Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out Bahasa Indonesia USBN SD Paket 1

Soal Try Out Bahasa Indonesia USBN SD Paket 1. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).



Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materinya.



Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran. Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut Soal Try Out Bahasa Indonesia USBN SD Paket 1



PRATINJAU

1.     Bacalah penggalan paragraf berikut dengan seksama!
Saat ini populasi rusa  sebagai hewan herbivora semakin langka. Habitat  hewan dan penyebab kelangkaannya sangat penting untuk dilindungi. Salah satu yang harus diperhatikan  dari lingkungan sekitar kita adalah kerusakan habitat hewan yang semakin meluas. Selain itu banyak yang diburu dan menjadi mangsa predator.
Makna istilah predator dan populasi dalam paragraf tersebut adalah hewan ...
A.      buas, jumlah  rusa di hutan
B.      memangsa   hewan lain,  sekumpulan rusa
C.      pemakan segala, sekelompok hewan
D.      pemakan rumput, beberapa jenis hewan
                       
2.     Salah satu yang harus diperhatikan dari lingkungan sekitar kita adalah kerusakan habitat hewan yang semakin meluas.
Sinonim kata meluas pada kalimat tersebut adalah....
A.      merata
B.      menjalar
C.      menyebar
D.      mengembang
           
3.      Kuman dapat masuk ke tubuh kita melalui hal-hal kecil yang tidak kita sadari. Sebagai contohnya adalah ketika kita makan dengan tangan yang tidak bersih. Tangan yang kotor membawa kuman penyakit. Tanpa mencuci tangan sebelum makan berarti memberi kesempatan pada kuman untuk masuk ke pencernaan kita. Dengan demikian, budaya mencuci tangan sebelum makan sangat penting untuk mengurangi risiko masuknya kuman ke tubuh kita.
         Budaya mencuci tangan sebelum makan sangat penting karena ….
A.      tangan yang kotor membawa kuman penyakit.
B.      kuman dapat masuk ke tubuh melalui hal-hal kecil.
C.      memberi kesempatan pada kuman masuk ke pencernaan.
D.      mengurangi risiko masuknya kuman ke tubuh kita.
4.   Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna
Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.
         Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
                  a. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
                  b. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
                  c. Dengan cara yang disebut mimikri.
                 d. Dengan memantulkan sinar matahari
5.   Brokoli adalah sayuran jenis kubis  yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Brokoli baik  untuk kesehatan mata dan menjaga sistem pencernaan. Brokoli merupakan sumber antioksidan dan dapat meningkatkan sistem imun. Brokoli juga efektif untuk mencegah kanker.
Ide pokok teks pada teks  bacaan di atas adalah . . . .
A.      Sayuran kubis
B.      Kesehatan tubuh
C.      Manfaat brokoli
D.    Sumber antioksidan          
6.     Banjir bandang berimbas  menurunkan hasil pertanian. Hasil pertanian di wilayah berdampak menurun drastis. Penurunan hasil pertanian  diakibatkan tanaman tersapu serta terendam banjir. Sebelumnya, hasil pertanian sangat melimpah. Saat ini, hasil pertanian tidak ada yang dapat diharapkan. Jika hal seperti ini tidak bisa diatasi, petani akan mengalami kerugian.
Simpulan paragraf tersebut adalah ….
A.      Banjir bandang menyebabkan petani mengalami kerugian.
B.      Akibat banjir bandang  harga hasil bumi menjadi mahal.
C.      Kegagalan hasil pertanian di wilayah banjir bandang.
D.   Banjir bandang menimbulkan banyak korban jiwa.   
7.             Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 7 - 8!
      Terumbu karang kita saat ini banyak mengalami kerusakan. Sebanyak 33 persen terumbu karang Indonesia ternyata sudah rusak berat. Terumbu karang yang kondisinya masih sangat bagus hanya tinggal 6 persen saja.
       Untuk menyelamatkan terumbu karang, kita jangan menyentuh terumbu karang saat melakukan kegiatan menyelam. Menyentuh terumbu karang bisa membuat terumbu karang rusak. Bahkan, bisa juga sampai membuat terumbu karang itu mati. Cara lain untuk menyelamatkan terumbu karang yaitu jangan membuang sampah di selokan. Sampah akan mengalir ke sungai dan sungai akan bermuara ke laut. Sampah yang bermuara ke laut membuat air laut tercemar. Air laut yang tercemar bias membaut terumbu karang mati.
        Kalimat dengan kata tanya bagaimana yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah . . . .
A.      Bagaimana cara yang tepat untuk menyelamatkan terumbu karang ?
B.      Bagaimana terumbu karang mengalami kerusakan ?
C.      Bagaimana kondisi terumbu karang menjadi rusak ?
D.      Bagaiaman air laut membuat terumbu karang menjadi rusak ?
8. Pernyaatn yang sesuai dengan paragraf kedua pada teks adalah ….
A.      Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu cara menyelamatkan terumbu karang
B.      Menyentuh terumbu karang dapat merusak terumbu karang
C.      Kegiatan menyelam dapat merusak terumbu karang
D.    Kerusakan terumbu karang disebabkan faktor alam dan manusia       
9.      Perhatikan teks bacaan berikut !
                        Saat ini kayu manis tidak hanya digunakan untuk makanan dan minuman Kayu manis berguna untuk mengobati penyakit. Seorang ahli dalam pembuatan obat meneliti tanaman ini, yang ternyata mengandung zat yang berguna untuk kesehatan.
                        Kayu yang beraroma ini dapat menyembuhkan penyakit kencing manis, asam urat, diare, masuk angin, perut kembung, maag, dan sakit kepala. Kini msyarakat sudah merasakan khasiat kayu mnis.
                Kejadian apa yang dapat diprediksi setelah masyarakat merasakan khasiat kayu manis ?
A.      Setelah merasakan khasiat dari kayu manis ini, banyak orang menanam pohon kayu manis.
B.      Setelahmerasakan khasiat dari kayu manis ini, banyak orang menjual kayu manis.
C.      Setelah merasakan khasiat dari kayu manis ini, banyak orang menggunakannya dengan mengolah sendiri.
D.       Setelah merasakan khasiat dari kayu manis ini, banyak orang membudidayakan pohon kayu manis kayu manis.            
                       
10.      Bacalah pargraf berikut!
            Teks.1
            Gunung Semeru terletak di Jawa Timur  dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru. Sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa, gunung ini menjadi salah satu primadona bagi para pendaki.
            Teks.2
            Jumah pendaki gunung Semeru terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pendaki biasanya berasal dari kelompok pecinta alam. Sebelum melakukan pendakian perlu dilakukan persiapan yang sangat matang seperti kesehatan yang prima serta kelengkapan kebutuhan selama pendakian berlangsung.
            Perbedaaan kedua teks tersebut adalah….
A.      Teks 1 menjelaskan bahwa gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Indonesia, sedangkan teks 2 menjelaskan kegiatan pendaki
B.      Teks 1 menceritakan ketinggian   dan letak gunung Semeru, sedangkan teks 2  menceritakan pendaki gunug Semeru
C.      Teks 1 menceritakan pendaki gunung Semeru , sedangkan Teks 2 menceritakan letak dan tinggi gunung Semeru
D.       Teks 1 menjelaskan bahwa gunung Semeru merupakan gunung yang paling banyak dikunjungi, sedangkan teks 2 menceritakan persiapan pendakian gunung semeru.               
11.    Bacalah teks berikut!
Museum Angkut yang terletak di Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur masih menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Kota Batu atau Kota Malang. Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona. Ada zona edukasi yang berisi informasi mengenai sejarah perkembangan alat transportasi. Zona Sunda Kelapa atau Batavia yang terdapat replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal. Zona Jepang berisi koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi. Zona Uni Eropa berisi koleksi mobil produksi Inggris dan mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi mobil dari berbagai merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis. Ada zona Hollywood yang berisi berbagai transportasi yang ada di flm-flm Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo. Terakhir zona Gangster dan Broadway, menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika.




Berikut ini disediakan tabel yang memuat informasi penting dalam teks tersebut.

Nama Zona
Koleksi/Isi
Edukasi
memberi informasi mengenai sejarah perkembangan alat transportasi
Sunda Kelapa atau Batavia
(a)
Jepang
koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi
Uni Eropa
(b)
(c)
berbagai transportasi yang ada di flm-flm Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo
Gangster dan Broadway
menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika




Informasi penting yang tepat untuk melengkapi tabel yang kosong adalah . . . .
A.      (a) koleksi mobil produksi Inggris dan mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi mobil dari berbagai merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis; (b) memberi informasi mengenai sejarah perkembangan alat transportasi; dan (c) Gangster dan Broadway
B.      (a) replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal; (b) koleksi mobil produksi Inggris dan mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta koleksi mobil dari berbagai merek andalan Jerman, Italia, dan Perancis; dan (c) Hollywood
C.      (a) koleksi transportasi pabrikan Jepang mulai dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan masih banyak lagi; (b) menciptakan suasana kota dengan gangster dan broadway yang hit di tahun 1970-an di Amerika; dan (c) Hollywood
D.       (a) replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal; (b) berbagai transportasi
yang ada di flm-flm Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo; dan (c) Uni Eropa
            
                       
12.          Bacalah penggalan cerita berikut secara cermat!

Minggu pagi, suasana di rumah Pak Bayu agak sibuk daripada hari biasanya. Pak Bayu dan keluarganya akan berkunjung ke rumah kerabatnya yang ada di sebuah desa kecil di Boyolali. Pak Bayu sibuk memanaskan mobil, sedangkan istrinya sibuk membuat sarapan dan mempersiapkan oleh-oleh untuk kerabatnya. Di saat Pak Bayu dan istrinya sibuk dengan urusan masing-masing, anak tunggal mereka justru masih kamar.
Teringat anaknya yang belum kelihatan batang hidungnya, Pak Bayu pun meninggalkan sementara mobilnya dan menuju ke dapur yang tak jauh dari garasi mobil.
“Ma..Andi sudah bangun atau belum?” Pak Bayu bertanya pada istrinya.
“Aduh, Mama tidak tahu. Coba Papa lihat ke kamarnya, soalnya ini Mama masih sibuk di dapur.”
Pak Bayu pun meninggalkan dapur dan menuju kamar Andi. Ternyata kamarnya masih terkunci.
“Andi…! Kamu sudah bangun? tanya Pak Bayu sambil mengetuk pintu kamar Andi. Karena tidak ada jawaban dari dalam, Pak Bayu pun mengulangi pertanyaannya berkali-kali sambil tetap mengetuk pintu. Namun, belum ada tanggapan dari dalam kamar. Ia pun semakin keras memanggil Andi. Sepertinya Andi memang belum bangun dari tidurnya.
“Andi…Ayo bangun! Mau ikut ke Boyolali tidak? Kalau kamu terlambat bangun, nanti kamu Papa tinggal di rumah sendirian lho! Ayo bangun!”
Tak berapa lama, Andi membuka pintu kamarnya dengan wajah yang sayu. Terlihat kelopak matanya masih belum segar karena baru saja bangun dari tidur.
“Maaf Pa, Andi bangun kesiangan. Tadi malam nonton bola sampai larut. Habis, pertandingannya seru sih… Jadi rasanya sayang kalau ditinggal tidur.”
“Ya sudah, sana cepat mandi dan beres-beres. Kita nanti berangkat pukul 07.00.”
                Informasi tersurat yang sesuai isi cerita di atas adalah ….
A.      hanya Pak Bayu yang akan berkunjung ke rumah kerabatnya
B.      keluarga Pak Bayu akan mengunjungi kerabatnya di Boyolali
C.      suasana rumah Pak Bayu selalu terlihat sibuk sekali
D.      Pak Bayu akan dikunjungi kerabatnya yang tinggal di sebuah desa kecil
                       
Bacalah  teks berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
   Hari ini adalah hari Minggu. Ibu, ayah, Dina, dan adiknya berkumpul di rumah. Ibu dan ayah sedang sibuk dengan gawainya masing-masing. Dina memilih untuk menonton acara musik di televisi.
   “Kakak, aku ingin nonton kartun,” kata adik Dina.
   “Adik, nanti ya! Acara musiknya tinggal sebentar lagi. Kalau sudah selesai nanti gantian Adik yang nonton,” jawab Dina pelan.
   “Aku mau nonton sekarang, Kak!” rengek adiknya hampir menangis.
   “Iya deh, Kakak pindah,” jawab Dina sambil memindah saluran televisi tetap dengan suara pelan.
   Dina membaca komik yang dibelikan ibu kemarin sambil menemani adiknya menonton televisi. Dia tahu kalau adiknya ditinggal pasti akan merengek lagi minta ditemani.
13.      Tokoh utama pada cerita tersebut adalah ....
A.      Ayah
B.      Dina
C.      Adik
D.      Ibu
14.      Watak tokoh Dina pada cerita tersebut adalah ....
A.      penyayang
B.      penolong
C.      penyabar
D.      pemaaf               
15.      Cermati pidato berikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi sekarang telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi sekarang telah bisa menulis. Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi sekarang telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh karena itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas adalah ....
A.       mengingatkan kenangan masa lalu
B.       mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
C.       imbauan untuk berbakti kepada guru
D.       imbauan untuk menaati segala perintah guru                           
16.      Perhatikan penggalan cerita di bawah ini!
Sepuluh November adalah hari pahlawan. Saat itu, api yang membakar dada para pahlawan mengukuhkan semangat juangnya. Meskipun mereka menjadi korban keganasan peluru penjajah, namun jiwa dan ragannya bersemangat membela tanah air Indonesia.
Makna api pada cerita tersebut adalah ....
A.      semangat
B.      perjuangan
C.      zat yang panas
D.      rasa perjuangan
17.      Bacalah teks berikut !
            Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat.Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam.Tidur yang baik memulihkan sistim imun. Ketika tidur pulas dimalam hari kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
        Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah....
        A.    Tidur yang baik kurang dari 8 jam perhari
        B.         Tidur yang tidak cukup dapat meningkatkan imunitas diri
        C.         Tidur dengan waktu cukup dapat melindungi diri dari penyakit
        D.         Tidur yang cukup adalah tidur  yang tidak bangun sepanjang malam.               
18.      Maksud kalimat “ ketika disakiti aku menulisnya di atas pasir agar air dapat menghapusnya sehingga termaafkan .” dalam cerita tersebutnya adalah . . . .
A.      Segera meminta maaf kepada orang yang telah kita sakiti walaupun tidak sengaja.
B.      Memaafkan dan tidak menyimpan dendam pada orang lain, apalagi itu teman baik
C.      Kita harus menjaga perasaan sahabat kita dengan cara memaafkan kesalahannya.
D.      Kebaikan seseorang harus selalu diingat, apalagi itu adalah teman baik kita
19.          Cermatilah  cerita  berikut untuk soal nomor  19 !
        Suatu pagi yang cerah. Dini, Rini dan Sita berjalan-jalan mengelilingi taman. Tiba-tiba, mereka melihat seekor burung parkit kesakitan di tanah. Sayapnya terluka. Dini merasa kasihan dengan burung parkit itu. Dini lalu membawa burung parkit itu pulang. Dini ingin merawat burung parkit itu di rumah. Dini merawat burung parkit itu dengan sangat baik. Burung parkit dibiarkan tidur di tempat yang hangat. Burung parkit juga diberi makan secara teratur. Sebentar lagi, burung parkit pasti kembali sehat.
Amanat yang dapat dipetik dari cerita di atas adalah ….
A.      Kita harus pantang menyerah dalam bekerja
B.      Hati-hatilah supaya tidak terluka
C.      Kita harus menyayangi hewan
D.  Kita jangan mengambil sesuatu milik orang lain       
20.      Cermati cerita berikut ini !
                        Budi adalah siswa SD dari keluarga yang tidak mampu. Budi menggunakan sebagian waktunya untuk membantu orang tuanya. Kehidupan Budi yang serba kekurangan menjadikan Budi dijauhi teman-temannya. Keadaan ini, menjadi penyemangat Budi untuk menjadi orang sukses. Budi ingin menunjukkan bahwa ia yang serba kekurangan pun dapat berhasil.
                        Disela-sela kesibukan membantu orang tuanya, Budi selalu menyempatkan untuk belajar. Akhirnya dia mendapat nilai terbaik di kelasnya. Prestasi Budi membuat teman-temannyayang semula menjauhi menjadi kagum.
                        “Bud, maafkan aku”, kata Badu yang pernah menjauhi Budi. Akhirnya prestasi Budi dapat menyadarkan teman-temannya. Kesuksesan dapat diraih dalam kondisi kekurangan.
            Tema cerita tersebut adalah ….
A.      keluarga
B.      peristiwa
C.      kegemaran
D.    budi pekerti         
21.      Bacalah teks berikut!
            Setiap hari Yogi selalu datang terlambat datang ke sekolah. Selain itu Yogi tidak pernah memakai seragam dengan rapi. Yogi juga sering terlihat mengantuk saat pelajaran sedang berlangsung.Yogisudah sering mendapat peringatan dari guru, tetapi dia belum bisa mengubah kebiasaan buruknya. Hingga suatu hari orangtua Yogi dipanggil ke sekolah. Setelah mengetahui perbuatan Yogi,….
Peristiwa yang mungkin terjadi adalah…
A.      orangtua langung memindahkan Yogi ke sekolah lain
B.      orangtua Yogi mengajak Yogi pulang ke rumah
C.      orangtua Yogi sangat malu dan memarahi Yogi
D.    orangtua Yogi memarahi guru dan kepala sekolah
22.                  Anggi baru pulang sekolah siang itu. la bergegas ke kamar, berganti baju lalu makan siang. Setelah makan, ia harus segera mencuci kedelai untuk dibuat tempe. Barulah kemudian dia bisa beristirahat. Pukul 15.00 W1B dia melaksanakan kegiatan yang lain yaitu belajar kelompok bersama Sabrina, Nayla, dan Winda. Sekalipun lelah, ia melakukannya dengan bersemangat.  Ia tidak pernah melalaikan tugas, baik tugas sekolah maupun tugas membantu orang tua.
     Nilai moral positif pada cerita tersebut adalah ....
A.      bertanggung jawab
B.      berdemokrasi
C.      tenggang rasa
D.      kepedulian
23.         
A.     
B.     
C.     
D.     
                       
24.      Bacalah kalimat berikut!
Beberapa (....) tahu tempe gulung tikar karena selalu  mengalami  kerugian secara terus-menerus.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
A.   produktivitas        
B.      produsen
C.      produksi
D.      produk
                       
25.  Industri tenun ikat Kaliuda dari Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang (....) karena kualitas barangnya sangat bagus dan terkenal sampai di manca negara.




A.      naik pitam
B.      naik darah
C.      naik tangan
D.      naik daun
26.       Guruku bernama Ibu Mutiara Dewi. Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun. Beliau pun sudah pernah mengajar di berbagai sekolah dari pedalaman sampai sekolah terkenal di kota. Berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan baik. (....)
Peribahasa untuk menggambar seorang guru adalah...
A.   Pendidik
B.   Wartawan
C.   Reporter
D.   Dokter  
27.      27. Perhatikan kalimat  berikut!
Bacalah petunjuk berikut !
1)         Tutup kembali bagian yang sudah dibuka.
2)         Buka tutup bagian belakang.
3)         Tekan tombol ON dengan baik.
4)         Masukkan beterai dengan kepala ke arah depan depan semuanya 
Urutan penggunaan lampu senter secara tepat  adalah….
A.    1-2-3-4  
B.    2-4-1-3
C.    3-2-4-1
D. 4-3-1-2.  
28.      Bacalah paragraf berikut !
(1) Pagi yang cerah bagi santi untuk mencari kayu bakar di hutan.
(2) Di tengah perjalanan menuju tujuan Santi melirik keseluruh sisi hutan,maklum ini pengalaman pertama kalinya masuk hutan.
(3) Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat,suara-suara hewan terdengar    nyaring tampaknya Santi mulai agak takut.
(4) Berangkatlah ia bersama san kakek menuju hutan yang lebat.
               
        Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf narasi yang padu adalah...
      
         
A.        1-4-2-3
B.        1-3-2-4
C.        2-4-1-3
D.        2-3-1-4  
29.      Perhatikan laporan berikut !
            Siswa SD Persada Bangsa kelas VI, melakukan perjalanan di beberapa Museum di kota Jogjakarata. Museum yang pertama kali di kunjungi adalah Museum Benteng Vredeburg. Museum yang kedua di kunjungi adalah Museum Kereta Kencana Jogjakarta. ( . . . . ). Pengarahan dilakukan karena di museum ini banyak barang berharga yang tidak boleh sembarangan di sentuh.
            Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan perjalalan tersebut adalah . . . .
A.      sebelumnya, bapak guru membagi kami kedalam kelompok kecil.
B.      sebelumnya, bus kami harus diparkirkan dahulu di terminal wisata.
C.      sebelum memasuki museum, bapak guru memberikan pengarahan.
D.      sebelum memasuki museum, bapak guru memberikan kami makanan.
                       
30.      Perhatikan kalimat berikut !
            Pada waktu liburan Dina ( . . . . ) neneknya di desa .
            Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . . .
           
A.      mengunjungi
B.      kunjungan
C.      berkunjung
D.      pengunjung

31.      Perhatikan petunjuk berikut !
1)       Masukkan media tanam berupa tanah yang sudah diberi pupuk.
2)       Gali bagian tengah tanah menjadi setengah bagian.
3)       Siapkan pot dari plastik atau kaleng bekas.
4)       Lubangi bagian bawah permukaan pot atau kaleng bekas.
5)       Masukkan bibit tanaman.
6)       Sirami bibit tanaman dua hari sekali.
7)       Timbun bibit tanaman hingga akarnya tertutup tanah.
Susunan kalimat petunjuk acak menanam bibit tanaman di pot atau kaleng bekas yang benar adalah ….
A.      3)-1)-2)-4)-5)-7)-6)
B.      3)-2)-1)-4)-5)-7)-6)
C.      3)-4)-1)-2)-5)-6)-7)
D.    3)-4)-2)-1)-5)-6)-7)            
                       
33.      Setiap hari Selasa, Kang Emil menerapkan hari tanpa rokok. Rokok yang merusak terhadap polusi udara dan menyebabkan kesehatan bertujuan mengajak masyarakat Bandung agar waspada bahaya hal ini. Selain program Selasa Tanpa Rokok, Kang Emil juga tidak menghendaki adanya iklan rokok di sepanjang jalan Kota Bandung. Untuk itu beliau meminta kepada jajaran pemerintah Kota Bandung untuk menertibkan, serta membongkar segala bentuk iklan rokok yang masih menghias di sepanjang jalan Kota Bandung.
Perbaikan tata kalimat yang tepat untuk kalimat yang bercetak miring adalah . . .
A. Bahaya rokok yang merusak kesehatan masyarakat Bandung menyebabkan polusi udara.             
B.      Waspada bahaya terhadap rokok bertujuan mengajak masyarakat Bandung agar merusak kesehatan dan menyebabkan polusi udara.
C.      Masyarakat Bandung diminta waspada akan bahaya rokok, sehingga mengajak untuk merusak kesehatan dan meningkatkan polusi udara.
D.       Hal ini bertujuan mengajak masyarakat Bandung agar waspada terhadap bahaya rokok yang merusak kesehatan dan menyebabkan polusi udara.  
                       
34.      Bacalah paragraf berikut!
            Di persimpangan yang ada traffic light, sering terpampang tulisan “belok kiri ikuti lampu”. Pada prakteknya, para pengendara langsung belok kiri tanpa mengindahkan rambu-rambu tersebut. Hal ini merupakan pelanggaran lalu lintas yang kwalitasnya terbanyak.
            Perbaikan kata yang tidak tepat pada paragraf tersebut adalah….
A.      lampu merah, pengemudi, praktiknya
B.      praktiknya, tanda, kuantitasnya
C.      lampu merah, pengemudi, kuantitasnya
D.      lampu merah, praktiknya, kuantitasnya
                       
35.      Bacalah paragraf berikut!
            Siswa SDN 01 Surabaya mengadakan kegiatan kerja sama untuk membersihkan lingkungan. Kegiatan itu dilaksanakan dengan cara membunuh sarang nyamuk penyebab demam berdarah.
            Perbaikan pilihan kata kerja sama dan membunuh pada paragraf tersebut adalah ….
A.      bekerja, memberantas
B.      bekerja bakti, mencari
C.      gotong royong, membasmi
D.      kerja bakti, membersihkan
36.      Bacalah beberapa kalimat di bawah ini!
1. Pria yang berusia hampir 80 tahun tersebut : pak kusnan, rutin berjalan kaki setiap pagi.
            2. Ibu membelikan : seragam, sepatu, peralatan tulis, dan tas.
            3. Paman membawakan buah-buahan : apel, jeruk, salak, dan mangga.
4. Ayah berkata : “Dio, tutuplah pintu dan jendela!”
Penggunaan tanda baca yang salah terdapat pada kalimat ….
A.      1, 2, dan 3
B.      1, 2, dan 4
C.      1, 3, dan 4
D.      2, 3, dan 4          
37.          Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Sumba Barat Daya.
Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat di atas adalah ....
A.   Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Sumba Barat Daya.
B.   Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Sumba Barat Daya.
C.   Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten Sumba Barat Daya.
D.   Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Sumba Barat Daya.     
38.      Perhatikan bagian surat pribadi berikut!
           


Surabaya, 14 Maret 2019
Buat : Yayuk
Sahabatku
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Hai gimana kabarmu Yu  Semoga kamu dan
Ibumu sehat-sehat saja,ya? Alhamdulillah,
Aku juga sehat walafiat.

            Tanda baca yang tepat untuk kalimat bergaris bergaris bawah adalah ….
A.      (,) ; (!) ; (!)
B.      (!) ; (,) ; (?)
C.      (,) ; (,) ; (?)
D.      (,) ; (,) ; (.)           
                       
39.      Penulisan nama gelar yang tepat adalah....      
A.      Prof Setia Budi M.Pd
B.      Ibu Yulianty S.PD
C.      DR Agustinus
D.    Ir. Dewi Sri Astuti, S.H      
                       
40.      Perhatikan kalimat berikut  !
Pertempuran  10 november 1945 di surabaya merupakan rangkaian perjuangan dalam mempertahankan   kemerdekaan Negara Indonesia.
Perbaikan penulisan bagian kalimat yang yang dicetak miring  sesuai dengan penggunaan ejaan yang  benar adalah ….
A.      10 november 1945 di surabaya
B.      10 november 1945 di Surabaya
C.      10 November 1945 di surabaya
D.      10 November 1945 di Surabaya
41.      Bacaan berikut untuk nomor 41.
Pupuk kandang adalah pupuk yang terbuat dari kotoran hewan. Pupuk kandang dapat berasal dari kotoran unggas, kambing, dan sapi. Pupuk kandang memiliki banyak kelebihan. Harga pupuk kandang lebih murah daripada pupuk kimia. Pupuk kandang membantu tanaman berkembang lebih baik. Selain itu,penggunaan pupuk kandnag tidak mencemari lingkungan.
            Tuliskanlah  kalimat utama dari paragraf  di atas !
No.
Kunci Jawaban
Skor
41.
Pupuk kandang adalah pupuk yang terbuat dari kotoran hewan.
Ø Jawaban mencakup tepat kunci jawaban (skor = 3)
Ø Jawaban mencakup sebagian besar kunci jawaban (skor = 2)
Ø Jawaban mencakup sebagian kecil kunci jawaban (skor = 1)
Ø Jawaban tidak sesuai kunci jawaban (skor = 0)
0 – 3

Skor Maksimum
3

42.      Bacalah kutipan pidato berikut !
               
            Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran teman-teman menghadiri kegiatan bazar buku dalam rangka pentas seni sekolah kita.
            Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, semoga bazar buku ini bermanfaat. (…)
Lengkapilah teks pidato dengan kalimat penutup yang sesuai !
                       
NO
JENIS SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
BOBOT
42.
Uraian
Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.

1-2
20






43.   Perhatikan kalimat acak berikut!
        (1) Sungai ciliwung kini dipenuhi tumpukan sampah.
            (2) Selain bau yang menyengat tumpukan sampah tersebut  dihinggapi lalat.
            (3) Tumpukan sampah ini  menebarkan bau yang sangat menyengat.
            (4) Sungai Ciliwung terletak di Jakarta.
            (5) Lalat – lalat itu berterbangan ke rumah warga dan membawa berbagai  macam penyakit.
            Tuliskan urutan yang tepat paragraf tersebut!
            Jawaban :
            Urutan yang benar paragraf tersebut adalah sebagai berikut:
            (4) Sungai Ciliwung terletak di Jakarta.
            (1) Sungai ciliwung kini dipenuhi tumpukan sampah.
            (3) Tumpukan sampah ini  menebarkan bau yang sangat menyengat.
            (2) Selain bau yang menyengat tumpukan sampah tersebut  dihinggapi lalat.
            (5) Lalat – lalat itu berterbangan ke rumah warga dan membawa berbagai  macam penyakit.
           
            Skor :
            Skor 4 jika anak menjawab berurutan  sesuai kunci jawaban
            Skor 3 jika anak menjawab dengan urutan 4-1-3 dst (tidak berurutan)
            Skor 2 jika anak menjawab dengan urutan 4- 1- dst (tidak berurutan)
           Skor 1 jika anak menjawab dengan urutan 4- dst (tidak berurutan)            

44.      Para siswa kelas VI SD Maju Jaya berkunjung ke Museum Gula. Mendapat penjelasan sampai di lokasi dari petugas museum mereka. Mereka dengan cermat memperhatikan penjelasan petugas. sambil mencatat, ada beberapa siswa bertanya kepada petugas.
             Perbaikan tata kalimat yang tepat untuk kalimat yang bercetak miring adalah ?
Jawab:  Sampai di lokasi mereka mendapat penjelasan dari petugas museum
Skor Bobot 10 --- Skor 3

                       
45.      Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
             Jojo bermain kejar-kejaran dengan Rudi pada waktu istirahat pertama. Rara sedang berjalan dari kantin sekolah menuju ke kelas. Secara tidak sengaja, Rudi menabrak Rara.
               “Aduh, hati-hati dong, beraninya kau menabrakku!” kata Rara dengan marah.
               “Maaf. Aku tidak sengaja. Kalau aku tahu kau ada di sini; tidak mungkin aku menabrakmu! Adakah yang sakit.” kata Rudi dengan ketakutan.
            Perbaikilah kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat yang tercetak miring!
                Jawab :
            Maaf(,) Aku tidak sengaja(!) Kalau aku tahu kau ada di sini(,) tidak mungkin aku menabrakmu(.) Adakah yang sakit(?)” kata Rudi dengan ketakutan.


          Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

         Demikian Soal Try Out Bahasa Indonesia USBN SD Paket 1 semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.




Download Juga


Baca Juga:
            Kunci Jawaban Soal Siap USBN 2019      

Berlangganan via Email