Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 3 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 3 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 3 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-3 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

...................................................................................................................................................................................
SOAL TRY OUT USBN PAKET 3 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MATA PELAJARAN  : BAHASA INDONESIA

A.    PILIHAN GANDA
           1.      Perhatikan teks berikut!       
Ikat rambut biasanya digunakan oleh anak perempuan, baik untuk kucir maupun untuk bando. Ikat rambut dibuat bukan sekedar untuk mengikat, tetapi juga ada unsur hiasnya. Oleh karena itu, pembuatannya harus di lakukan dengan kreatif. Untuk membuat ikat rambut, caranya gampang sekali. Adapun langkah-langkah adalah tali kur dipotong menjadi dua bagian. Tiap bagian dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali. Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut dengan simpul datar. Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan simpul. Buatlah variasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu, gunakan tambahan aksesoris lain. Ikat rambut siap digunakan.

Arti  aksesoris pada teks di atas adalah ….
A.    hiasan menarik
B.     barang tambahan
C.     alat selingan
D.    tambahan hiasan     

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Aksesori (atau aksesoris) adalah benda-benda yang dikenakan seseorang untuk mendukung atau menjadi pengganti pakaian.

2.      Hewan-hewan langka yang ada di Indonesia harus kita lindungi.
Sinonim kata langka adalah ….
A.    khas
B.     lucu
C.     terbaik
D.    jarang

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip.
Sinonim langka: ganjil, jarang, sedikit

3.      Bacalah teks berikut!
Pada pagi hari tidak kita temukan pencemaran udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor, asap pabrik, ataupun debu. Oleh sebab itu, kita harus membiasakan bangun pagi agar mendapatkan udara yang bersih.
Kita dapat memanfaatkan udara pagi untuk berolahraga dan menghirup udara pagi hari yang sangat baik untuk paru-paru. Di samping olahraga yang teratur, tubuh kita juga memerlukan makanan bergizi. Kita harus menyeimbangkan antara kegiatan dan makanan yang cukup sebagai sumber tenaga bagi tubuh.

Bagaimana memanfaatkan udara pagi agar bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita?
A.    Melakukan olahraga berat hingga siang hari.
B.     Menghirup udara pagi sampai habis.
C.     Membiasakan bangun pagi dengan berolahraga.
D.    Setelah bangun, sebaiknya tidur kembali.
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Jawaban dari kata tanya bagaimana berupa penjelasan atau uraian permasalahan yang ditanyakan. Kalimat pertama pada paragraf ketiga dalam bacaan tersebut menjelaskan bahwa udara pagi dimanfaatkan untuk berolahraga.

4.      Bacalah paragraf berikut!
Melestarikan budaya bangsa tidak hanya mengagumi nilai-nilai budaya saja. Kita dapat melestarikannya dengan cara memberikan penghargaan terhadap pengelola ataupun pengrajin. Hal itu akan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah …
A.    Kesejahteraan masyarakat Indonesia belum terpenuhi.
B.     Satu-satunya cara melestarikan budaya bangsa adalah mengaguminya.
C.     Memberikan penghargaaan kepada pengrajin merupakan salah satu cara melestarikan  budaya.
D.    Pengrajin sangat suka diberikan penghargaan.

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Salah satu kalimat pada paragraf di atas menjelaskan cara memberikan penghargaan terhadap pengelola ataupun pengrajin merupakan salah satu cara mengagumi nilai-nilai budaya.

5.      Bacalah teks berikut!
(1)Telinga adalah organ indera pendengar. (2) Setiap orang memilikinya dan dibekali oleh sang pencipta sejak lahir. (3) Selain berfungsi untuk mendengar, telinga merupakan alat keseimbangan tubuh. (4) Telinga tidak berguna bagi manusia. (5) Dengan telinga kita juga tidak bisa memeroleh ilmu pengetahuan karena telinga menyerap ilmu yang diberikan guru kemudian memprosesnya ke otak. (6) Dengan telinga kita bisa mendegarkan apa yang dibicarakan orang lain.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah ....

A. (1)

B. (3)

C. (4)
D. (5)


Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Paragraf terdiri atas beberapa kalimat yang digabung menjadi satu teks yang padu. Kalimat 1, 2, 3, 5, dan 6 ada keterkaitan antar kalimat sedangkan kalimat 4 tidak ada keterkaitan dengan kalimat sebelumnya.

6.      Perhatikan percakapan berikut!
Gilang: Yah, harga beras sudah naik lagi
Ayah  : Bukan naik lagi, sudah melangit, Lang.
Ghadi : Harga yang naik bukan beras saja, Lang. Harga apa saja sekarang sudah                               mahal.
Ayah  : Ya, betul. Makanya kalian jangan boros! Gunakan uang sesuai                                              kebutuhan.

Topik teks percakapan di atas adalah …
A.    Harga buku mahal.
B.     Harga barang-barang sudah mahal.
C.     Hemat uang karena harga buku sudah mahal.
D.    Hemat uang karena harga barang-barang sudah mahal.

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Topik teks percakapan merupakan suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau percakapan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam membuat percakapan. Percakapan di atas membahas tentang kenaikan harga barang. Jadi, topik dalam percakapan tersebut adalah harga barang-barang sudah mahal.

7.      

Kalimat yang tepat sesuai dengan iklan di samping adalah …

A.    Lem UHU adalah lem yang digunakan untuk bahan kertas saja.
B.     Lem yang mempunyai satu manfaat bagi kita adalah merk UHU.
C.     Lem UHU adalah lem serba guna yang mempunyai banyak manfaat.
D.    Lem UHU tidak memunyai manfaat untuk merekatkan bahan dari kertas dan lain-lain.

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

8.      Bacalah paragraf berikut!
Rusa merupakan mamalia herbivora yang menjadi makanan utama bagi komodo. Namun, sayangnya rusa ini juga menjadi makanan favorit bagi penduduk lokal di Pulau Komodo. Berkurangnya populasi rusa dapat memengaruhi rantai makanan. Komodo akan mengalami kesulitan memeroleh makanan dan tentunya akan berakibat pada berkurangnya populasi komodo.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf adalah …
A.    Komodo merupakan mamalia herbivora.
B.     Rusa merupakan makanan utama Komodo.
C.     Berkurangnya populasi Rusa tidak memengaruhi rantai makanan.
D.    Rusa merupakan makanan favorit penduduk lokal Pulau Komodo.

Kunci jawaban: B
Pembahsan:
Isi paragraf dapat ditentukan berdasarkan ide pokok paragraf. Ide pokok paragraf  terdapat pada kalimat utama bahwa Rusa merupakan mamalia herbivora yang menjadi makanan utama bagi Komodo.

9.      Bacalah paragraf berikut!
Tempat wisata Pantai Kenjeran Lama Surabaya kurang menarik. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran pengunjung dalam hal kebersihan. Mereka membuang sampah sembarangan. Sampah berserakan di mana-mana. Wisatawan mancanegara tidak begitu tertarik datang ke Pantai Kenjeran Lama. Hanya wisatawan daerah yang berkunjung.

Simpulan dari paragraf tersebut adalah …
A.    Kita harus melestarikan lingkungan.
B.     Kita harus berkunjung ke pantai kenjeran lama.
C.     Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan.
D.    Kita harus menarik wisatawan mancanegara ke Pantai Kenjeran Lama.

Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Kesimpulan merupakan hal yang paling intim dalam sebuah wacana. Adakalanya, simpulan merupakan gagasan utama dalam sebuah paragraf. Isi dari paragraf tersebut adalah kita harus melestarikan lingkungan.

10.  Bacalah paragraf berikut!
Gizi dalam segelas susu merupakan sumber makanan bagi organ tubuh kita. Kalsium dalam susu berfungsi untuk pertumbuhan tulang kita. Susu membantu agar kita cepat tumbuh tinggi. Konsumsilah susu agar tubuh sehat dan kuat.

Jenis paragraf tersebut adalah ….
A.    deskripsi
B.     narasi
C.     eksposisi
D.    persuasi

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Paragraf tersebut mengajak pembaca untuk minum susu agar tubuh cepat tumbuh tinggi, sehat, dan kuat. Paragraf tersebut termasuk persuasi.

11.  Sudah satu bulan Rahma dan teman-temannya berlatih tari Remo. Kini mereka sudah mahir. Mereka berharap dalam lomba nanti bisa menang. Akhirnya, saat perlombaan pun tiba. Rahma dan teman-temannya dapat menampilkan gerakan yang gemulai. Riuh rendah sorakan penonton menyambut tarian mereka.

Prediksi kejadian yang akan terjadi sesuai cerita tersebut adalah …
A.    Rahma dan teman-temannya mengikuti lomba menari.
B.     Rahma dan teman-temannya memenangkan lomba tari.
C.     Rahma dan teman-temannya menjadi pemenang pentas seni.
D.    Rahma dan teman-temannya berlatih tari Remo selama satu bulan.

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Prediksi dapat diperoleh dengan mengetahui sebab atau akibat yang terjadi dalam suatu peristiwa. Prediksi harus sesuai dengan sebab atau akibat yang terjadi. Dalam bacaan tersebut, diketahui Rahma dan teman-temannya berlatih Remo selama satu bulan. Prediksi dalam kejadian tersebut berupa akibat, yaitu Rahma dan teman-temannya memenangkan lomba tari.

12.  Teks I
Lebih dari tujuh juta anak usia sekolah di Indonesia tidak bersekolah. Kerentanan anak putus sekolah biasanya terjadi pada anak berlatar belakang sosial ekonomi rendah. Sebagian besar anak putus sekolah cenderung mencari pekerjaan untuk membantu orang tua. Anak-anak yang sudah mengenal uang tersebut cenderung menyepelekan pendidikan karena berpikir sekolah tidak perlu dilakukan.
Teks II
Sekitar tujuh puluh lima persen siswa putus sekolah di Indonesia karena persoalan ekonomi. Anak putus sekolah yang sudah bekerja sulit untuk diajak kembali ke bangku sekolah. Pasalnya, anak tersebut dituntut untuk bekerja oleh orang tuanya. Mereka diharapkan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Persamaan kedua teks tersebut adalah …
A.    Orang tua dari ekonomi rendah menuntut anaknya untuk bekerja daripada sekolah.
B.     Peningkatan jumlah anak putus sekolah di Indonesia harus mendapat perhatian serius.
C.     Anak putus sekolah disebabkan orang tua ingin anaknya membantu ekonomi keluarga.
D.    Sebagian besar anak usia sekolah yang putus sekolah di indonesia karena faktor ekonomi.

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Kedua teks di atas secara jelas membahas masalah ekonomi keluarga yang menyebabkan anak putus sekolah.

13.           Plastik adalah bahan sintetis atau hasil pengolahan manusia. Plastik memiliki banyak manfaat bagi manusia. Pada umumnya plastik dimanfaatkan sebagai wadah atau kantong.
Plastik juga digunakan sebagai kemasan berbagai produk. Plastik bersifat kering dan kedap air. Selain itu, plastik yang bersifat ringan sering digunakan sebagai bahan mainan.
Informasi dalam paragraf tesebut dapat ditulis dalam bentuk tabel berikut:
Sifat Plastik
Manfaat
kering
(a)    ….
ringan
wadah penyimpanan
kemasan produk
(b) ….
Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ….
A.    (a) kering dan (b) kantong
B.     (a) ringan dan (b) kemasan produk
C.     (a) kedap air dan (b) rangka peralatan
D.    (a) kedap air dan (b) bahan dasar mainan

Kunci jawaban: D
Pembahsan:
Informasi penting dalam teks tersebut adalah manfaat plastik bagi manusia. Manfaat plastik yang belum ada dalam tabel adalah sifat plastic yang kedap udara dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan mainan.

14.  Bacalah paragraf berikut!
Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak ozon. Pemanasan global dapat terjadi karena penggunaan energi listrik atau bahan bakar kendaraan secara besar-besaran. Aktivitas manusia tersebut dapat menimbulkan emisi gas yang dapat merusak lapisan ozon. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi. Dengan demikian dampak pamanasan global dapat berkurang.
Bagaimana cara manusia bertanggung jawab untuk mengurangi pemanasan global?
A.    Manusia harus menerapkan gaya hidup hemat energi.
B.     Manusia boleh menggunakan energi listrik dan minyak bumi sesuka hati .
C.     Manusia harus bergaya hidup sehat agar mampu mengampanyekan hemat energi.
D.    Manusia tidak boleh menggunakan kendaraan pribadi, melainkan wajib menggunakan kendaraan umum.

Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Jawaban dari kata tanya bagaimana berupa penjelasan atau uraian permasalahan yang ditanyakan. Kalimat keempat pada paragraf tersebut menjelaskan bahwa manusia harus mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi.
15.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada suatu hari, ketika Amir hendak pergi ke hutan, istrinya berpesan agar ia tidak mengambil sesuatu yang tidak jelas asalnya. Namun, sesampainya disana ia melanggar pesan istrinya. Ia mengambil telur sebesar buah kelapa. Telur itu direbus dan dimakan. Setelah makan telur, tubuh Amir terasa gatal. Tidak lama kemudian, tubuhnya tumbuh sisik serta berubah menjadi seekor naga.

Latar tempat pada cerita di atas adalah ….
A.    desa
B.     hutan
C.     lautan
D.    pedesaan

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Latar tempat menunjukkan keberadaan tokoh yang diceritakan dalam cerita tersebut. Berdasarkan cerita tersebut, latar tempat yang tepat adalah hutan.

16.  Perhatikan kutipan syair berikut!
Wahai Ananda buah hati bunda
Hiduplah jujur jangan durhaka
Jauhkan bohong haramkan dusta
Supaya hidup tiada ternista

Makna kata buah hati pada syair di atas adalah ….
A.    anak
B.     ayah
C.     saudara
D.    orang tua

Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Buah hati di sini adalah seseorang yang selalu dekat di hati, dengan selalu memikirkan dan menyayanginya. Buah hati dapat berarti anak, suami atau istri, dan saudara.

17.  Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur delapan jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan  dari pernyataaan pada cerita di atas adalah ...
A.    Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B.     Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C.     Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit. 
D.    Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.

Kunci jawaban: C
Pembahasan:

Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, dan alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. 

Bukti data: Tidur ... menjaga tubuh agar tetap sehat. (kalimat pertama); ... tidur 8 jam per malam, lebih sehat .... (kalimat kedua); Tidur...memulihkan sistem imun. (kalimat ketiga); Ketika tidur... kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.(kalimat keempat)




18.  Perhatikan kutipan syair berikut!

     Walaupun kaya jangan menghina,

     Kaya dan miskin sama sahaja,
     Yang hina jangan ditambah hina ,
     Kerana hidup seperti roda.


Maksud kutipan syair tersebut adalah ...
A.    walau kaya dan miskin sama hina.
B.     kaya dan miskin hidup seperti roda.
C.     kaya dan miskin sama-sama hina.
D.    jadi orang kaya jangan menghina orang miskin.

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Syair tersebut berisi petuah atau nasihat yaitu jadi orang kaya jangan menghina orang miskin.

    19.  Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama !
Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Toni, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Toni kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
Ah, masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Toni temanku? gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini ada senyum menghiasi bibirnya, besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Toni.

Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.    Teman-teman Andi semua memberi hadiah pada Toni.
B.     Andi ingin meminta uang pada ibu, tapi tidak sampai hati mengungkapkannya.
C.     Sejak ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat.
D.    Kepuasan Andi sudah memiliki hadiah untuk Toni.

Kunci jawaban: B

Pembahasan:

Konflik adalah ketegangan yang terjadi dalam diri tokoh dalam suatu cerita. Bentuknya bisa konflik fisik, konflik batin, konflik ide, konflik sosial, atau konflik budaya. Konflik yang terjadi berupa konflik batin pada diri sang tokoh (Andi). Hal ini tergambar pada kalimat .... Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Toni, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Toni kemarin.

    20.  Gilang Herlambang adalah atlet renang berprestasi dari Kalimantan Barat. Pelajar yang membela Kabupaten Kubu Raya mengakui bahwa untuk meraih cita-cita itu ia harus lebih rajin berlatih. Tak dimungkiri, terkadang ia malas-malasan berlatih. Namun, karena pelatih selalu semangat memberikan nasihat, membuat Kevin membuang rasa malas itu. Nasihat pelatih membuat Kevin lebih giat lagi berlatih.

Prediksi yang sesuai dengan bacaan di atas adalah ...
A.    Gilang Herlambang bisa saja menjadi atlet renang nasional.
B.     Gilang Herlambang membuang rasa malas karena nasihat dari pelatihnya.
C.     Gilang Herlambang harus rajin berlatih untuk meraih cita-citanya.
D.    Gilang Herlambang merupakan atlet renang berprestasi dari Kalimantan Barat.

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Prediksi dapat diperoleh dengan mengetahui sebab atau akibat yang terjadi dalam suatu peristiwa. Prediksi harus sesuai dengan sebab atau akibat yang terjadi. Dalam bacaan tersebut, diketahui Kevin lebih giat lagi berlatih. Prediksi dalam kejadian tersebut berupa sebab, yaitu Kevin Ramadhani merupakan atlet renang berprestasi dari Kalimantan Barat.

21.  Raja Kahuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom.  Raden  Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Selain cerdas, Raden Anom juga dikenal ramah. Raden Panji merasa iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Karena itu ia ingin mencelakakan saudaranya. Dia menyuruh pembantunya agar membubuhkan racun ke dalam makanan Raden Anom.

Nilai moral positif yang bisa kita ambil dari cerita di atas adalah ....
A.    ramah
B.     baik hati
C.     santun
D.    simpati

Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Nilai moral adalah nilai positif yang terkandung dalam cerita. Nilai moral yang tepat untuk cerita tersebut adalah ramah.

22.  Ghayda Rahmadyni dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana   pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

Sifat yang diteladani dari tokoh di atas adalah ....
A.    tinggi hati dan ramah
B.     rendah hati dan ramah
C.     sombong dan rendah hati
D.    tinggi hati dan sombong 

Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Sifat tokoh adalah ciri yang membedakan antara tokoh yang satu dengan yang lain. Ghayda Rahmadyni memiliki sifat rendah hati dan ramah karena tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

23.  Perhatikan kalimat-kalimat yang disusun acak berikut!
(1)   Taruhlah gabus di dalam kaleng.
(2)   Bungkus kaleng kertas dengan kertas polos.
(3)   Tancapkan beberapa bunga buatan yang telah disiapkan.
(4)   Hiasi dengan lukisan atau gambar hingga menarik.
(5)   Cuci kaleng bekas, jemur hingga kering

Urutan yang tepat petunjuk cara membuat vas bunga dari kaleng bekas adalah ....
A.    (1), (4), (5), (2), dan (3)
B.     (3), (4), (5), (1), dan (2)
C.     (4), (2), (3), (1), dan (5)
D.    (5), (2), (4), (1), dan (3)

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Petunjuk membuat sesuatu harus disajikan secara runtut, jelas, dan mudah dimengerti. Petunjuk dimulai dengan langkah pertama yang harus dilakukan, kemudian diikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai urutan agar mudah dipahami.
Urutan cara membuat vas bunga dari kaleng bekas adalah: cuci kaleng bekas, jemur hingga kering, bungkus kaleng kertas dengan kertas polos, hiasi dengan lukisan atau gambar hingga menarik, taruhlah gabus di dalam kaleng, dan tancapkan beberapa bunga buatan yang telah disiapkan.





24.  Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi dan .... , dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A.    kotor
B.     enak
C.     aman
D.    higienis

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Istilah merupakan kata atau gabungan kata yang mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat khas dalam bidang tertentu. Paragraf tersebut membahas tentang dampak lingkungan tidak sehat. Istilah yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah istilah dalam bidang kesehatan. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi dan .... , dan lingkungan yang sehat dan bersih. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah higienis. Higienis artinya bersih atau bebas penyakit.

25.  Tono: Penyelengaraan acara pameran kelas harus menghemat biaya , Mir.
Amir: Maksudmu ?
Tono: Uang kas kelas kita kan sedikit maka jangan sampai biaya pengeluarannya
           terlalu banyak.
Amir: Saya setuju saja. Jangan sampai kita mengalami …

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks dialog di atas adalah …
A.    Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.
B.     Biar lambat asal selamat.
C.     Besar pasak daripada tiang.
D.    Air beriak tanda tak dalam.

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Berdasarkan percakapan tersebut, dibicarakan bahwa uang kas kelas hanya sedikit, maka jangan sampai biaya pengeluaran terlalu banyak. Dengan demikian, ungkapan yang tepat adalah besar pasak daripada tiang yang artinya besar pengeluaran daripada penghasilan.

26.  Perhatikan kalimat dengan urutan acak berikut!
(1) Setiap pukul 05.00, Prasetyo sudah bangun tidur.
(2) Pagi-pagi, ia sudah membersihkan kandang ayam di belakang rumah.
(3) Prasetyo memang anak yang rajin dan senang membantu orangtuanya.
(4) Ia merapikan dahulu tempat tidurnya.
(5) Setelah selesai, baru Prasetyo mandi dan bersiap ke sekolah.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ....
A.    (1) – (3) – (4) – (2) – (5)
B.     (3) – (2) – (4) – (3) – (5)
C.     (2) – (1) – (3) – (5) – (4)
D.    (1) – (4) – (2) – (5) – (3)

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Adapun kalimat utama terletak pada kalimat Setiap pukul 05.00, Prasetyo sudah bangun tidur. Oleh sebab itu, susunan kalimat yang tepat hingga menjadi kalimat padu, yaitu:
(1) Setiap pukul 05.00, Prasetyo sudah bangun tidur. (4) Ia merapikan dahulu tempat tidurnya. (2) Pagi-pagi, ia sudah membersihkan kandang ayam di belakang rumah. (5) Setelah selesai, baru Prasetyo mandi dan bersiap ke sekolah. (3) Prasetyo memang anak yang rajin dan senang membantu orangtuanya.

27.  Urutkan petunjuk cara menggunakan sabun mandi cair yang tersusun acak berikut!
(1) Tuang sabun ke telapak tangan.
(2) Gosokkan secara merata ke anggota tubuh.
(3) Bilas dengan air sampai bersih.
(4) Siram badan dengan air bersih.

Urutkan petunjuk cara menggunakan sabun mandi cair  yang benar adalah ….
A.    4-1-2-3
B.     4-2-1-3
C.     3-1-2-4
D.    2-4-1-3

Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Urutan petunjuk cara menggunakan sabun mandi cair sebagai berikut:
(4) Siram badan dengan air bersih.
(1) Tuang sabun ke telapak tangan.
(2) Gosokkan secara merata ke anggota tubuh.
(3) Bilas dengan air sampai bersih

28.  Perhatikan paragraf laporan berikut!
... pada hari ketiga, biji kacang kedelai berkecambah. Hari kelima, muncul tunas daun. Hari ketujuh, batang kedelai bertambah panjang dan daun bertambah jumlahnya.


Kalimat yang sesuai untuk melengkapi laporan tersebut adalah ...
A.    Pada hari terakhir biji kacang kedelai tumbuh dua daun.
B.     Pada hari ke enam biji kacang kedelai mulai menguning.
C.     Pengamatan biji kacang kedelai dilakukan hingga panen.
D.    Sudah dua hari mereka melakukan pengamatan kacang kedelai.

Kunci jawaban : D
Pembahasan:
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang harus berkitan dengan kalimat sebelum atau sesudahnya. Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah sudah dua hari mereka melakukan pengamatan kacang kedelai.

29.  Perhatikan kalimat berikut!
“Kita harus menciptakan kondisi Indonesia yang aman dan damai” kata pak Aldi.

Tanda baca dalam kalimat di atas dapat diperbaiki dengan cara …
A.    Menambahkan tanda koma(,) setelah kata damai.
B.     Menambahkan tanda koma (,) setelah kata aman.
C.     Menambahkan tanda titik koma (;) setelah kata aman.
D.    Menghilangkan tanda koma (,) setelah kata kita.
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Suatu kalimat yang baik disusun dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar. Pada kalimat tersebut, perlu digunakan tanda koma (,) setelah kata damai.

30.  Bacalah paragraf berikut!
Pada tanggal 25 Februari 2013 sebuah pohon besar tumbang di Jalan Parangtritis. Pohon tersebut melintang di tengah jalan, sehingga lalu lintas macet. Arus lalu lintas dari arah utara tidak dapat melaju ke arah selatan. Sebaliknya, kendaraan yang dari arah utara. Jalan alternatif harus mencari pengguna jalan untuk melanjutkan perjalanan.

Perbaikan struktur kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah …
A.    Untuk melanjutkan perjalanan jalan alternatif pengguna jalan harus mencari.
B.     Jalan alternatif pengguna jalan untuk melanjutkan perjalanan harus mencari.
C.     Pengguna jalan harus mencari jalan alternatif untuk melanjutkan perjalanan.
D.    Harus mencari jalan alternatif untuk melanjutkan perjalanan pengguna jalan.
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Suatu kalimat yang efektif harus mempunyai struktur yang tepat. Berikut ini syarat kalimat efektif:
1.      Mempunyai subyek dan predikat yang jelas
2.      Tidak menimbulkan pemahaman ganda
3.      Tidak terdapat pengulangan kata yang bermakna sama
Berdasarakan syarat tersebut, perbaikan struktur kalimat yang dicetak miring pada paragraf adalah pengguna jalan harus mencari jalan alternatif untuk melanjutkan perjalanan.

31.  Para penumpang diminta anter dengan tertib di loket pembelian tiket.
Perbaikan penulisan kata anter pada kalimat di atas adalah ….
A.    antri
B.     antre
C.     antrui
D.    antrue
Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Istilah merupakan kata atau gabungan kata yang mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat khas dalam bidang tertentu. Penulisan istilah kata anter yang tepat pada kalimat di atas adalah antre.

32.  Bacalah paragraf berikut!
       Siswa SD Kencana akan mengadakan karyawisata. Mereka akan berkunjung ke gunung tangkuban perahu di jawa barat. Kegiatan tersebut bertujuan agar anak-anak SD Kencana mengenal dan mencintai keindahan alam Jawa Barat. Mereka berangkat dari sekolah pada pukul 07.00 WIB dengan bus pariwisata.

Penulisan ejaan yang tepat yang dicetak tebal adalah ...
A.    Mereka akan berkunjung ke gunung Tangkuban perahu di jawa Barat.
B.     Mereka akan berkunjung ke gunung Tangkuban perahu di Jawa Barat.
C.     Mereka akan berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.
D.    Mereka akan berkunjung ke gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Kunci jawaban : C
Pembahasan:
Sesuai kaidah berarti kata gunung yang disertai nama gunung dan nama propinsi diawali dengan huruf kapital. Oleh karena itu, penulisan yang tepat adalah Mereka akan berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

33.  Perhatikan kalimat berikut!

Ayo cepat, kembalikan dompetku? hardik Endi.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….

A. tanda koma (,) seharusnya tanda seru (!)
B. tanda koma (,) seharusnya tanda titik (.)
C. tanda tanya (?) seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda tanya (?) seharusnya tanda seru (!)

Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Kalimat di atas merupakan kalimat perintah sehingga harus diakhiri dengan tanda seru (!).

34.  (1) Amin: Nu, di mana kamu menyewa ban?

(2) Banu : Itu, di dekat pohon kelapa!

(3) Amin: Berapa harga sewa untuk satu ban!
(4) Banu : Dua ribu rupiah untuk yang besar, dan seribu lima ratus rupiah untuk                                   ukuran sedang.

Pemakaian tanda baca yang salah terdapat pada dialog nomor ....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Kalimat nomor 3 merupakan kalimat yang mengungkapkan pertanyaan jadi, kalimat tersebut harus diakhiri dengan tanda tanya (?).

35.  Bacalah teks dialog berikut!
           Rini  … Yah, kita besok jadi ke Pantai Popoh?
           Ayah… Ya, jadi kok.
           Ibu   … Memangnya, mau berangkat jam berapa, Yah ?
           Ayah… Jam 9 pagi, kita berangkat, ya.
           Rini  … Hore!

          Tanda titik-titik pada dialog tersebut seharusnya diisi tanda baca ….
A.    tanda titik (.)
B.     tanda titik dua (:)
C.     tanda koma (,)
D.    tanda titik koma (;)

43.  Bacalah teks percakapan berikut ini dengan seksama!
Dino    : Dit, besok kita jadi ke toko buku?
Dita     : Jadi dong, kita bertemu di rumahmu, ya!
Dino    : Boleh. Pukul berapa. Dit?
Dita     : Pukul lima saja, bagaimana?
Dino    : Oke, deh.
Ubahlah teks percakapan tersebut menjadi teks narasi!
Kunci jawaban:
Besok Dino dan Dita akan pergi ke toko buku.
Mereka akan bertemu di rumah Dino pukul lima

Pembahasan:
Paragraf atau teks narasi merupakan sebuah teks yang tersusun dari beberapa paragraf yang menceritakan suatu peristiwa kejadian dan disusun secara kronologis sesuai dengan urutan waktu yang ditentukan. Umumnya paragraf narasi ini menceritakan kisah-kisah dan cerita karangan baik fiktif maupun non fiktif.
Ciri-ciri dibawah ini:
1.      Isi teks atau karangan berisi tentang cerita, kisah dan peristiwa tertentu yang dibentuk dari beberapa susunan paragraf.
2.      Cerita yang disampaikan memiliki krnologi atau urutan cerita yang jelas mulai dari awal cerita hingga akhir cerita.
3.      Terdapat suatu cerita maupun konflik.
4.      Memiliki unsur-unsur pembentuk berupa: tema, latar, setting, karakter.

44.  Cermati paragraf berikut!
.           (1) Para hadirin semua yang sangat terhormat kami ucapkan terima kasih atas partisipasi.
yang telah diberikan. (2) Semoga amal budi para ibu/bapak mendapat imbalan dari Tuhan
Tulislah dan perbaikilah kedua kalimat di atas menjadi kalimat yang benar!
Kunci jawaban:
Hadirin yang terhormat, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan.
Semoga amal budi ibu/bapak mendapat imbalan dari Tuhan.

Pembahasan:
Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang bahasa Indonesia.
Ciri-ciri kalimat efektif:
1.      Kesepadanan struktur
2.      Kehematan kata
3.      Kesejajaran bentuk
4.      Ketegasan makna
5.      Kelogisan kalimat

45.  Lengkapilah pantun nasihat di bawah ini!
Jalan-jalan bersama ibu
Lihat orang sedang menari
……………………………….
……………………………….
Kunci jawaban
Jika kita senang menuntut ilmu
Kelak kita membangun negeri
……………………………….
……………………………….
Pembahasan:
Ciri-ciri pantun:
1.      Pantun mempunyai Bait, dan setiap bait pantun terdiri dari empat baris.
2.      Baris pertama dan yang kedua adalah sampiran.
3.      Baris ketiga dan keempat adalah isi.
4.      Satu baris terdiri atas 4 sampai 6 kata.
5.      Satu baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
6.              Pantun mempunya sajak a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh bersajak a-a-b-b ataupun sajak lain)

DOWNLOAD SOAL TRY OUT 3 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 3 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 3 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama" 

Berlangganan via Email