Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019

Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019
Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019
Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019

Hallo, sobat-sobat lulusan SMA/MA dan SMK baik yang lulus tahun ini maupun tahun-tahun sebelumnya namun masih menginginkan untuk kuliah di Perhuruan Tinggi Negeri. Tentunya sobat sekalian dapat membayangkan betapa sulitnya Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 ini mengingat persaingan untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 ini sangatlah berat.


Namun sobat tidak perlu galau, karena pada kesempatan ini saya akan berbagi Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 yang berhasil saya rangkum berdasarkan refrensi dari berbagai sumber. Wajib diketahui juga bahwa persaingan di jalur SNMPTN sangatlah ketat. Untuk bisa lolos jalur SNMPTN ini Kamu harus menyingkirkan ribuan pesaing lainnya. Namun, bukan berarti Kamu tidak bisa lolos. Berikut adalah Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 yang bisa Kamu coba :

1. Analisis Prestasimu Selama Di SMA
Seperti yang kita ketahui bahwa jalur SNMPTN melakukan seleksi berdasarkan prestasi yang Kamu dapatkan selama di sekolah. Kamu akan diminta untuk memasukkan data nilai yang Kamu peroleh selama di SMA/MA/SMK. Dari nilai-nilai tersebutlah nantinya dilakukan seleksi.

Untuk mengetahui seberapa besar peluangmu dapat lolos, coba lakukan dulu analisis terhadap catatan prestasi akademis yang Kamu dapatkan. Peluangmu lolos akan semakin besar jika prestasimu terus meningkat di setiap semester. Jadi, usahakan untuk berusaha sebaik mungkin di setiap tahun belajarmu di SMA.

2. Realistislah dalam Memilih Jurusan

Ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa Kamu ambil melalui jalur penerimaan SNMPTN. Pastikan Kamu memilih jurusan yang tepat sesuai dengan nilai yang Kamu miliki. Misalkan, jika kamu potensi dalam pembelajaran IPS dan nilaimu di bidang IPA sebaiknya jangan memilih jurusan kedokteran namun pilihlah jurusan yang serumpun dengan IPS. Bersikaplah realistis saat memilih jurusan sehingga peluangmu untuk diterima bisa lebih besar nantinya.

3. Perhatikanlah Kuota Penerimaan

Perhatikan kuota penerimaan masing-masing Universitas maupun jurusan melalui jalur SNMPTN. Jika Kamu bisa mengetahui kuota penerimaannya maka Kamu bisa memperkirakan seberapa besar peluangmu untuk diterima disana.

4. Pertimbangkanlah Prestasi Non-Akademismu

Selain melakukan penilaian prestasi akademis, proses seleksi SNMPTN juga melalukan penilaian berdasarkan prestasi non-akademis. Akan jauh lebih baik jika Kamu memiliki prestasi non-akademis yang berhubungan dengan jurusan yang akan Kamu pilih.

5. Catat Jadwal Penerimaan Jalur SNMPTN dan pelajari Alurnya
Salah satu kunci untuk bisa diterima melalui jalur SNMPTN adalah Kamu harus mendaftarkan diri di waktu yang tepat. Catatlah jawal penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan pastikan Kamu mengikuti seleksi sesuai jadwal yang berlaku.


Itulah tadi Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 yang bisa dilakukan untuk bisa lolos seleksi melalui jalur SNMPTN. Akan jauh lebih baik jika Kamu berkonsultasi dengan pihak sekolah supaya Kamu bisa diarahkan untuk memilih universitas dan jurusan yang sesuai sehingga peluangmu diterima bisa lebih besar. Semoga Tips Lolos SNMPTN Untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 ini bisa bermanfaat untukmu. Selamat berjuang dan semoga sukses dengan dengan diterima kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 ini.

Berlangganan via Email