ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13






Adik-adik siswa Kelas 10 SMA/MA atau yang sederajat, sebentar lagi kalian akan menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS - UTS) atau Ulangan Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk membantu adik-adik semua mempersiapkan pelaksanaan UTS atau Ulangan Tengah Semeter 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 berikut Saya bagikan secara gratis contoh Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13.
 
Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13
Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PTS (Penilaian Tengah Semester) adalah penilaian yg dilakukan di tengah semester setelah kegiatan pembelajaran selama setengah semester atau 3 bulan. Yang dulunya PTS dikenal dengan istilah Ulangan Tengah Semester (UTS). Namun PTS adalah istilah baru yang dipakai sebagai pengganti isitilah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau Ulangan Umum Tengah Semester.

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir Semester Genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk menge­tahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.



Soal PTS/UTS Semester 1 (Ganjil) Kelas 10 SMA/MA 2019 Lengkap Kunci Jawaban ini bisa digunakan untuk latihan menghadapi PTS semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. 

..................................................................................................................................
Pratinjau Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13
..................................................................................................................................

1.    Bacalah paragraf berikut ini!
Hilangnya pesawat Adam Air pada 1 Januari 2007 dua tahun yang lalu menambah daftar kecelakaan transportasi yang semakin terpuruk. Kecelakaan memang tidak hanya disebabkan oleh satu faktor. Selain karena cuaca, kecelakaan bisa juga terjadi akibat kesalahan manusia atau human error, kondisi transportasi itu sendiri atau sarana dan prasarana transportasi tersebut, seperti rel kereta, bandara, dan pelabuhan. Di samping itu, tentu saja regulasi dan pengawasan dari pemerintah.
Isi pokok berita di atas adalah....
a.  Penyabab hilangnya pesawat Adam Air pada 1 Januari 2007
b.  Penyebab kecelakaan transportasi yang paling besar adalah human error
c.   Pesawat Adam Air yang hilang pada dua tahun lalu menambah daftar kecelakaan transportasi terpuruk
d.  Agar tidak terjadi kecelakaan transportasi yang semakin terpuruk, maka perlu pengawasan ketat dari pemerintah.
e.  Kecelakaan sarana transportasi terpuruk adalah transportasi udara.

2. Sebanyak 15 orang tewas dalam bencana tanah longsor dan banjir di Kecamatan Purworejo dan Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, sekitar 53 km dari Kota Yogyakarta. Longsor yang terjadi hari Kamis (29/1) malam sekitar pukul 22.00 itu juga menghabiskan sedikitnya 10 rumah dan 3 mobil. Dengan kejadian ini, banyak kelompok LSM mengecam pihak tertentu yang melakukan penebangan hutan secara liar.

Pernyataan kritikan atas bencana tersebut yang disertai alasan logis terdapat pada kalimat……..
a. Saya sangat sependapat dengan kecaman LSM.
b. Saya kurang sependapat dengan kecaman LSM yang tidak memberi solusi.
c.  Pelaku penebangan hutan secara liar harus dikenai sanksi karena merusak lingkungan yang menyebabkan bencana longsor.
d. LSM pekerjaannya hanya dapat mengecam setelah bencana terjadi.

3. Pokok informasi paragraf di atas adalah……..
a.  Longsor dan banjir di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menewaskan lima belas orang.
b.  Longsor itu terjadi pada hari Kamis (29/1)  malam pukul 22.00
c.  Kelompok LSM mengecam pihak tertentu yang melakukan penebangan hutan secara liar.
d.  Penyebab longsor di Purworejo adalah penebangan hutan secara liar.
e.  Letak Kabupaten Purworejo sekitar 53 km dari Yogyakarta.

 “One Two Three..Three in One!”
Macam aba-aba, “ one two three” atau satu dua tiga. Tiba-tiba pada selasa (23/12), Gubernur Sutiyoso melakukan memberlakukan “3 in I” plus. Artinya, memberlakukan perluasan kawasan pembatasan penumpang  (KPP) atau three in one plus yang pagi-sore. Padahal, three in one sebelumnya pun dinilai tidak efektif. Entah terpengaruh teduh dan tenangnya hari libur Natal, banyak warga menyambut pengumuman ini tenang-tenang saja.

4. Pernyataan kritik disertai alasan sesuai isi paragraf di atas adalah……
a.  Saya kurang sependapat dengan kebijaksanaan Pemprov DKI yang memberlakukan three in one plus  karena sebelumnya pun tidak efektif.            
b.  Pemberlakuan itu salah  karena kemacetan terjadi di semua ruas jalan di Jakarta.       
c.  Pemberlakuan three in one plus kurang mendapat sambutan dari masyarakat.            
d.  Saya sangat tidak sependapat dengan kebijakan pemerintah DKI yang buru-buru meluncurkan sistem busway karena prasarananya belum dibangun.          
e.  Menurut saya, Pemprov DKI terburu-buru, padahal sarananya belum dibangun.        

5.  Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah dikusi ini kita buka dengan membaca doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Sebelumnya, perkenalkan saya James. Baiklah kita lanjutkan ke acara yang kedua, yaitu….
Kalimat perkenalan di atas diucapkan oleh seorang…..
a. Penyaji                           
b. moderator                    
c. penanya         
d. protokol         
e. ketua kelas 

Download Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13
Bentuk soal ini terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. File soal dapat didownload dengan klik tombol download dibawah ini: 


Demikian Soal PTS/UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 K13. Atas kunjungannya Terima kasih, semoga link download ini dapat membantu. Selamat mengikuti PTS- UTS atau Ulangan Tengah Semester 1  bagi siswa Kelas 10 SMA/MA. Semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Download Selengkapnya

Baca Juga


Artikel Menarik Lainnya



Share This :

0 komentar

 Recent