Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Format Analisis Ulangan Harian, Perbaikan dan Pengayaan


Format Analisis Ulangan Harian, Perbaikan dan Pengayaan

ANALISIS HASIL ULANGAN HARIAN
Salah satu tugas guru adalah melakukan penilaian. Hasil penilaian ini selanjutnya kita analisis untuk menentukan bagaimana penguasaan siswa terhadap kompetensi yang diujikan. Adapun contoh form analisis yang biasa dipakai di sekolahku bisa didownload di DISINI.

Penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal mengisikan identitas, nama siswa, skor butir, skor maksimum, dan nilai KKM.

Berikut adalah contoh tampilannya, yang ditandai dengan warna biru adalah data yang harus diisikan.
Untuk halaman 5, data harus diurutkan berdasarkan perolehan nilai yang terbesar sampai terendah. Saya tandai dengan warna biru seperti gambar di atas.

Analisis hasil ulangan harian ini idealnya dibuat setiap kali guru melaksanakan ulangan. Selain untuk mengetahui seberapa besar penguasaan anak terhadap kompetensi yang kita ujikan, bukti analisis ini merupakan salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat/golongan bagi guru, di mana setiap semester harus ada minimal 1 analisis.
Adapun kelengkapan dari analisis hasil ulangan harian antara lain, soal ulangan lengkap dengan kisi-kisinya, bukti pengumuman ulangan harian, dan daftar hadir remidi/pengayaan.


OK,, selamat mencoba...
Ulangan harian (UH) merupakan salah satu alat penilaian untuk mengukur ketercapaian pencapaian materi dalam 1 atau beberapa Kompetensi Dasar (KD). Tugas ini wajib bagi Guru sehingga guru dapat menentukan apakah seseorang siswa sudah “Tuntas” atau “belum Tuntas” pada KD tersebut. Bagi siswa yang sudah tuntas dapat diberi pengayaan dan bagi siswa yang tidak tuntas, harus diberi pembelajaran remedial.

Langkah selanjutnya, guru harus melakukan analisis hasil ulangan harian (AHUH). AHUH dilakukan untuk mengetahui karakteristik soal, mana yang mudah, mana yang sedang dan soal mana yang sulit. Berdasarkan data AHUH, guru dapat mengevaluasi apakah proses pembelajaran, pendekatan/metode pembelajaran sudah berhasil dengan baik atau tidak, disamping itu guru dapat mendiagnosa kesulitan belajar siswa. Di samping itu Guru juga dapat mengetahui tingkat rata-rata pencapaian KD serta soal-soal yang sulit, sedang maupun mudah.

Langkah Menyusun Analisis
1. Menentukan Kisi-kisi Soal Ulangan Harian

Preview


2. Melaksanakan Ulangan Harian

Pelaksanaan Ulangan Harian
3. Membuat Analisis Berdasarkan Hasil Ulangan Harian Yang dilaksanakan


Hasil yang diperoleh berupa;
1. Analisis Soal Pilihan Ganda
Preview

Download Aplikasi Analisis Ulangan Harian, Perbaikan dan Pengayaan (Pilihan Ganda)


2. Analisis Soal Uraian
Preview

Download Aplikasi Analisis Ulangan Harian, Perbaikan dan Pengayaan (Soal Uraian)

Manfaat Analisis: 

Dari hasil analisis ,guru diharapkan memiliki gambaran konkret tentang tingkat kompetensi dan daya serap kegiatan pembelajarannya maupun siswa yang masih butuh bimbingan termasuk siswa yang sudah belajar keras namun belum dapat sampai pada ketuntasan kompetensi yang diharapkan. Setelah mengetahui hasil dari evaluasi ini guru diharapkan dapat menyusun rencana tindakan remedial atau enrichment. 



Jika artikel ini bermanfaat, silakan tinggalkan tanggapan di kolom komentar dan silakan Subscribe Website saya ini untuk mendapatkan pemberitahuan dari artikel-artikel terbaru saya berikutnya 

"Sebaik-baik pohon adalah pohon yang banyak buahnya. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama"

Silakan bagikan/share artikel ini melalui sosial medis dibawah ini:

Berlangganan via Email