Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 8 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 8 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 8 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-8 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TRYOUT ONLINE BAHASA INDONESIA PAKET H
TAHUN 2018-2019


I.     Berilah tanda silang pada jawaban A,B,C atau D pada jawaban yang benar!

1.      Bu Lidia akan menanam bibit cabai pada lahan sempit. Beliau harus melakukan beberapa langkah untuk menanam bibit cabai tersebut. Proses penanaman dimulai dengan membuat tempat penyemaian.  Cara membuat tempat penyemaian yaitu dengan menyebar benih pada baskom-baskom bekas yang sudah diisi tanah dan pupuk. Setelah tempat penyemaian jadi, biji cabai ditaburkan secara merata. Tunggu 4-7 hari benih akan mulai berkecambah dan siap dipindahkan pada plastik polibag.
            Makna kata penyemaian pada paragraf tersebut adalah....
A.  Proses mencampur tanah dan pupuk
B.  Proses menanam biji pada lubang tanah
C.  Proses menggemburkan lahan dengan cangkur
D.  Proses menabur biji untuk ditanam ditempat lain

Kunci              : D
Pembahasan   :
Semai/se·mai/ n benih tumbuhan (yang sudah berkecambah) yang akan ditanam lagi sebagai bibit di tempat lain): -- padi; -- kopi;
menyemai/me·nye·mai/ v menanam (menaburkan) benih (biji-bijian) di tempat yang tersedia untuk menghasilkan bibit tanaman yang akan ditanam lagi di tempat lain;
penyemaian/pe·nye·mai·an/ n proses, cara, perbuatan menyemaikan

2.      Koko mengadang bola yang yang ditendang Antoni.
Sinonim kata mengadang yaitu....
A.    menghalang
B.     menangkap
C.     menangkis
D.    melempar

Kunci              : B
Pembahasan   :
Sinonim adalah persamaan kata atau kata yang memiliki makna
Mengadang sama maknanya dengan menghalang
Adang1,mengadang/meng·a·dang/ v 1 menghalangi (merintangi orang berjalan dan sebagainya) dengan cara mendepang: jangan engkau ~ orang itu, biarkan dia lewat; 2 menunggu di tempat yang sunyi (biasanya dengan maksud jahat, seperti membunuh, merampok, menyamun); mencegat: gerombolan bersenjata ~ iring-iringan mobil; 3 menuju; memaksudkan; menghadapi; 4 menempuh (menantang) bahaya (kesukaran dan sebagainya): mereka berani ~ bahaya maut;

3.      Bacalah teks berikut!
            Salah satu cara untuk mendapatkan sayuran segar tanpa pestisida adalah dengan menanam sendiri sayuran. Hanya saja tidak semua orang mempunyai lahan untuk menanam sayuran. Alternatif             penanaman di lahan sempit     yang dapat dilakukan adalah dengan teknik Hidroponik. Hidroponik adalah menanam sayuran dengan memanfaatkan air sebagai media pengganti tanah.
Bagaimana memanfaatkan lahan sempit untuk mendapatkan sayuran segar?
A.       dengan cara membuat polibag
B.       menanam tanaman pada pot-pot
C.       mengganti media tanah dengan air
D.       memanfaatkan air untuk penyiraman tanah

      Kunci : D
      Pembahasan  :
      Kalimat pertanyaan Bagaimana menanyakan cara atau keadaan.
      Dari paragraf tersebut, cara memanfaatkan lahan sempit adalah dengan teknik Hidroponik yaitu menggganti media tanah dengan air.

4.      Perhatikan teks berikut!         
            Pada peringatan kemerdekaan Indonesia kemarin, anak anak kelas 6 SD Merah Putih melaksanakan bakti sosial. Setiap anak memberikan sumbangan sembako dan juga uang tunai. Anak-anak yang menyumbang sembako bisa mengumpulkan gula, minyak, dan beras. Sedangkan yang menyumbang uang tunai tidak kurang dari Rp10.000,00. Sumbangan dikumpulkan paling akhir dua hari sebelum penyerahan. Penyerahan dilaksanakan hari Jumat 17 Agustus 2018.
Informasi yang ada pada paragraf diatas adalah...
A.    Sumbangan uang tunai wajib Rp10.000,00.
B.     Pengumpulan sumbangan terakhir hari Rabu.
C.     Anak-anak bebas menyumbang sembako.
D.    Seluruh siswa SD Merah Putih melaksanakan baksos

Kunci : B
Pembahasan :
Penyerahan baksos hari Jumat, berarti dua hari sebelumnya hari Rabu.

5.      (1) Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. (2) Semua anak didik mempunyai sanak keluarga. (3) Dalam lingkungan keluarga inilah, seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan. (4) Tugas utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan.
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditandai dengan nomor....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)

Kunci : C
Pembahasan :
(1) Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. (kesalahan tidak perlu kata yang)
 (2) Semua anak didik mempunyai sanak keluarga. (tidak perlu kata sanak)
(3) Dalam lingkungan keluarga inilah seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dan bimbingan.
(4) Tugas utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan. (untuk menjadi efektif bisa menghilangkan kata adalah atau sebagai)



6.      Jus stroberi dapat mencegah pembentukan plak gigi yang dapat memicu kemunculan penyakit gigi dan mulut. Kandungan pemanis alami pada stroberi terbukti dapat mengurangi kuman yang bisa menghambat aktivitas enzim, sehingga mampu mencegah pembentukan plak.
Topik teks tersebut adalah....
A.    aktivitas enzim
B.     pemanis alami
C.     jus stroberi
D.    plak gigi

Kunci : C
Pembahasan :
Dalam teks membahas kandungan dan manfaat jus stroberi.

7.      Perhatikan iklan berikut !
(1) Belajar lebih menyenangkan .
(2) Telah hadir DVD pembelajaran
(3) Harga sesuai kualitas
(4) Tersedia di bimbel Ceria Hub. 081122334455.

Kalimat yang sesuai dengan iklan tersebut adalah...
A.    Bimbel Ceria menjual DVD game.
B.     Harga DVD sangat murah.
C.     Pembelian DVD bisa menghubungi bimbel Ceria.
D.    Belajar menggunakan DVD, kita menjadi pintar.

Kunci : C
Pembahasan :
Dalam iklan dijelaskan bahwa DVD tersedia di bimbel Ceria jadi pembelian dapat menghubungi Bimbel ceria tersebut.

8.       Bacalah paragraf berikut!
            Apakah kamu tahu, sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan? Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong.
Pernyataan yang sesuai paragraf di atas adalah...
A.    Sayuran hijau perlu dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.
B.     Penderita anemia disebabkan jarang mengonsumsi sayuran hijau.
C.     Sayuran hijau mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh.
D.    Kandungan gizi pada sayuran hijau, seperti serat, vitamin, dan zat besi.

Kunci : D
Pembahasan :
Dalam teks tersebut jawaban yang tepat adalah D karena sudah sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.

9.      Bacalah teks berikut!

         Internet membantu manusia dalam segala aspek kehidupan. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan baik positif maupun negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Keberadaan internet memberikan manfaat bagi dunia informasi.


Simpulan isi teks tersebut adalah...
A. Internet digunakan oleh banyak manusia.
B. Internet bermanfaat bagi kehidupan manusia.
C. Internet berguna untuk komunikasi di seluruh dunia.
D. Internet merupakan alat komunikasi dalam dunia informasi.


Kunci : D
Pembahasan :
Karena dari bacaan tersebut menyimpulkan bahwa internet merupakan alat komunikasi yang digunakan di dunia informasi.

10.                  Gempa di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sungguh dahsyat. Banyak rumah hancur. Selain itu, warga yang rumahnya masih bisa ditempati tidak berani tinggal di dalam rumah karena khawatir ada gempa susulan. Mereka membuat tenda-tenda dari terpal seadanya untuk tempat tinggal. Kegiatan ekonomi tidak dapat mereka lakukan. Keadaan seperti ini sudah berlangsung selama satu minggu. Bantuan-bantuan makanan mulai berdatangan dari berbagai pihak, baik berupa bahan makanan, pakaian layak pakai, selimut, dan obat-obatan.
Teks di atas termasuk jenis karangan....
A.  deskripsi
B.  narasi
C.  eksposis
D.  persuasi

Kunci : A
Pembahasan :
Paragraf di atas termasuk paragraf deskripsi karena menjelaskan keadaan atau gambaran sesuatu. Dalam penjelasan paragraf tersebut menjelaskan keadaan tempat kejadian gempa lombok.

11.              Lumba-lumba binatang berjiwa sosial dan cerdas. Ia suka menolong manusia yang tersesat dan terombang-ambing di tengah laut. Sayang, akhir-akhir ini populasinya menurun akibat perburuan untuk diambil organnya sebagai bahan obat-obatan. Hal tersebut membuat komunitas pecinta satwa menjadi geram.
Jika lumba-lumba tidak diburu maka...
A.    lumba-lumba akan punah.
B.     populasinya meningkat.
C.     Komunitas Pecinta Satwa marah.
D.    dapat menolong manusia.

Kunci : B
Pembahasan:
Dari teks tersebut karena lumba-lumba diburu mengakibatkan populasinya menurun maka jika tidak diburu populasinya meningkat.

12.  Perhatikan kedua teks berikut!
Teks  I
       Kasat Lalu Lintas Polres Batu mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung ke Kota Batu menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Batu sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks II
     Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Kota Batu, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Batu mengharapkan para pelancong dengan tujuan Kota Batu agar mengusahakan tiba di tempat sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Persamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah...
A.    Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Batu agar wisatawan datang ke Kota Batu.
B.     Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Batu kepada pengendara roda dua dan roda empat.
C.     Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Batu tentang recana penutupan jalur lalu lintas pagi hari.
D.    Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Batu agar tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB.

Kunci : D
Pembahasan:
Dari kedua teks tersebut menunjukan kesamaan tempat dan waktu yaitu Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar pengunjung Puncak tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB.

13.  Perhatikan ilustrasi berikut!
            Siswa kelas VI SD Pelita berjumlah 37 siswa. Berdasarkan angket ekstrakurikuler pilihan yang diisi siswa, diketahui 12 siswa mengikuti ekstra musik. Sebanyak 10 anak mengikuti ekstra gambar, 8 anak mengikuti ekstra tari dan sisanya ikut ekstra english club.
No
Ekstrakurikuler
Jumlah Siswa
1.
Musik
.....     1)
2.
Gambar
.....     2)
3.
Tari
.....     3)
4.
Englis Club
.....     4)
Data untuk mengisi nomor 4) adalah....
A.    12
B.     10
C.     8
D.    7

Kunci : D
Pembahasan:
Seluruh siswa 37 sudah terdata 12 +10+8 jadi sisanya 7 siswa

14.  Orang yang tidak disiplin akan telihat dari perilakunya setiap hari. Seorang siswa dituntut untuk berdisiplin dalam hal apapun dalam kegiatan belajar. Contoh anak yang tidak disiplin misalnya, Rudi. Ia tidak mengerjakan PR. Begitu tiba di kelas, dia terlihat bingung, was-was, dan sikapnya tidak tenang.
Bagaimana perasaan Rudi di kelas bila tidak mengerjakan PR?
A.    tenang-tenang saja
B.     resah, tidak tenang
C.     marah-marah
D.    ketakutan

Kunci : B
Pembahasan:
Jawaban B merupakan salah satu ciri seseorang yang gugup karena memiliki perilaku yang tidak disiplin


15.  Hari itu di Taman Remaja Surabaya akan digelar berbagai pertunjukkan. Salah satunya adalah pertunjukkan akrobat badut. Seperti biasa, Pak Badrun, sang  badut sudah siap dengan perkerjaannya. Ia adalah salah seorang pemain badut di tempat itu. Dengan tingkah lucunya ia menyambut kedatangan para pengunjung yang ada di Taman Remaja Surabaya.
             Pekerjaannya sebagai pemain badut memang tidak menjanjikan hasil yang banyak. Akan tetapi, hal itu dijalaninya dengan ikhlas dan senang hati. Ia bangga meski harus banting tulang sebagai tukang badut,             dapat memberi rejeki yang halal untuk dua orang anaknya Wulan dan Ujang, serta istrinya Bu Atun. Sayangnya, kedua orang anaknya merasa rendah diri dengan pekerjaan Pak Badrun sebagai badut ini.
            Tokoh dalam cerita tersebut adalah....
A.       Wulan
B.       Ujang
C.       Bu Atun
D.       Pak Badrun

      Kunci jawaban: D    
Pembahasan    :
sesuai dengan bacaan tokoh yang diceritakan adalah Pak Badrun, Bu Atun, Wulan, dan Ujang hanya sebagai pelengkap dalam cerita.

16.  Bacalah syair berikut!
          Tukang Pos

Kau banting tulang demi keluargamu
Panas terik tak kau rasakan
Peluh, dahaga kau abaikan
Kau kayuh sepeda sepanjang jalan
Kau anatar kabar menyenangkan
Agar semua orang senang

Makna kias dari kata banting tulang pada syair tersebut adalah....
A. pantang menyerah
B. merasa lelah
C. kerja keras
D. jungkir balik

             Kunci jawaban: C
            Pembahasan    :
            dalam kaidah Bahasa Indonesia makna kias banting tulang adalah kerja Keras.

17.  Maksud pernyataan kalimat bergaris bawah pada cerita tersebut adalah...
A. Anak-anak Pak Badrun merasa malu dengan perkerjaannya.
B. Anak-anak Pak Badrun tidak menghargai pekerjaan ayahnya.
C. Anak-anak Pak Badrun tidak menyukai pekerjaan ayahnya
D. Anak-anak Pak Badrun tidak mau mengikuti jejak pekerjaan ayahnya.

     Kunci jawaban: C
     Pembahasan    :
               kata rendah diri memiliki makna yang sama dengan rasa malu.

18.  Bacalah syair berikut!
                         Ibuku
    Oh, Ibuku
    Senyummu manis sekali
    Engkau selalu ada di hati
    Oh, Ibuku
    Senyummu sinari langkahku
    Kehadiranmu memberikan semangat
    Dekapanmu membuatku nyaman
Maksud yang terkandung dalam syair tersebut adalah...
A.  Kehadiran seorang ibu sangat penting.
B.  Terkadang seorang ibu tidak dibutuhkan.
C.  Kehadiran orang tua sangat menyenangkan.
D.  Ada atau tidak ada orang tua tetap menyenangkan.

           Kunci jawaban: A
            Pembahasan    :
           dalam syair di atas menceritakan sosok dan pentingnya seorang ibu.

19.   Bacalah dengan seksama percakapan berikut!
      Dandy : Han, sebentar lagi kan ada USBN. Kamu sudah siap apa belum?
      Hany   : Ya, siap tidak siap harus siap. Kita jalani saja.
      Dandy : Aku takut kalau nanti aku tidak bisa jawab.
      Hany   : Makanya kita persiapkan dari sekarang.
      Dandy : Kalau belajar sih sudah. Aku sudah banyak berlatih soal.
      Hany   : Tidak cuma belajar saja, tapi juga persiapan mental. Kamu harus percaya diri untuk                                menghadapi USBN.
      Dandy : Iya juga sih. Tapi, bagaimana kalau soalnya susah?
      Hany   : Yang penting kita usaha dulu. Kita berdoa agar kita bisa mengerjakan semua soal USBN.
      Dandy : Semoga saja begitu!
 Penyebab terjadinya konflik dalam cerita drama tersebut adalah...
A.  Dandy takut tidak bisa menjawab soal USBN.
B.   Hany takut tidak bisa menjawab soal USBN.
C.   Dandy kurang persiapan menghadapi soal USBN.
D.  Hany kurang persiapan menghadapi soal USBN.

           Kunci jawaban: C
 Pembahasan    : jawaban A, B, dan D kurang tepat, dalam bacaan Dandy bukan takut tidak
                          bisa menjawab tapi kurang persiapan sedangkan Hany memang kurang per-
                          siapan.

20.              Delia tidak mudah mendapatkan pengaruh dari orang lain. Delia sangat ingin sekolah di sekolah swasta. Orang tua Delia menyarankan Delia bersekolah di sekolah negeri dengan alasan biaya lebih murah. Akan tetapi, Delia tetap pada pendiriannya. Ia sangat menginginkan bersekolah di sekolah swasta. Bujukan orang tua dan keluarganya tidak mampu membuat Delia berubah pikiran untuk menentukan sekolah.
Apa yang akan terjadi jika Delia menuruti keinginan orang tuanya?
A.       Delia akan malas sekolah.
B.       Delia tidak disenangi temannya.
C.       Delia setiap hari harus bangun pagi.
D.       Delia selalu bersemangat untuk sekolah.

Kunci jawaban: B
 Pembahasan    :
dalam bacaan di atas jelas bahwa Delia sangat berkenginan untuk bersekolah di sekolah swasta, jika orang tua memaksakan banyak kemungkinan yang akan terjadi, salah satunya Delia malas bersekolah.

21.  Nilai yang dapat diambil dalam cerita di atas adalah....
A.    anak yang mudah dipengaruhi
B.     anak yang sulit dipengaruhi
C.     anak yang teguh pendirian
D.    anak yang kuat

 Kunci jawaban: B
 Pembahasan    :
jawaban B jelas menunjukkan bahwa Delia adalah sosok seorang anak yang memiliki pendirian yang teguh.


22.         Hari ini cukup banyak pembeli datang. Tutur kata kami yang sopan dan ramah membuat pelanggan betah berlama-lama di toko. Tentunya mereka membeli dengan jumlah yang banyak. Sesekali terdengar pembicaraan pelanggan. Mereka mengatakan bahwa toko kami unik. Bisa dibanyangkan apa yang terjadi jika pelayanan kami tidak memuaskan.
               Ratih, seorang pegawai baru mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan budaya toko kami. Sifatnya yang agak tomboy dan kurang sabaran membuatnya kurang cekatan. Namun teman-temannya selalu memberi bimbingan agar ia segera mampu beradaptasi dengan keadaan di sini.
       Keteladanan yang dapat dicontoh dari cerita tersebut adalah...
A.       Pelanggan akan puas jika diberi harga murah.
B.        Pelanggan akan senang jika barangnya bermutu.
C.        Melayani pelanggan harus dengan ramah dan sopan.
D.       Semua pelanggan memerlukan pelayanan yang cepat.

             Kunci jawaban: C
             Pembahasan    :
             jika dilihat pada bacaan di atas, jawaban C yang tepat, karena sesuai dengan paragraf pertama kalimat kedua.

23.  Perhatikan petunjuk membuat kue donat yang urutannya acak  berikut!
1) Campur telur, gula pasir, garam, susu, mentega, dan tepung terigu hingga rata.
 2) Uleni adonan yang telah didiamkan.
 3) Bentuk adonan dengan lubang di tengah, lalu goreng.
 4) Diamkan adonan selama 20 menit.
 5) Tambahkan ragi ke dalam adonan.
    Urutan tepat petunjuk membuat kue donat adalah....
A.       1) – 3) – 4) – 2) – 5)
B.        1) – 4) – 5) – 3) – 2)
C.        1) – 5) – 2) – 4) – 3)
D.       1) – 5) – 3) – 4) – 2)

                   Kunci jawaban: C
                   Pembahasan    :
                    jawaban C sudah menunjukkan urutan yang tepat cara membuat kue donat.

24.  Gita berangkat ke sekolah pagi-pagi...tidak terlambat.
            Kata hubung tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A.       asal
B.        jika
C.        supaya
D.       walaupun

            kunci jawaban: C
            pembahasan   :
            kata yang tepat untuk melengkapi kalimat terebut adalah kata hubung supaya. Karena kata hubung supaya menyatakan tujuan.

25.  Perhatikan percakapan berikut!
 Zahra    : Kir, hebat ya, Tim sekolah kita baru saja boleh bermain di liga bola voli resmi dan langsung                        juara!
      Kirana  : Ya, aku setuju. Itu semua karena kekompakan pemain dan persiapan yang baik.
      Zahra    : Benar juga, tapi peran pelatih jangan diabaikan!
      Kirana  :  Ya, Pak Dadang memang seorang pelatih yang....
      Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat pada percakapan tersebut adalah....
A.  bertangan dingin
B.  berjiwa besar
C.  besar kepala
D.  rendah hati

                  kunci jawaban: A
                  Pembahasan   :
                  jawaban A merupakan jawaban yang tepat karena kata bertangan dingin menunjukkan apa yang ditangani selalu berhasil.

26.    1) Akhirnya pada pukul 07.00 rombongan wisata berangkat ke Pulau Bali.
              2) Hari ini siswa kelas VI SD Tunas Insan mengadakan kunjungan ke Pulau Bali.
              3) Sebelum berangkat, pak guru memanggil siswa satu per satu agar naik ke bus masing-masing.
              4) Pukul 06.00 WIB seluruh siswa kelas VI sudah berkumpul di sekolah.
                  Kalimat-kalimat acak di atas bila disusun menjadi paragraf yang padu adalah....
A.  1) – 2) – 4) – 3)
B.   2) – 1) – 3) – 4)
C.   2) – 3) – 4) – 1)
D.  2) – 4) – 3) – 1)

            Kunci jawaban: D
            Pembahasan    : susunan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf narasi padu adalah 2), 4), 3), 1) paragraf tersebut menjelaskan urutan SD Tunas Insan sebelum berangkat ke Pulau Bali.

27.  Bacalah petunjuk penggunaan radio yang urutannya acak berikut!
      1) Tekan atau putar tombol on untuk menghidupkan radio.
      2) Pasangkan steker pada stopkontak.
      3) Putar tombol volume.
      4) Putar tombol tuning untuk memilih gelombang.
      5) tekan tombol off  untuk mematikan radio.
     Urutan kalimat petunjuk yang tepat adalah....
A.  1) – 3) – 4) – 2) – 5)
B.   2) – 1) – 4) – 3) – 5)
C.   2) – 5) – 1) – 3) – 4)
D.  5) – 1) – 2) – 3) – 4)

            Kunci jawaban: B
            Pembahasan    :
                  petunjuk pengunaan dapat diurutkan sesuai dengan urutan logis. Apabila petunjuk tersebut disusun dengan benar, petunjuk tersebut dapat digunakansebagai pedoman mengerjakan sesuatu dengan benar.

28.              Bapak, Ibu, hadirin yang kami hormati, dan adik-adik kelas yang saya sayangi. Dalam kesempatan ini, saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih  kepada Bapak/Ibu Guru yang telah mendidik kami dengan sabar, sehingga kami dapat menyelesaikan pendidikan di SD ini dengan prestasi yang baik. Tidak lupa kami mohon doa restu agar kami dapat melanjutkan ke SMP terbaik di kota ini. (...) dan juga kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya jika selama ini banyak melakukan kesalahan. Demikianlah sambutan kami atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah  pidato tersebut adalah...
A.  Jangan lupakan teman-teman seangkatan ya!
B.  Janganlah lupa untuk selalu mengunjungi sekolah kita ini!
C.  Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena telah diterima di SMP Negeri yang kita inginkan.
D.  Marilah jaga nama baik sekolah kita ini dengan berprestasi sebaik-baiknya di sekolah yang baru.

Kunci jawaban: D
Pembahasan   : kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato rumpang tersebut terdapat pada jawaban D karena jawaban D sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.

30.   Hendi mengendarai yang berwarna hijau motor dengan kencang sangat.
       Penulisan kalimat tersebut dengan tata kalimat yang benar adalah...
A.       Hendi mengendarai motor yang berwarna hijau dengan sangat kencang.
B.       Hendi mengendarai motor yang berwarna hijau dengan kencang sangat.
C.       Dengan sangat kencang motor yang berwarna hijau mengendarai Hendi.
D.       Motor yang berwarna hijau mengendarai Hendi dengan sangat kencang.

Kunci jawaban          : A
Pembahasan              :
menyusun kalimat sesuai SPOK

31.  Perhatikan kalimat berikut!
Gaya dapat ubah arah gerak benda.
Perbaikan penggunaan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah....
A.       merubah
B.       mengubah
C.       merubahkan
D.       mengubahkan

Kunci jawaban          : B
Pembahasan              :
Kata dasar ubah jika mendapatkan awalan me menjadi mengubah.

32.  Dua minggu lalu, ibu membeli gula Jawa di pasar Keputran Surabaya.
      Penulisan kata yang tidak sesuai ejaan pada kalimat tersebut adalah....
A.  di pasar
B.  Jawa
C.  Keputran
D.  minggu

Kunci jawaban          : B
Pembahasan              :
gula jawa merupakan nama makanan jadi tidak menggunakan huruf besar.

Kunci jawaban          : A
Pembahasan   :
pada kalimat langsung tanda baca (koma) membatasi seseorang yang berkata/menerikan pernyataan dengan kalimat yang diucapkan secara langsung.

34.  Bacalah teks percakaan berikut!
Ayah    : Mengapa kamu serius sekali melihat televisi.
Isna      : Ada kebakaran di kantor sekolahku.
Ayah    : Mengapa sampai terjadi kebakaran?
                   Isna      : Penjaga sekolah membakar sampah kering, karena angin terlalu kencang sehingga api merambat                sampai kantor sekolahku.
Kesalahan tanda baca yang terdapat pada dialog tersebut adalah....
A.       Mengapa kamu serius sekali melihat televisi.
B.       Ada kebakaran di kantor sekolahku.
C.       Mengapa sampai terjadi kebakaran?
D.       Penjaga sekolah membakar sampah kering, karena angin terlalu kencang sehingga api merambat sampai kantor sekolahku.

Kunci jawaban: A
Pembahasan    :
kata tanya mengapa dalam kalimat diakhiri menggunakan tanda tanya (?).
35.  Bacalah teks dialog berikut!
      Ibu...(memberikan buku bacaan)
               Agar pengetahuanmu bertambah, baca buku bacaan ini, Nak!
      Aini...Baik, Bu. (mengambil buku yang diberikan ibu)
      Tanda titik-titik pada dialog tersebut menggunakan tanda baca....
A.  Tanda titik (.)
B.  Tanda titik dua (:)
C.  Tanda koma (,)
D.  Tanda titik koma (;)

Kunci jawaban          : B
Pembahasan                :
tanda titik dua (:) membatasi orang yang berdialog dan kalimat yang diucapkan.

36.  Setiap pagi ibu berbelanja...di warung dekat rumahku. Selain sayuran, warung itu juga menjual daging dan ikan. Warung tersebut sangat lengkap dan murah.
      Penulisan kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A.  sayur-mayur
B.  sayur - mayur
C.  sayur – sayur
D.  sayur-sayur

Kunci jawaban: A
Pembahasan  :
penulisan tanda hubung untuk kata ulang tanpa ada spasi.

37.  Pemakaian listrik di rumah Gatot digunakan secara berlebihan. Hampir semua alat...dinyalakan. Ada TV,  lemari es, komputer, rice cooker, setrika, DVD, dan pompa air. Tagihan listrik setiap bulannya sangat tinggi. Akhirnya ayah Gatot  membatasi penggunaan listrik di rumahnya.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.    elektrounik
B.     electronic
C.     elektronik
D.    electronics

Kunci jawaban        : C
Pembahasan            :
Penulisan elektronik sesuai dengan EYD dan KBBI

38.  Anita menggunakan tas baru...Toni ke sekolah.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
A.    diberi
B.     pemberi
C.     pemberian
D.    memberikan

Kunci jawaban        : C
Pembahasan            :
kata pemberian adalah jawaban yang sesuai dengan kalimat.

39.  Perhatikan paragraf  berikut !
Penghematan enerji di pulau jawa merupakan tindakan mengurangi jumlah penggunaan enerji. Penghematan enerji dapat dicapai dengan penggunaan enerji secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan enerji lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.
Penulisan ejaan yang benar untuk kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah....
A.    enerji, pulau jawa, efisien
B.     energi, Pulau jawa, effisien
C.     energi, Pulau Jawa, efisien
D.    energi, Pulau Jawa, effisien

Kunci jawaban    : C
Pembahasan         :
menurut EYD dan KBBI penulisan yang tepat energi, Pulau Jawa, dan efisien

40.  Pada hari Minggu yang lalu, aku ikut ibu berbelanja ke pasar. Di sana kami membeli berbagai macam buah-buahan (...) apel, nanas, belimbing, dan melon. Buah-buahan itu untuk acara arisan keluarga yang akan diadakan di rumah kami nanti sore.
       Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah....
A.    Koma ( , )              
B.     Titik dua ( : )                     
C.     Titik koma ( ; )                  
D.    Titik  ( . )

Kunci jawaban     : B
Pembahasan           : 
tanda titik dua digunakan untuk membatasi kata umum untuk memerinci dari kata umum tersebut.

     SOAL URAIAN

41.  Bacalah dialog berikut!
Ibu       : Bagaimana kalau hari Minggu ikut ibu ke pasar?
Rena    : Baik, Bu.
Ibu       : Kita membeli buah-buahan apel nanas pepaya jeruk dan melon.
Rena    : Ibu pasti akan membuat salad buah.
Perbaikan ejaan dan tanda baca pada kalimat yang bercetak miring adalah....

Pembahasan :
Kita membeli buah-buahan: apel, nanas, pepaya, jeruk, dan melon.

42.  Teman-temanku semua, saat ini kita sedang memasuki musim penghujan. Marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Tujuannya agar (...). Sekali lagi, kami mengajak teman-teman untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah kita.
Lengkapilah teks pidato tersebut hingga menjadi pidato yang baik!

Pembahasan:
lingkungan sekolah kita terbebas dari wabah penyakit DBD ataupun muntaber sehingga lingkungan sekolah menjadi nyaman. Kita bisa belajar dengan tenang.

43.  Bacalah teks percakapan berikut dengan saksama!
Ayu     : Mengapa datang terlambat?
Nisa     : Mobil yang mengantar aku ke sekolah mogok, Yu. Bisakah kamu bantu aku.
Ayu     : Apa yang bisa aku bantu?
Nisa     : Temani aku ke ruang guru!
Ayu     : Baiklah, ayo, Yu!
Ubahlah teks percakapan tersebut menjadi teks narasi!

Pembahasan:
Ayu melihat Nisa menuju kelas dengan tergopoh-gopoh. Ternyata Nisa datang terlambat karena mobil antar jemputnya mogok ditengah jalan. Nisa merasa enggan seorang diri untuk ke ruang guru untuk meminta ijin pada guru. Akhirnya Nisa mengajak Ayu untuk menemaninya ke ruang guru dan mereka berdua menuju ruang guru.

44.  Siswa kelas VI Kuncup Bunga mendapat tugas mengamati pasar yang letaknya  dekat sekolah. Pasar yang diamati letaknya di pinggir jalan raya. Banyak siswa-siswa memerhatikan para penjual-penjual meletakkan barang dagangannya di trotoar jalan raya. Akibatnya jalan menjadi macet dan bau.
Pada kalimat yang dicetak miring tersebut terdapat kalimat yang susunannya salah. Tulislah dan perbaikilah menjadi menjadi efektif!

Pembahasan :
Banyak siswa memerhatikan para penjual meletakkan barang dagangannya di trotoar jalan raya.

45.  Lengkapilah pantun nasihat berikut ini!

Celanaku tidak bersaku
Tak bisa menyimpan jari
….

Pembahasan:
Buat apa membeli buku
Kalau tidak dipelajari

 ..................................................................................................................................
DOWNLOAD SOAL TRY OUT 7 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 8 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 8 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama" 



Berlangganan via Email