Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPA Kelas 6 SD/MI Semester 2

Materi IPA Kelas 6 SD/MI Semester 2
Materi IPA Kelas 6 SD/MI Semester 2

Materi IPA Kelas 6 SD/MI Semester 2. setelah sebelumnya saya membagikan Materi IPA Kelas 6 Semester 1, pada kesempatan ini saya akan membagikan Materi IPA Kelas 6 Semester 2. Materi IPA Kelas 6 Semester 2 ini terdiri dari 3 Bab yaitu tentang Energi dan Perubahannya, Penghematan Energi dan Tata Surya.

Berikut materi pembelajaran untuk bidang studi / materi pelajaran IPA untuk kelas 6 SD/MI Semester 2 selengkapnya.

BAB VII
Energi dan Perubahannya

1.        Gaya adalah suatu kekuatan tarikan atau dorongan yang menyebabkan benda bergerak, berubah bentuk, atau berubah arah.
2.        Benda bergerak yang dikenai gaya dapat: (bergerak makin cepat, berhenti. bergerak makin lambat, dan bergerak berubah arah.
3.        Besarnya gaya memengaruhi gerak benda. (Makin besar gaya, makin cepat benda bergerak - Makin kecil gaya, makin pelan benda bergerak).
4.        Alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak, antara lain jungkat-jungkit, katapel, traktor, neraca pegas.
5.        Perpindahan energi panas terjadi melalui 3 cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.
6.        Konduksi adalah perpindahan panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan partikel zat tersebut.
7.        Konveksi adalah perpindahan panas melalui suatu zat yang disertai perpindahan partikel zat itu.
8.        Radiasi adalah perpindahan panas yang terjadi tanpa melalui medium (perantara).
9.        Gejala-gejala listrik adalah tanda-tanda adanya listrik. Contoh : terjadinya kilat dan petir.
10.    Sumber energi listrik adalah benda yang dapat menimbulkan arus listrik. Sumber energi listrik antara lain baterai, aki (akumulator), dinamo sepeda, dan generator.
11.    Arus listrik mengalir dalam rangkaian tertutup, yaitu rangkaian yang tidak memiliki ujung dan pangkal. Rangkaian tertutup dapat berupa rangkaian seri dan paralel.
12.    Konduktor listrik adalah benda yang dapat menghantarkan arus listrik. Isolator listrik adalah benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik.
13.    Energi listrik dapat diubah ke bentuk energi lain seperti energi cahaya, energi panas, energi gerak, dan energi bunyi.
14.    Besaran-besaran dalam listrik antara lain kuat arus, tegangan, hambatan, dan daya listrik.
15.    Satuan kuat arus adalah ampere, satuan tegangan adalah volt, satuan hambatan adalah ohm, dan satuan daya adalah watt.



BAB VIII
Penghematan Energi

1.    Alat listrik membuat pekerjaan di rumah menjadi lebih mudah dan cepat, misalnya. setrika listrik, kompor listrik, mesin cuci.
2.    Setiap orang sebaiknya memahami cara menggunakan listrik yang benar dan aman.
3.    Bahan bakar fosil alam misalnya minyak bumi diperoleh dari sumber daya alam yang dapat habis atau tidak dapat diperbarui.
4.    Bahan bakar yang banyak digunakan sehari-hari misalnya: minyak tanah, bensin, solar, dan gas.
5.    Dengan menghemat energi, sumber energi tidak cepat habis dan mengurangi biaya.


BAB IX
Sistem Tata Surya
1.        Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari dan planet-planet.
2.        Ada delapan buah planet dalam tata surya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, dan Neptunus.
3.        Merkurius merupakan planet yang mempunyai lintasan terdekat ke matahari.
4.        Yupiter merupakan planet terbesar dalam keluarga tata surya.
5.        Planet tidak memancarkan cahaya sendiri, planet tampak berkilau seperti bintang karena planet memantulkan cahaya matahari yang menyinari permukaannya.
6.        Perputaran bumi pada sumbunya disebut rotasi bumi.
7.        Rotasi bumi mengakibatkan gerak semu harian matahari, pergantian siang dan malam, serta perbedaan waktu dari tempat-tempat yang berbeda derajat bujurnya.
8.        Bumi berevolusi mengitari matahari.
9.        Dalam peredarannya, bulan melakukan tiga gerakan sekaligus, yaitu perbedaan bentuk revolusi, dan bersama-sama dengan bumi mengitari matahari.
10.    Revolusi bulan mengakibatkan terjadinya fase-fase bulan, yaitu perbedaan bentuk permukaan bulan yang terang dari hari ke hari.
11.    Gerhana bulan terjadi apabila matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, dengan bumi berada di antara matahari dan bulan.
12.    Gerhana matahari terjadi apabila matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus dengan bulan berada di antara matahari dan bumi.
13.    Peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) dijadikan dasar untuk perhitungan tahun Masehi.
14.    Satu kali bumi mengelilingi matahari memerlukan waktu 365 hari.
15.    Peredaran bulan mengelilingi bumi (revolusi bulan) dijadikan dasar untuk perhitungan tahun Hijriah atau tahun Komariyah.
16.    Periode revolusi bulan mengelilingi bumi selama 29 hari.






Demikian Materi IPA untuk kelas 6 SD/MI Semester 2 semoga dapat bermanfaat dan mempermudah kalian adik-adik kelas 6 SD/MI dalam mempelajari materi pelajaran IPA dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Berlangganan via Email