Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengkajian Dan Pembahasan Kompetensi Ujian Nasional Yang Sulit Dikuasai Siswa



A.    UNTUK READING SKILLS

1.      INFORMASI TERSIRAT
·     Apa itu informasi tersirat?
Informasi tersirat dalam teks adalah informasi yang diperoleh sebagai hasil kesimpulan pembaca berdasarkan clue-clue dalam teks seperti kata, bilangan, ungkapan, kalimat, dan lain-lain.

·    Bagaimana menemukan informasi tersirat daam teks?
Misalkan ada sebuah pertanyaan: What is Mr. Aldi like? (Pak Aldi itu seperti apa orangnya?). Bila kita mencari jawaban soal ini dalam teks dan ternyata tidak ada jawabannya secara jelas, maka sebaiknya kita “mencurigai” pertanyaan itu menanyakan informasi tersirat dalam teks. Setelah itu barulah kita mencari clue-clue yang tepat dan berdasar clue-clue itu kita simpulkan informasi apa yang hendak disampaikan si penulis.

Misalkan teks yang dibaca diantaranya memuat kalimat-kalimat yang kita “curigai” sebagai clue-clue sebagai berikut:

“ This is Aldi ……… He always makes people laugh. People always wait for his program. ………………..”

Kalimat pertama: This is Aldi, belum menjadi clue. Demikian juga kalimat: People always wait for his program. Tetapi berdasarkan kalimat: He always makes people laugh, kita dapat menyimpulkan bahwa Anggora itu lucu orangnya. Misal pertanyaan lengkap soal pertanyaan di atas sebagai berikut:




What is Mr. Aldi like?
A.    Kind
B.     Funny
C.     Serious
D.    Clever
Bila kita baca jawaban di atas jelas bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah B

·   Informasi tersirat apa saja yang ditanyakan dalam UN?
Selain aneka informasi berdasarkan clue-clue dalam teks, bisa juga yang ditanyakan tujuan komunikatif teks. Untuk mengetahui ini kita perlu memahami struktur teks dan bagaimana ide dalam teks itu diorganisir (langkah retorika). Misalkan bila teks itu ber struktur orientation, events dan diakhiri dengan comment, maka teks itu merupakan teks recount  dan tujuan komunikatifnya adalah to retell one’s past experience.

2.      INFORMASI RINCI TERSURAT
·     Apa itu informasi rinci tersurat?
Informasi rinci tersurat dalam teks adalah informasi yang tertera atau terdapat dalam teks tapi untuk mencarinya perlu membaca teks secara seksama. Biasanya informasi ini tercecer di sana sini dan kita harus mengumpulkannya. Ciri khas pertanyaan ini di antaranya memakai kata tanya why.

Selain itu ada pula pendapat lain yang terkait dengan informasi jenis ini. Misalkan ada kalimat yang berbunyi semalam saya pergi ke Bogor. Informasi ke Bogor naik apa, dengn siapa dan mengunjugi siapa menjadi informasi rinci.

·    Bagaimana menemukan informasi rinci tersurat dalam teks?
Untuk menemukan informasi ini  tentu saja kita harus memahami pertanyaannya terlebih dahulu.Misal pertanyaan itu memakai kata tanya why, maka kita perlu membaca kalimat-kalimat dalam teks yang merupakan alasan dari pertanyaan tersebut yang tempatnya bisa jadi berada di kalimat lain atau paragraph lain.

Misal:
Why are native animals in danger of extinction?



However, the greatest threat to native animals is posed by human beings. Although the hunting of some native animals by people is now illegal, as the population grows and residential areas increasingly take the place of bushland, natural food resources are destroyed. As a result, native animals are faced with extinction.

·  Informasi rinci tersurat apa saja yang ditanyakan dalam UN?
Untuk menghadapi UN nanti ada baiknya bila informasi jenis ini disikapi juga dengan menyiapkan informasi tertentu sebagai bagian dari jenis ini.

informasi tertentu adalah informasi tentang apa, siapa, dimana dan bagaimana yang dapat dengan mudah ditemukan dalam teks.
Misal:
1.  How far is Kasuarina cape from Sorong town?
2.  What is the cape good for?

           Named after the big casuarina trees which grow in the area, Kasuarina cape is just two kilometers from Sorong town on the Bird’s Head peninsula of northern Papua. It is good for swimming and recreation.


           3.      MENENTUKAN ARTI KATA/FRASA/KALIMAT.
·   Apa itu arti kata?
Yaitu maksud yang terkandung di dalam suatu kata , atau kalimat.(Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Ciri khas pertanyaan arti kata ini sbb:
a.       “It is weird”
What does the word “weird” in the sentence mean?
b.      “It’s weird.”
The word “weird” means … .
c.       “It’s weird.”
The word “weird” is similar in meaning to … .

·    Bagaimana menemukan arti kata dalam teks?
Kata dalam bahasa Inggris bisa mempunyai beberapa arti. Coba perhatikan contoh berikut dan tebak apa arti kata love pada masing-masing kalimat:

a.       I love watching old movies on TV.
b.      Young children need unconditional love.
c.       Music was his greatest love but he also liked ballet.
d.      The score of the game was two love.

Tentu saja arti kata love di atas berbeda-beda satu sama lain. Hal ini tergantung pada context dan cotexnya. Makna kata love pada kalimat terakhir pasti bukan cinta karena tidak cocok dengan baik konteks maupun cotextnya. Karena terkait dengan olah raga dan lebih khusus lagi terkait pada score olah raga bisa ditebak kalau arti kata love itu adalah kosong (zero) bukan sama apalgi cinta. Jadi untuk menentukan arti kata mana yang tepat sangat tergantung pada konteks dan cotextnya.




·    Arti kata apa saja yang ditanyakan dalam UN?
Suatu kata bisa memiliki arti konotasi dan denotasi. Terkait dengan arti kata ini dulu siswa sering dihadapkan pada pertanyaan tentang synonym dan antonym suatu kata. Untuk menghadapi UN nanti ada baiknya bila kita hanya memfokuskan pada arti dan synonym kata saja, seperti yang dicontohkan di atas.

         4.      MENENTUKAN NILAI MORAL TEKS 
·    Apa itu nilai moral teks?
Dalam bahasa Inggris ada teks yang memang dengan sengaja di tulis dengan tujuan untuk mengajarkan nilai-nilai moral terentu. Tes yang dimaksud adalah teks berbentuk narrative. Namun demikian perlu dipahami bahwa tidak semua teks narrative memuat pengajaran nilai moral.

Ciri khas pertanyaan tentang nilai moral ini adalah diantaranya:

a.       What is the moral value of the text?
b.      What moral value can you learn from the text?
c.       What do you learn from the text?

·       Bagaimana menentukan nilai moral suatu teks narrative?
Nilai moral suatu teks dapat dipahami dari kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks dan biasanya kalimat itu menunjukkan perbuatan-perbuatan yang patut diteladani orang.

Namun demikian bisa juga terjadi tidak menunjukkan secara langsung sehingga kita mesti menarik suatu kesimpulan nilai moral apa yang hendak disampaikan.

      Read the text and answer the question.

One day, a man who made his living tricking people stopped a good woman on the road.
“Who are you?” asked the woman. “Where do you come from?”
“I fell from the sky?”  The man replied craftily.
“Oh really.” The woman’s face lit up. “Then maybe you have met my husband. He died last year.”
“Certainly I know him, but he is not doing very well. He hasn’t found a job yet and he hasn’t got enough food to eat or enough clothes to wear.”
“The poor man!” cried the woman. “If I give you some clothes, can you take them up to him?”
“No, I’m sorry but it’s forbidden to take clothes into paradise,” replied the man. “But I think I can manage to smuggle some money to him.  Nobody would find a little money bag hidden in a pocket.”
“Oh, thank you, then please take this. It’s all my savings,” The woman gave the man a little pile of money. She was so grateful to him for doing her such a kind service.
“Well, who would have thought”, she kept repeating, “that in paradise my husband would be lacking even the bare necessities.”




      What is the moral value that you can learn from the story?
a.       Good people deserve good rewards.
b.      Tricky people often deceive the stupid ones.
c.       There is life that people have after their death.
d.       Do not be a bad man for you can hurt people’s feeling.


B.     UNTUK WRITING SKILLS
1.      Melengkapi teks dengan kata-kata yang tepat.
Salah satu bentuk kemampuan menulis yang diuji dalam UN adalah kemampuan menentukan kata yang tepat untuk melengkapi suatu paragraph/ bacaan rumpang. Soal seperti ini dikenal dengan cloze test.

·       Apa itu cloze test?
A test of comprehension and grammar in which a language student supplies appropriate missing words omitted from a text. Microsoft® Encarta® 2008.

Bentuk cloze test dalam UN tentu saja tidak mesti sama seperti cloze test murni dimana biasanya kata yang dihilangkan dalam cloze test pada kata ke n tertentu. Kata yang dihilangkan dalam UN hanya kata-kata tertentu yang memang ingin diuji penggunaannya dalam teks.


·       Kata apa saja yang akan diujikan penggunaannya?
        Kata-kata yang akan diuji meliputi: noun (baik bentuk tunggal maupun jamaknya), Pronoun(s) dengan segala bentuknya baik sebagai subjek maupun objek, verb dengan segala bentuknya yang meliputi tenses untuk siswa SMP, adverb misalanya bentuk adverb of manner, conjunction baik yang ordinate maupun subordinate, adjective dan preposition.

·         Bagaimana menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks?

Misal:
Choose the best words to complete the text.
The biggest dolphins are killer whales (also called orcas). A killer whale can …(21) to 32 feet (9.8 meters) long and weigh more than 12,000 pounds (5,400 kilograms). The … (22)  is the tucuxi dolphin, which grows about 4 feet (1.2 meters) long and weighs about 110 pounds (50 kilograms).
     Common dolphins and bottlenose dolphins are the kinds of dolphins you might see at a zoo or aquarium. Out in the ocean, spinner dolphins do flips and spins as they leap through the … (23).
     Most dolphins live in oceans and seas all over the world. A few kinds of dolphins, called river dolphins, live in the fresh water of rivers.

21.    a. develop       b. grow      c. raise         d. go
22.    a. biggest        b. widest    c. longest     d. smallest
23.    a. water          b. island     c. ocean       d. air

      Contoh pembahasan no 21:
    Dengan memperhatikan kata dolphin, 32 feet ..long, 12,000 pounds (5,400 kilograms) kita dapat menentukan bahwa kata-kata itu terkait dengan pertumbuhan dolphin (grow) bukan aktivitas perginya dolphin (go), atau bangkitnya (raise). Kata develop walaupun maknanya bisa sesuai tapi tidak cocok untuk dipakai pada binatang ikan. Dengan demikian jawaban soal ini adalah B.




    Berdasarkan contoh di atas jelas bahwa untuk dapat menjawab soal ini, siswa harus memahami topic, vocabulary, pola kalimat dan idea organization. Untuk no 23, bagian kata yang dihilangkan adalah kata benda.   Berdasar clue yaitu kata flips dan spins maka dapat disimpulkan bahwa pilihan yang sesuai adalah air.

Berlangganan via Email