Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Halaman Penting yang Wajib Ada di Blog

mariyadi.com
6 Halaman Penting yang Wajib Ada di Blog

6 Halaman Penting yang Wajib Ada di Blog. Membangun sebuah blog ataupun website adalah sama halnya dengan membangun sebuah gedung perusahaan. Harus jelas dan terawat. Siapa pemilik perusahannya ? Bagaimana cara menghubungi sang pengusaha? Adakah aturan di dalam perusahaan tersebut ? dan lain sebagainya.

Pertanyaan di atas bisa dilontarkan ketika sobat akan membuat blog ataupun website dengan serius dan kedepannya akan ditujukan untuk kepentingan komersialm ataupun berbisnis. Disini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang 6 Halaman Penting yang Wajib Ada di Blog. 6 Halaman Penting yang Wajib Ada di Blog ini merupakan Salah satu indikasi blog sehat adalah blog yang memiliki halaman khusus seperti halaman About, Contact Us, Sitemap, Privacy Policy, Term of Service dan Disclaimer.

1. Halaman About (tentang)
About adalah halaman yang berisi Tentang Blog atau si pemilik blog. Yang berisi tentang penjelasan latar belakang dn tujuan pendirian blog atau biodata si pemilik blog. Blog yang tidak ada halaman about dianggap sebagai blog yang tidak sehat dan sangat tidak recommended untuk mendaftar Program Adsense. Blog yang sehat selalu ada penjelasan di bagian about ini. Tidak harus detail dan lengkap tapi setidaknya ada deskripsi singkatnya.

2. Halaman Contact Us
Halaman ini juga penting apalagi kalau blog sobat adalah toko online atau situs jual beli maupun blog atauu website tentang layanan umum. Mungkin halaman kontak inilah yang paling dicari pengunjung untuk menindaklanjuti tindakan mereka. Pada umumnya di blog hanya mencantumkan alamat email untuk bisa menghubungi si pemilik blog. Tapi khusus untuk blog jual beli (toko online) halaman kontak ini harus diisi sedetail mungkin. Beri alternative selain email seperti nomor HP, BBM, whatsapp, telegram, Facebook, twitter atau line.

3. Halaman Sitemap (Daftar isi blog)
Adalah halaman yang berisi daftar seluruh isi blog yang dikelompokan berdasarkan label. Dengan adanya halaman sitemap ini pengjunjung tidak perlu membuka satu persatu halaman untuk melihat seluruh isi blog. Cukup buka halaman sitemap. Disana akan terlihat judul-judul setiap artikel blog yang mereka datangi.

4. Halaman Privacy Policy (Kebijakan Pribadi)
Adalah halaman yang berisi aturan atau kebijakan pribadi si pemilik blog atau website. Di halaman ini dijelaskan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Pemilik blog bebas menentukan atau membuat aturan diblog pribadinya.
Contoh :
Komentar akan disetujui jika berkomentar menggunakan alamat email
Dilarang copy paste isi blog tanpa seizin admin
Dilarang berkomentar spam atau sara
Diperbolehkan copas isi blog dengan catatan harus mecantumkan sumber blog

5. Halaman Disclaimer (Penolakan)
Pengertian dan Fungsi Disclaimer - Pada dasarnya, Disclaimer mengandung pernyataan tentang 'penolakan' terhadap pertanggungjawaban atas opini yang disampaikan pengunjung. Disclaimer sering kita jumpai di website/blog professional bersamaan dengan menu lain seperti halaman Privacy Policy.
Disclaimer adalah pernyataan resmi dari administrator blog yang menjelaskan bahwa website/blog tersebut tidak dapat diganggu digugat.
Contoh :
Misalnya, anda meninggalkan komentar di postingan ini, maka tanggung jawab atas komentar anda bukan pada blog ini, melainkan sepenuhnya pada anda sendiri. Jadi blog ini tidak bertanggung jawab atas opini pengunjung.
Sobat berkomentar di halaman postingan blog saya ini. Maka tanggung jawab komentar yang sobat tulis bukan tanggung jawab blog ini. Melainkan tanggung jawab sobat sendiri.
Atau ada kerugian-kerugian yang timbul dari hasil pembaca blog ini. Maka pemilik blog tidak bertanggung jawab. Dan sepenuhnya kerugian adalah tanggung jawab pembaca.

6.  Halaman Term Of Service (TOS)
Herakhir yang wajib ada dalam blog adalah Halaman Term Of Service (TOS), bahwa blog wajib membuat halaman penting ini. Jadi bagi anda yang baru membuat blog maka anda harus mendahulukan membuat beberapa halaman pendukung sebelum anda mulai membuat konten.
Halaman terms of service (TOS) adalah halaman yang menjelaskan beberapa aturan yang dibuat oleh pemilik blog terkait beberapa larangan. Meskipun halaman privasi dan halaman disclaimer sudah menjelaskan beberapa aturan penting, tapi tidak ada salahnya jika anda juga membuat halaman term of service ini.

Jika sobat serius ngeblog dan berencana akan mendaftarkan blog ke program google adsense maupun program iklan afiliasi maka 6 halaman di atas wajib dilengkapi. Semua itu semacam kita ini memberikan identits resmi yang jelas, peraturan yang jelas dan supaya para pengunjung maupun pengiklan yakin tentang keseriusan kita dalam membangun blog/website ini.