Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 4 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 4 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 4 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-4 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL TRY OUT USBN PAKET 4 TAHUN PELAJARAN 2018-2018
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA


1.   Di Indonesia hampir di setiap area dapat dengan mudah ditemukan tanaman pisang. Tidak diketahui dengan pasti berapa luas perkebunan pisang di Indonesia. Di Jawa Barat pusat produksi pisang ada di Cianjur, Sukabumi, dan daerah sekitar Cirebon. Sekitar tahun 1997 Indonesia termasuk salah satu negara tropis pemasok pisang segar atau kering ke Jepang, Hongkong, Cina, Singapura, Arab, Australia, Belanda, Amerika Serikat, dan Perancis. Nilai ekspor tertinggi adalah Cina. Untuk mmpertahankan agar produksi pisang tetap terjaga masyarakat di daerah lain, diharapkan untuk ikut melestarikan keberadaan tanaman pisang.
Makna kata  area  pada paragaraf di atas adalah...
A.    wilayah
B.     manfaat
C.     jumlah
D.    hasil

Kunci Jawaban
  A
 Pembahasan :
Makna dari area menurut KBBI  adalah wilayah geografis yang digunakan untuk keperluan khusus. Manfaat adalah kegunaan dari sesuatu benda atau objek, jumlah  adalah sesuatu yang diadakan (dibuat, dijadikan dsb ) dan jumlah adalah  banyaknya ( tentang bilangan atau sesuatu yang dikumpulkan)


2.    Orang yang hidupnya boros akan sulit menjadi kaya.
Antonim kata yang bercetak tebal dalam kalimat di atas adalah...
A.    hemat
B.     sederhana
C.     cermat.
D.    pelit
                                    
Kunci Jawaban :
A             
Pembahasan :
Antonim adalah kata kata yang berlawanan makna dengan kata yang lain.


3.         Durian umumnya dimakan (arlius atau kulit bijinya) dalam keadaan segar. Salut biji ini biasanya manis dan sangat begizi karena banyak mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan mineral. Bijinya pun bisa dimakan sebagai camilan setelah direbus, dibakar atau dicampurkan dalam kolak durian. Biji yang mentah beracun dantak dapat dimakan karena mngandung asam lemak siklopropena. Bijinya mengandung sekitar 27% amilosa. Kuncup daun, mahkota bunga, dan buah yang muda dapat dimasak sebagai sayuran. Akar durian dimnfaatkan sebagai obat demam. Daunnya dicampur dengan jaringau digunakan untuk menyembuhkan infeksipada kuku. Kulit buahnya untuk ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buangair besar (sembelit).
(Sumber:http://massaidi.blokspot.com)
Bagaimana membuat daun durian untuk menyembuhkan infeksi pada kuku?  
A.    Daun durian ditumbuk dicampur dengan garam.
B.     Daun durian direbus  kemudian airnya diminum 3X sehari.
C.     Daun durian dicampur dengan jerinagau.
D.    Daun durian dibakar untuk dijadikan abu.

Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Bagaimana  berfunsi sebagai kata  yang menanyakan cara atau proessebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan suatu hal.


4.         Semalam, BMKG telah mengumumkan curah hujan yang cukup tinggi di daerah Jakarta dan sekitarnya.  Sungai Ciliwung diperkirakan meluap hingga menyebabkan banjir. Oleh sebab itu masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dihimbau segera bersiap untuk mengungsi jika status Sungai Ciliwung sudah dinyatakan “awas”. Para warga diminta untuk segara mengungsikan diri ke daerah yang lebih tinggi. Namun, jika rumah warga terdiri dari beberapa tingkat, warga diperbolehkan untuk tidak mengungsi. Mereka diperbolehkan tetap tinggal di tingkat atas rumah mereka.  
Kalimat yang mengandung informasi tentang cuaca pada paragraf di atas adalah ...
A.    Para warga diminta untuk segara mengungsikan diri ke daerah yang lebih tinggi.
B.     Masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dihimbau segera bersiap untuk segera mengungsi jika Sungai Ciliwung sudah dinyatakan awas.
C.     Semalam, BMKG telah mengumumkan curah hujan yang cukup tinggi di daerah Jakarta dan sekitarnya.
D.    Mereka diperbolehkan tetap tinggal di atas rumah mereka.     

Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Informasi adalah pesan yang disampaikan kepada khalayak tentang sesuatu hal. Dalam hal ini informasi yang berkaitan dengan cuaca.


5.    Sudah 9 tahun aku bekerja di sini. Semua pengalaman manis dan pahit sudah kualami. Bekerja di daerah terpencil hingga dimaki habis-habisan oleh pimpinan sudah pernah kurasakan. Sayangnya, aku harus berhenti kerja di sini. Bukan karena tidak betah, tetapi karena aku harus mengejar cita-citaku sejak masih kuliah ,yaitu menjadi dosen. Mengajar mahasiswa merupakan tugas seorang dosen.
       Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas adalah...
A.       Semua pengalaman manis dan pahit sudah kualami.
B.       Bekerja di daerah terpencil hngga dimaki oleh pimpinan sudah pernah kurasan.
C.       Sayangnya, aku harus berhenti kerja di sini.
D.       Mengajar mahasiswa merupakan tugas seorang dosen.

Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Kalimat terakhir tidak padu, kalimat terakhir itu membahas tentang tugas seorang dosen, sedangkan pokok pembahasan paragraf di atas tentang seorang yang mengundurkan diri dari pekerjaan.


6.         Yusuf adalah siswa teladan di sekolahnya. Yusuf disukai teman dan gurunya karena sikapnya yang santun. Yusuf tidak pernah berbicara kasar kepada teman, apalagi kepada orang tua dan guru. Yusuf selalu memberi salam dan sapa saat bertemu dengan orang yang dikenalnya.Yusuf juga tidak pernah tak acuh terhadap orang asing.
Suatu hari, ketika Yusufpulang dari sekolah ia melihat seorang nenek yang menyeberang jalan. Namun nenek tersebut tidak sadar bahwa di sisi jalan ada seorang pengendara sepeda  mengendarai dengan kencang. Yusuf segera berlari dan langsung menghentikan laju sepeda anak itu. Anak tersebut terkejut melihat kemunculan Yusuf yang tiba-tiba. Anak itupun segera menghentikan laju sepedanya. Akhirnya, nenek terhindar dari kecelakaan. 
Topik teks di atas adalah...
A.       Anak yang sombong, penolong, dan ramah.
B.       Anak yang acuh tak acuh, ramah, dan santun.
C.       Anak yang santun, ramah, dan penolong.
D.       Anak yang santun, ramah, dan sombong.

Kunci Jawaban :
C
Topik adalah inti utama dari tulisan yang akan disampikan atau pokok pembahasan.
Pokok pembhasan dari tekstersebut tentang karakter tokoh santun, ramah, dan penolong

7.       Perhatikan iklan berikut!
(1)  Radio akan tetap jaya meski teknologinya dianggap lama.
(2)  Musik, pendidikan, politik, bahkan curhat bisa didapatkan melalui radio
(3)  Meskipun, selalu muncul teknologi baru, radio tetap radio tetap membuat keluarga semakin seru.
(4)  Jika terganggu penglihatan Anda, radio adalah solusinya.
          Kalimat yang sesuai dengan iklan di atas adalah...
A.      Radio membuat keluarga semakin seru.
B.       Radio adalah teknologi yang baru.
C.       Sangat susuh mendengarkan musik di radio.
D.      Radio membuat penglihatan kita terganggu.

Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Isi iklan tersebut tentang teknologi radio yang membuat keluarga semakin seru, meskipun masih ada teknologiyang lebih modern.


8.         Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat penting. Selain dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan karbohidrat melalui proses fotosentesis. Oleh karena itu, tumbuhan menduduki peran sebagai produsen pada rantai makanan. Akan tetapi, eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan tumbuhan. Kepunahan tumbuhan dapat mengakibatkan kepunahan makhluk hidup. Memahami betapa pentingnya peran tumbuhan bagi kelangsungan hidup suatu makhluk hidup, maka manusia mengembangbiakkan tumbuhan melalui kegiatan pertanian.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah...
A.       Tumbuhan bisa dimanfaatakan sesuai keinginan makhluk hidup yang lain.
B.       Tumbuhan merupakan satu-satunya kehidupan di bumi.
C.       Pemanfaatan tumbuhan yang berlebihan mengakibatkan punahnya semua makhluk hidup.
D.       Oksigen sangat diperlukan mahkluk hidup,terutama manusia.

Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Pernyataan adalah kalimat yang mempunyai nilai benar atau salah. Prnyataan benar apabila kilimat itu sesuai dengan yang ada di dalam bacaan. Kalimat C yang sesuai dengan pernyataan bacaan


9.         Kepala BMKG Bandara Juwata yang terletak di Kalimantan Utara menyatakan bahwa kabut asap tebal sangat mengganggu aktivitas penerbangan. Hal tersebut dikarenakan jarak pandang akibat kabut asap tebal hanya berkisar satu hingga dua kilometer saja. Tentu hal tersebut sangat berbahaya jika melakukan penerbangan. Walaupun begitu kepala BMKG hanya bisa memberikan informasi tersebut dan peringatan. Untuk keputusan penerbangan, pihaknya menyerahkan kepada maskapai yang bersangkutan.
Simpulan dari isi paragraf di atas adalah...
A.       Keputusan penerbangan diserahkan kepada maskapai yang bersangkutan.
B.       Pilot pesawat menyatakan bahwa kabut asap tebal sangat mengganggu aktivitas penerbangan.
C.       Kepala BMKG Kalimantan Utara menyatakan bahwa kabut asap tebal tidak mengganggu aktivitas penerbangan.
D.       Kabut asap di Kalimantan Utara sangat mengganggu aktivitas penerbangan

Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Simpulan isi bacan  adalah intisari dari sebuah bacaan, yang diperoleh dari membaca keseluruan teks bacaan. Jawaban pada poin A yang dapat mewakili simpulan isi bacaan

10. Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan  anak didiknya untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan.Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus tulisan di papan tulis, menyapu ruang kelas, membersihkan kamar mandi besama secara berkala, dan lain-lain.
Jenis paragraf di atas adalah ...
A.    diskripsi
B.     eksposisi
C.     argumentasi
D.    persuasi

Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Narasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf yang ditulis dengan tujuan menceritakan kisah berdasarkan urutan waktu.
Deskripsi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf yang ditulis dengan tujuan memberikan gambaran tentang sebuah objek
Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan memaparkan kejadian atau informasi sejelas-jelasnya tentang tahapan-tahapan atau cara-cara melakukan sesuatu
Argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca
 

11.       Indonesia memiliki wilayah perairan yang cukup luas, lebih dari setengah wilayah negara kita merupakan perairan, baik itu perairan asin ataupun perairan tawar. Hal ini yang menjadikan Indonesia memiliki kekayaan yang begitu melimpah, baik dari hasil laut maupun perairan darat. Salah satu contoh ikan sidat yang terdapat di laut Bengkulu memiliki kualitas ekspor yang tinggi. Para nelayan bisa menangkap ikan sidat sebanyak 60 ton per minggu. Berdasarkan hasil tangkapan para nelayan ikan sidat berpeluang menjadi salah satu komoditas ekspor yang diminati banyak pasar terutama Jepang. Sayangnya Indonesia belum dapat memanfaatkan peluang tersebut. Selama ini sidat hanya dapat diolah menjadi ikan asin yang dijual di sekitar Bengkulu.
       Apabila Indonesia dapat memanfaatkan peluang ekspor ikan sidat, Indonesia akan....
A.       menyaingi perdagangan di Jepang.
B.       mendapat keuntungan lebih banyak.
C.       menguasai perdagangan di Jepang.
D.       mengekspor lebih banyak ikan sidat ke luar negeri.

Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Indonesia memiliki wilayah perairan yang cukup luas. Ikan sidat merupakan komoditas ekspor Indonesia yang dapat menghasilkan keuntungan bagi Indonesia sebab ikan sibat banyak diminati negara lain terutama Jepang.


12. Teks 1
Bentor  merupakan salah satu alat transportasi darat yang ada di Surabaya. Bentor beroda tiga. Ukurannya tidak terlalu besar cukup digunakan untuk 3 orang . Bahan bakar bentor sama seperti sepeda motor dan jenis alat transportasi lainnya, yaitu bensin.
Teks 2
Bemo termasuk salah satu kendaraan darat yang ada di Surabaya. Bemo menyerupai mobil yang dapat mengangkut sekitar 12 penumpang. Bahan bakar bemo yaitu bensin.
Persamaan kedua isi teks tersebut adalah kendaraan....
A.       beroda tiga
B.       berbahan bakar bensin
C.       bermotor berukuran sedang
D.       berpenumpang 12 orang

Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Bahan bakar bentor yaitu bensin dan bahan bakar bemo yaitu bensin


13. Kepala Sekolah mengadakan pendataan kegiatan ekstrakurikuler di SD Melati. Pendataan dimulai dari siswa kelas III sampai kelas VI. Kegiatan ekstrakurikuler tari diikuti 22 siswa. Kegiatan pramuka diikuti 28 siswa. Sebanyak 18 siswa mengikuti kegiatan pencak silat.


No.
Nama Kegiatan Ekstrakurikuler
Jumlah
1.
Dokter kecil
...1)
2.
Tari
...2)
3.
Pramuka
...3)
4.
Pencak Silat
...4)
Data tepat untuk mengisi angka 3) adalah...
A.       14
B.       18
C.       22
D.       28

Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
Dokter kecil 14 siswa, tari 22 siswa, pramuka 28 siswa, pencak silat 18 siswa.


14.      Pada zaman dahulu, ada seorang petani bernama Pak Bahrun. Pak Bahrun adalah petani yang dermawan dan bijaksana. Pak Bahrun bukanlah orang yang bergelimang harta. Meskipun demikian, Pak Bahrun suka membantu orang lain yang mengalami kesulitan. Setiap minggu Pak Bahrun memberi sumbangan untuk anak-anak panti asuhan, meskipun jumlahnya tidak banyak. Pak Bahrun tidak takut kehilangan hartanya hanya karena memberi sumbangan.
            Kedermawanan Pak Bahrun menjadi buah bibir masyarakat di sekitar, sehingga terdengar oleh Baginda Raja. Ketika raja berulang tahun, Pak Bahrun diundang untuk makan bersama di istana. Undangan Baginda Raja tersebut tidak membuat Pak Bahrun sombong. Pak Bahrun justru semakin rendah hati. Pak Bahrun merasa tidak ada yang perlu disombongkan dari seorang manusia biasa seperti dirinya.
       Bagaimana sikap Pak Bahrun saat diundang ke istana untuk menghadiri ulang tahun Baginda Raja?
A.       Pak Bahrun menunjukkan kedermawanannya di hadapan Baginda Raja agar mendapat pujian.
B.       Pak Bahrun tidak merasa sombong dan tetap rendah hati walaupun sudah diundang Baginda Raja.
C.       Pak Bahrun merasa dirinya perlu membantu sesama, karena manusia saling hidup berdampingan.
D.       Pak Bahrun tidak khawatir hartanya akan berkurang, meskipun beliau rutin memberi sumbangan.

Kunci Jawaban :
B.
Pembahasan :
Pak Bahrun diundang untuk makan bersama di istana. Undangan Baginda Raja tersebut tidak membuat Pak Bahrun sombong. Pak Bahrun justru semakin rendah hati Pak Bahrun merasa tidak ada yang perlu disombongkan dari seorang manusia biasa seperti dirinya.


15.      Seekor kijang mencari makan di dalam hutan. Tanpa disadari ada seekor singa yang sedang mengamati dibalik semak belukar. Kijang terkejut mendengar suara geraman dibalik semak belukar. Kijang bergegas lari, tetapi singa itu berhasil menangkapnya. Tubuh kijang gemetaran. Kijang semakin ketakutan. Singa pun melepaskan kijang itu dan membiarkannya lari.
            Suatu hari, kijang mendengar auman singa di sekitar sumur di tengah hutan. Kijang merasa takut dan hendak berlari. Akan tetapi suara auman tersebut terdengar seperti tangisan. Kijang mencari tahu asal suara itu. Ternyata singa terjebak di dalam sumur. Mengetahui kijang datang, singa pun meminta tolong. Kijang takut tetapi dia kasihan melihat singa yang terjebak. Kijang memutuskan untuk menolong singa itu. Kijang segera mengambil beberapa bambu dan memasukkannya ke lubang sumur. Singa pun segera memanjat bambu tersebut dan berhasil keluar dari sumur. Singa berterima kasih kepada kijang dan berjanji tidak akan memakan kijang.
      

Latar tempat dari cerita tersebut adalah....
A.  Kebun binatang
B.  Perkebunan
C.  Taman Safari
D.  Hutan Belantara

Kunci Jawaban :
D

Pembahasan :
Beberapa kutipan kalimat diatas yang menunjukkan latar cerita, antara lain:
Seekor kijang mencari makan di dalam hutan.
Suatu hari, kijang mendengar auman singa disekitar sumur di tengah hutan.


16.  Wahai teman Wahai Sahabat
       rendah hati selalu dijaga
       agar hidup tenang adanya
       senantiasa mendapat rahmat-Nya
       Makna rendah hati pada syair tersebut adalah....
A.       menghindari sifat sombong
B.       menghindari sifat malas
C.       mempunyai sifat sabar
D.       mempunyai sifat pemaaf

Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Rendah hati adalah sikap tidak menyombongkan diri


17.                   Ujian sudah semakin dekat. Fahri, Rizky, Dimas, dan Ridho berencana untuk belajar bersama seminggu dua kali. Mereka menjadwalkan belajar kelompok setiap hari Rabu dan Sabtu. Mereka berharap dengan belajar kelompok, mereka bisa saling membantu. Apabila ada yang kurang memahami materi, mereka bisa bertanya kepada teman yang lebih paham. Selain itu, mereka juga bisa bermain tebak-tebakan tentang materi yang sudah diajarkan di sekolah.
       Simpulan yang tepat dari cerita dii atas adalah....
A.       Fahri dan teman-teman menjadwalkan belajar kelompok untuk persiapan ujian.
B.       Setiap 2 hari Fahri dan teman-teman belajar tebak-tebakan.
C.       Strategi Fahri dan teman-teman untuk menghadapi ujian.
D.       Persiapan Fahri menghadapi ujian dengan bertanya kepada teman yang lebih paham.

Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Cerita tersebut menceritakan Fhari dan temannya berencana untuk belajar bersama Mereka menjadwalkan belajar kelompok setiap hari Rabu dan Sabtu.


18.  Wahai ananda ingatlah pesan
Jauhi sifat dengki, sombong dan pongah
Bergaullah dengan hati merendah dan ikhlas
Supaya hidupmu peroleh berkah
Maksud syair di atas adalah....
A.       Dalam bergaul kita harus selalu ingat pesan orang tua agar memperoleh berkah.
B.       Orang tua menanamkan sikap rendah hati kepada anaknya dalam pergaulan.
C.       Untuk memperoleh berkah, seorang anak harus menjaga pergaulannya.
D.       Bersikap rendah hati dalam pergaulan agar mendapat berkah.

Kunci Jawaban :
D
Syair tersebut berisi pesan kepada anak untuk selalu bersikap rendah hati dalam pergaulan dengan tujuan agar anak tersebut mendapat berkah


19.       Ibu mengeluarkan beberapa potong baju dan celana Andi. Pakaian itu tidak baru lagi, tetapi masih bagus. Ibu bermaksud memberikan pakaian itu untuk anak yatim piatu. Ibu juga melipat beberapa kain dan selimut.
            Ketika ibu sedang melipat selimut yang hendak disumbangkan, Andi muncul. Andi bertanya untuk apa ibunya melipat pakaian dan kain selimut. Ibunya pun menjelaskan bahwa pakaian dan selimut itu akan disumbangkan kepada anak yatim dan piatu.
            Andi kurang senang dengan tindakan ibunya. Dia beranggapan ibunya terlalu baik. Ibu Andi pun menjelaskan masalah itu kepada Andi. Ibu Andi menjelaskan bahwa sebagian harta kaum muslimin adalah milik kaum fakir miskin. Harta jika disedekahkan sebagian akan memunculkan penyakit. Selain itu orang yang tidak mau bersedekah berarti memakan hak anak yatim piatu dan fakir miskin.
       Konflik pada cerita tersebut adalah....
A.       Andi tidak mendengarkan penjelasan dari ibunya.
B.       Andi bingung karena sikap ibunya yang baik kepada sesama.
C.       Andi kurang suka dengan anak yatim piatu
D.       Andi enggan memberikan pakaiannya kepada anak yatim

Kunci Jawaban :
B
Pembahasan :
Konflik yang dimunculkan oleh tokoh Andi adalah pertanyaan kepada ibunya tentang tindakan ibunya melipat pakaian dan kain selimut yang akan disumbangkan ke yatim piatu. Andi kurang senang dengan tindakan ibunya. Dia beranggapan ibunya terlalu baik.

20.      Pada zaman dahulu hiduplah seekor burung yang tidak bisa terbang. Ia hidup seorang diri. Tidak ada satu ekor burung pun yang mau berteman dengannya. Suatu hari ia menemukan sebutir telur yang tergeletak di tanah. Telur itu lalu dibawa pulang. Sampai di rumah, si burung mengerami telur itu. Setelah menetas, ternyata seekor anak burung elang. Anak burung itu dijadikan anaknya.
            Burung tersebut sangat senang. Ia merawat anak burung seperti anaknya sendiri. Hari demi hari terus berjalan. Anak burung elang mulai besar. Nalurinya pun untuk terbang mulai muncul. Sang induk merasa sedih mendengar keinginan anaknya untuk dapat terbang. Sedangkan dirinya tidak dapat melatih si anak terbang. “Anakku, cobalah terbang sendiri. Ibu tidak bisa terbang. Apalagi mengajarimu bagaimana caranya terbang,” kata sang ibu.
            Setiap hari sang anak terus belajar terbang. Sampai suatu hari, ia menyadari bahwa induknya sangat sedih saat melihatnya mulai bisa terbang. Akhirnya si anak memutuskan untuk tidak meninggalkan ibunya.
       Setelah bisa terbang yang dilakukan anak burung elang adalah....
A.       terbang mencari keluarganya.
B.       meninggalkan induknya sendirian
C.       tetap hidup bersama ibunya
D.       mengajari induknya terbang.

Kunci Jawaban :
C
Pembahasan :
Setelah anak burung bisa terbang ia menyadari bahwa induknya sangat sedih saat melihatnya mulai bisa terbang. Akhirnya si anak memutuskan untuk tidak meninggalkan ibunya.


21.   Lift pengunjung bergerak naik
    Ada pengunjung membawa barang
Jadilah kamu anak yang baik
Agar selalu disayang semua orang
Isi pantun tersebut adalah . . .
A. Para pengunjung naik lift.
B. Nailklah lift agar disayang semua orang.
C. Ada pengunjung bawa barang saat naik lift.
D. Anak yang baik selalu disayang semua orang.

Kunci Jawaban :
 D
Pembahasan :
Anak yang baik selalu disayang semua orang


22.                   Dito adalah seorang siswa teladan di sekolahnya. Dito memang tidak selalu menjadi    juara kelas, tetapi Dito selalu menjadi ketua kelas. Dito disukai oleh teman dan guru karena sikapnya yang santun. Dito tidak pernah berbicara kasar kepada teman, apalagi orang tua dan guru. Dito selalu memberi salam dan sapa saat bertemu dengan orang yang dikenalnya. Dito juga tidak pernah tak acuh terhadap orang asing. Di samping itu, Dito tidak pernah membalas kenakalan temannya yang sering membuatnya kesal. Dito justru menasihati mereka agar tidak mengulangi perbuatan yang tidak baik itu, karena hal itu tidak bermanfaat.

Suatu hari, Dito memergoki Riko yang sedang tidur saat jam pelajaran berlangsung. Dito tidak ingin Riko ketinggalan pelajaran. Dito membangunkan Riko pelan-pelan. Dito menyarankan Riko untuk mencuci muka agar tidak mengantuk. Riko pun meminta izin ke toilet kepada guru. Setelah mencuci muka, Riko berterima kasih kepada Dito yang telah membangunkannya. Riko juga berterima kasih karena Dito tidak mempermalukan Riko yang tertidur di kelas.
Perilaku yang dapat diteladani dari tokoh Dito dalam cerita tersebut adalah . . . .
A.    suka mencari perhatian orang
B.     pandai dan rendah hati
C.     santun dan ramah
D.    sombong dan angkuh
      
       Kunci Jawaban :
       C.
Pembahasan :
Pada kalimat Dito selalu memberi salam dan sapa saat bertemu dengan orang yang dikenalnya. Dito juga tidak pernah tak acuh terhadap orang asing


23. Urutkan petunjuk cara memakai semir sepatu padat yang masih acak berikut!
        (1) Gosokkan sikat ke permukaan sepatu secara merata.
        (2) Buka penutup semir sepatu.
        (3) Bersihkan permukaan sepatu dengan kain lap.
        (4) Ambil semir sepatu secukupnya dengan sikat
Urutan petunjuk cara memakai semir sepatu padat yang benar adalah....
A.    3-2-4-1
B.     3-2-1-4
C.     4-1-2-3
D.    4-1-3-2

        Kunci Jawaban:
A
Pembahasan :
       (3) Bersihkan permukaan sepatu dengan kain lap.
       (2) Buka penutup semir sepatu.
       (4) Ambil semir sepatu secukupnya dengan sikat
       (1) Gosokkan sikat ke permukaan sepatu secara merata.

     24.  Perhatikan teks berikut.
Budi anak dari keluarga yang kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Sikap Budi tersebut membuat teman-temannya suka kepadanya. Budi memang anak yang ….
Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah . . . .
A.       besar hati
B.       rendah hati
C.       besar kepala
D.       hati emas

Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Pada kalimat ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja.



25. Andi : Mengapa kamu sedih, Anto?
      Anto :  Saya lupa membawa baju untuk ganti karena tadi saya main hujan-hujanan.
      Andi :  Emh, lain kali ....
      Anto :  Ya, aku tidak akan mengulanginya lagi.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kalimat percakapan di atas adalah....
A.    sedia payung sebelum hujan
B.     besar pasak dari pada tiang
C.     air beriak tanda tak dalam
D.    buah jatuh tidak jauh dari pohonnya

Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Karena sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya

26.     Bacalah kalimat-kalimat yang bersusun acak di bawah ini!
          1)   Tiara memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas.
          2)   Begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu.
          3)   Hari ini Tiara mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya
          4)   Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tiara memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung.
          Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf narasi yang padu adalah....
A.      3 – 4 – 2 -1
B.       3 – 4 – 1 -2
C.       3 – 1 – 2 -4
D.      3 – 1 – 4 -2

Kunci Jawaban : C        
3)   Hari ini Tiara mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya          
1)   Tiara memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas.
2)   Begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu
4)   Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tiara memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung.


27.       Urutkan petunjuk cara menggunakan dispenser yang masih acak berikut!
(1) Tuang air ke gelas dengan menekan atau memutar keran.
(2) Colokkan steker dispenser ke stopkontak.
(3) Tunggu hingga mencapai suhu yang diinginkan.
(4) Tekan tombol ON untuk menyalakan dispenser.
Urutan petunjuk menggunakan dispenser yang benar adalah....
A.      1-2-3-4
B.       1-2-4-3
C.       2-4-3-1
D.      2-4-1-3

Kunci jawaban:
B
Pembahasan :
(2) Colokkan steker dispenser ke stopkontak.
(4) Tekan tombol ON untuk menyalakan dispenser.
(3) Tunggu hingga mencapai suhu yang diinginkan.
(1) Tuang air ke gelas dengan menekan atau memutar keran.

28.    ....
Sudah 73 tahun lamanya kita merdeka. Dahulu kita dijajah oleh penjajah selama 350 tahun lebih. Para pejuang rela berkorban  nyawa dan harta demi kemerdekaan Indonesia. Sekarang, kemerdekaan telah kita raih. Kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan belajar yang rajin. Ayo teman-teman, kita raih cita-cita kita setinggi-tingginya. Selamat HUT ke 73 kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka!
Kalimat pembuka pidato memperingati HUT kemerdekaan RI yang tepat adalah ...
A.    Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat-Nya kita dapat berkumpul di sini, dalam acara Hari Ulang Tahun ke 73 kemerdekaan RI.
B.     Saya mohon maaf bila ada kata-kata saya yang kurang berkenan dan berharap suatu saat bertemu lagi.
C.     Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik.
D.    Demikian sambutan dari saya, atas perhatian Bapak, Ibu, dan Saudara kami ucapkan terima kasih.

Kunci Jawaban:  
A
Pembahasan:
karena merupakan pidato pembukaan HUT RI-73


29.  Bacalah kalimat berikut!
“Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya?” kata Sekar.
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. “Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya!” kata Sekar.
B. “Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya,” kata Sekar.
C. “Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya.” kata Sekar.
D. “Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya” kata Sekar.

Kunci Jawaban :
B.
Pembahasan :
Pada kalimat langsung “Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya,” kata Sekar. Menggunakan tanda baca koma sebelum tanda petik.

30. Perhatikan paragraf berikut :
Semalam Desa Puloharjo kebanjiran. Luapan air menenggelamkan seluruh permukiman padat penduduk. Seluruh penduduk mengungsi dan membuat penampungan sementara di desa tetangga yang letaknya lebih tinggi. Mereka tidak hanya kehilangan rumah, tetapi harta benda di dalamnya. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
Perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A.                Penduduk semua khawatir akan masa depan mereka sekalian.
B.                 Penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
C.                 Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
D.                Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

Kunci Jawaban :
B
Pembahasan:
Kalimat bercetak miring tersebut tidak efektif karena menggunakan kata-kata berlebihan. Kata penduduk dan sekalian keduanya menunjukkan kata jamak. Penggunaan kata para dan semua dalam kalimat tersebut tidak efektif. Suntingan yang tepat kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban B.

31.  Bacalah kalimat berikut!
 Solusi untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh hutan yang gundul adalah dengan eksploitasi atau penanaman kembali pohon.
Perbaikan kata yang bercetak miring dalam kalimat tersebut adalah ....
A. reaksi
B. regresi
C. reboisasi
D. reaktualisasi

Kunci Jawaban :
C
Pembahasan : Reboisasi atau penanaman kembali pohon

32.   Kata yang ejaannya salah di bawah ini adalah ....
A.    andal
B.     doa
C.     atlit
D.    daftar

Kunci Jawaban:
C
Pembahasan yang benar atlet.


33.  Perhatikan kalimat berikut!
“Ayo cepat, kembalikan dompetku?” hardik Endi.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda koma (,) seharusnya tanda seru (!)
B. tanda koma (,) seharusnya tanda titik (.)
C. tanda tanya (?) seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda tanya (?) seharusnya tanda seru (!)

Kunci Jawaban :
D
Pembahasan :
karena termasuk kalimat seru

34. Bacalah teks percakapan berikut!
 Ibu ”Lekas bangun, Rin! Hari sudah siang!”
 Rini ”Baik, Bu. Aku rapikan tempat tidur dulu.”
 Tanda baca yang tepat untuk menyempurnakan penulisan percakapan tersebut adalah ….
A.    tanda titik (.) setelah kata Ibu dan Rini
B.     tanda koma (,) setelah kata Ibu dan Rini
C.     tanda titik dua (:) setelah kata Ibu dan Rini
D.    tanda seru (!) setelah kata Ibu dan Rini
                        
Kunci Jawaban :
C
Pembahasan
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi penulisan percakapan di atas adalah tanda titik dua (:)
Percakapan di atas jika dilengkapi dengan tanda baca menjadi
Ibu : ”Lekas bangun, Rin! Hari sudah siang!”
Rini : ”Baik, Bu. Aku rapikan tempat tidur dulu.”

35. Perhatikan dialog di bawah ini!
“Aku sudah tak sabar menantikan musim panas berakhir dan kita bisa kembali bersekolah” kata Erlangga.
“ Aku juga,” kata Yudhistira
Penggunaan tanda baca pada kalimat bercetak miring yang benar adalah....
A.      “Aku sudah tak sabar menantikan musim panas berakhir dan kita bisa kembali bersekolah!” kata Erlangga
B.       “Aku sudah tak sabar menantikan musim panas berakhir dan kita bisa kembali bersekolah?” kata Erlangga
C.       Aku sudah tak sabar menantikan musim panas berakhir dan kita bisa kembali bersekolah!kata Erlangga
D.      “Aku sudah tak sabar menantikan musim panas berakhir dan kita bisa kembali bersekolah.kata Erlangga

Kunci Jawaban:
A
Pembahasan :
Kalimat tersebut merupakan kalimat langsung sehingga pembetulannya sebagai berikut “Aku sudah tak sabar menantikan musim panas berakhir dan kita bisa kembali bersekolah!” kata Erlangga


36. Penulisan bentuk ulang yang benar menurut PUEB adalah  . . . .
A.       gedung-gedung tinggi.
B.       sesekali waktu.
C.       rumah” warga.
D.        tulis
   
     Kunci Jawaban :
     A
    Pembahasan:  
    Pada penulisan kata ulang menggunakan tanda hubung


37.  Peserta seminar diundang masuk ke ruangan. Perbaikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A.  dimohon
B.   diajak
C.   disarankan
D.  diusahakan

Kunci Jawaban
A
Pembahasan :
Dimohon

38.  Semua siswa wajib... upacara setiap hari Senin.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
A.       mengikuti
B.       mendalami
C.       menjalani
D.       menyatakan

Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Kata berimbuhan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah mengikuti

39. Perhatikan paragraf berikut!
Desa Sukasari kebanjiran. Luapan air menenggelamkan seluruh permukiman padat penduduk. Seluruh penduduk mengungsi dan membuat penampungan sementara di desa tetangga yang letaknya lebih tinggi. Mereka tidak hanya kehilangan rumah, tetapi harta benda di dalamnya. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
Perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A.    Penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
B.     Penduduk khawatir akan masa depan mereka.
C.     Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
D.    Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

Kunci  Jawaban :
B
Pembahasan :
Kalimat bercetak miring tersebut tidak efektif karena menggunakan kata-kata berlebihan. Kata penduduk dan sekalian keduanya menunjukkan kata jamak. Penggunaan kata para dan semua dalam kalimat tersebut tidak efektif. Suntingan yang tepat kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban b.

40.  Seorang anggota pramuka harus berusaha dengan gigih agar tidak terbiasa menggantungkan diri kepada orang lain. Hal ini merupakan bekal bagi pramuka bila di kemudian hari mereka menjadi seorang usahawan. Dengan demikian semangat kemandirian sangat diperlukan untuk masyarakat, bangsa, dan negara
Berdasarkan paragraf tersebut penulisan tanda titik tepat diletakkan setelah kata-kata ....
A. gigih, lain, negara
B. ini, usahawan, negara
C. lain, usahawan, negara
D. pramuka, diperlukan, negara

Kunci Jawaban :
A
Pembahasan :
Penggunaan tanda baca yang benar akan mempermudah pembaca memahami isi bacaan


Soal uraian.
41.  Perhatikan teks dialog di bawah ini!
      bu ana             : anita selamat ya akhirnya kamu menjadi juara pertama lombapuisi
 anita                : alhamdulillahterima kasih bu ana ini semua berkat bimbingan dan dukungan ibu
 bu ana             : ibu berharap semoga prestasimudipertahankan
anita                 : terima kasih bu
              Tulislah kembali dialog di atas dengan ejaan dan tanda baca yang benar!

Kunci  jawaban :
       Bu Anita:      “Anita, selamat, ya! Akhirnya kamu menjadi juara pertama lomba puisi.”
       Anita      :      “Alhamdulillah, terima kasih, Bu Ana ini semua berkat bimbingan dan dukungan Ibu.
       Bu Ana   :     “Ibu berharap semoga prestasimu dipertahankan.”
       Anita      :      “Terima kasih, Bu.”

42.     Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran teman-teman menghadiri kegiatan pada pameran buku dalam rangka menyambut adik-adik kita siswa kelas VI yang baru. (.......) apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia memohon maaf.
          Lengkapilah pidato di atas dengan kalimat yang tepat!
         
          Kunci Jawaban :
          Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, semoga pameran buku ini bermanfaat

43.       Wartawan        : “Wah, hebat! Adik telah berhasil menjadi juara pertama olimpiade matematika.”
     Pelajar             : “Terimakasih.”
     Wartawan        : “Berapa lama Adik mempersiapkannya?”
     Pelajar             : “├Ła kira-kira 1 tahun.”
     Ubahlah teks percakapan di atas menjadi bentuk narasi!

     Kunci Jawaban :
     Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama olimpiade matematika. Persiapan yang dilakukan untuk mengikuti lomba tersebut selama satu tahun


44.       Semua murid-murid SD Cemara harap masuk ke dalam kelas masing-masing
            Ubahlah kalimat di atas menjadi kalimat efektif!
    
     Kunci Jawaban :
     Murid-murid SD Cemara harap masuk ke kelas masing-masing


45.       Pahit manis terasa di lidah
            Banyak pikiran di kepala
            Belajar adalah ibadah
            ....
            Lengkapilah pantun nasehat di atas!
           
            Kunci Jawaban :
            Disisi Allah ada pahala (Kebijakan Guru)


DOWNLOAD SOAL TRY OUT 4 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 4 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 4 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama" 

Berlangganan via Email