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.





1. Waktu Pelaksanaan
Hari, tanggal : Senin, 25 November 2019
Pukul             : 07.30 waktu setempat

2. Tempat
Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah  disepakati oleh pantia setempat

3. Pakaian
a.    Khusus  di lingkungan Kementenan Pendidikan  dan  Kebudayaan, baik di Pusat maupun Unit Pelaksana Teknis:
·   Pembina Upacara dan Pejabat Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan mengenakan  Pakaian Sipil Lengkap (PSL)  bagi  pria dan  Pakaian  Nasional bagi wanita:
·   Undangan   mengenakan  Pakatan Sipil Lengkap (PSL)  pria dan  Pakaian  Nasional bagi wanita atau mengenakan batik lengan  panjang:
·   Peserta  upacara dari  unsur pegawai  mengenakan seragam  Korpri  lengkap, Kepala  sekolah,  guru,  dosen,  siswa,  dan mahasiswa  mengenakan pakaian seragam masing-masing sesuai ketentuan;  dan
·   Pasukan  Pengibar Bendera  dan  petugas  upacara   lainnya  mengenakan pakaian dinas upacara sesuai dengan ketentuan.
b. Untuk  pelaksanaan  upacara bendera di Sekolah, Perguruan Tinggi, Daerah,  dan Luar Negeri mengenakan pakaian sesuai dengan kebiasaan setempat

4. Susunan Acara
·   Pembina Upacara memasuki lapangan upacara,
·   Penghormatan kepada Pembina upacara dipimpin oleh Pemimpin Upacara;
·   Laporan Pemimpin Upacara;
·   Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya (diiringi korsik, Jika ada);
·   Mengheningkan cipta  dipimpin oleh Pembina Upacara;
·   Pembacaan teks Pancasila  diikuti oleh seluruh Peserta Upacara.
·   Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
·   Menyanyikan lagu Hymne Guru oleh Paduan Suara;
·   Amanat Menten Pendidikan dan Kebudayaan;
·   Menyanyikan  lagu  Terima Kasih Guru oleh Paduan Suara;
·   Pembacaan Doa;
·   Laporan Pemimpm Upacara kepada Pembina Upacara;
·   Penghormatan  kepada Pembina Upacara;
·   Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara,
·   Upacara selesai




D. Pembiayaan
Biaya penyelenggaraan Upacara Bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dibebankan pada anggaran instansi  masing-masing.

E. Lain-lain
Pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 ini bersifat  informatif dan umum. Diharapkan unit kerja, instansi lembaga, organisasi, asosiasi guru, serta masyarakat dapat menyelenggarakan kegiatan untuk menyemarakkan Peringatan Hari Guru  Nasional Tahun  2019 dengan  kegiatan seperti seminar, talkshow, atau ziarah ke Taman Makam Pahlawan sesuai dengan kemampuan dan dukungan dana masing-masing instansi.

F. Penutup
Demikian pedoman ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.


Untuk Download Surat Edaran tentang Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 (Tujuan, Sasaran, Tema, dan Logo Hari Guru Nasional Tahun 2019) ini silakan klik unduh Surat Edaran

Artikel Menarik Lainnya