Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Proposal PTK: Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalisat





Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas) adalah proposal yang dibuat oleh peneliti untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di dalam kelas dengan melakukan PTK guna memperbaiki pembelajaran pada kelas yang diteliti dan meningkatkan proses belajar mengajar siswa pada kelas tertentu. Namun tidak semua kelas yang hendak di lakukan PTK, seperti halnya tadi hanya kelas kelas tertentu, misal kelas yang dianggap bermasalah, atau poses blajar mengajar kelas tersebut tidak optimal atau terdapat masalah lainnya.
 
Contoh Proposal PTK: Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalisat
Contoh Proposal PTK: Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalisat
Unsur PTK
Dalam Penelitian Tindakan Kelas ada beberapa unsur yang terkandung di dalamnya yang sangat khas yaitu sebagai berikut:
1.   PTK di laksanakan oleh pendidik yaitu guru/pengajar, apa bila dalam kelas tersebut terdapat masalah
2.   PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan bahwa memang benar masalah yang di hadapi oleh guru pada kelas tersebut
3.   PTK memang harus didakan karena masih banyak proses pembelajaran yang harus dimaksimalkan oleh pendidik/guru.

Contoh Proposal PTK
Berikut ini adalah Contoh Proposal PTK yang berjudul Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalisat. Contoh Proposal dibawah ini hanya bersifat petikan. Untuk versi lengkap atas Laporan PTK dengan judul diatas silakan Download Contoh Proposal PTK.
………………………………………………………………………..
 A.  Judul Penelitian Tindakan Kelas

Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kalisat.

B.  Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia serta tuntutan kebutuhan masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, ternyata dampaknya adalah membawa pengaruh yang amat besar dalam berbagai aspek bidang kehidupan, termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan.
Akibatnya dari pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat itu maka eksistensi dalam dunia pendidikan semakin lama semakin mengalami kemajuan, sehingga mampu mendorong berbagai upaya untuk suatu pembaharuan.
Disamping itu juga dibutuhkan pula tenaga-tenag guru yang benar-benar memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadahi, juga diperlukan cara-cara bekerja dan sikap yang baru, peralatan yang lengkap dan system administrasi yang memadahi sesuai tuntutan pembaharuan.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan melalui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran ternyata juga tidak mudah untuk dicapai. Untuk itu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mutlak perlu digunakan adanya metode, teknik, pendekatan dan media yang tepat.
Menurut Oka (1987), dikatakan bahwa sarana pendidikan itu meliputi Kurikulum, Metode, Guru, Media dan Evaluasi. Komponen-komponen tersebut adalah penting untuk keberhasilan tujuan kegiatan belajar. Dari kenyataan tersebut salah satu sarana yang diambil adalah media pembelajaran yaitu media gambar.
Penggunaan media gambar dalam pembelajaran banyak membantu siswa dan guru terutama pada tingkat pendidikan sekolah dasar. Motivasi yang sesuai adalah media yang berupa gambar. Dengan menggunakan media gambar sebagai sarana pembelajaran kondisi belajar dapat dibuat variasi.
Siswa yang kurang menyenangi pelajaran IPS yang dianggap sulit dan membosankan harus segera dicarikan solusi yang tepat, agar tidak menjadi beban siswa dan mampu mengangkat prestasi hasil belajar siswa.
Dengan menggunakan media gambar dimungkinkan siswa menjadi tertarik dan lebih semangat untuk melakukan kegiatan belajarnya. Berdasarkan uraian di atas maka dalam penelitian ini memilih judul “Peningkatan Prestasi Belajar IPS dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kalisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019”.

C. Rumusan Masalah
a.  Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut :
1.  Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi dalam mengikuti belajar IPS pada siswa kelas V SDN 2 Kalisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo?
2.  Apakah dengan menggunakan media gambar ada peningkatan hasil prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPS kelas V SDN 2 Kalisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo?
b.  Ketepatan Tindakan Untuk Memecahkan Masalah
Dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS materi keragaman penampakan alam dan buatan kelas V SD,siswa diharapkan bisa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangan agar tidak menjadi beban bagi siswa dan mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.
c.  Indikator Keberhasilan
Penelitian ini berhasil bila 70% dari siswa dengan menggunakan metode ini tuntas belajar dan mencapai KKM 70 atau lebih.

D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas peneliti bertujuan :
1.   Meningkatkan keaktifan dan motifasi dalam mengikuti pembelajaran IPS dengan media gambar pada diswa kelas V SDN 2 Kalisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.
2.   Meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN 2 Klaisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.

E. Manfaat Hasil Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat :
a.  Bagi siswa, dengan menggunakan media gambar, hasil prestasi belajar IPS meningkat dan mencapai KKM.
b.  Bagi guru, memberikan tambahan pengajaran cara mengajar dengan bantuan media gambar, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
c.  Bagi sekolah, dapat dijadikan sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu alternative cara pembelajaran IPS pada siswa dengan pemanfaatan media gambar dalam mencapai tujuan instruksional.

F. Kajian Pustaka/Landasan Teori
a.  Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah merupakan alat komunikasi yang khusus dilakukan dengan menggunakan alat yang memudahkan siswa menerima dan menangkap materi pelajaran (Gorys Keraf, 1980).
Gambar ilustrasi adalah gambar yang tidak diproyeksikan terdapat dimana-mana, baik dilingkungan anak-anak maupun lingkungan orang dewasa, mudah diperoleh dan ditunjukkan pada siswa. Pada umumnya gambar yang berwarna lebih menarik perhatian siswa karena memnrikan kesan tersendiri.
Dengan demikian penggunaan media gambar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang mempunyai arti dan nilai-nilai pendidikan bagi siswa, yang selanjutnya dapat memotivasi dan siswa aktif pada waktu kegiatan pembelajaran.

b.  Media Gambar Dalam Pembelajaran
Media gambar merupakan alat bantu dalam pengajaran. Beberapa alas an tentang penggunaan media gambar dalam pembelajaran diantaranya sebagai berikut :
1)   Melalui media gambar siswa dapat melihat dengan jelas sesuatu yang dibahas atau dibicarakan.



2)   Dengan menggunakan media gambar dapat mengatasi ruang dan waktu.
3)   Dapat digunakan untuk menjelaskan suatu masalah pada semua mata pelajaran.
4)   Mudah digunakan, baik untuk perorangan atau kelompok.

c.  Pengertian Prestasi Belajar
Menurut WS. Purwadarminta dalam “Kamus Umum Bahasa Indonesia mengatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai atau dilakukan” (Purwadarminta, 1976 : 768).

d. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
IPS adalah mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral. Moral tersebut diharapkan dapat mewujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari siswa baik sebagai makhluk individu, makhluk social dan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Pendidikan bila kita teliti isinya di dalam mengandung 3 jenis kegiatan yaitu mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik adalah suatu kegiatan untuk menanamkan kemampuan yang bersumber dari ilmu pengetahuan. Sedangkan melatih adalah merupakan kegiatan untuk mengusahakan agar siswa menjadi terampil dalam mempraktekkan segala kemampuannya yang telah dimilikinya di manfaatkan.

G.  Metode Penelitian
a.  Subyek Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Kalisat, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Sebagai sasaran siswa kelas V, dengan jumlah 19 siswa yang terdiri siswa pria 14 orang dan wanita 5 orang.
Data hasil belajar diambil dengan memberikan test kepada siswa.Data tentang situasi pembelajaran pada saat dilaksanakannya tindakan diambil dengan menggunakan lembar observasi.Data tentang refleksi diri serta perubahan-perubahan yang terjadi di kelas,diambil dari jurnal yang dibuat oleh guru.Data tentang keterkaitan antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran,didapatkan dari rencana pembelajaran dan lembar observasi.
b.  Siklus Penelitian
•  Perencanaan Tindakan
-  Menyiapkan materi ajar, RPP.
-  Menyiapkan instrument pretest, postest.
-  Menyiapkan instrument pengamatan.
•  Pelaksanaan Tindakan
-  Melaksanakan pretest
-  Melaksanakan PBM IPS tidak dengan menggunakan media gambar.
-  Mengamati dampak pembelajaran IPS tidak dengan menggunakan media gambar.

•  Pengumpulan Data
-  Mencatat hasil pretest
-  Mencatat dampak PBM IPS tidak dengan menggunakan media gambar
-  Mencatat hasil postest
•  Refleksi
-  Mengkaji, melihat dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari PBM IPS yang tidak menggunakan media gambar.

c.  Metode Penelitian
Pengumpulan data peneliti peroleh melalui :
-  Observasi.
-  Dokumentasi.
-  Pemberian tugas.


Download Contoh Proposal PTK
Untuk unduh atau Download Contoh Proposal PTK ini secara lengkap silakan klik tautan dibawah ini:

Demikian Contoh Proposal PTK yang berjudul Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalisat semoga dapat sobat unduh atau Download semoga bermanfaat.





Artikel Menarik Lainnya



Berlangganan via Email