Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 7 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 7 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 7 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-7 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



SOAL TRY OUT USBN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
PAKET 7

     I.     Pilihlah salah satu jawaban yang benar!

Dua hari yang lalu siswa telah menerima pelajaran tentang cara menulis cerita pendek yang baik. Semua siswa telah memahami langkah-langkah menulis cerpen dengan benar. Ahmad ingin mencoba mengaplikasikan apa yang dipelajarinya. Awalnya Ahmad menentukan tema yang akan ditulis. Kemudian, dia menentukan latar waktu yang akan dimasukkan. Misalnya pagi, siang, atau sore. Latar tempat pun juga diperhatikan sebelum menulis cerita. Selain itu suasana yang akan dibangun juga harus diperhatikan. Ahmad juga menentukan alur cerita yang akan dibuatnya. Menentukan tokoh dan watak juga tidak lupa ia lakukan. Setelah semua dia tentukan, mulailah Ahmad menulis cerita pendek tersebut.

1.      Makna kata mengaplikasikan pada paragraf di atas adalah....
           A.     mencoba
           B.     menerapkan
           C.     menuliskan
           D.     menciptakan

Kunci Jawaban      : B
Pembahasan          : Makna mengaplikasikan dalam teks tersebut adalah menerapkan.



2.         Dua hari yang lalu siswa telah menerima pelajaran tentang cara menulis cerita pendek yang baik. Semua siswa telah memahami langkah-langkah menulis cerpen dengan benar. Ahmad ingin mencoba mengaplikasikan apa yang dipelajarinya. Awalnya Ahmad menentukan tema yang akan ditulis. Kemudian, dia menentukan latar waktu yang akan dimasukkan. Misalnya pagi, siang, atau sore. Latar tempat pun juga diperhatikan sebelum menulis cerita. Selain itu suasana yang akan dibangun juga harus diperhatikan. Ahmad juga menentukan alur cerita yang akan dibuatnya. Menentukan tokoh dan watak juga tidak lupa ia lakukan. Setelah semua dia tentukan, mulailah Ahmad menulis cerita pendek tersebut.
Antonim kata diperhatikan pada paragraf di atas adalah….
           A.     diabaiakan
           B.     difokuskan
           C.     dipelajari
           D.     dihindari

Kunci Jawaban      : A
Pembahasan          : Antonim adalah lawan kata jadi lawan dari kata diperhatikan adalah diabaikan

3.          Dua hari yang lalu siswa telah menerima pelajaran tentang cara menulis cerita pendek yang baik. Semua siswa telah memahami langkah-langkah menulis cerpen dengan benar. Ahmad ingin mencoba mengaplikasikan apa yang dipelajarinya. Awalnya Ahmad menentukan tema yang akan ditulis. Kemudian, dia menentukan latar waktu yang akan dimasukkan. Misalnya pagi, siang, atau sore. Latar tempat pun juga diperhatikan sebelum menulis cerita. Selain itu suasana yang akan dibangun juga harus diperhatikan. Ahmad juga menentukan alur cerita yang akan dibuatnya. Menentukan tokoh dan watak juga tidak lupa ia lakukan. Setelah semua dia tentukan, mulailah Ahmad menulis cerita pendek tersebut.
Bagaimana cara awal Ahmad untuk mengaplikasikan langkah-langkah menulis cerpen?
      A.     Menentukan tema yang akan ditulis
      B.     Menentukan latar yang akan ditulis
      C.     Menentukan suasana yang akan dibangun
      D.     Menentukan tokoh dan watak dalam cerita

Kunci                    : A
Pembahasan          : langkah awal menulis cerpen adalah menentukan tema, ada pada baris ke 3.


4.      Kapan  tahapan Ahmad mulai menulis cerita pendek?
          A.     Setelah menentukan suasana, judul, latar, serta tokoh dan watak dalam cerita.   
          B.     Setelah menentukan judul, latar, suasana, serta tokoh dan watak dalam cerita.
          C.     Setelah menentukan latar, tema, suasana, serta tokoh dan watak dalam cerita.
          D.     Setelah menentukan tema, latar, suasana, serta tokoh dan watak dalam cerita.

Kunci Jawaban      : D
Pembahasan          : Tahapan menulis cerpen adalah menentukan tema, latar, suasana, serta tokoh dan watak dalam cerita. Unsur intrinsik dalam menulis cerita terdiri dari latar, tokoh, watak.


5.      Perhatikan kalimat di bawah ini!
(1) Terlebih pada musim kemarau, hidup bagai di neraka. 
(2)  Halaman rumah kami sangat gersang.
(3) Tidak ada satu pohon pun di sana.
(4) Setiap siang udaraterasa panas. 
       Susunan paragraf  yang  padu untuk kalimat acak tersebut adalah....
            A.     (4), (2), (3), (1)
            B.     (2), (3), (4), (1)
            C.     (1), (3), (2), (4)
            D.     (3), (4), (2), (1) 

Kunci Jawaban      : B
Pembahsan            : Kalimat tersebut menjadi padu diawali dengan ide pokok yaitu halaman yang gersang. Kalimat yang lain merupakan penjelas saja.

6.      Perhatikan teks berikut!
Konsumsi listrik sektor wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) belum kembali normal, pasca bencana gempa bumi yang terjadi sejak akhir Agustus 2018 .General Manager PLN Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka mengatakan, ‎saat ini pasokan listrik NTB kembali normal pascagempa, tetapi konsumsi sektor wisata belum mengalami kenaikan karena masih banyak penginapan dan hotel yang tutup. "Sekarang industri sudah mulai masuk namun yang belum adalah di sektor pariwisata, masih banyak hotel yang tutup," kata Rudi.
Topik dari teks di atas adalah….
          A.     bencana alam
          B.     gempa bumi
          C.     pasokan listrik pasca gempa
          D.     provinsi Nusa Tenggara Barat

Kunci Jawaban      : C
Pembahasan          : teks tersebut secara keseluruhan membahas pasokan listrik.


8.      Bacalah paragraf  berikut!
           Taman Remaja Surabaya merupakan salah satu tempat hiburan legendaris di Surabaya.tepatnya ada di Jalan Kusuma Bangsa. Beberapa tahun yang lalu tempat ini sangat populer dan selalu ramai dikunjungi. Bahkan tempat ini sering dijadikan tempat pentas seni pelajar kota Surabaya. Namun, dari berita yang banyak beredar, kondisinya kini memprihatinkan, semakin lama semakin sepi pengunjung, bahkan oleh pemerintah kota Surabaya tempat ini direncanakan untuk ditutup.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah………
      A.     Taman Remaja adalah taman hiburan khusus untuk remaja.
      B.     Taman Remaja memiliki pendapatan yang besar.
      C.     Sekarang kondisi Taman Remaja Surabaya  semakin memprihatinkan.
      D.     Pemerintah Kota Surabaya akan mempertahankan keberadaan Taman Remaja Surabaya.

Kunci Jawaban            : C
Pembahasan                : Pernyataan yang sesuai dengan paragraf  adalah kondisi taman remaja yang semakin memprihatinkan karena semakin lama semakin sepi dan akan segera ditutup.


9.      Dari bacaan tersebut di atas dapat disimpulkan….
      A.     Warga Surabaya senang memiliki taman hiburan.
      B.     Taman Remaja Surabaya diambang gulung tikar.
      C.     Taman Remaja semakin prospektif secara ekonomi.
      D.     Taman Remaja Surabaya ramai dikunjungi orang.

     Kunci Jawaban       : B
     Pembahasan                        : informasi tersirat dari teks tersebut adalah Taman Remaja Surabaya yang akan gulung tikar.


10.  Bacalah paragraf  berikut!
 Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang memiliki bulu lebat dan panjang, wajahnya bulat dan berhidung pesek. Posisi hidung hampir simetris dengan kedua matanya. Jika dilihat dari samping bagian hidung, dahi dan dagunya terlihat datar. Tubuhnya yang gemuk, tambun, dan gempal membuatnya semakin lucu.
     Jenis teks tersebut di atas adalah……..
      A.     argumentasi
      B.     deskripsi
      C.     narasi
      D.     persuasi

Kunci Jawaban      : B
Pembahasan                      : Jenis paragraf di atas adalah paragraf deskripsi.

11.  Bacalah paragraf berikut!
            Siswa kelas 6 sedang menanam beberapa tanaman di halaman sekolah. Mereka sedang melaksanakan “program penanaman 1000 pohon” dalam rangka penghijauan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta pada lingkungan, untuk menciptakan lingkungan yang asri dan udara yang segar.
      Apa yang akan terjadi jika siswa tidak menanam pohon di lingkungan sekolah?
       A.     Prestasi siswa menurun.
       B.     Siswa mendapat sangsi dari kepala sekolah
       C.     Udara di lingkungan sekolah menjadi sejuk
       D.     Udara di sekolah menjadi panas.

      Kunci Jawaban      : D
      Pembahasan          : prediksi dari teks di atas adalah udara di sekolah menjadi panas jika siswa tidak menanam  
                             pohon karena dengan menanam pohon udara menjadi segar dan menghasilkan oksigen yang kita hirup.

12.  Bacalah kedua teks berikut !
Teks 1
Penebangan hutan secara sembarangan mengakibatkan rusaknya lingkungan. Pada musim hujan terjadi tanah longsor dan banjir karena air tidak diserap oleh tumbuhan. Selain itu, hewan-hewan kehilangan tempat tinggal. Akibatnya, hewan-hewan itu merusak tanaman petani di ladang dekat hutan, bahkan menyerang manusia.
Teks 2
Hutan harus dilindungi. Merawat dan melindungi hutan yang gundul merupakan perbuatan yang bisa menyelamatkan manusia. Selain itu, makluk hidup yang tinggal di hutan tidak kehilangan tempat tinggal. Sementara itu, penebangan hutan secara sembarang  mengakibatkan rusaknya lingkungan.
Persamaan kedua teks tersebut adalah....

13.        Kereta api Gayabaru berangkat dari stasiun Gambir menuju Stasiun Arjasa pukul 04.20 dan tiba pukul 10.15 , kereta api Ekspres berangkat menuju stasiun Ambarawa pukul 10.25 dan tiba tiga setengah jam kemudian.  Sedangkan kereta api Bima berangkat satu jam setengah setelah keberangkatan kereta api Gayabaru dan tiba dua jam setelah keberangkatan di Stasiun Brebes.

14.  Bacalah kedua teks berikut !
Sebagai bentuk syukur kita kepada Tuhan adalah dengan menjaga kesehatan. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena dengan  menjaga kebersihan lingkungan maka kita semua yang mendapatkan manfaatnya.
       Bagaimana cara mendapatkan tubuh yang sehat?

15.  Bacalah cerita anak berikut!
           Pada zaman dahulu di sebuah desa yang terpencil nan jauh dari keramaian kota hiduplah seorang petani yang bernama Tarjo. Ia bukanlah orang kaya. Meskipun demikian, Tarjo suka membantu orang yang mengalami kesulitan. Setiap Minggu, Tarjo memberi sumbangan ke anak-anak yatim dan fakir miskin, meskipun jumlahnya tidak banyak. Tarjo tidak takut kehilangan hartanya hanya karena menyumbangkan sebagian hartanya.
           Kedermawanan Tarjo menjadi buah bibir masyarakat sekitar, sehingga terdengar oleh Raja. Ketika raja berulang tahun, Tarjo diundang makan bersama di istana. Undangan Raja tersebut tidak  membuat Tarjo sombong. Tarjo justru semakin rendah hati. Tarjo merasa tidak ada yang perlu disombongkan dari seorang manusia biasa.          
      Watak tokoh Tarjo dalam cerita tersebut adalah . . . .

18.  Bacalah penggalan syair berikut!
Sungguh besar tanggung jawabmu
Mengatur negara Indonesia
Di bumi pertiwi kau berjasa
Membawa harum nama bangsa
Maksud  dari syair di atas adalah….
A.    seseorang yang membawa keharuman
B.     seseorang yang bertugas mengatur negara
C.     seseorang yang berjasa untuk bangsa dan negara
D.    seseorang yang bertanggung jawab untuk keluarganya
Kunci Jawaban      : C
Pembahasan          : Isi syair adalah pesan yang ingin disampaikan penyair melalui  syairnya. Pada  syair di atas adalah seseorang yang berjasa untuk bangsa dan Negara


19.  Bacalah cerita berikut!
Menurut Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap opzichter Belanda itu karena opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu, mereka memutuskan ramai-ramai menyerang si opzichter.
(Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Penyebab konflik pada cerita di atas adalah...
A.    Opzichter selalu mengganggu istri-istri kuli kontrak
B.     Kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya
C.     Opzichter Belanda ditikam
D.    Kuli-kuli kontrak menyerang si opzichter
Kunci Jawaban      : A
Pembahasan          : Penyebab konflik adalah yang menyebabkan ketegangan atau pertentangan dalam cerita tersebut adalah Opzichter selalu mengganggu istri-istri kuli kontrak



20.  Bacalah teks berikut!
Apakah  humus itu? Humus adalah bunga tanah. Bunga tanah merupakan bahan makanan untuk tanaman. Humus berasal dari tumbuhan dan hewan yang membusuk.
      Jika ingin tanahnya subur  kamu dapat membuat humus sendiri. Caranya kumpulkan sampah daun-daunan, kemudian  timbun sampah-sampah itu dalam lubang. Sebaiknya lubang dibuat di bawah pohon yang rindang. Alasanya udara yang lembab mempercepat pembusukan.
      Setelah beberapa lama, daun-daun akan membusuk. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan hitam yang bercampur dengan tanah. Itulah yang disebut  humus. Tanah yang berhumus terasa lengket saat kita pegang.
      Jika humus tadi dicampur dengan tanah padat, maka tanah padat tersebut akan menjadi   gembur. Tanah gembur sangat subur. Di dalamnya tersedia banyak makanan  untuk tanaman. Tanah gembur juga  memudahkan akar  mencari makanan untuk  pertumbuhan.
Jika pohon jeruk dipupuk dengan humus maka ….
A.    buah jeruk berubah rasa
B.     daunnya lebat dan buahnya banyak
C.     pohonnya tinggi dan buahnya manis
D.    tanah tempat pohon jeruk menjadi lembab
Kunci Jawaban      : B
Pembahasan          : Pohon jeruk yang ditanam dipupuk dengan humus daunnya lebat dan buahnya banyak, bukan pohonnya yang tinggi dan buahnya manis atau tempatnya yang lembab atau buahnya berubah rasa


21.  Bacalah cerita berikut!
Siang itu sepulang sekolah, aku dan saudaraku berhasil membuat puding buah melon. Senyum puas menghiasi wajah kami karena kami berhasil membuat puding kesukaan mama. Ketika akan menaruhnya di atas meja, tiba-tiba...Praaaaang! Aku, Suryono kakakku, dan Maemunah adikku terkejut bukan kepalang. Karena ketidak hati-hatianku,  kaca meja di ruang tamu pecah berantakan di lantai.
Nilai yang terdapat dalam cerita tersebut adalah...
A.    jadilah anak yang berbakti
B.     jangan terlalu gembira atas keberhasilan kita
C.     kecerobohan membuahkan penyesalan
D.    tak perlu menyesali apa yang sudah terjadi
Kunci Jawaban      : C
Pembahasan          : Nilai yang terkandung dalam cerita di atas adalah pentingnya kehati-hatian dalam bertindak agar kita tidak menyesal


22.  Bacalah cerita berikut!
Pasha dan Dinar adalah sahabat karib, ke mana pun mereka selalu bersama. Mereka selalu rukun dan suka berbagi. Jika Pasha mempunyai kue maka dengan senang hati ia akan membagi sama rata dengan Dinar. Demikian halnya Dinar juga bersikap sama seperti Pasha. Mereka berjanji akan terus bersama sampai dewasa kelak.
Dari cerita di atas yang dapat kita teladani adalah….
A.    kerukunan dalam persahabatan
B.     percekcokan dengan sahabat
C.     kebencian dengan sahabat
D.    saling bertengkar dengan sahabat
Kunci Jawaban      : A
Pembahasan          : Nilai yang dapat diteladani pada cerita di atas adalah kerukunan dalam persahabatan

23.  Di bawah ini adalah petunjuk pembuatan pudding mangga yang disusun secara acak. 
      Aduk sampai rata
      Masukkan satu bungkus agar-agar
      Didihkan dua gelas air
      Tuang adonan ke loyang tunggu sampai dingin
      Tambahkan essense mangga
      Masukkan gula secukupnya
Fais akan membuat puding mangga. Urutan yang benar dari petunjuk pembuatan puding  mangga yang benar  adalah….
A.    2  -  1  -  3  -  5  -  4  -  6
B.     2  -  4  -  5  -  6  -  3  -  1
C.     3  -  2  -  1  -  5  -  4  -  6
D.    3  -  2  -  1  -  6  -  5  -  4
Kunci Jawaban      : D
Pembahasan          : 3  -  2  -  1  -  6  -  5  -  4


24.  Bacalah cerita berikut!
Sifat dokter Dhini memang patut dicontoh. Selain ramah dia juga suka menolong. Keiklasannya menolong sesama dibuktikan dengan seringnya bertugas di daerah bencana. Sejak kecil dia selalu peduli dengan sesama. Masyarakat sering mengatakan dokter Dhini itu ....
Ungkapan yang tepat untuk sifat dokter Bambang adalah ....
A.    kaki tangan
B.     buah tangan
C.     ringan tangan
D.    tangan kanan
Kunci Jawaban      :  C
Pembahasan          : Ringan tangan, merupakan ungkapan yang cocok untuk orang yang suka membantu/menolong orang lain, karena menurut KBBI makna:
kaki tangan 1 kaki dan tangan; 2 ki orang yang diperalat orang lain untuk membantu;
buah tangan 1 hasil pekerjaan; 2 barang yang dibawa dari bepergian; oleh-oleh; 
ringan tangan tangkas dan giat (bekerja dan sebagainya); 
tangan kanan 1 tangan sebelah kanan; 2 ki pembantu utama; 


25.  Bacalah percakapan berikut!
Medi: Aduh... Bu, kok perutku mual ya?
Ibu   : O ya? Coba sini, ibu oles minyak kayu putih dulu.
Medi: Aduh... sakit Bu.
Ibu   : Nah, apa ibu bilang, kamu terlalu banyak makan bakso, tadi kamu tidak percaya.
Medi: Iya, Bu, maaf, Ibu sih bikin baksonya enak sekali, jadi aku nambah terus.
Ibu   : Uhh, kok ibu yang jadi...., ibu kan memang jago masak! Lain kali kalau makan, jangan berlebihan ya!
Medi: Ya, Bu.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah...
A.    kambing hitam
B.     sasaran tembak
C.     sasaran empuk
D.    buah bibir
Kunci Jawaban      A
Pembahasan          : kambing hitam/kam·bing hi·tam/ n ki orang yang dalam suatu peristiwa sebenarnya tidak bersalah, tetapi dipersalahkan atau dijadikan tumpuan kesalahan;          

26.  Bacalah cerita yang disusun acak berikut!
1.      Setelah semua barang terbeli, ia kembali mengayuh sepeda bututnya menuju rumahnya.
2.      Pergilah Arif ke pasar menggunakan sepeda bututnya.
3.      Sesampainya di pasar, dibelilah kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan.
4.      Rumahnya hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Agar menjadi paragraf narasi yang padu, maka urutan yang benar adalah ….
A.    2 – 3 – 1 – 4
B.     1 – 2 – 3 – 4
C.     4 – 3 – 2 – 1
D.    2 – 3 – 4 – 1
Kunci Jawaban      :  A
Pembahasan          : Urutan yang benar adalah  2 – 3 – 1 – 4


27.  Bacalah petunjuk penggunaan blender berikut!
(1)  Masukkan buah ke dalam blender!
(2)  Tambahkan gula sesuai selera!
(3)  Masukkan air secukupnya ke dalam blender!
(4)  Colokkan steker pada stopkontak!
(5)  ...!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk penggunaan blender di atas adalah  ….
A.    Campur buah, air dan gula
B.     Tambahkan garam secukupnya
C.     Lepaskan steker dari stopkontak
D.    Tekan tombol start
Kunci Jawaban      : D
Pembahasan          : Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk menggunakan blender adalah tekan tombol start


28.  Bacalah penggalan pidato persuasif berikut!
Hadirin yang saya hormati,
          Disiplin memberikan dampak sosial yang sangat besar. Melatih diri dengan terbiasa bersikap disiplin adalah sebuah keharusan. Disiplin akan menjadikan manusia tumbuh dan terus berkembang dengan lebih baik. ....
      Hadirin yang saya hormati, demikian sedikit pesan yang dapat saya sampaikan pada  kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato di atas adalah …
A.    Mari, kita selalu belajar tepat waktu!
B.     Mari, kita tingkatkan sifat disiplin dalam diri kita!
C.     Ayo, kita ambil nilai positif dari sikap disiplin!
D.    Mudah-mudahan kita selalu berperilaku disiplin
Kunci Jawaban      : B
Pembahasan          : Kalimat yang tepat adalah mari, kita tingkatkan sifat disiplin dalam diri kita! sebab sesuai/terkait dengan pembukaan yang disampaikan diawal pidato

30.  Montir motor itu memperbaiki dengan menggunakan kunci pas.
Kalimat yang memiliki struktur SPOK adalah...
A.    Dengan menggunakan kunci pas montir itu memperbaiki motor.
B.     Montir motor itu memperbaiki dengan menggunakan kunci pas.
C.     Montir itu memperbaiki motor dengan menggunakan kunci pas.
D.    Montir itu dengan menggunakan kunci pas memperbaiki motor.

Kunci Jawaban      : C
Pembahasan          : Kalimat yang memiliki struktur SPOK adalah Montir itu memperbaiki motor dengan menggunakan kunci pas.
Subyek                  : Montir itu
Prediket                 : memperbaiki
Obyek                   : motor
Keterangan            : dengan menggunakan kunci pas.


31.  Gempa yang terjadi di Pulau Lombok akhir-akhir ini banyak menelan korban tewas karena tidak sempat menyelamatkan diri.
Perbaikan kata becetak tebal pada kalimat tersebut di atas adalah ....
A.    mati
B.     gugur
C.     mangkat
D.    meninggal
Kunci Jawaban : D
Pembahasan      : Kata mati digunakan untuk hewan, kata gugur digunakan untuk pahlawan, dan kata mangkat digunakan untuk raja sedangkan kata meninggal digunakan untuk orang pada umumnya.


32.  Bacalah kalimat-kalimat berikut secara cermat!
      1) Merak termasuk jenis kelompok burung.
      2) Merak memiliki kepala dengan jambul tegak.
      3) Merak juga memiliki buluh ekor yang sangat indah.
      4) Ekor burung merak dapat merekah seperti kipas.
      Kesalahan penggunaan ejaan terdapat pada kalimat....
A.     1
B.     2
C.     3
D.    4
Kunci jawaban : C
Pembahasan     : Kalimat nomor 3 terdapat penggunaan ejaan yang tidak tepat yaitu kata buluh. Kata buluh seharusnya diperbaiki menjadi bulu.

34.  Bacalah dialog di bawah ini !
Dani : Selamat, Keke! Penampilanmu dipuji banyak penonton.
      Keke: Ah, kamu.....Ada-ada saja. Jangan dibesar-besarkan, Dan!
      Dani : Mengapa, itu tandanya kamu berhasil.
      Keke: Malu, Dan! Kemampuanku belum seberapa.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada dialog di atas adalah...
A.    Penggunaan tanda seru (!) setealah kata Keke
B.     Penggunaan tanda koma (,) setelah kata mengapa
C.     Penggunaan tanda baca (,) setelah kata malu
D.    Penggunaan tanda baca titk dua (:) sebelum kalimat langsung
Kunci jawaban : B
Pembahasan     : Penggunaan tanda baca koma (,) setelah kata mengapa kurang tepat. Seharusnya tanda baca koma (,) diganti dengan tanda tanya (?)

36.  Penggunaan ejaan yang benar pada penulisan kata ulang di bawah ini adalah...
A.     Celana yang baru dicuci ada di meja - meja tampak berserakan.
B.      Semua binatang yang ada di kandang keluar berhambur-hamburan.
C.      Semua siswa, baik laki-laki maupun perempuan, mengikuti latihan paduan suara.
D.     Ibu membeli-beli sayuran untuk persediaan besok pagi.
Kunci jawaban : C
Pembahasan     :  Penggunaan ejaan yang benar pada penulisan kata ulang yang tepat adalah kata laki-laki, untuk kata di meja-meja, berhambur-hamburan, dan membeli-beli kurang tepat karena memiliki makna yang kurang tepat dalam kalimat tersebut.

37.  Bacalah paragraf berikut !
Tahukah kamu bahwa minyak kayu putih dapat mengusir kutu? Ketika minyak kayu putih dioleskan ke kulit kepala, maka akan terasa panas. Kutu pun pergi akan kepanasan.
      Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring adalah...
A.    Kutu akan pergi karena kepanasan
B.     Pergi karena kepanasan kutu tersebut
C.     Kutupun akan pergi karena kepanasan
D.    Kutu pun akan pergi karena kepanasan
Kunci jawaban : D
Pembahasan     : Perbaikan ejaan untuk kalimat yang bercetak miring yang tepat adalah Kutu pun akan pergi karena kepanasan. Penulisanpundalam suatu kalimat tidak disambung dengan kata sebelumnya melainkan berdiri sendiri.

38.  Bacalah teks berikut !
Banyak orang menganggap kantong semen bekas adalah sampah. Orang lebih sering ......... kantong semen bekas karena dipandang sudah tidak bermanfaat.Namun bagi Liana Harini, kantong semen bekas justru bisa menjadi kerajinan yang bernilai tinggi.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    membuang
B.     melepas
C.     melempar
D.    membakar
Kunci jawaban : A
Pembahasan     : Kalimat kedua paragraf tersebut rumpang. Kalimat tersebut dapat dilengkapi dengan kata membuang. Kata membuang tepat karena kalimat menjadi kalimat yang logis.


39.  Perhatikan paragraf berikut!
Telur merupakan salah satu sumber vitamin yang baik. Kadar protein dalam telur sangat mudah dicerna. Selain itu hampir tidak ada lemak tak jenuh di dalamnya sehingga kita bisa mendapatkan seluruh protein dari telur.
      Makna istilah kadar pada paragraf tersebut adalah....
A.    presentase
B.     kandungan
C.     muatan
D.    asupan
Kunci jawaban : B
Pembahasan     : Istilah kadar pada paragraf di atas kurang tepat, karena kadar memiliki arti nilai, harga, taraf, dan ukuran. Jadi jawaban yang tepat terdapat pada piihan jawaban B.

40.  Cermati paragraf berikut !
Seperti kita ketahui bersama pada tanggal 28 Oktober 2017 yang lalu seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.
      Tanda baca yang tepat pada paragraf di atas adalah ...
A.    Seperti kita ketahui bersama. Pada tanggal 28 Oktober 2017 yang lalu; seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.
B.     Seperti kita ketahui bersama. Pada tanggal 28 Oktober 2017 yang lalu, seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.
C.     Seperti kita ketahui bersama, pada tanggal 28 Oktober 2017 yang lalu, seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.
D.    Seperti kita ketahui bersama pada tanggal, 28 Oktober 2017 yang lalu; seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.
Kunci jawaban : C
Pembahasan     :  penggunaan tanda baca yang tepat pada pilihan jawaban  C. Tanda koma dipakai untuk   menghindari salah baca atau salah pengertian di belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat.

  II.     Jawablah soal-soal berikut dengan jelas dan benar !

41.  Bacalah teks di bawah ini !
indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya  salah satunya adalah tari yapong  Tari yapong merupakan salah satu kesenian indonesia yang berasal dari dki jakarta
Perbaikilah kesalahan ejaan dan tanda baca  pada teks di atas !
Kunci jawaban : Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, salah satunya adalah tari yapong. Tari yapong merupakan salah satu kesenian Indonesia yang berasal dari DKI Jakarta.
Pembahasan     : Penulisa nama negara atau tempat menggunakan huruf kapital, dan penulisan kalimat diakhiri dengan tanda titik (.)

42.  Bacalah kutipan pidato berikut !
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya. Kita masih diberi kenikmatan yang tak terhingga dari Alloh SWT,dan  (..........)
Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan rekan-rekan yang saya banggakan, dalam kesempatan kali ini perkenankan saya untuk memaparkan pentingnya membiasakan membaca sejak usia dini.
Lengkapilah bagian rumpang pada teks pidato di atas !
Kunci jawaban : Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks pidato tersebut adalah kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul dalam keadaan sehat walafiat.

43.  Rara: Nissa, Yuk kita ke kantin!.
Anissa: Emm aku tidak punya uang saku, aku ke perpustakaan saja deh.
Rara: Oh, enggak papa kok, biar aku nanti yang bayar oke?.
Anissa: Terimakasih, tapi aku lebih pengen baca buku di perpustakaan saja kok.
Rara: Oke, tapi aku ikut kamu ke perpustakaan saja deh kalaubegitu.
Ubahlah teks percakapan di atas menjadi sebuah teks narasi !
Kunci  jawaban : Rara mengajak Anissa untuk pergi ke kantin, namun Anissa menolak karena tidak mempu-nyai uang saku. Anissa lebih memilih pergi ke perpustakaan. Akhirnya Rara juga mengikuti Anissa pergi ke perpustakaan, dan mereka tidak jadi pergi ke kantin sekolah.


44.  Cermati paragraf berikut1
Palembang terkenal dengan makanan khasnya, yaitu pempek palembang. Pempek palembang sudah menjelajah ke seluruh pelosok tanah air. Kita bisa menemukan dan mendapatkan para penjual pempek palembang di seluruh pelosok pelosok di Indonesia.
Ubahlah kalimat tidak efektif yang bercetak tebal menjadi kalimat efektif !
Kunci jawaban :  Kita bisa menemukan penjual pempek palembang di seluruh pelosok Indonesia.
Pembahasan     :  Kalimat yang bercetak tebal merupakan kalimat yang tidak efektif karena terdapat kata yang memiliki makna sama yaitu kata menemukan dan mendapatkan, jadi kalimat efektif yang benar adalahKita bisa menemukan penjual pempek palembang di seluruh pelosok Indonesia.

45.  Malam-malam makan soto babat
Bungkusnya daun Jati
      Terima kasih sahabat
      ..............................
      Lengkapi bagian pantun yang masih rumpang !
Kunci jawaban : Kau memang sahabat sejati
Pembahasan    : Pantun di atas termasuk jenis pantun sahabat, sehingga untuk melengkapi bagian pantun yang rumpang juga harus mengandung makna sahabat. Jadi jawaban yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pantun adalah Kau memang sahabat sejati.
 ..................................................................................................................................
DOWNLOAD SOAL TRY OUT 7 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 7 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 7 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama" 


Berlangganan via Email