Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Try Out 2 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out 2 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Soal Try Out 2 USBN SD 2019 Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun pelajaran 2018/2019 akan diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar (SD). USBN di tingkat Sekolah Dasar (SD) hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 kemudian dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan Bedah Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019Semua Mata Pelajaran Per Butir SoalKisi-kisi ini digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang menggunakan materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi.

Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 adalah bentuk soal pilihan ganda dan uraian. Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran.

Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: * Membaca Nonsastra * Membaca Sastra * Menulis Terbatas * Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan akhir bulan April 2019 mendatang.

Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-2 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya


CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA


SOAL TRY OUT USBN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
PAKET B

MATA PELAJARAN      : BAHASA INDONESIA


A.    PILIHAN GANDA
1.         Hari ini siswa telah menerima pelajaran tentang membuat cerita fabel. Semua siswa telah memahami langkah-langkah menulis cerita fabel dengan benar. Rina ingin mencoba mengaplikasikan apa yang telah dipelajari. Awalnya Rina menentukan tema, kemudian dia menentukan tokoh, watak dan latar yang akan dimasukkan. Selain itu Rina juga menentukan alur cerita yang akan dibangunnya. Setelah semua dia tentukan, mulailah Rina menulis cerita.
Makna kata mengaplikasikan pada paragraf di atas adalah….
A.    mencoba
B.     menerapkan
C.     menuliskan
D.    menciptakan
Kunci jawaban : B
Penjelasan :
Mengaplikasikan pada kalimat di atas memiliki arti menerapkan apa yang telah dia peroleh sebelum memulai melakukan pekerjaan

2.      Banyak satwa endemik yang sudah hampir punah dikarenakan habitatnya dirusak oleh manusia.
Sinonim dari kata habitat adalah….
A.    lingkungan
B.     suasana
C.     situasi
D.    kondisi
Kunci jawaban : A
Penjelasan :
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, habitat berarti lingkungan; rumah; tempat tinggal. Sinonim adalah beberapa kata yang memiliki bentuk berbeda, tetapi memiliki arti atau pengertian yang sama/mirip.

3.          Kaktus merupakan tanaman yang tumbuh di lingkungan yang kering, cara perawatan tanaman ini sangat mudah. Tanaman ini tidak perlu disiram terlalu sering. Tanaman ini menyimpan cadangan air pada batangnya. Ciri khusus tanaman ini memiliki daun yang berupa duri di seluruh batangnya utuk mengurangi penguapan.
Bagaimana perawatan tanaman kaktus?
A.    Tanaman kaktus ini perlu perhatian, harus disiram setiap pagi dan sore.
B.     Tanaman kaktus memerlukan perawatan yang khusus dengan pupuk urea.
C.     Tanaman kaktus cara perawatannya sangat mudah, tidak perlu disiram terlalu sering.
D.    Tanaman kaktus perawatannya harus diberi pupuk dan air setiap pagi dan sore hari.
Kunci jawaban : C
Penjelasan :
Kata tanya bagaimana menanyakan tentang cara/proses. Pada paragraf di atas membahas tentang cara merawat tanaman kaktus. Jawaban atas pertanyaan tersebut yaitu cara perawatan tanaman ini sangat mudah yaitu tidak perlu disiram terlalu sering.

4.            Perpustakaan daerah dibangun dengan tujuan menyediakan buku bacaan untuk masyarakat yang berada di daerah tersebut. Buku-buku yang terdapat dalam perpustakaan daerah beraneka ragam.  Perpustakaan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta minat baca masyarakat sekitar. Dengan demikian masyarakat sekitar dapat mengetahui informasi yang terbaru serta memiliki wawasan yang luas, sehingga daerah  tersebut tidak akan tertinggal dengan daerah yang lainnya.
Informasi penting yang terdapat pada paragraf di atas adalah….
A.    perpustakaan daerah dibangun untuk menambah wawasan serta minat baca masyarakat sekitar.
B.     pepustakaan daerah sangat penting bagi masyarakat daerah yang tertinggal.
C.     perpustakaan ini dibangun untuk memajukan provinsi agar mendapat penghargaan.
D.    minat baca masyarakat sangat kurang sehingga dibangun parpustakaan daerah-daerah pelosok.
Kunci jawaban : A
Penjelasan :
Informasi penting adalah pesan yang wajib diketahui oleh khalayak umum. Untuk menentukan informasi yang penting maka harus membaca secara cermat paragraf tersebut

5.            Musim hujan dan musim kemarau saat ini tidak dapat ditentukan waktunya (1). Tidak seperti dulu, musim kemarau berlangsung mulai bulan April hingga September (2). Disambung dengan musim hujan pada bulan September hingga bulan Maret (3). Baik untuk mengadakan wisata bersama keluarga (4). Kini musim hujan berlangsung lebih panjang bahkan tidak ada hentinya setiap tahun (5).
Pada paragraf di atas terdapat kalimat yang tidak padu yaitu nomor…
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
Kunci jawaban : D
Penejelasan :
Dalam setiap paragraf terdiri atas beberapa kalimat yang saling berkaitan antara kalimat satu dan kalimat yang lainnya, sehingga menjadi satu paragraf yang padu. Pada paragraf di atas terdapat kalimat yang tidak berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya yaitu terdapat pada kalimat nomor 4.

6.       Akbar       : Hai, Tom. Kamu mau kemana?
Tomi          : Hai, Akbar. Aku mau ke took buku.
Akbar        : Buku apa yang akan kamu beli?
Tomi          : Buku bahasa Indonesia kelas 6.
                    Apakah kamu mau menemaniku?
Akbar        : Boleh, Ayo, kita berangkat sekarang.
Topik percakapan di atas adalah…
A.    Akbar ingin menemani Tomi membeli mainan.
B.     Kepedulian terhadap teman yang kesusahan.
C.     Membeli buku untuk teman.
D.    Tomi ingin membeli buku.
Kunci jawaban : D
Penjelasan :
Topik adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan dan masih mengandung hal yang umum.

8.      Indonesia memiliki kekayaan satwa yang tersebar di penjuru pulau. Setiap pulau memiliki satwa endemik. Satwa endemik yaitu hewan yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu yang menjadikan wilayah tersebut mempunyai ciri khas. Sebagian satwa endemik tersebut sudah hampir punah. Keadaan ini disebabkan karena beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memburu satwa secara liar. Akibatnya, sebagian populasi satwa terus menurun dari tahun ke tahun. Oleh karena itu satwa-satwa tersebut perlu kita jaga dan kita lestarikan.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan paragraf di atas adalah…
A.    satwa-satwa yang hampir punah harus dikarantina
B.     sebagian satwa endemik tersebut sudah hampir punah
C.     populasi satwa dari tahun ke tahun meningkat
D.    banyak satwa yang diletarikan
Kunci jawaban : B
Penjelasan :
Paragraf di atas menjelaskan tentang satwa di Indonesia yang hampir punah karena diburu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pernyataan yang tepat yaitu kalimat yang ada dalam paragraf tersebut.

9.            Menonton televisi biasanya dilakukan saat waktu senggang. Seseorang menonton televisi untuk mendapatkan hiburan dan informasi. Hal tersebut melalui program dan acara yang ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi nasional. Di setiap acara yang ditayangkan oleh stasiun televisi terdapat symbol umur tertentu, seperti SU (untuk semua umur) dapat ditonton oleh semua umur, BO (bimbingan orang tua) pada acara ini harus ada pendamping orang tua, 13+ (umur 13 tahun ke atas) hanya dapat ditonton oleh orang yang berusia 13 tahun ke atas, dan D (dewasa) acara yang hanya boleh ditonton oleh orang dewasa.
Simpulan paragraf di atas adalah….
A.    simbol-simbol pada acara televisi merupakan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah untuk penonton.
B.     acara di televisi dapat ditonton oleh masyarakat pada waktu luang dan saat berkumpul bersama keluarga.
C.     acara-acara di televisi memiliki berbagai manfaat, hiburan serta informasi yang terbaru dari berbagai Negara.
D.    acara televisi dapat ditonton oleh semua orang sesuai dengan symbol yang tertera pada tayangan tersebut.
Kunci jawaban : D
Penjelasan :
Simpulan menjelaskan seluruh isi paragraf secara singkat dalam bentuk pernyataan, biasanya berisi makna tersirat (tidak tertulis) dari hal yang telah dijelaskan dalam suatu paragraf.

10.        Rumah itu tidak terlalu besar, namun ruang tamunya ditata dengan rapi. Ruang tamu berukuran 3 x 4 meter itu berisi sebuah sofa panjang dan satu sofa pendek serta di tengahnya terdapat meja kaca. Di pojok kanan ruang tamu terdapat lemari kaca yang berisi foto-foto keluarga serta piala yang berjajar rapi. Di pojok sebelah kiri terdapat hiasan tanaman plastik yang besar. Di ruangan tersebut juga terdapat foto keluarga dalam pigora yang berukuran besar.
Teks di atas termasuk jenis teks…
A.    eksposisi
B.     narasi
C.     deskripsi
D.    argumentasi
Kunci jawaban : C
Penjelasan :
Paragraf di atas termasuk paragraf deskripsi karena menggambarkan ruang tamu sebuah rumah.

11.        Saat ini marak terjadi penebangan pohon secara liar di mana-mana. Hal ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan seenaknya menebang pohon tanpa dilakukan penanaman kembali. Tak hanya itu, tanah-tanah kehilangan fungsinya sebagai sumber resapan air dikarenakan adanya pembangunan yang terjadi secara luas tanpa memperhatikan lingkungan. Hutan-hutan menjadi gundul sehingga udara terasa sangat panas.
Apa yang mungkin terjadi jika pohon-pohon ditanam kembali?
A.    Pohon-pohon akan rindang dan dapat menyerap air.
B.     Pohon banyak ditebangi secara liar.
C.     Orang-orang menebang pohon dengan leluasa.
D.    Hutan beralih fungsi tanpa memperhatikan lingkungan.
Kunci jawaban : A
Penjelasan :
Prediksi adalah suatu proses memperkirakan secara sistematis tentang suatu hal yang paling mungkin terjadi di masa depan berdasarkan informasi yang lalu. Memprediksi kejadian yaitu memperkirakan suatu peristiwa yang akan terjadi. Dalam hal ini

12.  Bacalah ke dua teks di bawah ini!
Teks 1

Guru datang ke sekolah setiap hari dengan harapan dapat membagi ilmu yang dia miliki kepada murid-muridnya. Ia dengan sabar menjelaskan satu per satu materi yang belum dipahami muridnya. Dia merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang terus berjuang untuk anak bangsa.



Teks 2

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dia mengajari kita hingga bisa. Semua itu dia lakukan untuk mencerdaskan generasi bangsa yang akan datang. Guru membimbing kita setiap hari dan tak kenal putus asa. Guru sangat berjasa bagi bangsa Indonesia.


Persamaan dari kedua teks di atas adalah….
A.    proses belajar mengajar di sekolah
B.     guru mencerdaskan kehidupan bangsa
C.     cara guru datang ke sekolah
D.    guru pahlawan tanpa tanda jasa
Kunci jawaban : D
Penjelasan :                     
Cara menemukan persamaan teks :
1.      Baca teks dengan seksama
2.      Temukan topik yang dibahas
3.      Temukan unsur 5W+1H
4.      Pahmi gaya bahasa yang digunakan

13.  Bacalah ilustrasi berikut!
Berbagai Manfaat Pohon Kelapa
Semua bagian tubuh pohon kelapa dapat dimanfaatkan, mulai dari daun hingga buahnya. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah buah kelapa. Buah kelapa yang masih muda sering digunakan untuk mainan gasing oleh anak-anak. Daging buah kelapa yang sudah tua biasanya dimanfaatkan untuk membuat santan. Buah kelapa memiliki sabut yang dapat dimanfaatkan untuk membuat keset. Bagian yang bermanfaat untuk obat tradisional adalah air kelapa, yaitu dapat menyembuhkan panas dalam. Bagian kelapa yang keras atau disebut batok dapat dikreasikan menjadi hiasan.

No.
Bagian pohon kelapa
Kegunaan
1.
buah kelapa yang masih muda
mainan gasing
2.
daging buah kelapa tua
dijadikan santan
3.
(a)…
dijadikan keset
4.
air kelapa
(b)…
5.
batok kelapa
hiasan

Data yang tepat untuk melengkapi tabel di atas adalah….
A.    (a) kelapa yang masih muda - (b) obat tradisional
B.     (a) sabut kelapa - (b) obat tradisional
C.     (a) daun kelapa - (b) campuran pupuk
D.    (a) kelapa tua - (b) air minum
Kunci jawaban : B
Penjelasan :
Data yang cocok dengan kegunaan bagian pohon kelapa yang dijadikan keset yaitu sabut kelapa. Sedangkan air kelapa digunakan untuk obat tradisional

14.  Bacalah paragraf berikut!
Menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Manusia tidak cukup hanya mengkonsumsi makanan sehat, tetapi juga harus berolah raga dan istirahat yang cukup. Berolah raga dan beristirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbgai penyakit.
Bagaimana cara manusia menjaga kesehatan?
A.    Manusia hanya mengkonsumsi makanan sehat.
B.     Tubuh memerlukan istirahat yang cukup.
C.     Manusia memerlukan makanan sehat, olah raga, dan beristirahat.
D.    Tubuh membutuhkan olah raga yang rutin.
Kunci jawaban : C
Penjelasan :
Pertanyaan bagaimana menanyakan tentang proses/cara.
15.        Di sebuah hutan, hiduplah seekor burung nuri. Ia memliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Akan tetapi, entah mengapa burung itu selalu menyendiri. Berbeda dengan burung pipit. Walaupun tidak cantik, ia ramah sehingga mempunyai banyak teman. Burung pipit merasa kasihan melihat burung nuri, Lalu, ia menyapa,“Selamat pagi burung nuri. Ayo, mengelilingi hutan ini sambil menikmati udara pagi!” “Aku tidak mau berkeliling hutan. Nanti bisa ditembak pemburu karena aku terlalu indah,” jawab burung Nuri sinis. 
Watak burung pipit yaitu…
A.    sombong
B.     dengki
C.     bijaksana
D.    ramah
 Kunci jawaban : D
 Penjelasan :
Watak adalah karakter yang melekat pada tokoh dalam cerita. Watak tokoh menciptakan sifat tokoh yang membedakan satu tokoh dengan tokoh lainnya.

16.           Abang Becak
            Abang becak bekerja
            Membanting tulang
            Demi menghidupi anak istri
            Untuk memperoleh sedikit uang
            Agar mendapat sesuap nasi
            Makna membanting tulang pada syair di atas adalah ....
            A. sakit tulang
            B. tulang keras
            C. bekerja keras
            D. bekerja terus 
            Kunci Jawaban  : C
            Penjelasan :
            Makna membanting tulang pada syair di atas adalah bekerja keras

17.   Di dalam kelas dengan bangganya Toni memperlihatkan nilai hasil ulangannya yang mendapat
nilai tertinggi. Dia pun mengejek temannya Rafa yang mendapat nilai terendah. Keesokan harinya Pak Rahmat selaku guru olahraga mengadakan seleksi peserta lomba lari untuk diikutkan perlombaan tingkat kota. Ternyata Rafa lolos seleksi dan ia pun memenangkan perlombaan tingkat kota. Mengetahui hal itu Toni merasa bersalah atas kelakuannya, ia akhirnya meminta maaf kepada Rafa.
Simpulan cerita di atas adalah ...
A. Rafa berhasil memenangkan kejuaran lomba lari yang membuat Toni iri.
B. Toni mengejek Rafa karena ia berhasil mengalahkan Rafa dalam lomba lari.
C. Toni menyadari kesalahannya yang telah mengejek Rafa dan meminta maaf
D. Toni berhasil memenangkan seleksi  perlombaan lari tingkat kota.
Kunci Jawaban : C
Penjelasan :
Dalam seleksi lomba lari tersebut yang menang adalah Rafa, Toni akhirnya menyadari kesalahannya iapun meminta maaf pada Rafa

18.                                Hutan
      Hutan adalah paru-paru bumi
      Kita wajib merawat hutan
      Bila tidak ada hutan
      Mungkin tidak ada udara segar
      Burung berkicau merdu
      Itu karena ada hutan
      Yang indah nan hijau
                                                         Afwam W.A.
      Maksud syair di atas adalah ...
      A. hutan adalah sumber oksigen bumi
      B. hutan adalah organ paru-paru bumi
      C. banyak burung yang berkica di hutan
      D. bumi membutuhkan hutan untuk bernafas
      Kunci Jawaban : A
      Penjelasan :
    Pada bait Bila tidak ada hutan, mungkin tidak ada udara segar. Menunjukan bahwa hutan merupakan sumber oksigen

19.   Bacalah kutipan teks cerita berikut!  
Orang tua Bella ingin anaknya pindah ke Malang untuk melanjutkan sekolah di sana.                                                                                                            Memang orang tuanya tinggal di Malang, sedangkan Bella tinggal di Surabaya bersama neneknya. Ibu terdiam sejenak, lalu berkata lagi, “Oh, Diana, berpisah dengan teman sekolah itu biasa. Tidak selamanya kalian dalam satu sekolah. Lama-kelamaan kau pasti akan melupakan Bella”. “Ah, tidak bisa, Bu. Ibu tahu kan selama ini aku dan Bella seperti saudara sendiri.” Kata Diana terbata-bata.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Diana sangat kesal karena ibu mengizinkan Bella pindah ke Malang.
B. Diana ingin ikut pindah ke Malang jika Bella melanjutkan ke sana.
C. Bella berencana melanjutkan sekolah di Malang.
D. Diana menyadari bahwa kepindahan teman sekolah itu biasa.
Kunci Jawaban : D
Penjelasan :
Konflik dalam diri tokoh Diana dibuktikan dengan perasaan “menyendiri.” Penyebab konfliknya adalah rencana Bella yang melanjutkan sekolah di Malang dan tinggal bersama orang tuanya.

20.      Meski baru berusia 4 tahun Yudha ingin sekali bisa naik sepeda. Tinggi badannya juga belum    seimbang dengan tinggi sepeda. Namun tak menghalang niat Yudha untuk belajar bersepeda.
Hampir setiap sore Yudha belajar naik sepeda bersama ayahnya, walau sering terjatuh Yudha
tidak pernah merasa kapok. Dia terus berusaha dan berusaha.
Prediksi kejadian yang sesuai dengan cerita di atas adalah Yudha akan ...
  A. terus gagal naik sepeda
  B. berhasil naik sepeda
  C. merusak sepeda yang dipakainya
  D. menyerah untuk naik sepeda
  Kunci Jawaban : B
  Penjelasan :
  Orang yang mau terus berusaha maka pada suatu saat akan berhasil

DOWNLOAD SOAL TRY OUT 2 USBN SD BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selengkapnya soal latihan try out I Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban bisa didownload dengan klik tombol download Soal Try Out 2 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya dibawah ini: 

Untuk bahan belajar menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, bisa menggunakan soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk bahan belajar menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menggunakan soal try out USBN di atas. Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 30 April 2019. Ujian akhir bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian terbuka

Demikian Soal Try Out 2 USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya semoga bisa membantu putra-puteri bangsa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 dengan hasil yang memuaskan.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe 

Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya "Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama"

Berlangganan via Email