Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sekolah Kedinasan dan Sekolah Ikatan Dinas

Pengertian Sekolah Kedinasan dan Sekolah Ikatan Dinas
Pengertian Sekolah Kedinasan dan Sekolah Ikatan Dinas

Mungkin saja saat ini anda sedang bertanya-tanya mengenai apa itu Sekolah Kedinasan, lalu apa perbedaan sekolah kedinasan dengan sekolah ikatan dinas. Buat para adik-adik yang duduk di bangku SMA/MA/SMK khususnya kelas 12 pasti mungkin masih ada yang bingung akan melanjutkan sekolahnya dimana, biasanya para orang tua mengajukan beberapa opsi kepada kalian seperti dibawah ini ya? beberapa pilihan tersebut yaitu :
  1. Kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN)
  2. Kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS)
  3. Kuliah di sekolah kedinasan (PTK)
  4. Masuk akademi polisi maupun militer (AKPOL dan AKMIL)
  5. Langsung mencari pekerjaan
  6. Menikah dan membina keluarga sakinah, mawadah dan warohmah
Dari keenam pilihan itu adalah yang bisa kalian pilih salah satunya, nah untuk yang pilihan terakhir, biasanya adalah pilihan para cewek atau kaum hawa (Jujur Loe).

Kita kan kembali ke pembahasan utama yaitu tentang Pengertian sekolah kedinasan yang ada pada poin ke 3 dari keenam pilihan diatas.


Pengertian sederhana dari sekolah kedinasan adalah perguruan Tinggi atau sekolah Tinggi yang dikelola atau berada dibawah naungan kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah yang sebagian atau seluruh biayanya ditanggung oleh yang menaungi. Sedangkan Ikatan Dinas adalah status sekolah kedinasan tersebut. Contohnya saja jika anda masuk ke dalam sekolah kedinasan yang memiliki ikatan dinas, maka setelah lulus dari sekolah tersebut, anda akan langsung diterima sebagai PNS di bidang tersebut.

Fasilitas Sekolah ikatan dinas
  • Pendidikan gratis 100%
  • Dapat uang saku
  • Otomatis menjadi PNS tanpa harus tes lagi
Contoh : AMG, STIS, STSN, Akpol, Akmil, IPDN, dan AKIP

Sedangkan Sekolah kedinasan yang non ikatan dinas maka lulusan dari sekolah tersebut harus mengikuti tes CPNS untuk menjadi PNS.

Fasilitas Sekolah non ikatan dinas
  1. Pendidikan gratis 100%
  2. Untuk menjadi PNS harus tes terlebih dahulu

Contoh : STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Nah itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan pada kesempatan hari ini. Jadi kini sobat semua sudah lebih paham kan mengenai perbedaan Sekolah kedinasan yang berikatan dinas dengan yang tidak? 

Baca : Tips Lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Berlangganan via Email