Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019






Salah satu dari Program Sekolah Sekarjati 1 Karanganyar yang mulai dilaksanakan pada bulan ini adalah kegiatan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019.
 
Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019
Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019
Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019
Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019


Istilah Market Day adalah perpaduan dari dua kata berbahasa inggris yaitu Market yang artinya Pasar dan Day yang artinya Hari. Jika dipadukan dan diterjemahkan dengan bahasa penulis, maka Market Day dapat diartikan suatu hari yang digunakan untuk kegiatan jual beli atau transaksi perniagaan.




Kegiatan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019 yang diselenggarakan di sekolah merupakan salah satu kegiatan siswa dalam bidang usaha perdagangan (Entrepreneur) yang mempunyai beberapa tujuan dan manfaat bagi siswa untuk masa sekarang hingga kelak nanti ke masa depan, mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk pengembangan usaha agar lebih berkembang baik jika kelak mereka sudah dewasa. Dalam kegiatan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019 inilah anak-anak diajarkan untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur.

Seorang entrepreneur atau pengusaha selalu dianjurkan untuk memiliki pola pikir yang diluar kebiasaan orang pada umumnya. Entrepreneur akan lebih sering menggunakan otak kanan untuk menghasilkan kreativitas-kreativitas baru. Berkenaan hal tersebut untuk mengembangkan bakat dan minat siswa SDN Sekarjati 1 Karanganyar dalam bidang kewirausahaan (entrepreneur) maka SDN Sekarjati 1 Karanganyar mengadakan kegiatan Market Day mulai pada tahun pelajaran 2019/2020 ini. Adapun kegiatan Market Day di SDN Sekarjati 1 Karanganyar diadakan setiap bulan pada hari sabtu pekan pertama dan dilakukan secara bergilir antara kelas satu dengan kelas lainnya.

Selain manfaat Market Day diatas kami menekankan pada pelajaran pembukuan atau accounting, bagaimana cara mengelola penjualan dan menghitung pemasukan dan pengeluaran barang yang telah disediakan. Semoga kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan lancar nantinya serta kami juga mengharapkan saran dan dukungan dari semua pihak untuk kegiatan kewirausahaan sekolah ini.

Maksud dan tujuan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019
1.    menumbuhkan bakat siswa SDN Sekarjati 1 Karanganyar
2.    Memberikan pembelajaran sosial yang dapat membentuk karakter siswa
3.    Memberikan pengalaman kepada siswa secara langsung dalam kegiatan jual beli.
4.    Menumbuhkan kemauan siswa untuk berinovasi dalam bidang wirausaha.

Waktu Pelaksanaan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019
Kegiatan market day gelombang pertama pada bulan ini dilaksanakan pada:
1.    Hari Sabtu, 19 Oktober 2019
2.    Pelaksanaan Market Day pada jam istirahat pertama
3.    Barang dagangan yang diijual adalah berupa makanan dan minuman dengan harga antara Rp. 500 – Rp. 1000
4.    Dagangan adalah makanan dan minuman yang bersih, sehat dan harga bersahabat
5.    Petugas Market Day adalah seluruh siswa kelas 5 yang dibagi kedalam 4 kelompok

Uraian Barang Dagangan perkelompok pada Market Day Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019
Petugas market day pada hari sabtu tanggal 19 Oktober adalah seluruh siswa kelas 5. Berikut Uraian Barang Dagangan perkelompok pada Market Day

Kelompok 1 (Makanan: Nasi Kucing sebanyak 50 Porsi)
Anggota:
· Dayat
· Candra
· Tiwi

Kelompok 2 (Makanan: Omelet Mie 50 Porsi)
Anggota:
· Septi
· Salsa
· Vika

Kelompok 3 (Minuman: Es Kelapa Muda sebanyak 50 Porsi)
Anggota:
· Rahma
· Vito
· Rendi

Kelompok 4 (Minuman: Es Dawet sebanyak 50 Porsi)
Anggota:
· Vera
· Putra

Dengan adanya kegiatan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019 pada hari sabtu nanti maka dihimbau:
1.    Wali murid kelas 5 membimbing proses pemproduksian barang dagangannya
2.    Wali murid kelas 1 s.d. 6 memberikan uang jajan bekal minimal sebanyak Rp. 2.000 untuk membeli dagangan pada kegiatan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019 pada hari sabtu nanti. Untuk jajan diluar di skors dulu demi kelancaran kegiatan Market Day.
3.    Untuk petugas Market Day bulan berikutnya adalah seluruh siswa kelas 4


Demikian informasi tentang kegiatan Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019 yang dapat disampaikan. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Saksikan Reportase Market Day Siswa Kelas 5 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Pada Bulan Oktober 2019 di Youtube