Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks Lomba Pidato: Nilai-Nilai Kepahlawanan Dan Kemerdekaan Dalam Pembentukan Karakter Bangsa






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hamdan wa syukron lillah was sholaatu wassalamu ala rosulillah
Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Allah SWT, yang telah memberikan kita kenikmatan, sehingg kita dapat menghadiri perlombaan pagi hari ini dalam keadaan sehat wal afiat. Aminnn….
Teks Lomba Pidato: Nilai-Nilai Kepahlawanan Dan Kemerdekaan Dalam Pembentukan Karakter Bangsa

Sholawat beserta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi teladan terbaik bagi umatnya.

Dewan juri yang kami hormati,
Dalam rangka memperbaiki serta melangkah menuju Indonesia yang lebih baik, hendaklah pertama-tama karakter bangsa-lah yang harus dibangun terlebih dahulu. Karena karakter bangsa dapat mempengaruhi pola hidup bangsa sehari-hari dalam pembangunan Indonesia. Dengan adanya realita tersebut, maka saya akan mengangkat tema dengan judul
NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN DAN KEMERDEKAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA



Merdeka adalah kata yang penuh makna sebagai suatu kebebasan bangsa dan Negara dari aksi penjajahan. Kemerdekaan suatu bangsa sangat erat kaitannya dengan nilai kepahlawanan. Nilai – nilai kepahlawanan dan kemerdekaan sangat dibutuhkan dalam pembentukan karakter bangsa. Di dalam generasi sekarang tidak dibutuhkan lagi perang dengan fisik, melainkan perang melawan kebodohan. Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa maka generasi muda zaman ini harus mempunyai karakter sesuai potensinya supaya nilai-nilai kepahlawanan tidak luntur ditelan zaman. Penerus bangsa yang berkarakter adalah penerus bangsa yang mempunyai sifat yang mencerminkan dirinya beda dari yang lainnya.

Untuk membentuk diri yang berkarakter kita harus memahami apa itu nilai kepahlawanan? Nilai kepahlawanan adalah suatu sikap dan perilaku perjuangan yang mempunyai mutu dan jasa pengabdian serta pengorbanan terhadap bangsa dan negara. Apa saja hal hal yang di maksud dalam nilai kepahlawanan itu?

1. Rela berkorban
Bersedia dengan ikhlas, senang hati, mau memberikan sebagian yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya, terbukti dengan pahlawan terdahulu rela mati demi menghadapi penjajah demi meraih kemerdekaan, begitu pula dengan kita saat ini sebagai generasi penerus bangsa harus benar- benar merelakan waktu kita untuk belajar, beribadah, aktif dalam mengikuti organisasi, maka itu semua adalah wujud pengorbanan kita demi tercapainya kemajuan bangsa dan negara.

2. Cinta Tanah air
Perasaan cinta tanah air terhadap bangsa dan negara,dengan memakai produk dalam negeri. Janganlah kita terlalu bangga dengan produk buatan luar negeri yang dapat mengganggu perekonomian didalam negeri. Karena jika kita terlalu bangga dengan produk luar negeri maka tak ayal bangsa kita ini akan dengan mudah terjajah kembali oleh bangsa lain. Begitu pula kita sebagai murid menanamkan cinta tanah air dapat kita lakukan dengan menjaga tanah dan air bangsa kita, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, karena dapat mengakibatkan bencana terhadap bangsa tercinta kita.

3. Kemandirian, jujur dan bekerja keras
Kemandirian adalah sikap yang tidak bergantung kepada orang lain dalam mencapai sebuah tujuan, seperti kita, sebagai pelajar,  janganlah menggantungkan pekerjaan atau tugas kita kepada teman, tapi hendaknya kita harus benar benar berusaha belajar dengan giat, mengesampingkan hal hal yang dapat mengganggu belajar kita, contohnya bermain HP, Karena jika kita terlalu sering bermain game di HP, Hal yang mungkin belajar kita akan menjadi malas. Betul?

Maka manfaatkan waktu kita dengan baik, bersikapjujur saat ujuan, jangan suka mencontek saat ulangan, kita kurangi hal hal yang dapat mengganggu belajar kita supaya kita bisa menjadi siswa yang berprestasi dan mandiri.

4. Kecerdasan
Kecerdasan pada zaman dahulu adalah berusaha menggunakan berbagai cara supaya dapat merdeka, seperti memakai senjata runcing bambu, untuk melawan penjajah. tapi kecerdasan zaman sekarang adalah pandai dalam memanfaatkan fasilitas yang ada. seperti teknologi yang saat ini dapat kita gunakan untuk mencari berbagai informasi lewat internet. Dengan kecerdasan yang kita miliki maka kita akan mudah bersaing dalam memajukan bangsa dan Negara kita.

5. Keteladanan
Keteladanan pahlawan dalam meraih kemerdekaan dapat dicontohkan dari semangat juang para pahlawan, tekad yang begitu besar, keikhlasan dalam berjuang untuk mencapai kemerdekaan. Hal ini dapat kita teladani bahwa meraih suatu yang kita inginkan membutuhkan perjuangan, tidak dengan cara yang mudah dan instant tiba tiba ada. Karena peribahasa mengatakan “berakit- rakit ke hulu berenang renang ke tepian, bersakit sakit dahulu, bersenang- senang kemudian”

Maka dari itu, membangun generasi yang berkarakter tidak harus seragam. Namun sejak sekarang kita tanamkan sifat- sifat kepahlawan tersebut, Dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. Karakter yang kuat bisa menjadi budaya, dan bisa membentuk karakter masyarakat yang tangguh.

Cukup sekian pidato dari saya, mohon maaf apabila banyak kesalahan, ushikum wa nafsibittaqwaallah

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



Artikel Menarik Lainnya



Berlangganan via Email