Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Pernyataan

Pengertian Surat Pernyataan 
Surat Pernyataan adalah surat yang dibuat oleh suatu pihak untuk menerangkan bahwa ia: Merupakan atau bukan merupakan bagian dari suatu anggota tertentu; Pernah atau tidak pernah melakukan perbuatan tertentu; Sanggup untuk menjamin suatu hal atau mengambil risiko tertentu.

Jenis-jenis Surat Pernyataan
Sebagai keterangan, surat pengakuan kerap dipakai dalam pelbagai format dan kebutuhan. Beberapa urusan yang kerap memakai surat ini, antara lain:
1.  Surat Pernyataan Diri. Surat ini dipakai untuk menerangkan penjelasan diri, menyatakan kondisi pribadi atau menjelaskan hal yang perlu dikatakan kepada pihak-pihak tertentu.
2.  Surat Pernyataan hutang. Pernyataan ini dipakai untuk mengindikasikan bahwa seseorang tengah dalam situasi mempunyai hutang untuk pihak lain. Pernyataan laksana ini lebih mempunyai sifat pengakuan sampai-sampai akan mempunyai kekuatan hukum yang lumayan kuat.
3.  Surat Pernyataan Kesanggupan. Pernyataan jenis ini dipakai untuk mengikat seseorang dalam situasi tertentu.
4.  Surat Pernyataan Kerja. Bentuk ini dipakai utuk menjelaskan situasi sedang atau tengah bekerja. Di samping itu, dalam keperluan yang lain pengakuan ini dipakai untuk mengaku kesanggupan dalam bekerja.




Fungsi dan Manfaat Surat Pernyataan
1.  Bagi Pembuat. Dengan menciptakan surat pengakuan ini, seorang pembuat surat itu akan memiliki dalil dan bukti bahwa ia memang bersungguh-sungguh untuk mengerjakan sesuai dengan apa yang sudah ditulis.
2.  Bagi Penerima. Dengan adanya surat pengakuan tersebut, penerima surat bakal memiliki dalil atau bukti yang kuat guna menuntut pertanggungjawaban untuk pihak yang mencatat surat pengakuan tersebut andai ia mendapati sesuatu urusan yang tidak cocok dengan aturan atau keinginan.
3.  Bagi pihak yang dinyatakan. Adanya surat pengakuan tersebut akan bermanfaat sebagai penguat situasi pihak yang tertera dalam surat tersebut. Selain tersebut juga dapat dijadikan guna banding bilamana ada perkara yang tidak tepat.

Susunan/Bagian-bagian Surat Pernyataan
Berikut bagian-bagian atau rangkaian surat pengakuan yang baik dan benar.
1.  Judul atau nama surat, Biasanya ditulis dengan memakai huruf kapital, dicetak tebal dan berada ditengah-tengah.
2.  Isi surat pernyataan. Pada unsur ini mengandung : identitas pihak pembuat surat pernyataan, isi surat pengakuan yaitu berupa pernyataan atau kesanggupan yang cocok dengan fakta atau fakta, identitas pihak yang dinyatakan.
3.  Penutup surat pernyataan, yang terdiri dari: lokasi dan tanggal penciptaan surat, identitas pembuat surat, nama terang, tanda tangan, penjelasan tambahan (NIP, NIM dan lainnya).

4.  Materai (optional).



Cara Membuat Surat Pernyataan
Dalam membuat surat ini sebaiknya dilakukan dengan penulisan yang sesuai dengan yang tujuan dan kegunaan surat pernyataan tersebut. Adapun cara-caranya ialah sebagai berikut.
Tentukan terlebih dahulu tujuan dan kegunaan surat yang akan kita ditulis, mulai dari judul hingga penutupnya. Setelah seluruh telah ditentukan, silahkan kalian tulis kalimatnya pada surat pernyataan. Namun pun harus memakai kalimat yang baik dan benar cocok dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Namun baiknya penulisan surat pernyataan tersebut dibuat dengan memakai tulisan tangan, sebab di samping praktis tulisan tangan akan lebih diandalkan  oleh penerima karena autentiknya. Pada penulisannya harus langsung pada pokok pembahasan, tujuannya ialah agar pada isi surat itu tidak terlampau panjang dan hendaknya dikatakan dengan artikel yang jelas, tidak ambigu serta padat.




................................................................................................................................
Contoh Surat Pernyataan
................................................................................................................................

SURAT PERNYATAAN


Yang bertandatangan di bawah ini,

Nama                                : ………………………………….
Tempat / Tanggal Lahir    : …………………………………..
Alamat                             : …………………………………..
No. KTP                           : …………………………………..

Dalam rangka melakukan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di toko Berkah Abadi yang beralamat di Jl. Sri Mulya Walikukun, yang akan dilakukan dari …. (tanggal) sampai …. (tanggal), dengan ini saya menyatakan:

1.  Akan menanggung secara pribadi biaya-biaya akomodasi, transportasi, Penginapan, makan, asuransi kesehatan, serta keperluan pribadi lainnya;
2.  Akan mematuhi segala tata tertib dan peraturan di toko Berkah Abadi yang beralamat di Jl. Sri Mulya Walikukun;
3.  Akan mematuhi segala peraturan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di toko Berkah Abadi di toko Berkah Abadi yang beralamat di Jl. Sri Mulya Walikukun;
4. Akan melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di toko Berkah Abadi dengan sungguh-sungguh.; dan
5. Akan menjaga nama baik sekolah selama menjalani program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di toko Berkah Abadi yang beralamat di Jl. Sri Mulya Walikukun.

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk digunakan seperlunya, sesuai dengan peraturan yang berlaku.



…. (Tempat), ….(Tanggal, Bulan, Tahun)


(Materai Tempel Rp. 6.000)


(……(Nama Lengkap)……)


SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENATAR



Yang bertandatangan di bawah ini :
        Nama       :
        Jabatan     :
        Unit Kerja  :

Menyatakan bersedia menjadi Instruktur Kabupaten (IK) / Instruktur Provinsi (IP)  pada Kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru SD Kabupaten Ngawi Tahun 2018 yang diselenggarakan pada :

Hari          : Senin - Sabtu
Tanggal     : 16 s.d. 21 Juli 2018
                  (mengikuti kegiatan mulai dari pembukaan sampai kegiatan pelatihan selesai)
Lokasi      : SDN Sekarjati 2 Kecamatan Karanganyar

Demikian pernyataan ini saya buat dengan penuh rasa tanggung jawab.


                                                                                                           Karanganyar , 16 Juli 2018




                                                                                                            ………………………..
                                                                                                            NIP.




SURAT PERNYATAAN
Nomor: 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : .................................
NIP                             : ..................................
Pangkat, Gol/Ruang      : .................................
Jabatan                        : Kepala Sekolah
Unit Kerja                   : SDN ...............

Bersama ini menyatakan bahwa penerimaan Dana BOS Triwulan 2 sebesar Rp. ..........,- telah kami cadangkan sebesar 50% yakni Rp. ...............-. Dana tersebut telah digunakan untuk pemeuhan kebutuhan buku dengan rincian sebagai berikut:
No
Jenis Buku
Jumlah Buku
Jumlah Total Dana (Rp)
Penerbit
1.
K – 13
-
-
-
2.
KTSP
-
-
-
3.
Pegangan Guru
-
-
-
4.
Mulok
-
-
-
5.
Perpustakaan
-
-
-
6.
Pengayaan
-
-
-
7.
Refrensi
-
-
-
8.
Ensiklopedi
-
-
-
9.
Kamus Bahasa
-
-
-
Jumlah



Kami juga menyatakan, bahwa buku teks dan non teks tersebut diatas harganya sesuai HET dan buku-buku tersebut juga sudah mendapat pengesahan dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Demikian surat pernyataan kami buat, apabila di kemudian hari ernyataan ini tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, kami bersedia dikenakan sanksi administrasi dan/atau dituntut ganti rugi dan/atau tuntutan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ngawi,..........................
Kepala Sekolah SDN .......







..........................................
                                                                                                NIP. 


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BANTUAN PEMERINTAH
PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
TAHUN ANGGARAN 2018

Yang bertanda tangan di bawah ini    :
1.      Nama Lembaga                          : 
2.      Nama Pimpinan Lembaga           : 
3.      Alamat Lembaga                        : 

4.      Nama Bantuan                           : Bantuan pemerintah



Berdasarkan surat keputusan Nomor 1805 / D7.15.1 / KU / 2018 tanggal 2 Juli 2018 dan Perjanjian kerja sama Nomor 6114 / D7.15 / KU / 2018. Tangal 28 Juni 2018 telah menerima Bantuan Pemerintah dengan nilai nominal sebesar Rp ...............
Sehubungan dengan hal tersebut dengan ini saya menyampaikan laporan pertanggungjawaban bantuan sebagai berikut :
1.      Laporan penggunaan jumlah dana
  1. Jumlah total dana yang telah diterima : Rp ...................
  2. Jumlah total dana yang dipergunakan : Rp ...................
  3. Jumlah total sisa dana : Rp 0 ( nol rupiah )
2.     Telah menyelesaikan seluruh pekerjaa ( 100% ) bantuan pemerintah Pendampingan Kurikulum K13 Tahun 2018 berdasarkan perjanjian kerja sama tersebut di atas.
     Berdasarkan hal tersebut, saya dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa :
1.   Bukti-bukti pengeluaran dana Bantuan Pemerintah Pendampingan Kurikulum K13 Tahun 2018, sebesar Rp .........................., telah kami simpan sesuai dengan ketentuan untuk kelengkapan administrasi dan keperluan pemeriksaan aparat pengawas fungsional.
2.      Telah menyetorkan sisa dana bantuan ke kas negara sebesar Rp 0 ( nol rupiah ) sebagaimana Bukti Penerimaan Negara ( BPN ) terlampir* ).
3. Apabila di kemudian hari, atas penggunaan dana Bantuan Pemerintah satuan pendidikn/lembaga/organisasi mengakibatkan kerugian Negara yang berakibat dengan masalah hukum maka saya bersedia dituntut penggantiankerugian Negara dan menanggung semua ketentuan peraturan perundang-undangan.
Demikian laaporan pertanggungjawaban Bantuan Pemerintah Pendampingan Pelaksanaan kurikulum 2013 tahun anggaran 2018 ini kami buat dengan sesungguhnya dan penuh tanggungjawab.

Ngawi, ................
                                                                        Kepala Sekolah Induk Klaster
                                                                        Sekolah Negeri ..............


6000
 
 






                                                                        ...............................
       NIP. 

Berlangganan via Email