Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out I USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out I USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out I USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-1 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA


SOAL LATIHAN USBN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
 BAHASA INDONESIA


       A.    PILIHAN GANDA

1.      Setiap hari Minggu saya senang bermain di taman. Di sana saya melihat berbagai macam tumbuhan  semak . Seperti halnya tumbuhan beluntas, tumbuhan ini merupakan tumbuhan perdu yang unik dan banyak manfaatnya.
Makna kata semak pada paragraf diatas adalah …
A.    kelompok pohon yangliar dan berkayu.
B.     tumbuhan liar yang pendek dan banyak jenisnya.
C.     tumbuhan yang hidup sendiri tanpa bantuan manusia.
D.    tumbuhan kecil hanya cabang utamanya yang berkayu.

Kunci jawaban : D
Pembahasan     : menurut KBBI semak artinya tumbuhan seperti perdu tetapi lebih kecil dan rendahhanya cabang utamanya yang berkayu

2.      Tumbuhan beluntas termasuk tumbuhan liar yang banyak manfaatnya.
Antonim dari kata liar pada kalimat di atas adalah…
A.    beracun
B.     bahaya
C.     jinak
D.    buas

Kunci jawaban : C
Pembahasan      : dalam KBBI kata liar berarti tidak ada yang memelihara
Jadi jawaban yang tepat terdapat pada pilihan  C

3.      Kelelawar merupakan hewan yang mampu mengeluarkan dan menangkap gelombang ultrasonic. Hal ini digunakan kelelawar untuk berburu mencari makan di malam hari. Selain itu kelelawar juga memiliki ciri tidur pada sang hari.
Bagaimana cara kelelawar mencari makanan?
A.    Dengan menggunakan kemampuan ultrasonic
B.     Kelelawar  tidur di siang hari
C.     Dengan berburu di kegelapan
D.    Kelelawar menangkap serangga

Kunci jawaban : A
Pembahasan      ; kelelawar memiliki kemampuan mengeluarkan dan menangkap gelombang ultrasonic untuk mendeteksi makanannya

4.         Sudah dua hari Udin mengikuti latihan futsal. Karena kurang istirahat, Udin demam dan harus minum obat. Menurut informasi dari dokter, agar Udin segera sembuh selain istirahat Udin harus minum obat deman sesuai resep dari dokter, yaitu minum sirup pereda deman 3 kali sehari satu sendok.
 Kalimat yang mengandung informasi pada paragraf di atas adalah….
A.    Sudah dua hari Udin mengikuti latihan futsal
B.     Udin demam dan harus minum obat
C.     Udin harus minum obat sesuai resep dokter
D.    Minum sirup pereda demam 3 kali sehari satu sendok

Kunci jawaban  ; D
Pembahasan      ; kalimat yang mengandung informasi yang diinginkan pada paragraph adalah terletak pada kalimat terakhir yaitu minum sirup pereda demam 3 kali sehari satu sendok

5.      Buaya termasuk hewan buas yang berkembang biak dengan cara bertelur. Buaya akan membuat sarang bagi telur hewan lainnya. Buaya-buaya itu ingin membuat liang untuk menyimpan dan mencegah predator yang ingin memakan telur mereka. Jumlah telur yang akan buaya simpan bergantung pada spesiesnya, lokasi mereka dan ukuran mereka.

Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas adalah….
A.    Buaya termasuk hewan buas yang berkembang biak dengan cara bertelur
B.     Buaya akan membuat sarang bagi telur hewan lainnya
C.     Buaya- buaya itu ingin membuat liang untuk menyimpan dan mencegah predator
D.    Jumlah telur yang akan buaya simpan tergantung pada spesiesnya

Kunci jawaban : B
Pembahasan : kalimat buaya akan membuat sarang bagi telur hewan lainnya, tidak padu dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.

6.      Kukang binatang noktural atau binatang yang aktif  pada malam hari. Kukang memiliki mata yang dapat menyala dalam kegelapan. Saat mata kukang bersinar akan tampak menakutkan.
Topik paragraf di atas adalah….
A.    Kukang bermata menyala
B.     Kukang matanya bersinar
C.     Kukang binatang noktural
D.    Kukang aktif di malam hari

Kunci jawaban : C
Pembahasan      : Ide pokok paragraph tersebut terletak di awal paragraph, yaitu kukang binatang noktural atau aktif pada malam hari

7.      Kalimat iklan yang sesuai gambar tersebut adalah….
A.   
Sepatu sport INJAYA unik, nyaman dipakai, dan tahan lama!
B.     Perlu dicoba, sepatu sport yang langka!
C.     Model sederhana, harga murah pasti bisa!
D.    Pilihan terbatas, segera miliki dan cobalah!

Kunci jawaban : A
Pembahasan      : kalimat iklan bertujuan menarik konsumen.
Kalimat iklan sesuai gambar terdapat pada pilihan jawaban A Kalimat tersebut menunjukkan keunikan dan kualitas sepatu sport INJAYA

8.      Anita melakukan eksperimaen terhadap pembuatan miniatur alarm banjir. Ia mencoba membuatnya dengan menggunakan barang bekas seperti kaleng roti, karet ban, sandal jepit, dinamo mobil-mobilan dan karet gelang. Ia merakitnya sampai miniatur alarm banjir itu terbentuk dan menghasilkan bunyi ketika dicoba dipasang pada bak mandi yang sedang diisi air sampai penuh.
Anita berhasil mempertunjukkan hasil eksperimennya di acara pameran pendidikan tingkat kota Surabaya. Anita merasa senang dan bangga atas keberhasilannya.
Pernyataan sesuai isi paragraf tersebut adalah….
A.    Anita merasa senang dan bangga atas keberhasilannya.
B.     Anita merasa kesulitan melakukan eksperimen.
C.     Anita merakit miniature alarm banjirnya tanpa bantuan.
D.    Anita mencari bahan- bahan bekas untuk melakukan eksperimen.

Kunci jawaban : A
Pembahasan      : pernyataan yang sesuai dengan isi paragraph tersebut ditunjukkan pada kalimat terakhir yaitu Anita merasa senang dan bangga atas keberhasilannya


9.      Bunga anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang banyak digemari. Anggrek juga merupakan tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis - jenisnya tersebar luas dari daerah tropis basah hingga daerah yang beriklim sedang.
Simpulan paragraf di atas adalah….
A.    Bunga anggrek digemari semua orang , tumbuh berbunga dengan berbagai jenis yang tersebar luas.
B.     Bunga anggrek banyak digemari, termasuk tumbuhan berbunga dan jenisnya tersebar luas di daerah tropika hingga beriklim sedang.
C.     Anggrek digemari banyak orang, jenisnya tersebar luas di berbagai daerah tropika dan sedang.
D.    Anggrek banyak digemari, tumbuh di daerah tropika basah dan sedang.




Kunci jawaban   : B
Pembahasan        : inti sari paragraf tersebut adalah bunga anggrek banyak digemari, termasuk tumbuhan berbunga dan jenisnya tersebar luas di daerah tropika hingga beriklim sedang

10.  Taman Cahaya Surabaya terletak di sebuah kecamatan yang sangat strategis. Luasnya sekitar 100 m persegi. Di setiap sisi area bermain dipasang pagar pengaman agar para pengunjung merasa nyaman. Pagar–pagar itu bercat merah dan kuning yang mampu menarik perhatian. Dan disekeliling nya ditanami bunga-bunga indah seperti mawar, melati, herbras dan cempaka.
Jenis paragraf tersebut adalah…
A.    narasi
B.     eksposisi
C.     persuasi
D.    deskripsi

Kunci jawaban  : D
Pembahasan       : paragraf tersebut menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragraf ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci menggunakan panca indra baik mengenai keindahan alam, keadaan jasmani, watak atau perasaan seseorang.


11.   Setiap hari Sabtu Aldi berlatih futsal di lapangan dekat kantor kecamatan. Hari itu Aldi cepat-cepat lari menuju lapangan futsal. Di sana sudah banyak teman-teman Aldi yang menunggunya. Mereka latihan selama satu jam. Mereka berhenti dan segera istirahat. Aldi baru menyadari kalau dirinya lupa tidak membawa handuk kecil untuk menyeka keringatnya. Aldi pun segera meminjamnya kepada Davin. Davin menolak karena baginya tidak baik memakai handuk milik orang lain. Tetapi Aldi tetap memaksanya.

Akibat dari masalah dalam kutipan di atas adalah….
A.    Davin merasa tidak dihiraukan pendapatnya.
B.     Aldi akan membawa pulang handuknya.
C.     Aldi akan terkena kuman dari handuk itu.
D.    Handuk Davin akan cepat kotor dan mudah rusak.

Kunci jawaban : C
Pembahasan      : masalah dalam cerita dialami oleh Aldi dan Davin. Aldi meminjam handuk untuk menyeka keringatnya  yang sudah dipakai Davin. Jawaban tepat terdapat pada plihan jawaban C yaitu diprediksi Aldi akan terkena kuman yang berasal dari handuk.

12.  Teks 1
Pada bulan ini  warga RT 4 akan melakukan kerja bakti membangun jembatan yang hampir hancur. Para warga mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.tidak hanya itu, pembagian tugas pun sudah diatur sebaik-baiknya. Para warga bekerja sama menyelesaikan pembangunan jembatan hingga tuntas.

Teks 2
Setiap hari Jumat, seluruh siswa yang ada di SD kami selalu melakukan gotong-royong membersihkan kamar mandi, kelas, dan halaman seolah. Kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh seluruh warga sekolah. Kami bekerja sama agar lingkungan sekolah rapi dan bersih.

Persamaan teks di atas adalah…
A.    membangun jembatan
B.     rutin kerja bakti
C.     membersihkan lingkungan
D.    bekerja sama

Kunci jawaban  : D
Pembahasan       : teks 1 dan teks 2 sama – sama membahas bekerja sama


13.  Bu Neneng rajin menanam beberapa jenis tanaman tomat. Bu Neneng memanen hasil tanamannya bersama beberapa teman. Setelah hasil panennya terkumpul, Bu Neneng melakukan penimbangan. Bu Neneng memanen  50 kg tomat hijau, 12 kg tomat merah, 25 kg tomat besar, dan 42 kg tomat kecil. Hasil panen tersebut akan dijual ke pasar.

No
Jenis Tomat
Jumlah
1
hijau
50 kg
2
merah
12 kg
3
besar
….
4
kecil
42 kg
Data yang tepat untuk mengisi kolom di atas adalah…
A.    12 kg
B.     25 kg
C.     42 kg
D.    50 kg

Kunci jawaban : B
Pembahasan berdasarkan data tersebut, bagian nomor 2) dapat dilengkapi dengan 25 kg. perhatikan secara cermat informasi dalam ilustrasi.

14.                                           Menjaga Kesehatan Lingkungan kita dan sekitar

Menjaga kesehatan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, kesehatan lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya. Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.
Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.
Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
Bagaimana cara mendapatkan tubuh yang sehat?
A. malas berolahraga, makan berlebihan, dan melupakan nikmat karunia Tuhan YME.
B. berolahraga secara rutin, makan sembarangan, dan menjaga lingkungan yang sehat dan bersih.
C. mengkonsumsi makanan sehat dan mahal dan berolahraga secara rutin dan teratur.
D. berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih.


Kunci Jawaban          : D
Pembahasan               : Cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat (paragraf 2)

15.                                                       Pahlawan Kecil

Namaku Joni, semenjak ayahku meninggal, aku tinggal dengan ibuku dan ketiga adikku. Aku sangat sayang sama mereka. Aku tinggal di desa Suka Maju, kecamatan Sukabumi. Rumahku sangat sederhana. Karena aku yang paling besar, aku bertanggung jawab atas semua keluargaku. Setiap pulang sekolah aku berangkat mengamen di pinggir jalan. Walaupun mengamen aku tetap sekolah untuk menggapai cita-citaku. Aku selalu giat belajar dan bekerja untuk keluarga.
Tokoh utama dalam cerita “Pahlawan Kecil” adalah
A.    Adik
B.    Ibu
C.    Ayah
D.    Joni




Kunci Jawaban          : D
Pembahasan               : Tokoh utama adalah tokoh yang diutamakan dalam sebuah cerita. Tokoh utama merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan dan banyak hadir dalam setiap kejadian. Jadi tokoh utamanya adalah Joni.


16.                   Adikku sayang
       Adikku mengapa kau menangis
       Aku ikut sedih rasanya
Hatiku ikut teriris-iris
Karena ikut memikirkannya
Adikku sayang
Ayo katakan
Apa yang kau pikirkan
Berhentilah menangis
                   Makna kata kias yang dicetak miring pada syair tersebut adalah…
A.    luka
B.     sedih
C.     hampa
D.    terpotong

Kunci Jawaban          : B
Pembahasan               : Hatiku ikut teriris-iris artinya sama dengan hatiku ikut sedih


17. Menjangan dan macan bertengkar sebab macan ingin menyantap menjangan. Menjangan tidak bersedia disantap. Macan beralasan bahwa ia melakukan itu karena ia bermimpi makan menjangan. Kemudian mereka berdua meminta keadilan kepada penguasa hutan rimba, sang gajah. Namun, karena gajah telah diancam oleh macan, ditambah lagi dijanjikan akan dihadiahi makanan kesukaanya, maka keputusan gajah berpihak kepada macan. Namun, sebelum gajah memberi keputusan mengijinkan macan menyantap manjangan, tiba-tiba dilihatnya sang kancil menaiki atap rumah gajah sambil membawa obor. Kancil ingin membakar rumah gajah karena telah bermimpi membakar rumah gajah. Gajah malu dan sadar sehingga gajah kembali bertindak adil.
Kesimpulan cerita di atas adalah….
A.      Gajah tidak menyadari kesalahannya dengan membuat keputusan yang tidak adil karena membela menjangan.
B.       Gajah menyadari kesalahannya dengan membuat keputusan yang adil karena membela menjangan.
C.       Gajah menyadari kesalahannya dengan membuat keputusan yang adil karena membela macan.
D.      Gajah menyadari kesalahannya dengan membuat keputusan yang adil karena mewujudkan mimpi macan.

Kunci Jawaban          : B
Pembahasan               : Gajah menyadari kesalahannya dengan membuat keputusan yang adil karena membela menjangan.

18. Walaupun kaya jangan menghina
       Kaya dan miskin sama saja
       Yang hina jangan ditambah hina
       Kerana hidup seperti roda
       Maksud kutipan syair tersebut adalah…
A.    Jadi orang kaya jangan menghina orang miskin
B.     Walau kaya dan miskin sama hina
C.     Kaya dan miskin hidup seperti roda
D.    Kaya dan miskin sama-sama hina

Kunci jawaban          : A
Pembahasan              : Maksud dari kutipan syair yang tepat adalah Jadi orang kaya jangan menghina orang miskin





19. Bacalah kutipan cerita berikut!

Ketika esoknya Tini mesti belanja lagi, toko itu kelihatan begitu ramai. Semua buah tomat terjual habis. “kali ini saya tidak bisa memberimu tomat. Besok saja, ya? Doakan dagangan saya laku,” kata pemilik toko menghibur Tini. Tini kemudian melempar belanjaannya. Dia tidak pulang ke rumah. Tini merasa semua orang mencuri tomatnya. Di tengah sebuah jalan raya Tini berhenti. Ia melihat semua benda bergerak ramai ke sana ke mari. Keasyikan yang rasanya belum pernah didapatinya.
Penyebab konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah….
A.    Tini berbelanja di toko keesokan harinya.
B.     Semua tomat di toko terjual habis.
C.     Pemilik toko tidak memberi tomat kepada Tini.
D.    Pemilik toko menghibur Tini.

Kunci jawaban          : C
Pembahasan               : konflik akan muncul jika ada penyebabnya. Konflik dalam kutipan cerita tersebut dialami oleh Tini. Tini merasa kecewa. Penyebab konflik Tini kecewa adalah ia tidak diberi tomat oleh pemilik toko karena tomat terjual habis. Jadi, penyebab konflik dalam kutipan cerita tersebut pemilik toko tersebut tidak memberi tomat kepada Tini.


      20. Bacalah cerita berikut ini!

Bel akhir pelajaran berbunyi nyaring, tanda waktu sekolah telah usai. Sandi dan Arif mengemasi buku dan alat tulisnya sambil membicarakan tentang liburan semester ganjil. Mereka mempunyai rencana liburan masing-masing. Mereka asyik berbincang sambil berjalan menuju tempat parkir sepeda. Arif baru ingat kalau hari ini ia tidak membawa sepeda. Arif pun berniat untuk pulang jalan kaki.
Saat Arif hendak berpamitan kepada Sandi untuk pulang terlebih dahulu, Sandi mengajak Arif untuk pulang bersama. Hari ini Sandi membawa sepeda. Sandi ingin memberi tumpangan kepada Arif, karena rumah Arif dan rumah Sandi satu arah. Awalnya Arif menolak tawaran Sandi karena akan merepotkan. Sandi meyakinkan Arif dan berkata, “Tidak ada yang merasa direpotkan jika kita berniat untuk membantu teman. Ayo, Rif, ikut saja denganku!” Arif pun bersedia ikut dan mengucapkan terima kasih kepada Sandi.
Hal yang terjadi jika Arif membawa sepeda adalah….
 A. Arif menawarkan untuk membonceng dan mengantarkan Sandi pulang ke rumah menggunakan sepeda.
 B. Arif tidak perlu berjalan kaki karena ia akan dibonceng Sandi menggunakan sepeda pulang ke rumah.
 C. Sandi tidak perlu menawarkan untuk membonceng Arif karena Arif pulang dengan berjalan kaki.
 D. Arif bisa pulang bersama Sandi menggunakan sepeda masing-masing.


Kunci jawaban          : D
Pembahasan               : Sudah jelas

21. Bacalah teks berikut ini!

Fahra dan teman sekelasnya akan berkemah. Ia ragu dengan kemampuannya dalam berkemah. Kegiatan tersebut adalah pengalaman berkemah pertamanya. “Mengapa kamu tampak ragu?’ tanya ayah Fahra.
“Saya tidak yakin dapat mengikuti perkemahan ini. Regu kami pasti tidak dapat mendirikan tenda, saya tidak jadi ikut saja,” keluh Fahra. Ayah Fahra pun memberikan semangat dan membesarkan hati anaknya. “Ayah yakin, kamu dan regu akan sukses mengikuti kegiatan ini, “ kata Ayah.
Akhirnya Fahra menuruti nasihat ayahnya. Dia diantar ayahnya berangkat menuju bumi perkemahan. Sampai di sana, teman-teman telah menunggunya. “Adik-adik, kalian diberi waktu satu jam untuk mendirikan tenda,” ujar Kak Udin. Fahra teringat nasihat ayahnya untuk selalu bersemangat. Regu Fahra bergotong-royong mendirikan tenda. Mereka bekerja dengan semangat. Belum ada satu jam tenda Fahra dan teman-teman sudah berdiri. Fahra pun tersenyum lega dan semakin percaya diri.
Nilai moral positif tokoh Fahra pada cerita tersebut adalah…
 A. rajin dalam berusaha.
 B. semangat untuk mencoba.
 C. patuh pada nasihat kedua orang tua.
 D. kerja sama pada semua kegiatan.
Kunci jawaban          : B
Pembahasan               : Semangat untuk pengalaman yang pertama

22. Bacalah cerita berikut!
Nurul sangat ingin menjadi juara kelas seperti Hana. Hana adalah anak yang rajin belajar dan beribadah. Dia memiliki jadwal yang panjang ketika belajar. Berbeda dengan Nurul. Nurul tidak mau belajar. Setiap hari, dia hanya bermain dan menonton TV. Ketika ada PR, dia malas mengerjakannya dan memilih untuk mencontek PR teman di sekolah. Teman-temannya sudah sering menasihatinya, tetapi dia tidak mau mendengarkannya.
Hal yang patut diteladani dari tokoh Hana adalah…
A.  Rajin belajar dan suka menolong.
B.  Rajin belajar dan beribadah.
C.  Malas belajar dan rajin beribadah.
D.  Malas dan mudah putus asa.

Kunci jawaban          : B
Pembahasan               : Hal yang patut diteladani adalah karakter atau sifat yang baik. Seperti pada cerita tersebut, hal yang patut diteladani adalah rajin belajar dan beribadah


23. Perhatikan petunjuk pembuatan tape singkong berikut!
1)    Rebus singkong hingga matang.
2)   Masukkan tape yang sudah jadi ke dalam keranjang yang dilapisi dengan daun pisang yang telah disiapkan.
3)    Siapkan singkong dan kupas kulitnya.
4)    Cucilah singkong berulang-ulang dengan air bersih.
5)    Taburi ragi dan tutup rapat-rapat hingga beberapa hari.
Urutan cara membuat tape singkong yang benar adalah...
A.  3) –4) –1) –5) 2)
B.  3) –4) –5) –2) –1)
C.  3) –4) –1) –2) 5)
D.  3) –4) –2) –5) –1)

24. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Malaysia tadi malam sangat sengit. Kedua tim saling berusaha untuk mencetak gol. Beberapa kali juga terjadi pelanggaran karena permainan cepat dan keras dari kedua tim. Akibatnya, salah seorang pemain tidak dapat mengikuti pertandingan berikutnya karena … kartu kuning yang didapatnya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…
A.       reparasi
B.       surplus
C.       akumulasi
D.       defisit
Kunci jawaban          : C
Pembahasan     : Arti akumulasi adalah pengumpulan; penimbunan; penghimpunan:
25. Perhatikan percakapan berikut!
Anton  : Aku perlu bantuanmu untuk menyusun surat protes itu.
Rini     : Kurasa tak ada gunanya kita protes. Kita sudah kalah. Bagi kita, kepala sekolah bukan guru lagi, bukan pendidik. Ia berlagak penguasa.
Kardi    : Itu tafsiranmu, Rin. Menurut dia, tindakannya itu mendidik.
Anton   : Mendidik, tetapi mendidik pemberontak. Bukan mendidik anak-anaknya sendiri. Gila!
Kardi   : Seperti ….
Kalimat untuk melengkapi dialog di atas adalah….
A.       memelihara anak singa
B.       membesarkan serigala di kandang ayam
C.       menegakkan benang basah
D.       mencari jarum di tumpukan jerami
Kunci jawaban       :    B
Pembahasan        : Serigala adalah binatang yang dikenal licik dan suka menyerang musuh disaat lemah. Kondisi ini dianalogikan dengan orang yang memiliki sifat seperti srigala. 

26. Bacalah kalimat-kalimat acak berikut!
      1. Setiap pagi ia berangkat naik bus kota.
      2. Menurutnya, ongkos naik bus kota termasuk murah.
      3. Walaupun berdesakan, ia tetap menjalaninya setiap hari.
      4. Jarak tempat kerja Andre jauh dari rumah.
 Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah…
A.    4 – 3 – 2 – 1
B.     4 – 2 – 3 – 1
C.     3 – 4 – 2 – 1
D.    4 – 1 – 2 – 3

Kunci jawaban          : D
Pembahasan          : 4 – 1 – 2 – 3

27.     Bacalah teks petunjuk di bawah ini !
1.   Bilas dan isi dengan air bersih.
2.   Bersihkan kotoran-kotoran yang terdapat dalam akuarium.
3.   Keluarkan semua  air dari dalam akuarium.
4.   Masukkan kembali ikan ke dalam akuarium.
5.   Pindahkan  ikan-ikan ke dalam bak berisi air.
Urutan yang tepat prosedur membersihkan aquarium  di atas adalah…
A.    5,2,3,1,4
B.     5,3,2,4,1
C.     5,3,4,1,2
D.    5,3,2,1,4
Kunci jawaban          : D
Pembahasan               : sesuai urutan

28.    Bacalah teks pidato di bawah ini!
Kami sampaikan terima kasih setulus hati kepada  bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami selama belajar di sekolah ini. Selama enam tahun dengan penuh kesabaran memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi masa depan kami. Kami juga mohon maaf atas ... serta perilaku yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru sekalian. Kami mohon bantuan doa dari bapak dan ibu guru agar kami dapat melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi dan dapat  meraih  cita-cita.
Frase yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah...
A.    kesalahan dan kenakalan
B.     kebaikan dan keburukan
C.     kekurangan dan kelebihan
D.    kebaikan dan kelebihan


Kunci jawaban          : A
Pembahasan              : permohonan maaf digunakan untuk suatu kesalahan atau perilaku yang salah

29.    Sahrul bertanya, “Mau ke mana kalian hari ini…”
Tanda baca yang tepat untuk mengisi titik-titik kalimat di atas adalah...
A.    tanda seru (!)
B.     tanda titik (.)
C.     tanda tanya (?)
D.    tanda koma (,)

Kunci jawaban          : C
Pembahasan              : kalimat tanya

30.    Oleh karena itu, kalian harus dapat menyusun kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. 
Kalimat tersebut dapat diperbaiki strukturnya (SPOK) sehingga menjadi kalimat yang efektif menjadi....
A.    Karena itu,kalian harus dapat menyusun kalimat yang sederhana dan mudah dipahami
B.     Oleh karena ,kalian harus dapat menyusun kalimat yang sederhana dan mudah dipahami
C.     Kalian harus dapat menyusun kalimat yang sederhana dan mudah dipahami
D.    Karena itu,kalian harus dapat menyusun kalimat

Kunci jawaban          : C
Pembahasan              : Subjek : Kalian; Predikat : harus dapat menyusun; Objek  : kalimat; Keterangan : yang sederhana, dan mudah dipahami. Pola kalimat : S-P-O-K

31.  Pemanfaatan energi alternatip dapat mengurangi ketergantungan terhadap energi yang berasal dari fosil.
Kata yang bercetak miring, jika diperbaiki ejaan yang benar menjadi...
A.    alternativ
B.     alternatiph
C.     alternatif
D.    alternative

Kunci jawaban          : C
Pembahasan               : sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia(PUEBI)

32.  Bacalah teks berikut!
(1)   Kegiatan persami diadakan pada hari sabtu-minggu. (2) Kegiatan pramuka ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pukul 15.00 wib. (3) Upacara dilakukan di halaman sekolah. (4) Setelah upacara, setiap regu kembali ke tenda masing-masing untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.
Kesalahan penulisan ejaan terdapat pada kalimat bernomor…
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

Kunci jawaban          : A
Pembahasan               : sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia(PUEBI) huruf pertama pada penulisan nama hari ditulis dengan huruf kapital menjadi Sabtu-Minggu

33.  Perhatikan kutipan surat undangan berikut ini!
Yth: Bapak Eko, S.Pd.
Di tempat
Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya perpisahan kelas VI, maka kami mengundang Bapak/Ibu dalam  rapat persiapan acara tersebut.




Tanda baca yang tidak tepat dalam kutipan tersebut adalah…
A.    titik dua (:) setelah singkatan Yth
B.     koma (,) setelah kata Bapak Eko
C.     titik (.) pada singkatan S.Pd.
D.    koma (,) setelah kata kelas VI

Kunci jawaban          :A
Pembahasan               : tanda baca yang tepat setelah singkatan Yth adalah titik (.) sesuai PUEBI.

34.  Perhatikan penggalan percakapan berikut!
Budi   :  No,  nanti kamu les Bahasa Indonesia, kan?
Dono  :  Iya. Kamu berangkat pukul berapa,  Bud!
   Budi  :  Aku berangkat pukul empat  sore.
Dono  :  Oke,  kalau begitu  kita berangkat bareng, yuk!
Budi  :  Baiklah!Aku tunggu di tempat biasa, ya!
Penggunaan tanda baca yang kurang tepat pada percakapan tersebut ditunjukan  pada kalimat....
A.    No, nanti kamu les Bahasa Indonesia,kan?
B.     Iya. Kamu berangkat pukul berapa,  Bud!
C.     Aku berangkat pukul empat  sore.
D.    Oke,kalau begitu  kita berangkat bareng,yuk!

Kunci jawaban          :B
Pembahasan               : tanda baca yang tepat untuk kalimat tanya adalah tanda tanya (?) sesuai PUEBI.

35.  Perhatikan percakapan berikut!
Zara   : Wo, apa kamu mau ikut jenguk Hadi!
Bowo : Loh, emangnya Hadi sakit apa?
Zara   : Hadi sakit tifus. Sekarang dirawat di rumah sakit?
Bowo : Oh, begitu. Ya, aku mau ikut. Aku mau mendoakan Hadi semoga cepat sembuh.
Zara   : Baiklah?
Penggunaan tanda baca yang tepat pada dialog di atas terdapat pada kalimat....
A.    Wo, apa kamu mau ikut jenguk Hadi!
B.     Loh, emangnya Hadi sakit apa?
C.     Hadi sakit tifus. Sekarang dirawat di rumah sakit?
D.    Baiklah?

Kunci jawaban          :B
Pembahasan               : tanda baca yang tepat untuk kalimat tanya adalah tanda tanya (?) sesuai PUEBI

36.  Cermati kalimat berikut!
Setiap hari surat kabar yang sudah terbaca dibiarkan begitu saja berserakkan di teras rumahnya.
Penulisan kata surat kabar pada kalimat di atas apabila diulang menjadi...
A.    surat surat-kabar
B.     surat-surat kabar
C.     surat kabar-kabar
D.    surat kabar-surat kabar

Kunci jawaban          :B
Pembahasan               : pengulangan kata pertama jika sebuah gabungan kata diulang dengan memperhatikan penempatan tanda hubung (-) sesuai PUEBI.

37.  Deretan kata berikut yang penulisan ejaan benar adalah…
A.    adi busana, antar kota, anti biotik
B.     adibusana, antarkota, antibiotik
C.     adibusana, antar-kota, anti biotik
D.    adi busana, antar-kota, antibiotik
Kunci jawaban          :B
Pembahasan               : bentuk terikat ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya (sesuai PUEBI).

38.  Adik … bukunya kepada ibu sejak tadi.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
A.    melihatkan
B.     dilihatkan
C.     memperlihatkan
D.    diperlihatkan

Kunci jawaban          :C
Pembahasan               : kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah memperlihatkan. Karena kalimat tersebut merupakan kalimat aktif.

39.  Bacalah paragraf berikut!
setelah lulus dari sd melati amir berencana melanjutkan pendidikan ke smp hati suci.
Amir rajin mengikuti bimbingan belajar, agar mendapatkan nilai terbaik dan lolos seleksi masuk SMP
Amir ingin sekali membahagiakan kedua orang tuanya dengan masuk ke SMP favorit di kotanya.
Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring adalah….
A. Setelah lulus dari SD melati, Amir berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Hati suci
B. Setelah lulus dari SD Melati, Amir berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Hati Suci
C. setelah lulus dari SD Melati, Amir berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Hati Suci
D. Setelah lulus dari SD Melati, Amir berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Hati Suci

Kunci jawaban          :D
Pembahasan               : Penggunaan huruf kapital (sesuai PUEBI).

40.  Bacalah teks berikut!
Pembatasan pembelian solar bersubsidi diyakini akan mempersulit teknis operasional angkutan umum. Hal itu juga akan meningkatkan biaya transportasi dan harga barang. Akhirnya, hal itu akan mengurangi tingkat kesejahteraan masyarakat.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah…
A. tanda koma (,) diganti titik (.) setelah kata umum
B. tanda koma (,) diganti titik koma (;) setelah kata akhirnya
C. tandan koma (,) dihilangkan setelah kata akhirnya
D. tanda koma (,) sebelum kata hal diganti tanda titk (,)

Kunci jawaban          :A
Pembahasan               : Penggunaan huruf kapital (sesuai PUEBI).


         B.     URAIAN

41. Bacalah paragraf berikut!

Rumah Sakit Harapan Bunda Anak akan melaksanakan kegiatan seminar kesehatan bagi ibu hamil. Acara ini akan membahas banyak hal seputar kehamilan. acara ini akan diadakan pada hari senin, 11 juni 2018, pada pukul 10.00/12.00 wib? Peserta seminar akan mendapatkan bingkisan yang menarik.

Tuiskan perbaikan kesalahan ejaan dan tanda baca yang tepat pada kalimat yang dicetak miring dalam teks tersebut!
Kunci jawaban         : Acara ini akan diadakan pada hari Senin, 11 Juni 2018 pada pukul 10.00-12.00 wib.



42. Perhatikan teks pidato berikut !
      Bapak, Ibu, hadirin yang kami hormati, pertama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena limpahan rahmat-Nya, kita dalam keadaan sehat. Sehingga, dapat menghadiri acara pelepasan siswa-siswi kelas VI.
      . . . . kini kami dapat menyelesaikan pendidikan di SD ini dengan prestasi yang baik. Mohon tidak lupa kami dibukakan pintu maaf jika selama, menuntut ilmu di sekolah ini kami banyak melakukan kesalahan.
Tuliskan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada naskah pidato tersebut!

Kunci jawaban         : Pada kesempatan ini, saya mewakili teman-teman mengucapkan selamat tinggal kepada Bapak/Ibu Guru.

43. Perhatikan kutipan percakapan berikut!
       Wening         : Perlengkapan apa saja yang perlu kita siapkan untuk membuat kolase, Siti?
Siti                : Kertas, lem, ranting kering, daun kering dan biji-bijian.
              Wening          : Apakah kita tidak memerlukan gunting, Ning?
              Siti                 : O iya gunting. Maaf, aku lupa.
              Wening          : Berarti bahan dan perlngkapan sudah siap. Mari kita mulai membuat kolase.
              Siti                 : Baiklah

             Ubahlah teks percakapan di atas menjadi cerita narasi!

Kunci Jawaban         : Wening dan Siti akan membuat kolase. Mereka mempersiapkan alat dan bahannnya berupa kertas, lem, ranting kering, daun kering, dan biji-bijian serta gunting. Mereka pun memulainya.

44. Para murid-murid dipersilahkan maju kedepan.
Kalimat di atas ubahlah menjadi kalimat efektif!

Kunci jawaban           : para murid-murid (dapat dihilangkan salah 1 kata) dan maju ke depan (dapat dihilangkan salah 1 kata)

45. Perhatikan pantun berikut!
      
     Ikan pari membawa paku
Ikan emas di tepi kali
…………………………
…………………………

Lengkapilah pantun persahabatan di atas!

Kunci jawaban       : Bolehlah teman lupa padaku
                                 Asal esok ingat kembali



DOWNLOAD SOAL TRY OUT USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out I USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini:

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out I USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe 

Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya "Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama"

Berlangganan via Email