Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan Lengkap Tahun 2019/2020





Hallo Bapak dan Ibu Guru peserta maupun calon peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-DJ). Saya ucapkan selamat bagi anda yang terjaring dalam PPG-DJ tahun ini. Setelah melewati alur PPG yang panjang mulai dari pendaftaran untuk menjadi peserta PPG, mengikuti pretest PPG hingga akhirnya lolos secara resmi untuk mengikuti peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-DJ) pada tahun ini.
 
Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan Lengkap Tahun 2019/2020
Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan Lengkap Tahun 2019/2020
Diterima sebagai peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-DJ) tentunya bukanlah dari akhir dari segalanya. Masih ada serentetan proses yang akan dilalui didalamnya. Pada kesempatan ini saya akan membagikan secara gratis Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan lengkap yang akan dapat bapak ibu unduh dan digunakan sebagai bahan belajar.


Bagi anda yang sedang berburu materi PPG 2019 maupun PPG 2020 tentunya sangan memerlukan link Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan ini saya ucapkan Selamat datang www.mariyadi.com dan salam jumpa lagi sahabat guru di mana saja berada. Semoga Anda dalam keadaan sehat walafiat.

Dalam link Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan ini saya menyajikan kepada Anda modul dan materi daring PPG serta kumpulan latihan soal per modul untuk Guru Kelas SD dengan harapan dapat membantu rekan-rekan guru  calon maupun peserta PPG di mana saja berada agar dapat memersiapkan diri dengan baik serta memahami materi daring PPG maupun materi PPG serta UTN sesuai jadwal yang ditetapkan LPTK masing-masing.


Sekilas Tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Pengertian Pendidikan Profesi Guru (PPG), Gelar Lulusan PPG, Syarat PPG serta Keunggulan PPG

Pengertian Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Seperti yang kita ketahui bahwa Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku muali tahun 2005.

Gelar Lulusan PPG
Lulusan pendidikan profesi akan mendapatkan gelar. Menurut Mohammad Nuh (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), pendidikan profesi akan melegitimasi profesi guru. Pendidikan profesi juga akan menambah gelar Gr di belakang nama guru tersebut. karena menurut undang-undang, guru adalah profesi, sama seperti dokter




Syarat PPG
Perlu diketahui, saat ini tidak semua orang dapat mengikuti program PPG, karena pemerintah saat ini tengah mengeluarkan undang-undang yang mengatur hal tersebut diantaranya mengatur tentang syarat-syarat peserta PPG. Hal tersebut tertuang dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 pasal 4 bahwa syarat untuk menjadi peserta program PPG harus memenuhi persyaratan sebagai berikuʈː

Memiliki kualifikasi akademik saijana (S-1) atau diploma empat (D-IV);Guru dalam Jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapatkan tugas mengajar yang sudah diangkat sampai dengan akhir tahun 2015; Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); dan Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan}

Keunggulan PPG
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya melegalkan sarjana non kependidikan untuk menjadi guru profesional. Ke depan sarjana lulusan di luar FKIP (fakultas keguruan dan ilmu pendidikan) itu bersaing dengan sarjana yang empat tahun mengenyam kuliah kependidikan. Kebijakan membuka akses bagi sarjana non kependidikan untuk menjadi guru ini tertuang dalam Permendikbud 87/2013 tentang Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG). Sarjana dari fakultas non FKIP itu bebas mengajar mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Sarjana non kependidikan juga diwajibkan mengikuti saringan masuk PPG selayaknya sarjana kependidikan. Meskipun aksesnya dibuka setara dengan lulusan FKIP, sarjana non kependidikan wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi dulu sebelum menjalani PPG. Sedangkan untuk sarjana FKIP yang linier atau sesuai dengan matapelajaran yang bakal diampu, tidak perlu mengikuti program matrikulasi itu. Khusus untuk sarjana yang bakal mengajar di jenjang SMP dan SMA/sederajat, tidak ada perlakukan berbeda bagi lulusan kependidikan maupun non kependidikan ketika mengikuti PPG. Mereka diwajibkan untuk mengikuti PPG dengan bobot atau beban belajar sebanyak 36 hingga 40 SKS. Menurut Sulistiyo sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kemendikbud harus bisa menanggung risiko jika membuka akses luas kepada sarjana non kependidikan untuk menjadi guru profesional. Guru adalah profesi khusus, sehingga pendidikannya juga khusus dalam waktu yang cukup.

Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan
Untuk Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan silakan klik link dibawah ini sesuai dengan file yang anda inginkan:

Modul Profesional 1
Modul Profesional 1 ini terdiri dari Modul IPS, PKn dan Tematik yang dapat anda download:

Modul Profesional 2
Modul Profesional 2 ini terdiri dari Modul Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika yang dapat anda download:

Modul Pedagogik
Modul Profesional 2 ini terdiri dari Modul Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika yang dapat anda download:
Download Modul 4


Demikian link Download Modul, Materi Pembelajaran dan Kumpulan Soal PPG Dalam Jabatan yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.




Artikel Menarik Lainnya



Berlangganan via Email