Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Peran Pendidikan di Indonesia

Education Efforts

Pendidikan mempunyai peran yang sangat besar bagi perkembangan komunitas suatu negara di seluruh dunia. Tanpa adanya pendidikan yang terencana dengan baik, maka akan memberikan pengaruh buruk bagi setiap individu dalam negara tersebut, tentu saja hal ini juga akan mempengaruhi kualitas bagi Negara itu sendiri.

Dari pengertian pendidikan dan tujuan pendidikan, maka bisa disimpulkan bahwa pendidikan memiliki peran dan fungsi yang amat besar, baik bagi diri sendiri, masyarakat, lingkungan, agama, dan bangsa, sebagaimana berikut ini :

1. Mewujudkan Individu Yang Ta’at dan Bertaqwa Kepada Tuhan
Berdasarkan dasar negara kita yang terkutip dalam sila pertama Pancasila, yaitu ketuhanan yang maha esa, maka pendidikan berperan untuk mewujudkan individu yang taat beragama dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan semua perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-Nya.

2. Mewujudkan Individu Yang Beretika dan Bermoral
Selain itu, berdasarkan sila kedua dalam Pancasila, maka peran penting sebuah pendidikan di Indonesia adalah untuk mewujudkan individu dan masyarakat yang memiliki pengendalian diri, tanggung jawab, bermoral, dan berakhlakul karimah. Tentu saja hal ini juga sangat penting agar setiap individu mampu mengetahui batas-batas dalam beretika, baik bagi diri sendiri, masyarakat, lingkungan, maupun agama.

3. Mencetak Generasi Penerus Yang Cerdas dan Kreatif
Pendidikan berperan untuk mencerdaskan generasi muda, bukan hanya cerdas tetapi juga mampu mengembangkan potensi dalam diri. Tanpa adanya pendidikan maka generasi muda akan menjadi generasi yang lemah dan layu.

4. Mengembangkan Pola Pikir Kritis dan Dinamis
Selain itu, pendidikan juga tidak hanya bertujuan untuk mencetak generasi muda yang cerdas saja, tetapi juga mengembangkan pola pikir secara kritis dan dinamis, sehingga mereka mampu menentukan mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk berdasarkan akal dan hati nurani.

5. Membentuk Kepribadian Yang Sehat Jasmani dan Rohani
Pendidikan juga tidak luput dari usaha nyata untuk mewujudkan individu dengan kepribadian sehat, baik jasmani maupun rohani. Artinya, pendidikan mengajarkan agar individu mampu menjaga kesehatan tubuh, kesehatan akal dan mental, serta kesehatan hati dari sifat-sifat tercela.

6. Mewujudkan Individu Yang Mampu Bersosialisasi Baik Dalam Masyarakat
Pendidikan meletakkan dasar utama dalam bersosialisasli, yaitu manusia sebagai homosapien yang artinya makhluk yang tidak bisa hidup tanpa peran dan pastisipasi dari manusia lainnya. Dengan demikian, pendidikan juga berperan untuk menciptakan individu yang mempu bersosialisasi baik di dalam masyarakat.

7. Mewujudkan Masyarakat Yang Bersatu
Berdasarkan sila ke tiga dalam Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, maka pendidikan mengarahkan setiap individu untuk saling bersatu tanpa memandang jenis, agama, status sosial, suku, adat, dan keturunan.

8. Mewujudkan Individu Yang Cinta dan Peduli Dengan Lingkungan
Lingkungan adalah hal yang juga perlu diperhatikan dalam kehidupan, karena jika lingkungan bersahabat maka akan mempengaruhi ketentraman dalam komunitas lingkungan tersebut. Untuk itulah dalam setiap proses pendidikan selalu diajarkan kepada peserta didik untuk mencintai dan peduli dengan lingkungan sekitar.

9. Mewujudkan Masyarakat Yang Tentram dan Bahagia
Pendidikan juga berperan untuk menciptakan suasana masyarakat yang tentram, damai, dan bahagia, di mana setiap individu di dalam masyarakat tersebut saling mengerti dan memahami, saling toleransi, saling menghargai dan menghormati, serta saling menyayangi sesama lewat terbentuknya pondasi moral yang kuat.

10. Menyongsong Masa Depan Cemerlang Sebuah Negara
Masa depan sebuah negara terletak pada generasi muda, artinya maju atau mundurnya sebuah negara tergantung dari generasi muda. Sedangkan itu mewujudkan cita-cita menjadi negara yang lebih baik dan berkembang, pendidikan menjdi titik pusat dalam hal ini. Genrasi muda mampu menjadi generasi yang berkualitas ke depannya tergantung dari bagaimana pendidikan akan diselenggarakan. Dai sinilah pendidikan sangat mempengaruhi kualitas sebuah negara di masa yang akan datang.

11. Membentuk Suatu Citra Kehidupan Bangsa Yang Sejahtera di Kancah Dunia

Kehidupan bangsa yang sejahtera di suatu Negara akan tercermin dari bagaimana mereka hidup, cara mereka hidup dan bagaimana mereka bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Dengan memiliki pendidikan, suatu bangsa dari suatu Negara akan dapat melakukan segala sesuatu dengan terdidik, sistematis dan teratur. Bangsa-bangsa lain akan dapat menilai positif akah hal itu.