Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Siswa

Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Siswa
Tips Menjadi Guru Favorit yang Disukai Siswa

Walaupun menjadi guru favorit bukan merupakan tujuan utama, sebagai seorang pendidik tentu kita ingin mendapatkan predikat sebagai guru favorit. Bukan tanpa alasan, sebagai sosok pendidik dan teladan, minat siswa terhadap kehadiran Kita tentu sangat penting.



Mengingat ketika minat telah didapatkan, maka proses belajar akan berjalan dengan lancar. Adapun selain mengajar dengan hati, ada beberapa tips menjadi guru favorit yang disukai siswa yang harus Kita ketahui.

1.  Menggunakan Metode Pembelajaran yang Tidak Monoton
Pada dasarnya, guru memang bertugas untuk menyampaikan materi kepada siswanya. Barangkali karena dasar itulah Kita seringkali terjebak dengan metode pendidikan dengan cara menyampaikan saja. Padahal seiring waktu, proses pendidikan tersebut tentu akan terasa membosankan bagi siswa. Oleh karena itu, memperbarui proses belajar dengan menggunakan metode yang variatif tentu akan sangat disarankan. Selain karena tiap materi membutuhkan cara penyampaian yang berbeda-beda, metode variatif akan menjadikan proses belajar menjadi menyenangkan. Adapun metode variatif yang dimaksud di sini, misalnya menggunakan metode praktik, dan metode tanya jawab atau diskusi. Atau jika memungkinkan, sesekali Kita juga bisa menyampaikan materi dengan menyelingi permainan-permainan sederhana didalamnya.

2.  Menghargai Setiap Usaha Siswa
kunci utama untuk mendapatkan hati siswa yaitu memberikan apresiasi atas semua usaha baik yang dilakukan. Usaha baik yang dimaksud tentu meliputi banyak hal. Tidak melulu tentang usaha-usaha yang besar, namun usaha sederhana semisal mengumpulkan tugas tepat waktu atau disiplin pun perlu Kita apresiasi. Meskipun terlihat remeh, namun sebenarnya pemberian apresiasi ini bisa membuat siswa menjadi lebih percaya diri dan bersemangat. Selain itu, sebisa mungkin hindari kalimat-kalimat yang bisa menjatuhkan. Selama ini, seringkali sebagian guru memberikan kalimat teguran dalam bentuk menjatuhkan. Padahal sebenarnya, cara tersebut tentu salah. Selain bisa membuat siswa insecure terhadap diri mereka, bukan tidak mungkin kalimat tersebut akan memicu siswa malas mengikuti pelajaran Kita. Oleh karena itu, Jika memang butuh untuk memberikan teguran, sebisa mungkin pilihlah kalimat baik yang bisa memacu semangat siswa untuk menjadi lebih baik. Untuk cara yang lebih efektif, Kita bisa memberikan teguran dengan cara memanggilnya. Kemudian melakukan komunikasi empat mata agar bisa menyentuh hatinya.




3.  Menciptakan Sistem Belajar yang Kondusif
Selain metode pendidikan yang variatif, tips menjadi guru favorit selanjutnya yaitu menciptakan sistem belajar yang kondusif. Sistem belajar yang kondusif merupakan sistem penyampaian materi dengan cara yang tepat sehingga mudah dipahami oleh siswa. Nah, poin inilah yang menjadi alasan mengapa penting bagi guru untuk mempelajari materi pendidikan sebelumnya. Selain bertujuan untuk mendalami materi, cara tersebut juga bisa menjadi evaluasi, untuk memilih metode penyampaian pendidikan yang tepat untuk siswa.

4.  Bersikap Seperti Orang Tua Kedua
Bagi guru, sikap tegas memang merupakan hal penting yang harus dimiliki. Tetapi bukan berarti, sikap tegas tersebut menggiring Kita menjadi guru killer yang justru malah ditakuti dan dibenci oleh siswa. Alih-alih begitu, memposisikan diri untuk tegas dengan tetap bersikap sebagai orang tua kedua tentu jauh lebih tepat. Selain bisa menumbuhkan rasa kasih sayang, sikap ini juga akan membantu membangun kedekatan antara Kita dan siswa. Kedekatan inilah yang secara otomatis akan membuat siswa menjadi nyaman. Dan saat siswa telah nyaman, maka proses penyampaian ilmu serta pendampingan siswa, nantinya akan menjadi mudah. Itulah beberapa tips menjadi guru favorit yang bisa kita terapkan. Semoga melalui beberapa tips tersebut, Kita bisa sedikit memahami gambaran mengenai cara sekaligus kriteria guru favorit yang diharapkan siswa.

Baca Juga: Anak adalah anugerah (Materi Parenting)

5.  Memberikan Contoh Yang Baik Bagi Siswa
Sebagai seorang pendidik, guru seyogyanya senantiasa memberikan contoh yang baik kepada para siswanya. Mulai dari perkataan, perbuatan serta kebiasaan yang baik akan membuat siswa kita terinspirasi untuk menirunya. Seperti pepatah para filosof jawa yang mengatakan, “Guru Kui Digugu Lan Ditiru”. Jika guru berperilaku baik, maka siswa kita juga akan berperilaku baik. Namun sebaliknya, jika guru berperilaku buruk maka siswa kita juga akan menirukannya dalam level yang lebih parah lagi. Jika pada zaman dulu ada pepatah, “Guru Kencing Berdiri Maka Murid Kencing Berlari” maka pada zaman sekarang ini tidak menutup kemungkinan bahwa, “Jika Guru Kencing Berdiri Maka Siswa Mengencingi Gurunya”. Jadi, usaha untuk Menjadi Guru Favorit yang Disukai Siswa tergantung pada personal masing-masing.


Artikel Menarik Lainnya