Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadan

Bacaan Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadan
Waktu untuk menunaikan Rukun Islam yang ke 3 yaitu menunaikan puasa Ramadhan. Dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan ada begitu banyak hal yang harus kita kerjakan. Salah satu momen yang paling menyenangkan saat puasa yakni membaca niat puasa dan berbuka puasa.
Bacaan Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadan
Bacaan Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadan

Tentu kita masih ingat, saat masih kecil suara kita begitu lantang membaca bacaan doa puasa. Agar tidak lupa marilah kita bagikan bacaan doa niat puasa dan doa buka puasa Ramadan beserta arti atau makna yang terkandung di dalamnya!




1. Doa niat puasa
Meskipun mata kita mengantuk karena harus makan sahur tetaplah semangat dan sempurnakan ibadah puasa dengan membaca doa puasa ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: " Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala”

2. Bacaan doa buka puasa
Bacaan Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadan 2019pexels.com/pixabay
Waktu berbuka menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Kesabaran untuk menahan segala godaan akhirnya akan berbuah manis dengan sajian berbuka. Namun, sebelum minum maupun makan ada baiknya kita membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

3. Tak Sekadar Dibaca Namun Harus Dipahami
Puasa Ramadan menjadi puasa yang diwajibkan bagi setiap umat muslim. Tak hanya menahan lapar dan haus, membaca doa niat berpuasa ketika sahur maupun niat berbuka puasa di waktu magrib. Kita semua pasti sudah hafal di luar kepala bagaimana melantunkan niat puasa tersebut.

Namun, yang harus dipahami, bahwa niat puasa merupakan penyempurnaan ibadah yang kita jalani di bulan Ramadan. Agar kita bisa menjadi muslim yang bertaqwa dan beriman kepada Allah beserta Rasulullah.


Tetap semangat menyambut datangnya bulan Ramadan. Jangan lupa ya membaca doa niat puasa dan doa buka puasa Ramadan di tahun 2019 ini supaya lebih afdhol.