Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pidato Sambutan Ketua Panitia dan Wali Siswa dalam Acara Perpisahan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar

Pidato Sambutan Ketua Panitia dan Wali Siswa dalam Acara Perpisahan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar

Pidato Sambutan Ketua Panitia dan Wali Siswa dalam Acara Perpisahan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar

Assalamu`alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi Robbil `Alamin, wassolatu wassalamu `ala asyrofil anbiyaa`I wal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajmain. Amma ba`du

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia
Pertama-tama mari sama-sama kita ucapkan puji syukur kepada Allah swt atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya yang dianugerahkan kepada kita, sehingga kita dapat hadir di Sekolah yang kita cintai ini dalam rangka melaksanakan acara Pelepasan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar. Semoga acara pada pagi hari ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat ridho dari Allah swt, amin ya robbal alamin.

Kemudian, Shalawat berangkaikan salam mari sama-sama kita tujukan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, mudah-mudahan kita semua mendapat syafaatnya di yaumil akhir kelak, amin yang rabbal alamin.
Yang terhormat, bapak Ketua Komite Sekolah,
Yang terhormat bapak kepala Sekolah SDN Sekarjati 1 Karanganyar,
Yang terhormat bapak dan ibu staf pengajar SDN Sekarjati 1 Karanganyar
Para tamu undangan
Dan yang kami sayangi Anak-anak kami kelas 1 - 6

Saya selaku ketua panitia mengucapkan ribuan terima kasih Bapak kepala sekolah Ketua Komite Sekolah, tak lupa ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada seluruh komite SDN Sekarjati 1 Karanganyar yang turut menyukseskan acara pelepasan kelas 6 ini, mudah-mudahan acara yang dilaksanakan pada hari ini berjalan dengan lancar, amiiin ya rabbal alamin.

Selanjutnya, saya selaku ketua panitia serta mewakili segenap panitia seluruhnya menghaturkan sepuluh jari diiringi permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas sambutan serta pelaksanaan Pelepasan kelas 6 ini jika terdapat kesalahan dan kekurangan baik dari fasilitas, sarana dan tempat yang kurang berkenan di hati hadirin semua, maka dari itu kami meminta ijin maafnya.

Kami sebagai panitia telah berusaha semaksimal mungkin guna menyukseskan acara pada hari ini, namun kami sadar jika segala sesuatunya pasti terdapat kekurangan-kekurangan, oleh karena itulah sekali lagi kami mengucapkan mohon maaf yang setinggi-tingginya.
Kami sebagai ketua panitia mengucapkan banyak terimakasih karena pada tahun ini kami selaku anggota komite sekolah telah diberikan kekuasaan penuh sesuai dengan salah satu tugas dan fungsi komite sekolah yaitu membantu memperlancar agenda dan kegiatan sekolah yang salah satu perwujudannya adalah dengan terselenggarakannya kegiatan pada hari ini yaitu acara Perpisahan dan Pelepasan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar ini.

Adapun acara Perpisahan dan Pelepasan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar ini merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakn setiap tahun setelah semua proses pembelajaran kelas VI selesai atau setelah ujian nasional/USBN selesai dilaksanakan. Selain sebagai ajang silaturahmi antarsiswa, orang tua, dan warga sekolah, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa kelas VI yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama enam tahun di jenjang Sekolah Dasar ( SD ). Mereka akan meninggalkan Sekolah Dasar (SD) dan melanjutkan pendidikannya ke Jenjang yang lebih tinggi yaitu SMP/MTs yang akan membantu mereka menuju pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya.

Pada perpisahaan tahun ini merupakan salah satu program sekolah yang rutin di laksanakan setiap tahun seperti pada tahun-thun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya di panitiai oleh bapak dan ibu guru, maka tahun ini seluruh kepanitiaan secara penuh dipegang dang dilaksanakan oleh komite sekolah. Pada saat bapak guru kelas 6 dan bapak kepala sekolah menawarkan penghandlean acara ini, dengan sigap dan nada yang lantang kami katakana ya pak. Itu merupakan wujud kepedulian kami terhadap sekolah dimana putera-puteri menimba ilmu dalam kesehariannya.

Hadirin yang berbahagia,
Perpisahan kelas 6 ini kami selenggarakan di sekolah dengan biaya murni dari sumbangan dari seluruh wali murid dan hal itu kami salurkan dengan kesadaran penuh supaya acara ini berjalan dengan lancer dan meriah. Kami lebih memilih melaksanakan acara perpiahan ini di sekolah, selain hemat biaya kami juga dapat menyaksikan penampilan anak kami diatas panggung daripada seperti sekolah lain kebanyakan yang mengadakan perpisahan kelas 6 dengan cara piknik dan jalan jalan ke tempat wisata yang jauh. Selain itu memakan banyak biaya, hal itu juga kami rasa kurang bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia,
Pada acara ini selain memiliki acara inti yaitu prosesi perpisahan dan pelepasan kelas 6, kita nanti juga akan menyaksikan berbagai penampilan terbaik dari putera puteri kita baik itu dalam bentuk puisi, nyanyian, tarian dan lain sebagainya. Kami juga mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada bapak dan ibu guru yang telah memberikan pelajaran tambahan menari sehingga untuk anak-anak tampil nanti. Maka dari itu saya menghimbau bapak dan ibu untuk mengikuti acara ini hingga selesai dan jika bapak dan ibu ingin mengabadikan penampilan mereka dalam wujud foto maupun video kami persilakan.

Hadirin yang berbahagia,
Acara perpisahan dan pelepasan kelas 6 ini dihadiri oleh sekitar 250 lebih tamu undangan. Yang terdiri dari 76 siswa, 76 wali murid, unsur Dinas Pendidikan kecamatan Karanganyar, Unsur Pemerintahan Desa Sekarjati dan tamu undangan lain.

Hadirin yang berbahagia,
Kita ketahui bahwa kita ini hidup dan besar di desa Sekarjati sejak lama. Dengan bimbingan dan arahan dari bapak kades kita bisa hidup rukun dan tenteram serta Alhamdulillah berlimpah rezeki. Kita juga patut bersyukur karena pemerintah telah mempercayakan desa sekarjati ini untuk didirikan sekolah dasar negeri yang salah satunya adalah SDN Sekarjati 1 ini. Sejak berdiri tahun 70an atau 80an yang lalu, sekolah ini telah mencetak banyak generasi bermartabat dan sukses yang sudah banyak contohnya. Maka dari itu marilah kita pupuk, kita ramaikan, kita uri-uri lembaga ini dengan cara menyekolahkan putera puteri kita di SDN Sekarjati 1 lagi. Saya dapat bocoran dari bapak Mariyadi bahwa selain sekolah ini punya banyak kegiatan bermanfaat seperti :
Pembiasaan Sholat Dzuhur berjamaah, Pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah, Berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan, Pembiasaan mengaji di awal pembelajaran, Kegiatan Pondok Romadhon dan buka puasa bersama setiap bulan Ramadhan, Program Bimbingan Belajar Intensif, Pekan Literasi Nasional, Persami Pramuka rutin setiap tahun, Bulan gizi setiap bulan, senam SKJ dan senam massal setiap hari jum'at, perpisahan siswa kelas 6 setiap tahunnya pada tahun ajaran depan akan ditambah banyak kegiatan termasuk bimbingan TPA atau Baca Tulis Al-Qur’an serta Pelajaran tambahan menari karena katanya menurut Undang-undang ASN, guru PNS wajib pulang jam 2 siang. Dan kesempatan itu akan digunakan untuk membimbing anak-anak kita lebih baik lagi. Sekolah kita ini nanti juga akan mendapatkan beberapa tambahan guru baru.


Tidak banyak yang saya sampaikan, salaya selaku ketua panitia mengucapkan selamat mengikuti acara ini.

Baca : 

Berikut adalah Susunan Acara Perpisahan Kelas 6 SDN Sekarjati 1 Karanganyar Lengkap :

Berlangganan via Email