ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat Akun LPDP dan Mendapatkan Beasiswa S2/S3 LPDP





LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu:
1.    Kementerian Keuangan (Kemenkeu),
2.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan
3.    Kementerian Agama (Kemenag)

Program beasiswa yang tersedia pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini hanya tersedia dua Program Beasiswa yaitu untuk program Magister (S2) dan program Doktoral (S3) baik dalam negeri maupun luar negeri. Sedangkan untuk tingkat sarjana strata 1 (S1) tidak tersedia.

Baca: Pengertian Beasiswa S2/S3 LPDP

Sedangkan masa studi maksimal untuk program Magister (S2) adalah 2 tahun dan program Doktor (S3) adalah 4 tahun. Jika para penerima beasiswa LPDP tidak kunjung menyelesaikan studinya dengan masa studi maksimal yang telah ditentukan oleh penyedia Beasiswa LPDP maka penerima Beasiswa LPDP akan terkena penalty yang sudah diatur dalam ketentuan beasiswa LPDP.



Dari ketentuan tentang Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP, para pelamar beasiswa LPDP harus membuat akun LPDP terlebih dahulu. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial sederhana tentang Cara Membuat Akun LPDP. Sebelum melakukan registrasi online di situs LPDP sebaknya para pelamar menyiapkan berkas-berkas yang nantinya digunakan untuk mengisi biodata dan keperluan isian pada kolom pendaftaran/ registrasi online di situs LPDP. Adapun berkas yang disiapkan diantaranya seperti:
1.    Alamat E-Mail aktif
2.    Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3.    Kartu Keluarga (KK)
4.    Ijazah SD, SMP, SMA, S1/S2
5. Sertifikat TOEFL
6. Unconditional LoA
7. Dokumen pendukung lainnya
Jangan lupa untuk menyediakan dokumen diatas dalam bentuk soft copy, karena untuk membuat akun LPDP ini para pelamar akan diminta untuk upload dokumen dalam bentuk soft copy.
Untuk membuat akun LPDP silakan melakukan pembuatan akun secara online dengan cara mengikuti tutorial sederhana Cara Membuat Akun LPDP dibawah ini: 

1.    Membuat Akun LPDP


Di situs LPDP tersebut sobat harus bikin akun terlebih dulu. Menurut saya untuk membuat akun LPDP ini sangat mudah, sama halnya dengan mengisi formulir online. Pastikan sobat mengisinya dengan benar dan sesuai dengan data diri sobat semua.

Setelah sobat masuk ke situs LPDP maka sobat akan menemui tampilan sebagai berikut:

Cara Membuat Akun LPDP


Cara Membuat Akun LPDP
Cara Membuat Akun LPDP
Cara Membuat Akun LPDP
Pada tampilan diatas sudah sangat jelas data-data yang harus diisi. Silakan isikan data diri lengkap sesuai identitas yang sebenarnya.

Setelah selesai mengisi formulir jangan lupa klik Kde Verivikasi lias Captcha yang diinginkan formulir.

Setelah selesai dan dipastikan data telah benar dan lengkap maka langkah berikutnya adalah klik tombol BUAT AKUN.


2.    Verifikasi akun LPDP

Langkah berikutnya adalah Verifikasi akun LPDP. Setelah akun LPDP milik sobat telah jadi, maka pihak situs LPDP akan melakukan mengirimkan notifikasi keberhasilan pembuatan akun. Selanjutnya sobat harus melakukan proses verifikasi yang dilakukan via email. Kalian tentunya sudah tahu caranya khan?

Sobat silakan membuka Email. Maka akan muncul pemberitahuan seperti ini:

Cara Verifikasi akun LPDP
Verifikasi akun LPDP melalui Email
Sobat silakan klik tombol Verifikasi Akun berwarna kuning tersebut.

Setelah proses verifikasi dilakukan, maka silakan langsung update  akunmu di situs LPDP. Berikan informasi selengkap mungkin, supaya proses seleksi administrasi nantinya bisa lancar.


Setelah semua proses dilakukan maka sobat akan mempunyai akun dengan tampilan seperti dibawah ini:
Cara membuat akun LPDP (www.mariyadi.com)
Cara membuat akun LPDP 

3.    Mendaftar Beasiswa S1/S2 LPDP

Pada akun milik sobat silakan jelajahi dan pilih menu “Daftar” buat melakukan registrasi beasiswa. Lalu pilih program beasiswa yang kalian inginkan.

Di sana akan tertera periode studi, negara tujuan, bidang keilmuan, dan pemilihan lokasi wawancara yang bisa kalian pilih. Tinggal isi aja sesuai yang kalian inginkan, dan jika sudah, langsung klik “Daftar.”

 4.    Lengkapi Riwayat Pendidikan

Jangan lupa juga di bagian menu Daftar akan ada “riwayat pendidikan dan pekerjaan” yang harus kalian isi. Di sana juga ada kolom IPK. Ingat isi sesuai kenyataan. Dan pada saat mengisi IPK, jangan menggunakan tanda koma, namun gantilah tanda koma dengan tanda titik.

5.    Lengkapi kolom organisasi

Jika kalian pernah jadi aktivis selama kuliah S1/S2, pada kolom ini juga wajib diisi aktivitas keorganisasian yang pernah kalian ikuti. Tulis aja sesuai dengan pengalaman organisasi masing-masing.

6.    Lengkapi kolom lainnya

Di kolom yang satu ini, isinya cuma nilai TOEFL, kemampuan bahasa, workshop, dan pengalaman riset-riset. Sifatnya sebagai pelengkap, tapi kalau diabaikan maka data kalian juga akan kurang lengkap.



7.    Unggah dokumen

Apa saja dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran beasiswa LPDP? Sangat banyak. Yang pasti adalah ijazah S1/S2, transkrip nilai, sertifikat bahasa asing, proposal rencana studi, surat pernyataan wajib, surat izin resmi dari instansi atau perusahaan tempatmu bekerja, surat keterangan sehat, dan sebagainya.

Semua dokumen itu harus kalian unggah. Kalau berhasil maka bakal akan muncul tulisan download di sebelah kirinya. Di bagian ini kalian juga harus membuat essai tentang rencana studi dan kontribusimu buat Indonesia.

Esainya tidaklah terlalu panjang, sekitar 500 kata saja sudah cukup. Setelah itu klik simpan dan submit.

8.    Cek status pendaftaran

Setelah kalian melakukan submit pendaftaran beasiswa di LPDP, jangan lupa untuk melakukan cek ulang status pendaftaran di bagian menu Daftar. Pendaftar cuma bisa mendaftarkan diri di satu program dalam satu periode seleksi. Itu artinya, kalian baru bisa ikut seleksi ulang kalau tidak lulus.

9.    Tunggu pengumuman hasil seleksi

Tugas kalian selanjutnya adalah sabar sampai hari H pengumuman hasil seleksi administrasi. Ketika sudah memasuki tanggal pengumuman, maka kalian tinggal masuk saja ke menu status dan lihat sendiri apa yang tertera di sana.

Jika memang lulus, kalian akan diminta mengunduh kartu peserta untuk masuk ke tahap selanjutnya. Kartu itu harus dicetak dan kalian juga akan diberikan undangan seleksi substansi.

10.     Seleksi substansi

Ini merupakan tahap yang benar-benar menentukan. Ketika kalian berhasil, maka kalian akan dipastikan mendapat beasiswa.

Sebaliknya jika kalian gagal. Pada tahap seleksi substansi ini kalian akan diminta menulis essai on the spot dengan tema yang random alias gak bisa ditebak. Lalu nanti ada leaderless group discussion, semacam diskusi yang temanya juga random, tapi biasanya adalah isu-isu yang lagi ramai diperbincangkan on the way.

Tahap terakhir di hari itu yang harus kalian lalui adalah wawancara. Akan banyak sekali yang ditanya oleh panitia penguji, dan biasanya memakai Bahasa Inggris. Makanya mulai sekarang silakan perbaiki bahasa inggris sobat yaa.

Pengumuman seleksi substansi juga bisa dilihat via online di dashboard akun LPDP kalian. Kalau memang lulus, Alhamdulillah. Berarti sobat adalah petarung yang hebat.dan selamat bergabung di LPDP dan selamat menyongsong masa depan yang gemilang.

Berikut gambaran Pendaftaran yang belum unggah dokumen

Cara Membuat Akun LPDP dan Mendapatkan Beasiswa S2/S3 LPDP
Cara Membuat Akun LPDP dan Mendapatkan Beasiswa S2/S3 LPDP


Demikianlah tutorial sederhana tentang Cara Membuat Akun LPDP untuk mendapat beasiswa LPDP yang harus kalian ketahui. Jika kita simak alur dan proses seleksi yang bertubi-tubi memang tidaklah mudah, namun sebanding banget dengan apa yang kalian akan dapatkan jika diterima di Beasiswa LPDP.

Dikarenakan sekarang sudah masuk pada jadwal pendaftaran dan kalian juga sudah tahu cara mendapat beasiswa LPDP, jangan ragu-ragu lagi untuk segera mendaftar. Segara membuat akun dan persiapkan semuanya. Setidaknya sudah mencoba, terkait berhasil atau gagal itu urusan Tuhan Yang Maha Esa. Yang penting sudah berusaha. 

Mari kita ingat pesan dari bapak Presiden kita Pak Jokowi. “Bermimpilah setinggi langit, meskipun nanti akan terjatuh maka kamu akan terjatuh diantara bintang-bintang”. Tahu khan maksudnya? Hehe

Cukup sekian dan terima kasih telah berkunjung ke website saya www.mariyadi.com

This article is being protected by DMCA
DMCA.com for Blogger blogs

Baca Juga



Share This :

0 komentar

 Recent