Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perpustakaan Sekolah Dasar | Kanjeng Mariyadhies Ngawi



TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2018/2019
PENGETAHUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PGRI MADIUN
.........................................................................................................................................................
Nama    : MARIYADI
Keas      : XX a
NIM      : 1702101288P
Dosen    : Bu Nur Syamsiyah, M.Pd


1.    Pertanyaan : Jelaskan pengertian Laboratorium sekolah dan sebutkan syarat-syaratnya!
Jawab : Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan.
Syarat-syarat laboratorium sebagai standar laboratorium :
1) Ruang laboratorium yang memadai
Luas lantai laboratorium tergantung pada adanya lemari asam, meja laboratorium, meja dinding serta rak atau lemari yang diperlukan. Dalam mendesain ruang laboratorium, perlu pula disediakan ruang untuk : reparasi sampel, gudang tempat penyimpanan alat, gudang tempat penyimpanan bahan kimia, ruang teknisi, ruang tirabang, ruang dingin, ruang kantor dan staf, serta ruang siding (jika diperlukan).
2)  Meja laboratorium dan meja dinding
Meja laboratorium yang disediakan sebaiknya mudah diatur letaknya sehingga komunikasi antara dosen dan mahasiswa menjadi lebih baik.
Meja dinding dilengkapi dengan sarana air, listrik, dan gas. Dibawahnya juga dapat dibuat lemari atau rak untuk menyimpan peralatan. Ada kalanya di atas meja dinding dibuat lemari atau rak tempat meletakkan model penyimpanan peralatan.
3) Sarana air, gas dan listrik
Biasanya air diperoleh dari kran air PAM. Gas diperoleh dari gas kota melalui tabung gas elpiji. Listrik umumnya dri PLN. Air harus tersedia di laboratorium, jika perlu dibuat tangki persediaan air. Tekanan air harus kuat agar dapat membersihkan sisa bahan kimia. Sarana listrik harus berjauhan dengan kran air dan pembuangan air untuk menghindari kemungkinan terjadinya arus pendek akibat percikan air. Penempatan tabung gas elpiji dapat diatur diluar ruang atau pada salah satu lemari di bawah meja laboratorium.
4)  Lemari asam
Lemari asam berfungsi sebagai tempat untuk mereaksikan bahan kimia yang berbahaya atau merangsang pernapasan. Lemari asam dilengkapi dengan exhaust fan, sarana air, gas dan listrik.
5)  Peralatan laboratorium
Secara umum dibagi atas dua kelompok :
A. Peralatan consumable
Merupakan peralatan yang sekali pakai, mudah pecah kemudian dibuang seperti pipet gelas, pipa karet, kertas kromatografi, dan kertas saring.
B. Peralatan non-consumable
Termasuk pembakar gas, pompa vakum, peralatan elektronik. Peralatan elektronik sebaiknya ditempatkan pada ruangan khusus. Guna mengatasi tegangan listrik yang selalu naik-turun digunakan stabilisator.
6) Furniture
Meliputi meja krja dengan kursinya, meja computer, kursi lab, pemadam api, selimut pemadam api, jam dinding, rak buku, rak bahan kimia, rak peralatan serta lemari.
2. Soal : Gambarlah Pentaan Ruang Perpustakaan Lengkap dengan Meja sirkulasinya!
Jawab :
Denah Perpustakaan

3.    Pertanyaan : Apa Manfaat Perpustakaan di Sekolah Dasar?
Jawab :
          1.      Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid tehadap membaca.
          2.      Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid.
          3.      Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya 
                murid-murid mampu belajar mandiri
          4.      Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca
          5.      Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa
          6.      Perpustakaan sekolah harus dapat melatih murid-murid kearah tanggung jawab
          7.      Perpustakaan sekolah harus dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan 
                tugas-tugas sekolah
          8.      Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran
          9.      Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid, guru-guru, dan anggota 
                staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

4.    Bagaimana menciptakan perpustakaan sekolah yang standar undang-undang?
Upaya untuk menghidupkan dan mengembangkan perpustakaan sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya tugas pengurus/anggota perpustakaan dan institusi terkait, melainkan kita semua karna intinya usaha bersama menjaga atau mengembangkan ilmu pengetahuan. Serta merevisi atau mengkaji ulang tujuan dari perpustakaan, untuk mengintensifkan perpustakaan menjadi pusat sumber belajar.
Untuk itu, perpustakaan perlu memiliki atau memberikan pelayanan yang prima dan terbaik dalam penyediaan dan pelayanan informasi dalam menunjang tugas pokok dan fungsi lembaga induknya. Artinya memberikan pelayanan prima, yaitu suatu sikap atau cara pustakawan dalam melayani penggunanya dengan prinsip people based service (layanan berbasis pengguna) dan service excellence (layanan unggul). Semua ini untuk memuaskan pengguna, meningkatkan loyalitas pengguna, serta meningkatkan jumlah pengguna.
Bukan hanya pemimpin tetapi semua pengelola atau pegawai perpustakaan harus berani menampilkan “wajah baru” atau “gerakan baru” dalam arti berani melakukan terobosan baru dan paradigma baru yaitu dapat mengubah persepsi masyarakat/akademis dari perpustakaan identik dengan buku menjadi perpustakaan identik dengan informasi.
Ketergantungan pada seorang pemimpin perlu ditinggalkan dan bergerak menciptakan kreatifitas atau inovasi yang sistematis. Pimpinan pusat (lembaga) tentunya membuka pintu yang lebar kepada semua bawahannya untuk menentukan kebijakan dalam menciptakan keratifitas untuk mengembangkan dan meningkatkan perpustakaan.
Upaya selanjutnya bagaimana pengelola menjalin hubungan dengan semua pihak atau institusi melakukan kerja sama yang saling menguntungkan untuk meningkatkan dan mengembangkan perpustakaan. Hubungan dengan masyarakat juga perlu ditingkatkan, misalnya membuka perpustakaan keliling, pelatihan penulisan karya ilmiah, kegiatan kompetisi dalam masyarakat (lomba synopsis, artikel, opini dll). Hal ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat/akademis dan menjadi perpustakaan yang mampu bersaing.
Sehubungan dengan ini kemampuan pustakawan, idealnya perlu adanya Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI yang terakreditasi sehingga dapat menetapkan sertifikasi untuk standar kompetensi tertentu bagi pustakawan Indonesia agar berdaya saing tinggi dan akreditasi perpustakaan.
Kemudian adanya Undang-undang tentang Perpustakaan yang meliputi :
– Kepala Perpustakaan (unsur pimpinan)
– Petugas tata usaha perpustakaan (unsur pembantu pimpinan)
– Unsur pelaksana yang terdiri atas:
a) Petugas pengadaan/pengolahan bahan pustaka,
b) Petugas pelayanan (sirkulasi dan referensi),
c) Petugas penyuluhan/pemasyarakatan, dan
d) Petugas penelitian dan pengembangan
Dengan adanya undang-undang tentang perpustakaan khususnya unsur pelaksana yang terkait dengan petugas penyusluhan, penelitian dan pengembangan lebih ditekankan sehingga dapat menciptakan atau menemukan sesuatu yang baru. Serta menganalisa bagaimana usaha atau jalan untuk lebih meningkatkan perpustakaan menjadi pusat sumber belajar.

5.    Bagaimanakah jika perpustakaan tidak memenuhi persyaratan Undang-undang?
Jika perpustakaan tidak memenuhi persyaratan Undang-undang maka perpustakaan tidak akan bisa berjalan dengan baik  secara fungsi dan manfaat yang dihasilkannya.
6.    Apa yang harus ada dalam perpustakaan?
1. Gedung/ruangan perpustakaan
Gedung atau ruangan perpustakaan adalah bangunan yang sepenuhnya diperuntukkan bagi seluruh aktivitas sebuah perpustakaan. Disebut gedung apabila merupakan bangunan besar dan permanent, terpisah dari gedung lain sedangkan apabila hanya menempati sebagian dari sebuah gedung atau hanya sebuah bangunan (penggunan ruang kelas), relatif kecil disebut ruangan perpustakaan.
2. Perabot perpustakaan
Perabot perpustakaan adalah sarana pendukung atau perlengkapan perpustakaan yang digunakan dalam proses pelayanan pemakai perpustakaan dan merupakan kelengkapan yang harus ada untuk terselenggaranya perpustakaan.

Yang termasuk dalam perabot/perlengkapan perpustakaan antara lain :
a. Rak buku
b. Rak majalah
c. Rak surat kabar
d. Rak atlas dan kamus
e. Papan peraga / pameran
f. Laci penitipan tas
g. Lemari catalog
h. Lemari multi media
i. Lemari Arsip
j. Meja dan kursi sirkulasi
k. Meja dan kursi baca
l. Meja dan kursi pegawai
m. Kereta buku, barang
n. Tangga beroda
3. Peralatan perpustakaan
Peralatan perpustakaan adalah barang-barang yang diperlukan secara langsung dalam mengerjakan tugas/kegiatan di perpustakaan. Yang termasuk dalam perlengkapan perpustakaan antara lain :
a. buku pedoman perpustakaan
b. Buku klasifikasi
c. Kartu catalog
d. Buku Induk
e. Kantong buku
f. Lembar tanggal kembali
g. Label
h. Cap inventaris
i. Cap perpustakaan
j. Bak stempel
k. Kartu pemesanan
l. Mesin ketik/Komputer
m. ATK
n. Selotip
o. Lem dll.
7.    Bagaimana menciptakan suasanya perpustakaan  yang nyaman dan tenang?
Rasa aman dan nyaman di perpustakaan dapat dipengaruhi oleh 2 (dua) hal penting yaitu sumber daya manusia (pustakawan dan staf perpustakaan) dan sarana prasarana. Pustakawan dan staf sebagai sumber daya yang dapat merencanakan dan membuat suasana perpustakaan menjadi aman dan nyaman.

Sikap pustakawan dan staf perpustakaan disadari atau tidak ternyata dapat memberikan kesan aman dan nyaman. Oleh karena itu sikap pustakawan harus dirubah agar dapat memberikan suasana kondusif untuk terwujudnya kenyamanan di perpustakaan. Melayani dengan ramah, sapa, salam, senyum, sopan santun, jujur, tulus ikhlas jauh lebih indah dibandingkan dengan melayani dengan cemberut, uring-uringan, sewot, kasar, dan galak.

8.    Jelaskan apa yang harus ada dalam sebuah katalog?
· Nama Lengkap (dengan gelar-gelar kebangsawanannya) dari si pengarang, atau yang dianggap pengarang
·    Judul buku, jika ada judul tambahannya serta edisi
·    Tempat penerbit dan nama penerbitnya
·    Tahun terbit atau copy-right datenya.
·    Jumalah halaman pendahuluan (angka romawi) dan jumlah halaman isi (angka arab). Jumlah halaman bisa diganti dengan jumlah jilid yang ada, jika buku-buku itu berjilid
·    Keterangan-keterangan (notes) seperti: app;digr;graf;illus.,tab., dan lain-lain
·    Keterangan tentang halaman bibliografi
·    call-number buku (biasanya ditentukan pada awal proses buku)
·    Nomor stambuk buku (pada pinggir kiri bawah kartu)
·    Tracing

9.    Gambarlah Ruang Laboratorium!

10.    Sebutkan inventaris dalam ruang laboratorium sesuai kurikulum di Sekolah Dasar!
·                      Bangunan/Ruangan laboratorium
·                      Fasilitas umum laboratorium
·                      Peralatan dan bahan
·                      Ketenagaan laboratorium
·                      Kegiatan laboratorium

Berlangganan via Email