Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 9 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 9 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 9 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-9 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


SOAL TRY OUT USBN PAKET 9 TAHUN PELAJARAN 2018-2019
MATA PELAJARAN      :    BAHASA INDONESIA

I.    Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang paling benar!
     
Bacalah dengan saksama!
      Setiap orang pasti tidak nyaman jika rumahnya juga dihuni oleh tikus.Kini, seiring majunya teknologi, telah tersedia alat pengusir tikus elektrik.Alat ini cukup efektif mengusir tikus tanpa mengganggu si pemilik rumah. Alat pengusir tikus ini dilengkapi dengan gelombang elektromagnetik. Secara otomatis alat ini dapat mengeluarkan suara ultrasonik  yang tidak disukai oleh tikus. Manusia tidak dapat mendengar suara dari alat ini. Cara kerja alat ini cukup sederhana, yaitu dengan dicolok ke listrik dan tikus dan hewan-hewan lainnya seperti kecoak akan pergi.
    1.      Arti kata efektif dalam paragraf di atas adalah….
A.    andal                                
B.     manjur
C.     menyenangkan
D.    multifungsi
Kunci jawaban: B
Pembahasan: efektif artinya manjur atau dapat membawa hasil                                     

     2.      Antonim kata otomatis dalam paragraf di atas adalah….
A.    canggih                                         
B.     kuno
C.     langsung
D.    manual
Kunci jawaban: D
Pembahasan: otomatis artinya dapat bekerja dengan sendirinya, antonimnya adalah manual artinya dilakukan dengan bantuan tangan manusia
                                         
      3.      Bagaimana cara kerja alat pengusir tikus elektrik tersebut?
A.    Mengusir tikus dengan mengeluarkan bau-bauan yang yang tidak disukai tikus.
B.     Mengusir tikus dengan  gelombang elektromagnetik yang dapat mengeluarkan suara ultrasonik.
C.     Mengusir tikus dengan dengan mengeluarkan suara mirip suara kucing.
D.    Mengusir tikus dengan membuat tikus merasa kepanasan.
Kunci jawaban: B
Pembahasan : Alat itu dilengkapi gelombang elektromagnetik. Gelombang itu menghasilkan suara ultrasonik. Suara itu tidak disukai tikus

     4.      Berjalan kaki adalah olahraga ringan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain tak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tdak perlu memakai peralatan atau pakaian olahraga tertentu yang harganya selangit. Cukup bermodalkan sepatu olahraga ringan, plus celana training panjang dan bahkan tanpa harus mengenakan alas kakipun oke. Plus gratis tentunya. Meskipun begitu manfaatnya bagi kesehatan sangat bagus untuk jantung, penglihatan, tulang, otot, bahkan baik untuk menyegarkan pikiran.
Kalimat yang mengandung informasi sesuai isi paragraf adalah
A.    Berjalan kaki adalah olahraga ringan tidak memerlukan keahlian khusus.
B.     Olah raga jalan kaki memerlukan modal cukup sederhana.
C.     Olah raga jalan kaki kurang digemari masyarakat.
D.    Olah raga jalan kaki membutuhkan peralatan yang harganya selangit.
Kunci jawaban: A
Pembahasan : sudah jelas

     5.      Pak Heru sudah 5 tahun  berusaha mengembangkan usahanya. Akan tetapi setiap tahun perusahannya tidak mengalami kemajuan. Keuangan keluarga Pak Heru semakin baik. Akhirnya sekarang perusahaan tersebut bangkrut.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf di atas adalah…
A.    Pak Heru sudah 5 tahun  berusaha mengembangkan usahanya.
B.     Akan tetapi setiap tahun perusahannya tidak mengalami kemajuan.
C.     Keuangan keluarga Pak Heru semakin baik.
D.    Akhirnya sekarang perusahaan tersebut bangkrut.
Kunci jawaban :  C
Pembahasan : Kalimat,”Keuangan keluarga Pak Heru semakin baik,” kontradiksi dengan kalimat sebelumnya  yang menyatakan bahwa usaha Pak Heru tidak mengalami kemajuan, dan kalimat sesudahnya yang menyatakan akhirnya sekarang perusahaan tersebut bangkrut.

     6.      Wayang kulit merupakan kesenian Indonesia yang terkenal di mancanegara. Istilah wayang ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti bayang. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa kata wayang berasal dari kata Ma Hyang yang berarti menuju Illahi.Wayang kulit dibuat dari kulit kerbau yang ditatah secara hati-hati untuk mendapatkan detail ukiran yang sempurna.
Topik teks di atas adalah….
A.    kesenian wayang kulit
B.     cara membuat wayang kulit
C.     istilah wayang kulit
D.    ukiran pada wayang kulit
Kunci jawaban: A
Pembahasan : A. adalah ide pokok/ topik yaitu kesenian wayang kulit terdapat pada kalimat utama yaitu pada kalimat wayang kulit merupakan salah satu kesenian Indonesia yang sudah cukup terkenal di mancanegara. Sementara B, C, D merupakan kalimat penjelas dari kalimat utama

    8.      Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan gadget dewasa ini makin tak terelakkan. Usia di bawah 12 tahun pun sudah mengenal gadget. Bahkan, mereka menjadi pengguna aktif. Umumnya mereka tidak menyadari bahaya laten penggunaan gadget yang digunakan tanpa sikap bijaksana. Jika sudah kecanduan gadget, dikhawatirkan anak-anak terganggu semangat belajarnya. Dampak akhirnya, anak-anak dapat turun prestasi belajarnya.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah…
A.    Penggunaan gadget yang tidak bijaksana dapat membawa kerugian.
B.     Anak usia di bawah 12 tahun sudah dianjurkan menggunakan gadget.
C.     Kecanduan gadget tidak berdampak pada prestasi belajar.
D.    Anak usia 12 tahun belum mampu mengoperasikan gadget.
Kunci jawaban: A
Pembahasan    :  jawaban A sudah sesuai dengan isi  teks bahwa dengan menggunakan gadget dengan tidak bijaksana akan berakibat menurunnya prestasi belajar siswa dan itu sama halnya membawa kerugian bagi siswa.

     9.      Setiap hari siswa-siswi  tim hidroponik di sekolahku melakukan perawatan tanaman. Mereka bergotong- royong merawat dan mencatat pertumbuhan tanaman hidroponiknya. Daun-daun yang busuk dipotong agar tidak menular ke tanaman yang lain. Mereka juga tidak lupa memberikan nutrisi bagi tanaman hidroponik agar makin cepat pertumbuhannya.
Kesimpulan paragraph tersebut adalah...
A.    Tim hidroponik merasa bosan merawat tanamannya.
B.     Tim hidroponik hnya mencatat pertumbuhan tanamannya,
C.     Tim hidroponik melakukan tugasnya dengan penuh semangat.
D.    Tim hidroponik kurang peduli terhadap tugasnya.
Kunci jawaban: C
Pembahasan : sudah jelas

    10.  Aku dan teman-temanku pulang sekolah. Kami tidak langsung pulang ke rumah. Kami mengerjakan tugas sekolah di rumah Alya Kartika. Saat itu kami mendapat tugas membuat power point tentang profil negara anggota ASEAN. Kebetulan kami mendapat tugas profil Negara Indonesia, sementara kelompok lain mendapat tugas profil negara yang berbeda.
Jenis paragraf tersebut adalah….
A.    deskripsi
B.     narasi
C.     eksposisi
D.    persuasi
Kunci jawaban: B
Pembahasan :  jenis paragraf tersebut merupakan narasi karena menceritakan tokoh aku yang bekerja kelompok bersama teman-temannya.

    11.  Tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, para pahlawan telah mengorbankan nyawanya. Kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka. Karena itu kita merayakan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November.
Apa yang terjadi seandainya kita tidak mau mengisi kemerdekaan ini sesuai perkembangan zaman?
A.    Negara kita tidak akan maju dan berkembang sesuai perkembangan zaman.
B.     Kita tidak pernah mendapat kesempatan bisa sekolah seperti sekarang.
C.     Pahlawan pasti akan merasa bangga dengan sikap-sikap generasi muda.
D.    Negara kita akan maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan: sudah jelas

     12.  Teks 1
Sepak bola merupakan olahraga yang digemari di Indonesia. Para supporter, berbondong-bondong untuk menonton pertandingan sepak bola secara langsung. Setiap daerah memiliki jagoannya masing-masing. Kefanatikan supporter kadang menjadi gambaran negatif dari dunia sepak bola kita. Wasit sering menjadi korban pemukulan supporter. Tim-tim sepak bola sering dikenai sanksi karena tidak mampu mengatur ulah supporternya.
Teks 2
Siaran langsung sepak bola Liga Inggris sering kita saksikan di televisi setiap akhir pekan. Aksi-aksi  pemain Liga Inggris sangat rapi. Supporter duduk di tempat masing-masing tanpa melakukan tindakan anarkis. Suasana pertandingan sangat kondusif. Klub sepak bola, wasit, dan supporter saling menghargai tanggungjawabnya masing-masing.
Persamaan kedua teks di atas adalah....
A.    perilaku negatif penonton sepak bola
B.     olahraga favorit masyarakat Indonesia dan dunia
C.     sikap supporter sepak bola dalam dan luar negeri
D.    sikap supporter ketika menonton pertandingan sepak bola
Kunci jawaban: D
Pembahasan: kedua teks sama-sama membahas perilaku supporter sepak bola

    13.  Hasil penjualan gula selama seminggu pada toko Tiara adalah sebanyak 360 kg dengan perincian  setiap harinya adalah: hari Senin dan Kamis, masing-masing 40 kg, hari Selasa dan Rabu masing-masing 50 kg, sedangkan hari Jumat, Sabtu, dan Minggu memiliki jumlah penjualan yang sama.
Data sesuai informasi paragraf dituangkan dalam tabel berikut.
Tabel Penjualan Gula  di Toko Tiara selama Seminggu (kg)
Hari
Jumlah (kg)
Senin
40
Selasa
50
Rabu
50
Kamis
40
Jumat
Sabtu
Minggu
Isian yang tepat untuk tabel rumpang berdasarkan informasi pada paragraf di atas adalah….
A.    40
B.     60
C.     120
D.    180
Kunci jawaban :B
Pembahasan ; jumlah gula yang terjual selama seminggu 360 dikurangi hari senin, Kamis masing- masing 40 kg, Kemudian dikurangi penjualan hari Selasa dan Rabu masing-masing 50, sisanya 180 kg dibagi 3 hari yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu masing-masing terjual 60 kg

     14.  Pemerintah kota Surabaya menyelenggarakan sosialisasi program bantuan bagi siswa miskin (BSM) di kantor Dinas Pendidikan Surabaya. Walikota Surabaya Ibu Tri Risma Harini yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi terhadap jajaran pemkot Surabaya yang terus berusaha agar program-program pemerintah dapat memberikan kemaslahatan dan manfaat bagi warga Surabaya.
Bagaimana tanggapan walikota Surabaya terhadap pelaksanaan program pemerintah oleh jajaran pemkot Surabaya?
A.    Program yang sudah dicanangkan harus diawasi oleh masyarakat.
B.     Acara pemerintah biasanya menyebabkan pemborosan anggaran.
C.     Program pemerintah harus didukung dengan dana yang besar.
D.    Memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Kunci jawaban: D
Pembahasan : Jawaban D sangat tepat karena sesuai dengan kalimat,” Walikota Surabaya Ibu Tri Risma Harini yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi terhadap jajaran pemkot Surabaya yang terus berusaha agar program-program pemerintah dapat memberikan kemaslahatan dan manfaat bagi warga Surabaya.

     15.  Sebagai anak bungsu , Ridwan  sangat rajin dan sayang terhadap keluarganya. Ayah Ridwan hanyalah seorang satpam di sebuah sekolah dasar. Ia tahu meskipun seorang satpam tapi pekerjaan ayahnya dapat membantu orang lain khususnya anak-anak di sekolah itu, yang butuh rasa aman selama dalam lingkungan sekolah. Ridwan yakin anak seorang satpam juga dapat menjadi orang sukses. Ridwan semakin rajin dan giat belajar, untuk menjadi kebanggaan ayahnya.

Sifat tokoh utama dalam cerita tersebut adalah….
A.    rendah diri
B.     pemalu
C.     besar hati
D.    percaya diri
Kunci jawaban: D
Pembahasan: Percaya diri artinya memiliki keyakinan yang kuat. Terdapat pada kalimat,” Ridwan yakin anak seorang satpam juga dapat menjadi orang sukses.
16.  Anakku sayang dengarlah nasihat
       Tolong menolong sesama sahabat
       Bermurah hati sesama umat
       Supaya bahagia dunia akirat
       Maksud syair di atas adalalah kita harus saling....sesama umat.
A.    bermurah hati
B.     bahagia
C.     menghibur
D.    menasihati
Kunci jawaban : A
Pembahasan    : Sesuai dengan baris ketiga yaitu,” Bermurah hati sesama umat.”
17.  Setiap hari ayam jantan menjaga telur-telur yang ada di sisi ayam betina. Karena ayam jantan khawatir telur-telurnya dimakan tikus. Ayam jantan tidak ingin telur-telurnya rusak dan tersakiti. Dia ingin pada saatnya nanti telur-telur itu menetas dengan baik.
       Tujuan akhir ayam jantan menjaga telur-telurnya adalah....
A.  telurnya tetap baik
B.     telurnya terselamatkan
C.   telurnya tidak diambil tikus
D.    telurnya dapat menetas dengan baik
Kunci jawaban : D
Pembahasan    : Tujuan akhir dari ayam jantan menjaga telur-telurnya adalah supaya telur tersebut dapat menetas dengan baik. Oleh sebab itu sebelum menetas dia menjaga supaya telur-telur itu tidak dimakan tikus.
18. Jika kamu sudah besar
      Jagalah mulut jangan kasar
      Jangan seperti orang sasar
      Membuat hati menjadi gusar
       Maksud kata sudah besar pada syair di atas adalah....
A.    tumbuh besar
B.     tumbuh dewasa
C.     badannya besar
D.    orang sukses
Kunci Jawaban : D
Pembahasan     : Sudah besar yang dimaksud syair tersebut adalah setelah kelak dewasa dan menjadi orang yang berhasil sukses.
19. Udara dimusim penghujan memang kurang bersahabat. Hujan bisa turun sewaktu-waktu: pagi, siang, maupun malam. Di musim hujan banyak penduduk yang terserang influenza. Mengonsumsi buah dan sayuran yang bervitamin C sangat membantu supaya terhindar dari serangan flu.
     Makanan yang baik untuk mencegah serangan flu adalah....
A.    buah dan sayuran yang mengandung vit c
B.     makanan yang mengandung karbohidrat dan protein
C.     sayuran yang berwarna hijau
D.    buah-buahan yang manis-manis
Kunci jawaban  : A
Pembahasan     : Maksud makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit influenza adalah  buah yang mengandung vitamin C dan sayuran yang mengandung vitamin C juga.

20. Dayu memang mempunyai bakat untuk membaca puisi. Namun ia selalu belajar untuk bisa membaca puisi lebih baik dengan cara memahami isi puisi, mengolah ekspresi wajah dan cara gerak tubuhnya untuk menunjang penampilannya waktu membaca puisi. Suatu saat Dayu mengikuti lomba puisi di sekolahnya.
Kemungkinan hasil lomba membaca puisi yang diikuti oleh Dayu adalah....
A.    Dayu bisa jadi pemenangnya
B.     Dayu akan gagal
C.     Dayu kurang percaya diri
D.    hasil lomba Dayu mengecewakan
Kunci jawaban  : A
Pembahasan     : Dayu berbakat dan rajin belajar membaca puisi, sehingga Dayu pantas menjadi pemenangnya.

21. Pak Wawan dikenal sebagai orang yang dermawan. Setiap ada orang yang membutuhkan uang, beliau tidak segan-segan membantunya. Sodakohnya ada di mana-mana. Bahkan, beliau aktif menyantuni 10 anak yatim piatu setiap bulan. Tutur katanya selalu menyenangkan, ramah, dan selalu akrab dengan siapapun.
Perbuatan pak Wawan yang bisa dicontoh dari pak Wawan karena sering shodakoh dan menyantuni anak yatim adalah....
A.    ramah
B.     dermawan
C.     menyenangkan
D.    akrab dengan siapapun
Kunci jawaban  : B
Pembahasan     : Dermawan adalah orang yang dengan ikhlas memberikan sebagian hartanya untuk orang lain yang sedang membutuhkan.

22. Tirva anak orang mampu. Meskipun anak orang kaya, dia tidak pernah menyombongkan kekayaan orang tuanya. Di sekolah dia juga termasuk anak yang pandai, tetapi dia tidak pernah menyombongkan kepandaiannya.  Dia selalu rendah hati dan suka menolong sesama. Apabila ada teman yang kesulitan dalam pelajaran, dia selalu membantunya.
Sikap Tirva yang pantas dicontoh adalah...
A.    Tirva anak orang kaya yang hidup serba kecukupan.
B.     Tirva anak yang pandai beberapa mata pelajaran.
C.     Tirva anak yang sering membantu teman.
D.    Tirva anak yang rendah hati dan suka menolong sesama
Kunci jaaban  : D
Pembahasan  : Tirva anak yang tidak sombong dan senang membantu temannya yang kesulitan pelajaran.

23.     1. Tambahkan air mineral, gula pasir dan es batu.
       2. Blender hingga lembut, tuang dalam gelas, siap dinikmati.
          3. Kupas buah mangga dan potong kecil-kecil.
          4. Masukan potongan buah di dalam blender.
Urutan membuat jus mangga adalah....
A.    3-1-2-4
B.     3-4-1-2
C.     3-2-1-4
D.    3-4-2-1
Kunci jawaban  : B
Pembahasan     : Urutan membuat jus mangga adalah mangga dikupas, diiris kecil, dimasukkan gelas blender, ditambahkan air mineral,gula pasir, dan es batu. Lalu diblender sampai lembut, tuang ke gelas. Es jus mangga siap diminum.

24. Sejak ayahnya meninggal, Tony tidak pernah mendengarkan nasihat ibunya. Tony berubah menjadi anak yang bandel. Setiap hari ibunya menangis karena ulah Tony yang menyakitkan hati.
Kata ungkapan yang sesuai dengan sikapTony adalah....
A.    besar kepala
B.     keras kepala
C.     besar hati
D.    kecil hati
Kunci jawaban  : B
Pembahasan     : besar kepala artinya sombong, keras kepala artinya sulit dinasihati, besar hati artinya berlaku ikhlas, kecil hati artinya penakut.

    25.  Edo selalu mengajak teman-temannya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Menyatukan perbedaan menjadi satu kesatuan yang utuh. Bagi Edo Indonesia adalah Negara yang harus dijaga keutuhannya.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah....
A.    tong kosong nyaring bunyinya
B.     bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
C.     bergantung di akar lapuk
D.    buruk muka cermin di belah
Kunci jawaban: B
Pembahsan : “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” artinya kita akan menjadi kuat apabila kita bersatu padu menjaga keutuhan bangsa.

     26.  (1) Kini Amira sudah siap berangkat ke sekolah.
(2) Dia membersihkan tempat tidur dan segera mandi.
(3) Setiap pagi Amira bangun pukul 05.00.
(4) Dia tidak lupa sarapan pagi dan memeriksa buku serta alat tulisnya.
Susunlah kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu!
A.    1-2-4-3
B.     2-4-1-3
C.     3-2-4-1
D.    4-3-2-1
Kunci jawaban; C
Pembahasan : Susunan paragraf yang padu diawali dari kalimat utama yaitu setiap pagi Amira bangun pukul 05.00 dilanjutkan dengan kalimat penjelas yang terdapat pada nomor 2-4-1 secara berurutan dan logis.

     28.  Assalamualaikum Warahmatullohiwabarokatuh
Untuk yang beragama lain saya ucapkan selamat pagi dan salam sejahtera.
Marilah kita  memanjatkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga  kita masih dianugerahi....dan dapat mengikuti upacara bendera pada hari ini.
Kata yang tepat untuk melengkapi pidato di atas adalah....
A.    kesehatan
B.     kebaikan
C.     kenikmatan
D.    keselamatan
Kunci jawaban: A
Pembahasan ; kata yang paling sesuai adalah kesehatan karena hanya dalam keadaan sehat kita dapat melakukan kegiatan upacara.

     29.  Ayah berpesan, “ Belajarlah yang rajin untuk menghadapi USBN supaya kamu dapat meraih nilai yang memuaskan?”
Perbaikan tanda baca yang tepat untuk mengakhiri kalimat di atas adalah....
A.    tanda titik (.)
B.     tanda seru (!)
C.     tanda koma (,)
D.    tanda titik dua (:)
Kunci jawaban : B
Pembahasan : tanda baca yang benar adalah tanda seru karena pesan ayah berupa kalimat perintah.

     30.  Ibu kemarin mengantar adik.
Perbaikan susunan kalimat yang benar sesuai dengan  struktur SPOK adalah...
A.    Ibu mengantar adik kemarin.
B.     Ibu mengantar kemarin adik.
C.     Kemarin ibu mengantar adik.
D.    Kemarin adik diantar ibu.
Kunci jawaban: A
Pembahasan ; struktur SPOK yang benar adalah Subjek: Ibu, predikat: mengantar, objek: adik, keterangan (waktu): kemarin.
31.  Perhatikan paragraf berikut.
Telur merupakan salah satu sumber vitamien terbaik. Kadar protiin dalam telur sangat mudah dicerna. Selain itu, hampir tidak ada lemak tak jenuh di dalamnya sehingga kita bisa mendapatkan seluruh protiin dari telur. Kandungan protein di setiap 100 gram telur  adalah 12,6 gram. Kandungan kalori dalam telur juga sangat rendah.
Perbaikan penulisan kata pada paragraf tersebut adalah....
A.  vitamien, bukan vitamin
B.  protein, bukan protiin
C.  geram, bukan gram
D.  kalory, bukan kalori
Kunci Jawaban    :    B
Pembahasan         :   
Penulisan yang benar adalah vitamin, protein, gram, dan kalori

32.  Bacalah paragraf berikut.
              1) Pagi ini kulihat ibu sedang menanak nasi di dapur. 2) Aku menghampiri ibu dan membantunya mengiris bawang. 3) Selanjutnya, ibu menggoreng beberapa butir telor. 4) Selesai membantu ibu, aku pun mandi dan mengenakan seragam sekolah.
       Kesalahan ejaan pada paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat nomor....
A.  1)
B.  2)
C.  3)
D.  4)
Kunci Jawaban    :    C
Pembahasan         :
Kata telor pada kalimat nomor 3) tidak baku. Kata tersebut tidak sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Seharusnya kata telor diganti dengan kata telur. Kata telur sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

33.  Bacalah kalimat berikut.
       Dayu membeli sayur − sayuran: bayam, kangkung, dan sawi.
       Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah....
A.  penggunaan tanda baca pisah (−) setelah kata sayur
B.  penggunaan tanda baca titik dua (:) sebelum kata sayur-sayuran
C.  penggunaan tanda baca koma (,) sebelum kata kangkung
D.  penggunaan tanda baca titik (.) setelah kata sawi
Kunci Jawaban    :    A
Pembahasan
       Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah penggunaan tanda baca pisah (−) setelah kata sayur. Tanda baca pisah tidak digunakan di antara kata ulang. Seharusnya, tanda baca pisah diganti dengan tanda baca hubung (-). Tanda baca hubung digunakan di antara kata ulang.

34.  Bacalah dialog berikut!
       Azzam   : Mutia, kita ke kantin, yuk?
       Mutia     : Sebentar, aku belum selesai mengerjakan.
       Zahra     : Jangan lama-lama, ya!
       Kesalahan pengguanaan tanda baca pada dialog tersebut adalah....
       A. tanda titik (.)             
       B. tanda seru (!)                
       C. tanda tanya (?)              
       D. tanda titik dua (:)
Kunci Jawaban    :    C
Pembahasan
       Kesalahan penggunaan tanda baca pada dialog tersebut adalah penggunaan tanda tanya (?) setelah kata yuk. Tanda tanya digunakan untuk menanyakan kalimat pertanyaan. Seharusnya, tanda tanya diganti dengan tanda seru (!). Tanda seru digunakan untuk kalimat perintah; ajakan termasuk perintah yang halus.

35.  Cermati dialog di bawah ini!
Reza       : Ri, Apa kamu mau ikut ke rumah pamanku?
Riri         : Mau dong! Di rumah pamanmu banyak ikan, ya?
Reza       : Betul! Kita ke sana pakai sepeda, ya?
Riri         : Wow, pasti asyik, ya?
Reza       : Iya. Ayo, kita ajak teman yang lain (....)
Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi teks dialog tersebut adalah....
A. tanda tanya (?)             
B. tanda seru (!)                   
C. tanda titik (.)                  
D. tanda koma (,)
Kunci Jawaban    :    B
Pembahasan
       Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah tanda seru (!). Tanda seru digunakan untuk kalimat perintah/ seruan. Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah B

36.  Bacalah kalimat berikut!
       Setiap hari Jumat […] SDN Sukamaju melakukan kegiatan kerja bakti.
       Penulisan kata ulang yang benar untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
       A. murid-murid                  
       B. murid - murid                      
       C. murid−murid            
       D. murid − murid
Kunci Jawaban    :    A
Pembahasan
       Penulisan kata ulang yang benar untuk melengkapi kalimat tersebut adalah murid-murid. Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah A. untuk pilihan jawaban b seharusnya tidak terpisah untuk tanda hubungnya, sedangkan pilihan jawaban C dan D menggunakan tanda pisah. Jadi jawaban yang paling tepat adalah A karena dalam penulisan kata ulang menggunakan tanda hubung.

37.  Bacalah paragraf berikut!
              Pak Aji mempunyai seorang (....). Dia bernama Rianti. Rianti sangat cerdas. Selain cerdas, dia ( ... ) dalam kegiatan ( ... ) di sekolahnya.
       Kata yang sesuai ejaan untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.    puteri, aktiv, ekstrakulikuler
B.     putri, aktif, ekstrakurikuler
C.     puteri, aktif, ekstrakurikuler
D.    putri, aktiv, ekstrakurikuler
Kunci Jawaban    :    B
Pembahasan
       Kata yang sesuai ejaan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah putri, aktif, ekstrakurikuler. Kata-kata tersebut sesuai dengan PUEBI dan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah B

38.  Perhatikan kalimat berikut!
       Para siswa (....) pakaian hasil kreasi mereka pada acara pentas seni akhir tahun.
       Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah....
A.    memeraga
B.     meragakan
C.     meperagakan
D.    memeragakan
Kunci Jawaban    :    D
Pembahasan
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas terdapat pada pilihan jawaban D. Kata memeragakan berasal dari kata dasar peraga yang mendapat imbuhan me—kan.

39.  Bacalah paragraf berikut!
       setelah lulus dari sd sukamaju dina berencana melanjutkan pendidikan ke smp tunas bangsa.

Dina rajin belajar, agar dapat lolos seleksi masuk sekolah. Dina ingin sekali membahagiakan kedua orang tuanya dengan masuk ke SMP favorit di kotanya tersebut.

       Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring adalah...
       A. Setelah lulus dari sd Sukamaju, dina berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Tunas Bangsa.
       B. Setelah lulus dari SD Sukamaju , Dina berencana melanjutkan pendidikan ke SMP tunas bangsa.
       C. setelah lulus dari SD Sukamaju , Dina berencana melanjutkan pendidikan ke SMP tunas bangsa.
       D. Setelah lulus dari SD Sukamaju, Dina berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Tunas Bangsa.
Kunci Jawaban    :    D
Pembahasan
       Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring terdapat pada pilihan jawaban D adalah,” Setelah lulus dari SD Sukamaju, Dina berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Tunas Bangsa.” Ejaan dan tanda baca sudah sesuai dengan PUEBI.

40.  Bacalah paragraf di bawah ini!
            Petani itu segera memindahkan ikan tangkapannya ke wadah. Petani itu sangat terkejut, ternyata ikan yang ditangkapnya itu bisa berbicara, “Tolong jangan makan aku! Pak”. Biarkan aku hidup, teriak ikan itu. Akhirnya, petani tersebut mengembalikan ikan ke dalam sungai.
       Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat yang bercetak miring adalah...
A.             Petani itu sangat terkejut ternyata ikan tangkapannya itu bisa bicara. “Tolong! Jangan makan aku Pak, biarkan aku hidup,”teriak ikan itu.
B  Petani itu sangat terkejut, ternyata ikan yang ditangkapnya itu bisa berbicara. “Tolong jangan makan aku             Pak, biarkan aku hidup,”teriak ikan itu.
C.  Petani itu sangat terkejut ternyata, ikan yang ditangkapnya itu, bisa berbicara. “Tolong, jangan makan aku,Pak! biarkan aku hidup,”teriak ikan itu.
D.  Petani itu sangat terkejut, ternyata ikan tangkapannya itu, bisa bicara. “Tolong jangan makan, aku Pak! Biarkan aku hidup,”teriak ikan itu.
       Kunci Jawaban    :    B
       Pembahasan
       Penggunaan tanda baca yang tepat sesuai kaidah terdapat pada kalimat,  Petani itu sangat terkejut, ternyata ikan yang ditangkapnya itu bisa berbicara. “Tolong jangan makan aku Pak! biarkan aku hidup”, teriak ikan itu. Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah B. Kalimat tersebut sudah menggunakan tanda baca sesuai dengan kaidah dan EYD.
II.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
41.  Bacalah dialog di bawah ini!
       Ilham                   :    Halo, selamat pagi. Bisa bicara dengan Salsa?
       Ibu Salsa              :    Salsa sedang kepasar. ada pesan nak!
       Ilham                   :    Oh iya, Tante. Saya Ilham. Tolong sampaikan kepada Salsa bahwa latihan Pramuka hari                                  ini ditiadakan.
       Ibu Salsa              :    Oh, begitu. Apa ada pesan lain?
       Ilham                   :    Cukup, Tante.Terima kasih. Selamat Pagi.
       Tulislah perbaikan ejaan dan tanda baca pada kalimat bercetak miring di atas?
       Kunci Jawaban    :    Salsa sedang ke pasar, ada pesan, Nak?
       Pembahasan
       Perbaikan ejaan dan tanda baca pada kalimat bercetak miring adalah Salsa sedang ke pasar, ada pesan, Nak? Kalimat tersebut sudah benar dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia (EYD)

42.  Bacalah kutipan pidato di bawah ini!
              Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga kita masih diberi kenikmatan yang tidak terhingga sampai saat ini. (....)
              Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan rekan-rekan yang saya banggakan, dalam kesempatan yang baik ini perkenankan saya untuk memaparkan pentingnya membiasakan membaca sejak usia dini.
       Tulislah kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato di atas?
       Kunci Jawaban    :    Kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat
       Pembahasan
       Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah Kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat . Kalimat tersebut sesuai dengan kutipan pidato yang telah disajikan.

43.  Cermati teks percakapan di bawah ini!
Wartawan            :    Wah hebat! Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika
       Pelajar                  :    Terima kasih.
       Wartawan            :    Berapa lama Adik mempersiapkannya?
       Pelajar                  :    Yah, kira-kira 1 tahun.”
       Wartawan            :    Selama itu, usaha apa yang adik lakukan?
       Pelajar                  :    Belajar dengan rajin dan selalu berlatih soal-soal olimpiade dengan didampingi guru.
       Wartawan            :    Sungguh perjuangan yang sangat luar biasa.
       Ubahlah teks percakapan tersebut menjadi teks narasi!
       Kunci Jawaban    :    Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun dengan cara belajar dengan rajin dan berlatih soal-soal olimpiade yang didampingi oleh guru
       Pembahasan
       Teks narasi yang sesuai dengan percakapan di atas adalah Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun dengan cara belajar dengan rajin dan berlatih soal-soal olimpiade yang didampingi oleh guru. Teks narasi tersebut sudah sesuai dengan teks percakapan yang telah disajikan

44.  Bacalah paragraf berikut!
                 Saat ini kondisi hutan di Indonesia sangat memprihatinkan. Banyak pohon-pohon ditebangi secara sembarangan demi mendapatkan keuntungan yang besar. Akibat peristiwa tersebut, hutan menjadi gundul dan air bersih semakin berkurang. Selain itu, hutan yang gundul dapat menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor yang dapat mengancam kehidupan manusia. Seharusnya, Pemerintah memberikan sanksi tegas bagi pelaku penebangan pohon secara liar.
       Perbaikilah kalimat tidak efektif yang tercetak miring pada paragraf diatas?
       Kunci Jawaban    :    Banyak pohon ditebangi secara sembarangan demi mendapatkan keuntungan yang                                         besar, atau Pohon-pohon ditebangi secara sembarangan demi untuk mendapatkan                                           keuntungan yang besar
       Pembahasan
       Perbaikan kalimat tidak efektif yang tercetak miring adalah Banyak pohon ditebangi secara sembarangan demi mendapatkan keuntungan yang besar atau pohon-pohon ditebangi secara sembarangan demi mendapatkan keuntungan yang besar. Kalimat tersebut termasuk kalimat efektif.
45.  Lengkapilah pantun persahabatan di bawah ini!
       Di Kalimantan membangun rumah
       Rumah dibangun di tengah desa
       ..................................................
       ..................................................

       Kunci Jawaban      :    Persahabatan yang paling indah
                                           Takkan ku lupa sepanjang masa
       Pembahasan
       Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun persahabatan di atas adalah Persahabatan yang paling indah, Takkan ku lupa sepanjang masa. Kalimat tersebut sudah sesuai dengan sampiran yang terdapat pada pantun di atas, dimana ciri – ciri pantun : bersajak abab, 1 bait terdiri dari 4 baris, 1 baris terdiri dari 8 – 12 suku kata, baris 1 dan 2 disebut sampiran, baris 3 dan 4 disebut isi. Bisa juga ada makna lain, asalkan memenuhi syarat ciri pantun.


  ..................................................................................................................................
DOWNLOAD SOAL TRY OUT 7 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 9 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 9 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama" 

Berlangganan via Email