Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Mudik Lebaran 2019

6 Tips Mudik Lebaran 2019
(Picture By Pixaby Free Image)




Tak terasa, sebentar lagi lebaran 2019 yang tunggu-tunggu segera tiba. Seperti biasa, di berbagai negara dengan penduduk muslim yang banyak termasuk Indonesia, sangat menantikan momen lebaran atau hari raya Iedul Fitri.

Karena pentingnya hal itu, sebagian orang rela bangun tengah malam untuk bisa mendapatkan tiket kereta, bus, kapal laut maupun pesawat agar bisa mudik atau kepanjangan bahasa jawanya “mulih ke udik”  supaya dapat merayakan hari raya Iedul Fitri atau berlebaran di kampung halaman bersama dengan keluarga tercinta.


Namun, tahukah kawan-kawan? Bahwa bukan hanya tiket mudik saja yang harus kamu persiapkan untuk perjalanan pulangmu nanti? Ada banyak hal yang harus kamu siapkan untuk persiapan mudik lebaran tahun ini. Pada kesempatan ini saya akan memberikan 6 Tips Mudik Lebaran 2019.



6 Tips Mudik Lebaran 2019

1.  Persiapkan Mental Kamu
Perjalanan mudik itu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perjalanan jauh pada umumnya. Jika perjalanan biasa saja memerlukan persiapan mental dan spiritual seperti berdoa, maka sama halnya dengan perjalanan mudik ini.
Seperti yang kita tahu bahwa mudik lebaran itu pasti padat banget jalanannya. Macet dimana-mana. Ada puluhan ribu orang bahkan mungkin jutaan orang pergi mudik secara bersama-sama. Selain padat, pasti akan melelahkan juga.
Bukan hanya soal keselamatan, kalau kamu nggak siap mental, stamina pun pasti akan cepat habis. Biar kamu nggak kaget dengan kondisi jalanan di luar sana saat mudik nanti, kamu bisa update tentang info mudik lebaran 2019 yang bisa kamu temukan di internet maupun melalui media massa.

2.  Perhatikan Kembali Barang Bawaan
Entah mudik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, yang namanya barang bawaan itu tetap menjadi faktor yang harus diperhatikan. Selain nggak nyaman, membawa terlalu banyak barang bawaan itu juga mubazir dan menghambat pergerakan kamu selama perjalanan.

Bukan cuma itu, membawa barang berlebihan juga mengganggu orang lain, loh. Maka dari itu, sebelum berangkat mudik, ada baiknya kita memperhatikan barang bawaan. Membawa barang-barang bawaan yang penting saja adalah tips mudik lebaran yang akan memudahkan kamu selama perjalanan.




          3. Cek Kesehatan Kendaraan
Yang namanya pergi mudik ke kampung halaman itu pasti erat banget sama yang namanya kelayakan kendaraan. Terutama bagi kamu yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi. Ternyata ada juga lho tips mudik lebaran yang harus diperhatikan jika kamu ingin mudik dengan kendaraan pribadi.
Untuk kamu yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi, ada baiknya memperhatikan kesehatan kendaraan seperti kualitas rem, mesin, karburator, dan lain-lain. Percaya deh, mogok di tengah kemacetan arus mudik itu enggak enak.

4. Lengkapi Persediaan Makanan dan Minuman
Okay, tiket mudik sudah di tangan. Hati pun sudah tenang untuk perjalanan mudik tahun ini. Namun, lamanya waktu perjalanan pasti akan membuatmu cukup bosan dan pastinya, lapar dan Hauus!
Makanya, kebutuhan suplai makanan seperti makanan dan minuman pun harus kamu perhatikan supaya nggak kelaparan di tengah jalan. Apalagi, biasanya di hari-hari besar, harga makanan di jalan itu lumayan mahal.

Jadi, tips mudik lebaran selanjutnya yang harus kamu ingat adalah mempersiapkan bekal makanan. Jangan sampai badan kamu jadi lemas karena kesulitan mencari makanan untuk dinikmati di jalan atau untuk mengganjal perut saat waktu berbuka puasa tiba.




5. Bawa Uang Lebih
Dalam segala hal, termasuk perjalanan mudik, mempersiapkan rencana cadangan bukanlah sesuatu yang berlebihan. Bukan pula sesuatu yang aneh. Ya, bukankah ada banyak hal yang sering terjadi diluar kendali kita? Jadi, tips mudik lebaran terakhir yang harus kamu perhatikan adalah membawa uang tambahan untuk berjaga-jaga.

Membawa uang ekstra setidaknya cukup membantu kamu dalam keadaan darurat. Misalnya, ketika kamu kehabisan bensin di jalan, atau kamu butuh membeli sesuatu di tempat yang tidak bisa menerima transaksi digital. Tapi, ingat yah, ini untuk jaga-jaga saja, dan tetap jangan membawa uang yang terlalu berlebihan karena dikhawatirkan bisa mengundang kejahatan.




6.  Update info mudik lebaran 2019 lewat Sosial Media
Dengan menuliskan hastag #infomudik, traveler langsung bisa mendapatkan banyak info soal mudik lebaran 2019.
Banyak info mudik lebaran yang biasanya dibagikan warganet di Twitter melalui hastag tersebut.


Mudik Aman, Lancar, dan semoga selamat Sampai di Rumah dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Demikian 6 Tips Mudik Lebaran 2019 semoga bermanfaat.