Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 6 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 6 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 6 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-6 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Try Out (USBN)  Paket 6
Tahun Pelajaran 2018 – 2019

I.     Berilah tanda silang ( X ) pada huruf A,B,C atau D jawaban yang paling tepat pada lembar jawaban yang tersedia!

1. Bacalah paragraf berikut!
Padi yang luas menguning adalah hasil tanam yang dilakukan oleh pertanian. Petani yang luar biasa tidak mengenal waktu demi berhasilnya tanaman padi. Panas yang menyengat tidak dirasakannya karena mereka tahu masyarakat memerlukan pangan. Jasanya tak ternilai
Makna kata“jasa”pada paragraf di atas adalah…
A.    Pelayanan yang terbaik bagi kita.
B.     Manfaat yang melimpah bagi kita
C.     Perbuatan yang berguna bagi orang lain
D.    Jerih payah yang sangat menguntungkan
Kunci: C
Pembahasan
Makna kata jasa sesuai paragraf di atas adalah “Perbuatan yang berguna bagi orang lain”. Karena pada paragraf di atas yang dibahas adalah jasa seorang petani bagi orang lain.

2. Cermati kalimat berikut!
Suara radio tetangga sebelah sangat keras pada malam hari.
Antonim kata keras pada kalimat tersebut adalah….
A.    pelan
B.     lunak
C.     kaku
D.    kencang
Kunci: A
Pembahasan
Antonim adalah lawan kata, lawan kata keras dalam kalimat adalah pelan. Karena keras dalam kalimat tersebut berarti suara yang sangat kencang kekuatannya

                                    Pembiasaan Hidup Sehat Sejak Kecil
Pola hidup sehat harus dibiasakan sejak kecil oleh para orang tua kepada anak-anak mereka. Pola hidup sehat itu antara lain meliputi makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga teratur, dan memeriksakan kesehatan diri ke dokter secara teratur pula.
Kebiasaan makan makanan bergizi dengan kadar seimbang menyebabkan tubuh anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Selain itu tubuh anak yang sehat juga mempunyai daya kekebalan yang baik terhadap serangan berbagai penyakit.
Orang tua harus memenuhi kebutuhan zat gizi  anak-anaknya. Pemenuhan gizi itu dimulai dengan pemberian ASI saat anak masih di usia balita. Semakin bertambah usia, maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi seorang anak.


3. Bagaimana cara memenuhi gizi anak pada usia balita?
A.    Menambah gizi anak seiring bertambahnya usia anak.
B.     Makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan olahraga keras.
C.     Mempunyai kekebalan yang baik terhadap serangan berbagai penyakit.
D.   Pemenuhan gizi dengan pemberian ASI saat anak masih di usia balita
Kunci: D
Cara membiasakan pola hidup sehat sejak kecil adalah pemberian ASI saat anak masih di usia balita, untuk permulaan pemenuhan gizi. Jawaban terdapat pada paragraf ketiga yaitu pola hidup sehat sejak kecil.



Perhatikan ilustrasi bacaan berikut ini!
Mulai tahun 2016 kuota haji di Indonesssia ditambah 10% tiap tahunnya perprovinsinya. Hal ini tentunya merupakan kabar yang menggembirakan bagi calon jamaah haji, karena peluang mereka untuk berangkat  lebih cepat semakin terbuka.
Berikut kuota jamaah haji untuk setiap provinsi
No
Provinsi
Kuota 2015(jiwa)
Kuota 2016 (jiwa)
1
Jawa Timur
70.000
....
2.
Jawa Tengah
50.000
55.000
3.
Jawa Barat
60.000
66.000
4
DKI Jakarta
80.000
88.000


4. Berdasarkan data kuota jumlah jamaah haji untuk provinsi tersebut di atas, kuota tahun 2016 untuk provinsi Jawa Timur sebanyak... jiwa.
A. 77.000
B. 77.700
C. 78.000
D. 77.800
Kunci: A
Pembahasan :
Berdasarkan data yang tertera pada tabel jumlah kuota jamaah haji tahun 2016 di provinsi Jawa Timur sebanyak 77.000 karena naik 10 % dari 70.000


5. Kebiasaan makan makanan bergizi dengan kadar seimbang menyebabkan tubuh anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Selain itu tubuh anak yang sehat juga mempunyai daya kekebalan yang baik terhadap serangan berbagai penyakit. Orang tua harus memenuhi kebutuhan zat gizi  anak-anaknya. Tubuh anak mudah terserang berbagai macam penyakit.. Pemenuhan gizi itu dimulai dengan pemberian ASI saat anak masih di usia balita. Semakin bertambah usia, maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi seorang anak
Kalimat dalam paragraf di atas yang tidak padu adalah....
A.    Kebutuhan gizi anak akan semakin bertambah seiring semakin bertambah usianya.
B.     Kebutuhan gizi anak baru terpenuhi saat anak beranjak dewasa.
C.     Tubuh anak mudah terserang berbagai macam penyakit.
D.    Pertumbuhan dan perkembangan anak akan semakin baik.
Kunci: C
Jika pola hidup sehat tidak dibiasakan sejak kecil maka anak akan mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya kurang.


6.                                             Pembiasaan Hidup Sehat Sejak Kecil
Pola hidup sehat harus dibiasakan sejak kecil oleh para orang tua kepada anak-anak mereka. Pola hidup sehat itu antara lain meliputi makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga teratur, dan memeriksakan kesehatan diri ke dokter secara teratur pula.
Kebiasaan makan makanan bergizi dengan kadar seimbang menyebabkan tubuh anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Selain itu tubuh anak yang sehat juga mempunyai daya kekebalan yang baik terhadap serangan berbagai penyakit.
Orang tua harus memenuhi kebutuhan zat gizi  anak-anaknya. Pemenuhan gizi itu dimulai dengan pemberian ASI saat anak masih di usia balita. Semakin bertambah usia, maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi seorang anak
Topik yang tepat sesuai isi bacaan tersebut adalah....
A.    Memeriksakan kesehatan secara rutin.
B.     Menjaga kesehatan tubuh dengan makan tidak teratur.
C.     Menjaga kekebalan tubuh dengan pemberian susu kaleng sejak dini.
D.    Menjaga kebiasaan makan makanan berlemak.
Kunci: A
Pembahasan:
Topik yang sesuai isi bacaan adalah memeriksakan kesehatan secara rutin
7.
Isi iklan tersebut adalah...
A. Gunakan sabun saat mandi bersama keluaraga.
B. Sabun muka untuk membersihkan muka agar bersih
C. Gunakan sabun cuci saat mencuci pakaian anda.
D. Bersihkan tangan setelah beraktivitas dengan sabun
Kunci: D
Pembahasan
Kalimat yang sesuai dengan iklan.

8.                                
Pola hidup sehat harus dibiasakan sejak kecil oleh para orang tua kepada anak-anak mereka. Pola hidup sehat itu antara lain meliputi makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga teratur, dan memeriksakan kesehatan diri ke dokter secara teratur pula.

Pernyataan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah....
A. Memeriksakan kesehatan secara rutin.
B. Menjaga kesehatan tubuh dengan makan tidak teratur.
C. Menjaga kekebalan tubuh dengan pemberian susu kaleng sejak dini.
D. Menjaga kebiasaan makan makanan berlemak.
Kunci: A
Pembahasan:
Pernyataan yang sesuai isi bacaan adalah memeriksakan kesehatan secara rutin.

10.        Paginya ia bangun seperti biasanya. Salat subuh, mandi lalu sarapan pagi. Pukul 06.40 ia berangkat sekolah. Sesampainya di sekolah, ia sempat beristirahat sebentar. Lalu masuk. Jam pertama ulangan Matematika. Fauzan mengerjakan soal ulangan dengan tenang. Meskipun ada soal yang tidak bisa, ia berusaha mengerjakan soal apa adanya. Fauzan tetap jujur. Ia tidak mau menyontek pekerjaan teman sebangku. Dodo tidak bisa mengerjakan soal ulangan. Dodo ingin menyontek, tetapi tidak ada kesempatan. Pak Bowo mengawasi dengan ketat. Ia juga tidak bisa minta bantuan kepada teman-temannya. Keringat membasahi tubuhnya. Ia pusing. Ia pun pasrah.  
Jenis teks bacaan tersebut adalah...
A. narasi
B. deskripsi
C. persuasi
D. eksposisi
Kunci: A
Pembahasan: Teks narasi berisi cerita

11. Kebiasaan makan makanan bergizi dengan kadar seimbang menyebabkan tubuh anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Selain itu tubuh anak yang sehat juga mempunyai daya kekebalan yang baik terhadap serangan berbagai penyakit.

      Apa yang terjadi jika pola hidup sehat tidak dibiasakan sejak kecil?
A.       Kebutuhan gizi anak akan semakin bertambah seiring semakin bertambah usianya.
B.       Kebutuhan gizi anak baru terpenuhi saat anak beranjak dewasa.
C.       Tubuh anak mudah terserang berbagai macam penyakit.
D.       Pertumbuhan dan perkembangan anak akan semakin baik.
      Kunci: C
        Jika pola hidup sehat tidak dibiasakan sejak kecil maka anak akan mudah terserang  penyakit karena kekebalan tubuhnya kurang.


12. Teks  I
         Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung   ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan dan warga setempat.
Teks II
         Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Persamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah...
A.    Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar wisatawan datang ke Puncak.
B.    Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor kepada pengendara roda dua dan roda empat
C.    Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor tentang recana penutupan jalur Puncak sore hari
D.   Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar pengunjung Puncak tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB
Kunci: D
Pembahasan
Persamaan informasi kedua teks diambil dari kalimat yang terdapat pada kedua teks bacaan.

  13.                                         Pembiasaan Hidup Sehat Sejak Kecil
Pola hidup sehat harus dibiasakan sejak kecil oleh para orang tua kepada anak-anak mereka. Pola hidup sehat itu antara lain meliputi makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga teratur, dan memeriksakan kesehatan diri ke dokter secara teratur pula.
Kebiasaan makan makanan bergizi dengan kadar seimbang menyebabkan tubuh anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Selain itu tubuh anak yang sehat juga mempunyai daya kekebalan yang baik terhadap serangan berbagai penyakit.
           Orang tua harus memenuhi kebutuhan zat gizi  anak-anaknya. Pemenuhan gizi itu dimulai dengan pemberian ASI saat anak masih di usia balita. Semakin bertambah usia, maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi seorang anak.
Pola hidup sehat sesuai isi bacaan tersebut adalah sebagai berikut!
1.
Makan makanan bergizi.
2.
Istirahat yang cukup.
3.
Olahraga teratur.
4.
[ ... ]
Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah . . .
A. Memeriksakan kesehatan secara rutin.
B. Menjaga kesehatan tubuh dengan makan yang teratur.
C. Menjaga kekebalan tubuh dengan pemberian ASI sejak dini.
Menjaga kebiasaan makan makanan bergizi dengan kadar yang seimbang
Kunci: A
Pembahasan:
Isian yang tepat untuk melengkapi tabel di atas sesuai isi bacaan adalah memeriksakan kesehatan secara rutin

14. Perhatikan paragraf berikut !
         Orang tua harus memenuhi kebutuhan zat gizi  anak-anaknya. Pemenuhan gizi itu dimulai dengan pemberian ASI saat anak masih di usia balita. Semakin bertambah usia, maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi seorang anak.
Bagaimana hubungan usia dengan kebutuhan gizi anak ?
A. Makin bertambah usia makin bertambah kebutuhan gizi anak
B. Makin bertambah usia makin berkurang kebutuhan gizi anak
C. Makin bertambah usia tidak berpengaruh pada kebutuhan gizi anak
D. Makin bertambah usia  tidak berhubungan dengan kebutuhan gizi anak
Kunci: A
Pembahasan:
Hubungan usia dengan kebutuhan gizi anak adalah makin bertambah usia makin bertambah pula kebutuhan gizi anak

15.       Kera sedang asyik makan pisang diatas pohon. Kancil yang kebetulan lewat di tepi hutan, melihat dan ingin ikut menikmati pisang tersebut. Ia pun berteriak meminta beberapa buah pisang kepada sang Kera, tetapi Kera menolak berbagi. Kancil paham watak sang Kera. Jadi ia tidak kaget jika dirinya tidak diberi pisang. Kancil pun mencari akal untuk mendapatkan pisang itu.
Kancil mulai melempari Kera dengan batu kerikil. Kera pun marah dan membalas lemparan batu kerikil dengan lemparan pisang. Kancil pura-pura mengelak dan terjatuh, sambil terus melemparkan batu kerikil. Akhirnya pisang yang dilempar si Kera itu dikumpulkan dan dimakan oleh Kancil. Kera kaget menyadari pisang di pohon telah habis dia lempar ke Kancil. Kera pun meminta maaf ke Kancil dan meminta beberapa pisang dilempar kembali kepadanya karena dia masih lapar. Kancil tersenyum dengan santai dia ajak Kera makan pisang bersama

15. Bagaimana watak Kancil dalam cerita diatas?
      A. bertanggung jawab
      B. suka berbagi
      C. terbuka
       D. jujur
       Kunci: B
      Pembahasan: Kancil di cerita diatas berwatak suka berbagi


16.                   Binti terpaksa berjualan kue keliling kampung untuk mencukupi kebutuhannya yang sebatang kara. Namun, nasib sial datang menimpa Binti. Dagangannya ditendang anak anak yang sedang bermain petak umpet sehingga rusak dan tidak dapat dijual lagi. Agar ia tidak dimarahi Tuan Johan, Binti terpaksa berbohong.
                        Menurut penjelasan Binti, sebenarnya kue dagannya habis terjual, bukan karena rusak ditendang anak anak yang bermain petak umpet. Tetapi Tuan Johan dapat menebak kalau Binti berbohong.
                        “Aku tahu yang telah menendang kue daganganmu,” kata Tuan Johan. Perkataan itu membuat Binti gugup, wajah Binti memerah menahan malu.
            Makna kata sebatangkara pada cerita tersebut adalah ...
A.       hidup berdua
B.       hidup sendirian
C.       hidup sengsara
D.       hidup pengangguran
Kunci   : B
Pembahasan :
Sebatang kara adalah pribahasa yang berarti hidup sendiri / tanpa orang tua


17.       Perhatikan syair berikut!
Apalah arti seorang manusia
            Yang sering tidak punya daya
            Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa
            Maha Penolong lagi Maha perkasa
            Maksud syair tersebut adalah ...
A.    Manusia harus selalu ingat kepada Tuhan Yang maha Esa
B.     Manusia adalah mahluk yang tidak bisa menolong dirinya sendiri
C.     Tuhan Yang Maha Kuasa akan selalu menolong manusia yang sedang berduka
D.    Manusia sebagai mahluk yang lemah harus selalu berdoa kepada Tuhan
Kunci : D
Pembahasan :
Manusia sebagai mahluk yang lemah seharusnya selalu berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa


18.       Bacalah Teks Syair berikut ini!
                        Petani
            Petani, engkau sungguh mulia
            Jasamu tiada terhingga
            Padi yang engkau tanam, kini telah menguning
            Betapa bahagia hatimu
            Engkau telah siap memanen dan menjual
            Memenuhi kebutuhan masyarakat
            Petani..
Yakinlah jasamu kan selalu dihargai
            Isi syair  tersebut adalah....
A.    Jasa petani sungguh mulia yang dihargai.
B.     Pak Tani sedang mencangkul di sawah.
C.     Padi yang sudah menguning  siap dipanen.
D.    Petani yang siap mmanin padi di sawah.
Kunci : A
Pembahasan :
             Isi syair mengungkapkan jasa petani yang kerja keras.

Bacalah cerita berikut!
Pak Hardi adalah tukang tambal ban yang giat bekerja. Ia menghidupi tiga orang anaknya yang masih kecil. Setiap hari, ia harus pergi ke tempat tambal ban di pinggir jalan. Walau tak seberapa yang didapatkan setiap harinya, ia selalu bersyukur. Dalam hatinya, ia ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat menghidupi keluarganya seperti kebanyakan orang.
Suatu pagi, ia bergegas menuju tempat pekerjaannya. Tiba tiba “Bluuk ...!ada sebuah tas jatuh di depannya. Dipungutnya lalu diteriakkan kepada seorang wanita yang sedang dibonceng sepeda motor.
“Ibu...  ibu ...  tas ibu jatuh ...! teriaknya. Spontan ibu muda yang dibonceng tadi menoleh ke belakang. Tukang ojek pun berhenti dan si ibu muda tadi berlari menuju Pak Hardi. “He ... kamu mau mencuri ya !” Teriak ibu tadi. “Maaf Bu, tas ibu ini terjatuh dan saya memungutnya untuk saya kembalikan,” kata Pak Hardi dengan jujur. “Ah aku tidak percaya, mana ada pencuri mengaku,” Si ibu muda naik pitam. Beruntung ada ketua RT yang kebetulan lewat dan memperhatikan sedari tadi. “Maaf Bu, Bapak ini memang benar, ia memungut dan mengembalikannya kepada ibu. Seharusnya ibu berterima kasih kepada Bapak ini.” Tanpa basa basi ibu itu langsung pergi tanpa sepata kata.

19.       Penyebab terjadinya konflik pada cerita tersebut adalah...
A.   Pak Hardi dituduh sebagai pencuri
B.    Pak Hardi diremehkan sebagai tukang tambal ban
C.    Pak Hardi terbebani hutang yang banyak
D.   Pak Hardi memiliki anak yang nakal
Kunci : A
Pembahasan :
Niat baik Pak Hardi yang akan mengembalikan tas yang terjatuh, malah menjadikan ia dituduh sebagai pencuri. Maka Pak Hardi pun menolak tuduhan tersebut.


20.          Pak Hardi adalah tukang tambal ban yang giat bekerja. Ia menghidupi tiga orang anaknya yang masih kecil. Setiap hari, ia harus pergi ke tempat tambal ban di pinggir jalan. Walau tak seberapa yang didapatkan setiap harinya, ia selalu bersyukur. Dalam hatinya, ia ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat menghidupi keluarganya seperti kebanyakan orang.
Suatu pagi, ia bergegas menuju tempat pekerjaannya. Tiba tiba “Bluuk ...!ada sebuah tas jatuh di depannya. Dipungutnya lalu diteriakkan kepada seorang wanita yang sedang dibonceng sepeda motor.

           Apa yang terjadi jika Pak Hardi bukan orang yang jujur?
A.   Memberikan tas itu kepada orang lain
B.    Membiarkan tas itu dipinggir jalan
C.    Tas itu, tidak dikembalikan kepada pemiliknya
D.   Menyerahkan tas itu kepada polisi
Kunci   : C
Pembahasan :
Sifat orang yang  jujur adalah mengatakan apa adanya. Sebaliknya sifat orang yang tidak jujur akan menyembunyikan kebenaran. Maka seandainya Pak Hardi mempunyai sifat tidak jujur maka tas iku tidak akan dikembalikan kepada pemiliknya.


21.             Suatu pagi, ia bergegas menuju tempat pekerjaannya. Tiba tiba “Bluuk ...!ada sebuah tas jatuh di depannya. Dipungutnya lalu diteriakkan kepada seorang wanita yang sedang dibonceng sepeda motor.
“Ibu...  ibu ...  tas ibu jatuh ...! teriaknya. Spontan ibu muda yang dibonceng tadi menoleh ke belakang. Tukang ojek pun berhenti dan si ibu muda tadi berlari menuju Pak Hardi. “He ... kamu mau mencuri ya !” Teriak ibu tadi. “Maaf Bu, tas ibu ini terjatuh dan saya memungutnya untuk saya kembalikan,” kata Pak Hardi dengan jujur. “Ah aku tidak percaya, mana ada pencuri mengaku,” Si ibu muda naik pitam. Beruntung ada ketua RT yang kebetulan lewat dan memperhatikan sedari tadi. “Maaf Bu, Bapak ini memang benar, ia memungut dan mengembalikannya kepada ibu. Seharusnya ibu berterima kasih kepada Bapak ini.” Tanpa basa basi ibu itu langsung pergi tanpa sepata kata.

            Nilai yang terkandung dalam cerita tersebut adalah...
A.   Jangan mudah menyalahkan orang lain.
B.    Jangan mudah menuduh orang lain
C.    Bebuat baiklah kepada orang lain
D.   Kiat harus membantu sesama
Kunci   : B
Pembahasan :
Dari cerita di atas tampak jelas apa yang dilakukan ibu muda tersebut menunjukkan sikap yang tidak terpuji. Tanpa ada alasan dan bukti yang benar dan mendukung, ia membabi buta menuduh Pak Hardi mencuri.

22.               Pak Hardi adalah tukang tambal ban yang giat bekerja. Ia menghidupi tiga orang anaknya yang masih kecil. Setiap hari, ia harus pergi ke tempat tambal ban di pinggir jalan. Walau tak seberapa yang didapatkan setiap harinya, ia selalu bersyukur. Dalam hatinya, ia ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat menghidupi keluarganya seperti kebanyakan orang.
Suatu pagi, ia bergegas menuju tempat pekerjaannya. Tiba tiba “Bluuk ...!ada sebuah tas jatuh di depannya. Dipungutnya lalu diteriakkan kepada seorang wanita yang sedang dibonceng sepeda motor. “Ibu...  ibu ...  tas ibu jatuh ...! teriaknya. Spontan ibu muda yang dibonceng tadi menoleh ke belakang.

            Keteladanan yang patut dicontoh dari Pak Hardi adalah...
A.   Pekerja keras dengan mengharap imbalan
B.    Menuntut balas pada orang yang menyakiti
C.    Pekerja keras dan ihlas
D.   Menerima takdir Tuhan
Kunci   : C
Pembahasan :
Dari terks cerita di atas jelas kita ketahui bahwa Pak Hardi adalah pekerja keras dan memiliki keihlasan dalam melakukan pekerjaan

23.       Perhatikan petunjuk cara membuat telur asin dalam kalimat acak berikut ini !
1.    Biarkan telur ang telah dibalur tersebut selama 12 hari
2.    Pilihlah telur itik yang bagus, kemudian cucilah sampai bersih
3.    Balurlah telur pilihan itu dengan adonan garam dan abu gosok
4.    Ambil dan cucilah kembali, kemudian kukus hingga matang
Susunan yang tepat untuk petunjuk tersebut adalah ...
A.    1 – 2 – 3 – 4
B.     2 – 1 – 4 – 3
C.     3 – 1 – 2 – 4
D.    2 – 3 – 1 – 4
Kunci   :   D
Pembahasan :
            Urutan kalimat yang padu dan tepat 2-3-1-4

24.       Hari Minggu  kakakku pergi ke supermarket. Di sana sedang ada...sepatu. Kakakku sangat tertarik untuk membelinya. Potongan harga yang ditawarkan pun sangat menggiurkan. Akhirnya kakak membeli sepasang sepatu berwarna biru.
Istilah yang tepat untuk melengkapi bacaan tersebut adalah....
A.    door prize
B.     promo
C.     diskon
D.    obral
Kunci   : C
Pembahasan :
Kata istilah yang tepat untuk potongan harga adalah diskon

25.       Ali       : “Din, apa betul Dewi berhasil menjadi juara Olimpiade Matematika tingkat   Provinsi?”
            Udin    : “Ya, betul.  Aku kemarin ikut menyaksikannya lomba tersebut.”
            Ali       : “Dewi memang hebat. Sudah beberapa kali menjadi juara.”
            Udin    : “Ya, atas prestasinya, Dewi menjadi ...di sekolah kita.”
            Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A.    buah tangan
B.     buah baju
C.     buah bibir
D.    buah hati
Kunci jawaban C
Pembahasan
Bahan pembicaraan yang baik ( buah bibir )

26.  Perhatikan kalimat – kalimat bersusun acak berikut!
(1)   Pagi yang cerah bagi Lyla untuk mencari kayu bakar di hutan.
(2)   Di tengah perjalanan menuju tujuan Lyla melirik ke seluruh sisi hutan, maklum ini   pengalaman pertama kalinya pergi ke hutan.
(3)   Tak terasa ia telah tiba di hutan yang lebat, suara-suara hewan terdengar nyaring, tampaknya Lyla mulai agak takut.
(4)   Berangkatlah ia bersama Sang Kakek menuju hutan yang lebat. 
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf narasi yang padu adalah....
A.  1 – 4 – 2 -3
B.   1 – 3 – 2 -4
C.   2 – 4 – 1 -3
D.    2 – 3 – 1 -4
Jawab : A
Pembahasan : Kalimat pertama berisikan keterangan waktu dan ada subyek Lyla sebagai     tokoh yang diceritakan dalam paragraf ini.


27.  Bacalah petunjuk penggunaan pelembab wajah yang disusun acak berikut ini!
(1) Pijat kulit dengan lembut hingga terserap seluruhnya.
  (2) Usapkan dengan ujung jari ke kulit wajah dan leher yang bersih. 
  (3) Ratakan pelembab di kulit dengan telapak tangan. 
  (4) Tuangkan pelembab ke ujung jari secukupnya.
Urutan petunjuk penggunaan pelembab wajah yang tepat adalah ….
A. (1) - (3) - (2) - (4)
B.  (2) - (1) - (3) - (4)
C.  (4) - (2) - (3) - (1)
D.  (2) - (3) - (1) - (4)
Jawab  : C
Pembahasan : Pada pilihan jawaban terdapat kata tuangkan hal ini menunjukkan bawa pelembab tersebut berbentuk cair,  maka kata yang tepat untuk menggunakan kalimat petunjuk adalah “Tuangkan...” kemudian “Usapkan dengan....”, setelah diusapkan ke ujung jari kulit wajah dan leher baru di ratakan pelembabnya, selanjutnya pijat kulit dengan lembut hingga terserap seluruhnya.

28. Bacalah kutipan pidato di bawah ini!
        …..
Untuk menghadapi situasi saat ini, kita harus selalu waspada. Sehubungan dengan isu penculikkan dan pembunuhan di daerah kita ini, diharapkan orang tua khususnya para wali murid serta para anak-anak tidak perlu merasa cemas. Bukankah belum ada bukti yang nyata ? Namun, kita harus tetap waspada.
Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi pidato di atas adalah. …
A.    Bapak-bapak, Ibu-ibu wali murid, serta anak-anak
B.     Mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa
C.     Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf
D.    Apa kabar semuanya...
Jawab : A
Pembahasan : Kalimat yang sesuai dengan kutipan pidato tersebut adalah jawaban A. Bapak-bapak, Ibu-ibu wali murid, serta anak-anak karena yang dihadapi adalah murid dan wali murid di lingkungan sekolah. Kalimat sapaan yang diucapkan tertuju pada hadirin.

29.  Cermatilah kalimat berikut.
Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas adalah …

A. “Besok pagi kata dia mereka akan berangkat.”
B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”
C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”
D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”
Jawab : B
Pembahasan : “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.” Keterangan waktu yang terletak di depan kita beri tanda baca kutip dan koma karena berasal dari pembicara orang lain. Artinya yang berbicara bukan orang yang bersangkutan maka untuk menulis kalimat yang ingin disampaikan sebagai kalimat berita juga diberi tanda kutip” sebagai hasil dari mengutip pembicaraan dari orang lain (orang ketiga)




30.  Perbaiki struktur kalimat berikut !
       Membaca koran Andri  di tamu ruang.
     A. Andri membaca koran di tamu ruang.
     B. Membaca koran Andri di tamu ruang.
     C. Membaca koran Andri di ruang tamu.
     D. Andri membaca koran di ruang tamu.
     Jawab : D
     Pembahasan : Struktur kalimat yang tepat adalah D

31. Semua siswa kelas VI harus menggunakan seragam lengkap ketika mengikuti upacara.
Perbaikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut dengan tepat adalah ....
A.    membawa
B.     memakai
C.     menjinjing
D.    memanggul
Kunci jawaban   B
Pembahasan.
Penggunaan kata menggunakan kurang tepat karena seragan katayang tepat memakai seragam.

32. Dodo frustrazi ketika gagal dalam lomba siswa teladan.
      Penulisan  kalimat dengan ejaan yang benar adalah ....
A.    Dodo frustasi ketika gagal dalam lomba siswa teladan
B.     Dodo furstasi ketika gagal dalam lomba siswa teladan
C.     Dodo fruztrasi ketika gagal dalam lomba siswa teladan
D.    Dodo frustrazi ketika gagal dalam lomba siswa teladan.
Kunci  jawaban  A
Pembahasan
Penuslisan frustazi salah yang benar Prustasi.

33. Aldo bertanya, “ Mengapa kamu tidak masuk, Ani!”
      Penggunaan tanda baca yang salah pada kalimat tersebut adalah....
A.    tanda koma ( , )
B.     tanda petik ( “ ...” )
C.     tanda seru ( ! )
D.    tanda titik ( .)
Kunci jawaban C
Pembahasan
Penggunaan tanda (!) salah yang benar tanda ( ? ) karena kalimat tanya.

34. Pengunaan tanda baca pada kalimat dialog berikut ini yang salah adalah ....
       A.  Ani  : “ Mengapa kamu menagi Sah?”
       B. Aisah: “ Aku baru dimarahi ibuku.”
       C.  Ani  : “ Menagapa kamu dimarahi?”
       D. Aisah: “ Aku tidak mengerjakan PR,”
            Kunci jawaban  D
             Pembahasan
             Penggunaan tanda koma di akhir kalimat salah yang benar tanda titik (.)

35. Perhatikan dialog tersebut!
      Adik  : “Kak, ibu menyuruh mencuci piring.”
      Kakak: “Adik saja yang mencuci piring.”
      Adik  : “ Lho Kakak mau kerjakan apa (....)
      Tanda baca yang tepat untuk mengisi (....) adalah ....
A.    tanda koma ( , )
B.     tanda titik ( . )
C.     tanda seru ( ! )
D.    tanda tanya ( ? )
Kunci jawaban D
Pembahasan
Karena merupakan kalimat tanya.

36.  Penulisan kata ulang yang tepat adalah ....
       A. Orang baru itu mematai-mematai tetangganya.
       B. Anak-anak berkejar-berkejaran di halaman.
       C. Siswa kelas VI menata kursi-kursi dengan rapi.
       D. Pak Guru membawa tali-temali yang panjang.
            Kunci jawaban C
            Pembahasan
            Penuliasan kata ulang yang tepat kursi-kursi.

37.  Cindera mata ini hanya ... saja sebagai ikatan persahabatan kita.
       Penulisan kata yang benar untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah....
A.    skedarnya
B.     sekidarnya
C.     sekadarnya
D.    sekedarnya
Kunci jawadan D
Pemabahasan
Penulisan kata yang benar adalah sekedarnya.

38. Pak Habibi seorang tokoh penemu dunia. Ia ... ilmu teknik di Jerman.
       Kata berimbuhan yang baku untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.    memperdalam
B.     mendalami
C.     perdalami
D.    mendalamkan
Kunci jawab A
Pembahasan
Penulisan kata berimbuhan yang baku memperdalam.

39. Ketika ibu sakit keras, ayah membawa ke rumah sakit. Dokter memeriksa dan memberi resip untuk membeli obat di apotik. Ayah segera berangkat karena ingin ibu cepat sembuh.
       Penulisan ejaan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A.    risep dan apotik
B.     resep dan apotek
C.     resep  dan apotik
D.    sesip dan apotek
kunci jawaban B
Pembahasan
Penulisan yang benar adalah resep dan apotek.

40. Ibu pergi ke pasar bersama bibi. Mereka  membeli ikan gurami dan ayam serta beberapa macam sayuran   seperti, bayam, kangkung, buncis, dan sawi. Kemudian dimasak bersama di dapur bibi.
       Penggunaan tanda koma setelah kata seperti  pada paragraf tersebut salah yang benar adalah ....
A.    tanda titik ( .)
B.     tanda titik koma ( ; )
C.     tanda titik dua  ( : )
D.    tanda petik ( “...” )
kunci jawaban C
Pembahasan
Sebagai dari bentuk pemerian menggunakan tanda baca titik dua ( : )

URAIAN

41. Bacalah dialog berikut!
      Adik   : Kak, mengapa kita tidak boleh membuang sampah di sunga?
      Kakak : Iya dik, membuang sampah disungai mengakibatkan banjir!
      Adik   :  O begitu ya Kak, terus buangya di mana?
      Kakak : Ya, di tempat sampah Dik.
      Perbaikilah ejaan dan tanda baca kalimat yang dicetak miring pada dialog tersebut!
            Kunci jawaban
            Iya Dik, membuang sampah di sungai mengakibatkan banjir.
            Pembahasan
            Dik ditulis huruf besar karena kata sapaan.
            Di sungai dipisah karena kata depan keterangan tempat.
            Tanda baca titik bukan seru karena jawaban.

42. Cermati pidato berikut!
      Hadirin yang saya hormati.
      Pidato saya ini tentang hidroponik. Hidroponik yaitu menanam tanpa menggunakan tanah. Dan cocok untuk daerah Surabaya yang  banyak rumah dan halamannya sempit. Bahkan tidak punya  halaman sekaligus. ...
      Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks pidato yang rumpang adalah ....
      Kunci Jawaban
      Mari kita galakkan menanam dengan hidroponi di rumah-rumah kita.
      Pembahasan
      Kalimat yang padu dengan pidato tetang hidroponik.
43.Ubahlah teks percakapan pendek menjadi narasi!

Wartawan : “Wah hebat! Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika”
Pelajar      :   “Terima kasih”
Wartawan : “Bearapa lama Adik mempersiapkannya?”
Pelajar      : “Ya, kira-kira 1 tahun”

Jawab : Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama 1 tahun.

44. Ubahlah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif!
      
            Sepeda motor yang diparkir yang di depan rumah adalah milik paman.
Jawab : Sepeda motor yang diparkir di depan rumah adalah milik paman. Kalimat tidak efektif pada kalimat di atas adalah kata yang, maka kita hilangkan satu karena tidak perlu mengulang kata yang sama.
45. Lengkapilah pantun nasihat di bawah ini!
       Asam manis asam gelugur
       Ketiga asam  a....................
       Menangis mayat dipintu kubur
       Teringat badan tidak  b.................
       Jawab :
       a. si riang-riang
       b. sembahyang

 DOWNLOAD SOAL TRY OUT 6 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 6 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 6 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama" 

Berlangganan via Email